Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”

Go down 
PengirimMessage
bahqri.dixie
Koordinator
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 8
Join date : 10.07.12

PostSubyek: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   Fri Aug 23, 2013 6:59 am

Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”
2
06
2008
Secara harafiah, “Wong urip iku mung mampir ngombe” dapat diartikan orang hidup itu hanyalah istirahat sejenak untuk minum. Meskipun ungkapan tersebut mempunyai arti yang sederhana tetapi makna yang terkandung sangat dalam. Untuk dapat memahami makna ungkapan itu kita dituntut untuk memahami kehidupan manusia secara menyeluruh. Dalam budaya Jawa kehidupan manusia dimulai semenjak tumbuhnya bayi dalam kandungan ibu kemudian setelah bayi dilahirkan ke dunia, dimulailah kehidupan yang sebenarnya dunia. Dengan kematian seseorang, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia, dimulailah kehidupannya di alam lain yang belum kita ketahui pasti. Pemahaman tentang tiga kehidupan ini biasa dimanifestasikan sebagai alam purwa, madya dan wasana. Makna ungkapan “Wong urip itu mung mampir ngombe” mengacu kepada alam madya, yaitu kehidupan setelah manusia dilahirkan di dunia.

Mengisi Kehidupan yang Sesaat

Seperti kita ketahui manusia terlahir di dunia ini berbekal empat sifat dasar yang mewarnai kehidupannya, yang sering diistilahkan dengan aluamah, sefiah, amarah dan mutmainah, atau yang biasa juga diistilahkan dengan nafsu angkara, amarah, keinginan dan perbuatan suci. Nafsu-nafsu tersebut timbulnya dirangsang oleh anasir-anasir yang ada di dunia ini dan masuk melalui paningal (mata), pengucap (mulut), pangrungu (telinga) dan pangganda (hidung).

Anasir alam yang masuk melalui mata berwujud nafsu keinginan akibat rangsangan sesuatu yang terlihat oleh mata. Anasir alam yang masuk melalui mulut berupa kata-kata kotor yang diucapkan oleh mulut. Anasir alam yang masuk melalui telinga berwujud suara yang tidak enak didengar oleh telinga dan menyebabkan seseorang marah, kasar dan mata gelap. Sedangkan anasir alam yang masuk melalui hidung berwujud tindakan-tindakan baik karena hidung tidak mau menerima bau-bau yang tidak enak. Dengan bekal empat sifat dasar hidup itu, manusia diwajibkan menguasai keempat nafsu yang melekat pada dirinya. Dengan kata lain, manusia harus menguasai ketiga nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang kurang baik, yaitu aluamah, amarah dan sufah, dan mengutamakan nafsu yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan baik, yaitu mutmainah. Menguasai di sini diartikan sebagai memelihara mengatur ataupun mengendalikan. Apabila manusia dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsu tersebut akan menjadi manusia teladan dalam arti dapat diteladani oleh orang-orang disekitarnya karena tindakan-tindakannya selalu terpuji.

Sebaliknya apabila manusia tidak dapat memelihara mengatur serta mengendalikan keempat nafsu-nafsunya, orang tersebut akan menampilkan tindakan-tindakan yang tidak terpuji, sehingga ia dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya, oleh karena itu kehidupan di dunia yang hanya sesaat tersebut, yang dalam budaya Jawa diungkapkan istlah “wong urip iku mung mampir ngombe”, haruslah disibukkan dengan tindakan-tindakan memelihara, mengatur serta mengendalikan keempat nafsu manusia ini, sehingga kehidupan di dunia yang sifatnya hanya sesaat tersebut diisi dengan tindakan-tindakan terpuji, seperti tolong-menolong, mengasihi sesama, berbakti kepada nusa dan bangsa, saling hormat-menghormati, bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan lain-lain. Dengan demikian apabila pada saat kematian, yaitu berpisahnya roh dan wadag manusia dapat diharapkan roh manusia tersebut akan kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, yaitu causa pria segala kehidupan di dunia ini.

