Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator
avatar

Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Mon Jun 02, 2008 6:40 pm

Hari Bebas Tembakau (31 Mei) Belum Dapat Direspon

WONOSARI : Hari tanpa tembakau se dunia yang jatuh pada hari ini (31/5) belum mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu menunjukkan posisi masyarakat penikmat rokok sudah dalam level pecandu berat.
Pantauan disejumlah kalangan anak muda, selain belum mengetahui Hari bebas tembakau 31 Mei hari ini, pecandu rokok mengaku keberatan untuk menghentikan kebiasaan mengkonsumsi asap dari tembakau rokok.
Handi salah satu pemuda warga Purbosari desa Wonosari ditemui Harian Harian Jogja, Jumat (30/5) siang kemarin mengaku tidak hafal persis kapan hari bebas tembakau se dunia diperingati. “Dengar sih pernah pernah tapi kapan saya tidak tahu,” kata Handi yang mengaku perokok berat sejak duduk di kelas I SMP di Wonosari.
Terpisah, Ridwan pemuda lain warga Sambipitu Kecamatan Patuk Gunungkidul juga mengaku kesulitan unutk berhenti dari kesehariannya menghisap merokok. “Dalam sehari sebungkus rokok bisa habis bahkan bisa lebih kalau ada lemburan kerjaan,” ungkap pegerja swasta yang mengaku selalu menenteng rokok.
Bukan saja menjadikan perokok aktif, asap rokok dipercaya membuat orang lain yang tidak merokok menjadi perokok pasif. Ervinamurti, salah satu guru SD mengaku resah dengan keberadaan perokok yang tempat umum yang acapkali menyebabkan dirinya sesak nafas. n“Saya selalu batuk saat dibus ada yang menyalakan rokok,” kata guru yang mengaku pulang pergi naik bus.
Sementara itu data yang dihimpun harian Jogja di Dinas Kesehatan Pemkab Gunungkidul menunjukkan penderita TBC di Gunungkidul dalam dua tahun mengalami peningkatan yang cukup drastis. Sejak tahun 2003 Dinkes mencatat penderita TBC di Gunungkidul rata-rata masyarakat usia produktif yakni antara 24 sampai 25 tahun.
Azis staf bagian pengendalian penyakit menular Dinkes menambahkan data 2003 sampai 2007 penderita TBC makin bertambah. Data Dinkes menunjukkan, suspect TBC sejak tahun 2003 sebanyak 460 orang dimana tahun 2003 diketahui positif TBC 11, 67 %, tahun 2004 naik menjadi 19, 53 %, tahun 2005 naik 41,61 %, tahun 2006 39,9 % dan terakhir diketahui tahun 2007 mencapai kenaikan sampai 44,9 %.
Sejak tahun 2004, kecamatan Girisubo sebagai kecamatan tertinggi ditemukan penderita TBC. Sedang ditahun berikutnya TBC sudah merata untuk semua kecamatan. Untuk tahun ini, Kecamatan Wonosari sebagai ibu kota Kabupaten Gunungkidul menempati angka tertinggi penderita TBC.
Beberapa upaya telah dilakukan Diknas Gunungkidul untuk memerangi bakteri bernama mikrobakterium tubercolusa yang penyebarannya salah satunya melalui percikan air ludah. Meski TBC rawan diderita masyarakat dari sosal ekonomi menengah kebawah namun trend TBC ditahun terakhir juga menjangkau kalangan ekonomi atas.
Melalui penyuluhan dan pemeriksaan screening aktiv, Dinkes membentuk Kader Perkumpulan Pemberantasan Tubercolusisparu Indonesia (PPTI) yang aktif melakukan pendampingan terdapat penderita TBC yang telah teridentifikasi dengan kegiatan pantauan minum obat yang dipersiapkan secara gratis. Untuk menggiatkan penyuluhan dan pendampingan terhadap masayarkat dan penderita TBC, setiap kader disiapkan adanay bonus insentif baikuntuk kader yang menemukan penderita TBC maupun berhasil menyembuhkan.
Sementara itu, Pemkab Gunungkidul melalui Surat Edaran Bupati menghimbau kepada jajaran PNS disemua SKPD untuk tidak merokok ditempat umum, khususnya pada peringatan Hari Bebas Tembakau se Dunia, hari ini.
“Kami sudah menerima surat edaran itu dan langsung kami tindaklanjuti dengan penempelan larangan larangan merokok dikomplek kantor inkom. Kami menghimbau kepada jajaran staf kami agar merokok di tempat khusu,” kata Kepala Kantor Inkom CB Supriyanto kepada Harian Jogja.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
madi
Koordinator
avatar

Lokasi : cijantung
Reputation : 2
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Mon Jun 09, 2008 5:34 pm

beeeeeeeeeeeeeeeeeeee
tuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
llllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

tp aq yo ngrokok, pk Bupt ngrokok mboten

_________________
Sampaikan kepadaku walau satu ayat :
" Sayangilah saudaramu ,seperti Tuhanmu menyayangimu"
Kembali Ke Atas Go down
http://www.min18jakarta.blogspot.com
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Mon Jun 09, 2008 6:11 pm

Hemmmm...sing penting kwui penindakane sing bener....contone ojo nglarang wong udut....sing apik kuwi nyediane tempat2 umum kanggo khusus perokok.....


Aku ae udute kenceng jeeee...hehehehhehehehhe.........
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: usul ku dab   Mon Jun 09, 2008 10:43 pm

kalau boleh saya usul saya harap pemerintah indonesia umumnya dan pemerintah di wonosari khususnya.harus mencanagkan hari bebas asap rokok dan bebas asap kendaraan sebulan sekali saja kalau bisa.besuk kalau masyarakat sudah terbiasa dengan hari bebas polusi itu baru ditambahkan seminggu sekali lah.saya yakin dengan diadakannya aturan seperti ini masyarakat sedikit demi sedikit akan bebas dari polusi udara.dan saya usul buat pak polisi tolong kalau ada anak sekolah yang berkeliaran setelah jam sekolah yang sudah merokok ditempat umum tolong segera ditindak lanjuti.TERIMAKASIH
Kembali Ke Atas Go down
japrax
Presidium
avatar

Lokasi : pelukan hangat luna maya
Reputation : 29
Join date : 11.04.08

PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Tue Jun 10, 2008 10:52 am

bisa karena terbiasa..
Kembali Ke Atas Go down
madi
Koordinator
avatar

Lokasi : cijantung
Reputation : 2
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Tue Jun 10, 2008 6:33 pm

wraiting tresno jalaran soko kulinten.......................

_________________
Sampaikan kepadaku walau satu ayat :
" Sayangilah saudaramu ,seperti Tuhanmu menyayangimu"
Kembali Ke Atas Go down
http://www.min18jakarta.blogspot.com
Yudha Pranowo
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 02.09.08

PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   Thu Sep 04, 2008 4:08 pm

Rokok tidak menyebabkan Tb paru, tetapi memperparah Tb paru. Indonesia adalah no 3 di dunia jumlah penderita Tb paru. Tb tidak hanya menyerang paru tetapi juga di antaranya otak, kulit, tulang lebih lebih sekarang banyak kasus koinfeksi antara HIV/AIDS Tb paru,
Keleresan kulo kerjo wonten PPTI Jakarta dados ngih sitik sitik ngerti Tb menawi wonten pertanyaan seputar Tb kulo aturi ngimail pptidki@yahoo.com.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok   

Kembali Ke Atas Go down
 
Kasus TBC Naik, Bupati Terbitkan Surat Larangan Merokok
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: