Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Share | 
 

 BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
iwans
Camat


Lokasi: semin
Reputation: 96
Join date: 29.02.08

PostSubyek: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Tue Jun 24, 2008 10:44 pm

MARILAH KITA ULAS MASALAH BAHASA INDONESIA
post ini disediakan untuk membicarakan tentang bagaimana berbahasa dengan baik dan benar ,walau kita orang gunungkidul tp disini harus menggunakqan bahasa indonesia.
silahkan bagi teman yg paham masalah bahasa indonesia dan mau membahasnya dini silahkan ngakakk ngakakk makasih

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.


Terakhir diubah oleh iwans tanggal Wed Jun 25, 2008 10:06 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
maniss
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 7
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Jun 25, 2008 12:00 pm

BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENER = BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR

silahkan bagi teman yg paham masalah bahasa indonesia dan mau membahasnya dini silahkan makasih = silahkan bagi teman yg mengerti masalah bahasa indonesia dan mau membahasnya disini silahkan terima kasih

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi: Gunungkidul
Reputation: 20
Join date: 06.05.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Jun 25, 2008 12:52 pm

Kemarin saya nonton Metro TV, dan mendengar iklan acara TV tentang
“sudahkah kita berbahasa Indonesia yang baik dan benar?”. Di dalam
iklan tersebut, ada selebritis dan pejabat yang tidak menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia ngaco ini juga tampak pada berbagai spanduk.
Selama ini, saya berpikir, “buat apa sih ada pelajaran bahasa
Indonesia di sekolah. Toh gw bisa ngomong, gw bisa baca, itu udah
cukup.” Saya sendiri tidak sadar bahwa saya suka menggunakan bahasa
Indonesia yang ngaco. Baik lewat perkataan, maupun lewat tulisan.
Lewat perkataan misalnya kita suka salah mengucapkan kata-kata yang
mengandung vokal ‘e’. Terkadang, kata-kata yang harusnya diucapkan
dengan menggunakan ‘e’ lemah, justru kita ucapkan dengan menggunakan
‘e’ kuat. Begitu pula sebaliknya.
Saya pernah mendengar seorang artis menyebut JCC (Jakarta Convention
Center) - di TV pula, ditonton secara nasional, atau bahkan
internasional - dengan pengucapan ‘JI-SI-SI’. Mungkin ia ingin
mengucapkannya dalam bahasa Inggris. Padahal ‘JI’ itu adalah pengucapan
untuk huruf G dalam bahasa Inggris. Yang betul, kalau mau menggunakan
bahasa Inggris adalah ‘JE-SI-SI’ atau dalam bahasa Indonesia ‘JE-SE-SE’
/ ‘JE-CE-CE’ (saya kurang tahu pengucapan huruf C itu CE/ SE. Ada yang
mengucapkan CE, ada pula yang mengucapkan SE).
Dalam penulisan juga sering ditemukan berbagai kesalahan. Menurut
saya, hal ini disebabkan pengucapan yang ngaco. Banyak yang menulis
mengikuti pengucapan. Misalnya; sistem sering diucapkan sebagai
’sistim’. Maka, banyak kita temukan dalam penulisan kata ’sistim’.
Napas sering diucapkan sebagai ‘nafas’. Maka, banyak kita temukan dalam
penulisan kata ‘nafas’. Kata lainnya misalnya apotik (seharusnya
apotek), atlit (seharusnya atlet), praktek (seharusnya praktik), faham
(seharusnya paham), dll.
Oleh sebab itu, marilah kita belajar berbahasa Indonesia yang baik
dan benar. Boro-boro belajar bahasa asing, bahasa ibu kita saja masih
berantakan. Menurut saya sih, kalau dalam percakapan sehari-hari sih
tidak apa-apa berantakan bahasanya. Tapi coba Anda bayangkan, Anda
sedang berpidato dan disiarkan secara LIVE, ditonton seluruh rakyat
Indonesia kemudian Anda salah mengucapkan kata. Kalau saya jadi Anda,
saya pasti malu sekali.
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
iwans
Camat


Lokasi: semin
Reputation: 96
Join date: 29.02.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Jun 25, 2008 5:11 pm

maniss wrote:
BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENER = BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR

silahkan bagi teman yg paham masalah bahasa indonesia dan mau membahasnya dini silahkan makasih = silahkan bagi teman yg mengerti masalah bahasa indonesia dan mau membahasnya disini silahkan terima kasih
Amiiiin Amiiiin makasih sudah dikoreksi mbak manis

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
maniss
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 7
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Jun 25, 2008 5:25 pm

makasih sudah dikoreksi mbak manis = terimakasih sudah dikoreksi mbak manis

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
laregunungselatan
Lurah


Lokasi: NEGERI GINGSENG
Reputation: 1
Join date: 16.06.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Jun 25, 2008 7:15 pm

sebenarnya MBAK itu bahas jawa apa bahasa indonesia ya.....????? :confused:

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/laregunungselatan
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi: Gunungkidul
Reputation: 20
Join date: 06.05.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 11:32 am

Ya sudah di biarken saja, berbahasa indonesia yang baik dan benar itu kadang akan menjadiken kita di kira kurang gaul.
Padahal sebuah bahasa itu akan menjadiken kita di hargai sama bangsa lain.
BUkan begitu mas.... ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
maniss
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 7
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 1:00 pm

MBAK itu sebutan untuk perempuan (suku jawa)
apakah harus di alihkan ke bahasa indonesia ?

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat


Lokasi: semin
Reputation: 96
Join date: 29.02.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 3:47 pm

maniss wrote:
MBAK itu sebutan untuk perempuan (suku jawa)
apakah harus di alihkan ke bahasa indonesia ?
siul ters bahasa indonesianya mbak itu apa ya ?

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
maniss
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 7
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 4:28 pm

Bahasa Indonesia MBAK=KAKAK

KAKAK bisa untuk memanggil laki-laki maupun perempuan (yang lebih tua, biasanya)

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat


Lokasi: semin
Reputation: 96
Join date: 29.02.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 4:49 pm

ngakakk ngakakk kalau waktu cerita menceritakan kakaknya pasty yg mendengarkan cerita pasti tanya kakakmu cewek apa cowok jadi nggak jelas ya :?:

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
laregunungselatan
Lurah


Lokasi: NEGERI GINGSENG
Reputation: 1
Join date: 16.06.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 5:25 pm

ya di bukak biar jelas ngakakk ngakakk lanjut trsu EYD itu apa ya...????

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/laregunungselatan
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi: Gunungkidul
Reputation: 20
Join date: 06.05.08

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Fri Jun 27, 2008 5:59 pm

Tak urun ahhh....

Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD dalam Bahasa Indonesia


Ejaan yang disempurnakan atau yang lebih dekenal dengan singkatan
EYD adalah ejaan yang mulai resmi dipakai dan digunakan di Indonesia
tanngal 16 agustus 1972. Ejaan ini masih tetap digunakan hingga saat
ini. EYD adalah rangkaian aturan yang wajib digunakan dan ditaati dalam
tulisan bahasa indonesia resmi. EYD mencakup penggunaan dalam 12 hal,
yaitu penggunaan huruf besar (kapital), tanda koma, tanda titik, tanda
seru, tanda hubung, tanda titik koma, tanda tanya, tanda petik, tanda
titik dua, tanda kurung, tanda elipsis, dan tanda garis miring.
1. Penggunaan Huruf Besar atau Huruf Kapital
a. Huruf pertama kata ganti "Anda"
- Ke mana Anda mau pergi Bang Toyib?
- Saya sudah menyerahkan uang itu kepada Anda setahun yang lalu untuk dibelikan PS3.
b. Huruf pertama pada awal kalimat.
- Ayam kampus itu sudah ditertibkan oleh aparat pada malam jumat kliwon kemarin.
- Anak itu memang kurang ajar.
- Sinetron picisan itu sangat laku dan ditonton oleh jutaan pemirsanya sedunia.
c. Huruf pertama unsur nama orang
- Yusuf Bin Sanusi
- Albert Mangapin Sidabutar
- Slamet Warjoni Jaya Negara
d. Huruf pertama untuk penamaan geografi
- Bunderan Senayan
- Jalan Kramat Sentiong
- Sungai Ciliwung
e. Huruf pertama petikan langsung
- Pak kumis bertanya, "Siapa yang mencuri jambu klutuk di kebunku?"
- Si panjul menjawab, "Aku tidak Mencuri jambu klutuk, tetapi yang kucuri adalah jambu monyet".
- "Ngemeng aja lu", kata si Ucup kepada kawannya si Maskur.
f. Huruf pertama nama jabatan atau pangkat yang diikuti nama orang atau instansi.
- Camat Pesanggrahan
- Profesor Zainudin Zidane Aliudin
- Sekretaris Jendral Departemen Pendidikan Nasional
g. Huruf Pertama pada nama Negara, Pemerintahan, Lembaga Negara, juga Dokumen (kecuali kata dan).
- Mahkamah Internasional
- Republik Rakyat Cina
- Badan Pengembang Ekspor Nasional

sumber:organisasi.org
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
herbrata
KorLap


Lokasi: DI Panjaitan 14 Penas Cawang Halim
Reputation: 0
Join date: 18.12.13

PostSubyek: Re: BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]   Wed Dec 18, 2013 7:42 pm

SUka tidak suka, mau tidak mau, bahas indonesia memang harus banyak menyerap dan mengadaptasi kosa kata asing ...
Indonesia sendiri bukan kata asli dari bahasa di kep nusantara.
adalah ilmuwan inggris John Richardson Logan, yg pada tahun 1850-an memperkenalkan istilah indonesia (indonesee?) untuk kep2x di nusantara ...
Kembali Ke Atas Go down
http://gmrapihjaya.web.indotrading.com/
 

BERBAHASA INDONESIA DENGAN BENAR[/color]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK ::  :: -