Selamat sampai Tujuan

Kehidupan di dunia ini dapat diibaratkan sebagai perang antara nafsu baik dan nafsu yang tidak baik. Agar manusia dapat memenangkan perang tersebut, sehingga pada saat kematian rohnya kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus dapat menempatkan hati nuraninya di atas nafsu. Dengan kata lain, hati nurani manusia haruslah menguasai nafsu. Jika hati nurani dikuasai oleh nafsu pada saat kematian roh manusia dapat kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bagaimana agar seseorang dapat menjaga hati nuraninya selalu berada di atas nafsu? Budaya Jawa mengajarkan agar seseorang selalu menjalani laku, seperti berpuasa dan lain-lain, sebagai latihan pengendalian diri sehingga dapat mengendalikan diri apabila timbul rangsangan untuk bertindak yang tidak baik. Selain itu budaya Jawa juga mengajarkan agar seseorang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga selalu mendapatkan terang dari-Nya yang akan menyebabkannya dapat berpikir secara jernih dan bersih.

Tujuan hidup manusia adalah selamat di dunia maupun di alam kelanggengan. Untuk dapat mencapai tujuan itu manusia dituntut untuk terus menerus berjuang menegakkan kebenaran. Dalam kehidupan di dunia yang sesaat, manusia harus dapat mengisinya dengan tindakan baik. Oleh karena itu budaya Jawa selalu mengingatkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara sifatnya. Peringatan tersebut diungkapkan dalam istilah “wong urip iku mung mampir ngombe”. Apabila seseorang selalu ingat akan hal ini dan mengisi kehidupan sesaat dengan tindakan baik, maka dapatlah diharapkan tujuan hidup seseorang akan tercapai, yaitu selamat di dunia maupun di alam kelak nanti.

Sumber:

Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. 1995. Aneka Ragam Khasanah Budaya Nusantara VI. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

_________________
FKOGK

Berjaya di udara berkarya di nyata coming good di wonosari.com
Kembali Ke Atas Go down
http://bahqriimages.blogspot.com
janu dewangga
KorLap
avatar

Lokasi : Semin
Reputation : 0
Join date : 11.05.09

PostSubyek: Re: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   Fri Aug 23, 2013 7:25 pm

Jawa memang dikenal sebagai salah satu suku yang memiliki paham filsafat yang tinggi. Pandai-pandai saja menafsirkan dan memilah filsafat. Pada beberapa kasus sebuah filsafat tertentu bisa menjadi positif, dan pada kasus lainnya dapat menjadi negatif. Misalnya filsafat nrimo ing pandum yang jika ditelan mentah-mentah, hanya menghasilkan pasrah, sedangkan jika ditelaah lebih dalam, maka hasilnya adalah makna dari tawakal
Kembali Ke Atas Go down
mahadjatis
Koordinator
avatar

Lokasi : Nglipar
Reputation : 1
Join date : 14.11.08

PostSubyek: Re: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   Sat Aug 24, 2013 8:35 pm

Bersyukur atas Nikmat yang diberikan oleh Tuhan YME kepada kita.
Sumonggo dipun remaketaken paseduluranipun. joz 

_________________
ajib  Hangawula Kawulaning Gusti  ajib

==>DeviantArt
Kembali Ke Atas Go down
http://www.mahadjatis.com
Kus Lare wonosari
Koordinator
avatar

Lokasi : Jakarta barat
Reputation : 2
Join date : 14.04.12

PostSubyek: Re: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   Sun Aug 25, 2013 12:03 am

ra patek mudeng lor Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://http/maskus1@yahoo.com
Mayansah wiyono
KorLap
avatar

Lokasi : Tepus
Reputation : 6
Join date : 26.08.13

PostSubyek: Re: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   Wed Aug 28, 2013 12:41 am

wah wah dalem sekali,...
Hidup yang sebenarnya adalah setelah kita melewati yang namanya pintu kematian untuk menuju hidup yang abadi, maka oleh itu ada istilah "mung mampir ngumbe", maka dari itu, manfaatkanlah waktu di alam dunia ini (mampir ) untuk selalu menjalani hudup sesuai dengan kodratnya...dalam penantian kembali kepadanya
suwun
meniko nek kulo,..nek panjenengan sedoyo monggo...

_________________
Sewu siji wong beja neng ngalam ndonya iki, Mugo mugo sing siji kuwi Kulo
Dibawah Bendera Revolusi
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”   

Kembali Ke Atas Go down
 
Makna Ajaran “Wong Urip iku Mung Mampir Ngombe”
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: IT GADGET & EDU CORNER :: Boso Jowo-
Navigasi: