Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator
avatar

Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   Fri May 30, 2008 11:00 am

55 lokasi sungai bawah tanah optimis atasi kekeringan

GUNUNGKIDUL Memasuki musim kemarau 156 telaga yang tersebar di Kabupaten Gunungkidul sudah menunjukkan krisi air. Telaga di sejumlah loaksi bahkan sudah tidak lagi menyimpan air. Hanya sekitar 15 telaga yang masih terdapat air meski airnya sudah tidak layak dikonsumsi karena berwarna keruh.
Pernyataan itu disampaikan CB Supriyanto selaku kepala Kantor Informasi dan Komunikasi (inkom) Pemkab Gunungkidul kepada Harian Jogja.
"Meski hanay tingal 10 persen dari 156 telaga yang ada namun kondisi airnya sudah tidak layak dikonsumsi lagi," kata Supriyanto. 15 telaga yandari 156 telaga yang sudah tidak lagi menyimpan air tiga diantraanay adalah telaga Jonge dan telaga Semanu di kecamatan Semanu dan telaga Trowono di kecamatan Saptosari.
Namun demikian hal itu menurut Kepala Inkom tidak menjadi persoalan berarti karena pemkab Gunungkidul sudah menyiapkan pelayanan melakukan droping air ke sejumlah wilayah desa yang dirasa sudah mengalami kekringan. "Saat ini armada tangki milik pemkab sudah di stanbykan di sejumlahkantor kecamatan terdekat. Bahkan sudah disediakan anggaran melalui kecamatan setempat untuk mempercepat akses dropping air," kata kepal aInkom yang akrab dipanggil pak CB ini.
Terpisah, Sugeng Pratopo selaku Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (sobermas) mengaku hingga saat ini pihaknya baru mendapatkan pengajuan droping air untuk dua desa di kecamtan Tanjungsari. Dua desa tersebtu lantaran sebelumnya tidak masukdalam prediksi dan rencana program droping air bagi wilayah krisi air.
"Dau desa satu diantaranya Hargomulyo akhirnya akan kita back'up karena tidak tercover anggaran kecamatan karena baru tahun ini terlihat mengalami krisi yang lebih dari tahun sebelumnya," kata Sugeng Pratopo.
Sementara itu, pantauan Harian Jogja, beberapa telaga jusru nampak ditanami tanamana karena sudah tidak ada airnya lagi sejak awal masa tanam kacang lalu. Kondisi itu terlihat di beberapa titik telaga di kecamatan Panggang yang kini beralih menjadi lahan pertanian. "Keringnya telaga ini sudah sejak lama awal tahun lalu dan kini beralih ditanami kacang," kata Slamet Rayahu salah satu pengurus karangtaruna warga Panggang kepada HarJO, kemarin.
Pemandangan yang tak kalah beda juga didapatkan di telaga masuk Kecamatan Semanu yang kini dibiarkan telaga kering ini justru menjadi tempat bermain sepek bola karena tidak lagi setets air. Sepeti tahun biasanya, kalau saat telaga asat. Kita gunakan sepak bosa saja mas," ungkap Rahmad salah satu siswa SMP Semanu tak juah dari lokasi telaga Semanu.
Telaga Budegan terletak di Jalan Wonosari- Nglipar tepatnay di dusun Budegan Piyamn kecamatan Wonosari tidak lagi menyimpan air untuk difungsikan warga. Air yangterdapat di telaga Budegan tinggal tinggi mata kaki anak-anak. Ketika ditemui Harian Jogja beberapa waktu lalu, Nining, Bela, Agus siswa SD mengakui sudah lama telaga mengalami kekering an karena tidak turun hujan.
Gunungkidul simpan 55 lokasi kantong air terbesar
Sementara itu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul memastikan Kabupaten Gunungkidul sebenarnya menyimpan sekitar 55 sungai bawah tanah yang potensial untuk mengatasi kekeringan yangmelanda tahunan ini. 55 lokaksi kantong air itu kini sudah dipetakan di beberapa kecamatan secaraterpisah dan merata.
"kami sudah pernah memiliki data titik kantong air dan sungai bawah tanah yang sudah dinyatakan air yang tersimpan layak dikonsumsi," kata Suwanto petugas di bagian sarana dan prasarana Bappeda kepada Harian Jogja, siang kemarin.
Dari 55 lokasi itu, menurut Suwanto, sudah ada lima titik yang sudah berhasil air di sungai bawah tanha sudah bisa diangkat dan bisa beroperasi. Lima titik itu adalah di kecamatan Semanu diantaranya Bribin I di desa Dadap ayu, sistem Seropan di desaq Ngeposari, dan Bribin II yang kini tengah dikebut. Sedang dua lainnya di Baron masuk Kecamatan Tanjungsari dan Ngobaran di Pantai Renean Saptosari.
Menurut Suwanto, sungai dibawah yang tersimpan di Gunungkidul, sedikitnya butuh pengeboran dalam kedalaman sekitar 104 meter kestabilan air diangkat bakal mengentaskan kekeringan yang melanda Gunungkiudl setiap tahun. "Namun lahi-lagi butuh dana besar untuk merealisasikan hal itu. Dan kita terus mencari investor yang siap menggarap," tambah Wanto.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   Fri Aug 03, 2012 7:53 pm

nyundul brta lawas
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   Fri Aug 03, 2012 9:16 pm

telaga kering kwi amarga salah olehe njenengke....coba mbok dha dipikir TELA kwi artine lemah pecah merga garing... GA kwi singkatan ketiga...dadi ya wis sak patute nek telaga kwi garing nek ketiga... mula coba telaga kwi gantinenen jeneng 'RATAUSAT" mesthi banyune akeh sak lawase....
Kembali Ke Atas Go down
wiwid
HanSip
avatar

Lokasi : Dunia Maya
Reputation : 19
Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   Fri Aug 03, 2012 10:51 pm

Halah..
Apalah arti sebuah nama.. ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
martinus
Koordinator
avatar

Lokasi : JOGJAKARTA
Reputation : 6
Join date : 29.04.09

PostSubyek: Re: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   Sun Sep 09, 2012 7:07 am

Telaga Suling di Girisubo yg dulu dulu airnya nggak pernah kering sekarang sudah beberapa tahun ini kerontang kalau kemarau.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: 156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering   

Kembali Ke Atas Go down
 
156 Telaga Gunungkidul Mulai Kering
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: