Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
adjie
Koordinator
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 29.02.08

PostSubyek: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Fri Mar 14, 2008 8:00 pm

maaf ya sodara-sodaraku semua
aku lakukan karena aku ga mau dapat masalah
tanks


Terakhir diubah oleh adjie tanggal Thu Apr 03, 2008 6:44 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Fri Mar 14, 2008 8:39 pm

Bagoos kangen cemplon Bagoos empuk2 enak kwetok e
Kembali Ke Atas Go down
adjie
Koordinator
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Sun Mar 16, 2008 12:27 pm

__BlacKy__ wrote:
Bagoos kangen cemplon Bagoos empuk2 enak kwetok e

mosok cemplon tok2
yang lain po ra ngilerrr
kekekke
Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
daRinto
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 1
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Sun Mar 23, 2008 9:42 pm

__BlacKy__ wrote:
Bagoos kangen cemplon Bagoos empuk2 enak kwetok e

Cemplon ki nek mung siji,tapi nek cemplone disunduki nganggo pring dowo nganti limang cemplon iku jenenge REGEDEK .
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Tue Mar 25, 2008 7:10 am

wah yemn aku dadi kelingan almarhum mbokku
biyen dek cilik mesti ngoleh olehi tape gronjol seko pasar wnsr
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Wed Apr 02, 2008 10:11 pm

Anda ingin belanja, sebaiknya saya sarankan anda berbelanja sesuatu yang tidak atau jarang ditemukan di daerah sekitar tempat tinggal anda. biasanya makanan dan kerajinan. mungkin di Gunungkidul dari pasar yang satu ke pasar daerah yang lain memiliki khas yang berlainan. contoh makanan yang mungkin agak asing bagi anda:

makanan

Tape gronjol : tape yang dibuat dari bahan ketela kering ("gaplek) yang dipotong dadu kecil-kecil, dibungkus dengan daun pisang, rasanya manis renyah (mirip "peuyeum" Jabar).
Puli-tempe : Nasi yang dikasih obat puli (gendar) di tumbuk menjadi kenyal lalu dipotong dadu besar, disajikan dan disantap bareng dengan tempe kedelai bacem, sungguh nikmat dan unik rasanya.
Karangan-rumput laut : Rumput laut yang hijau dibikin seperti agar-agar, dipotong dadu besar dimakan langsung dengan saus sambel, sungguh gurih unik.
Tempe-mandhing : tempe yang dibuat dari lamtoro kecil ("mandhing") dibacem dengan bumbu khas parutan kelapa muda, untuk lauk bersama sambel mentah, nikmat.
Daging sapi-kicikan : daging sapi dipotong agak halus yang dimasak semacam rendang agak berkuah, cocok untuk lauk nasi beras merah.
Jangan lombok ijo - sayur cabe hijau : Sayur santan kental dengan bahan tempe kedelai dipotong dadu, petai, rambak (krupuk kulit/urat sapi), cabe hijau dan sedikt cabe rawit, cocok dengan nasi beras merah hangat, bikin semakin hot berlinangan air mata, haru dengan kenikmatannya.
krecek telo-manggleng : camilan gurih dari bahan ketela direbus, diiris dadu memanjang, di rendam semalam, ditiriskan dan dijemur sampai kering. kemudian digoreng, siap untuk camilan sambil minum teh nasgithel (pana-legi-kenthel) gula batu.
Thiwul : Kalau dahulu sebagai nasi alternatif beras, sekarang "thiwul" lebih terkenal dengan camilan yang terbuat dari adonan tepung tapioka (ketela), dibuat buliran kecil-kecil, dicampur gula putih dan merah di kukus, disajikan dengan perutan kelapa muda. sungguh terlalu, nikmatnya.
Gathot : Ketela kering (gaplek) direndam dalam air kapursirih semalam, ditiriskan dan di kukus, disajikan dengan parutan kelapa muda, tak kalah nikmatnya dengan thiwul.
Cemplon : kayak combro Jabar, dari ketela basah diparut, dibikin adonan dicampur sedikit parutan kelapa muda danbumbu tentunya, dicetak bulat-bulat sebesar isi kepalan tangan, diisi dengan gula merah atau mesis/coklat, digoreng. wih nikmat disantap hangat-hangat.
Selamat mencoba, tentunya masih banyak lagi yang belum tertulis, dan setiap tepat akan lebih banyak cirikhas yang lebih kompli. Silahkan berlibur ke Gunungkidul dan berwisata pasar tradisional.[/quote]


Ongol-ongol: jenang padat dari tepung beras, gula merah dan kelapa...mirip agar-agar, warnanya merah tua...kadang malah memang dibuat dari rumput laut yang dikukus dan langsung ditumbuk(seperti jadah ketan)---sumber pasar wonosari tahun 80an akhir sebelum dipugar

alen-alen: kerupuk dari singkong wrna merah dan putih agak coklat, jualnya gak di bungkus tapi diikat karena kerupuknya dibuat seperti tabung, sumber pasar kliwon desa karang tengah(deket kali oya)

sambel cabuk: sambel yang terbuat dari wijen hitam sangrai ditumbuk denagn cabai garam bawang dan entah apa aku gak tahu katanya ada dengandaun sembukan, sumber psr pahing ds piyaman, dan ps kliwon ds Karang tengah.-------> sambel ini kalau ada yang mau melestarikan bisa di jadikan oleh2 khas GK loh

legondho: ketan yang dibungkus dengan janur kuning didalamnya ditambahi kacang tholo, beberapa tempat di ps mayestik jakarta selatan ada, aku terkenang karena aku sering makan di GK waktu kecil.
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Sat Apr 12, 2008 2:07 pm

aku pengin PENCOK MANDING,
iku lho; manding, dong pace, kacang panjang,tokolan dipotong alus, dicampure parutan klopo, ditambahi dele goreng.
aku gak weruh bumbune. soale bahane mentah kabeh.
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Tue Jul 01, 2008 7:09 pm

gimbik wrote:
wah yemn aku dadi kelingan almarhum mbokku
biyen dek cilik mesti ngoleh olehi tape gronjol seko pasar wnsr
podo mas iku panganan idola, tape gronjol sipppp
Kembali Ke Atas Go down
dedik cahyono
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Mon Sep 15, 2008 1:25 am

pengen jangan gombyang kie....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Mon Sep 15, 2008 9:45 am

kalo aku pengen sambel walang sangit....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
cah sokoliman
Koordinator
avatar

Lokasi : tangerang
Reputation : 0
Join date : 06.08.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Mon Sep 15, 2008 11:19 am

gathot.....gaplek ireng, tapi rasane..kenyal2....digoreng utowo di kukus campuri parutan klopo...muantep tenan.. ajib
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Mon Sep 15, 2008 12:06 pm

wah pengin mangan gathot goreng aq,..... :lol: :lol: :lol: :lol: ajib

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
wakheed
Lurah
avatar

Lokasi : NGASEM
Reputation : 0
Join date : 14.09.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Mon Oct 20, 2008 8:02 pm

wah seng sedep gatote kui karo parutan kambil,,,,uenak tuenan,,,,,kangen kie karo wonosari
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator
avatar

Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Wed Oct 22, 2008 9:43 am

Enek sing kelingan permen tape ra
Kembali Ke Atas Go down
dhesiana
KorLap
avatar

Lokasi : Ponjong - Jogja
Reputation : 1
Join date : 07.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Thu Oct 23, 2008 10:07 am

4lief4 wrote:
Enek sing kelingan permen tape ra

wah yo kelingan banget mas...sih lumayan akeh neng kene..he,,he,,,,

nek kembang gulo ceklek ada yang kelingan ora? sing sok digawe permen rokok-rokokan kae lho....seko gulo pasir trus diwarnai abang, kuning, ijo, coklat, ungu, putih
Kembali Ke Atas Go down
http://dhesiana.wordpress.com
4lief4
Koordinator
avatar

Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Thu Oct 23, 2008 11:35 am

Aku kelingan mbak nek jakarta yo iseh ono tp aku ojo di jeluk mas yo
Kembali Ke Atas Go down
dhesiana
KorLap
avatar

Lokasi : Ponjong - Jogja
Reputation : 1
Join date : 07.03.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Thu Oct 23, 2008 12:17 pm

he..he.... iyo....ding
udu mas tapi mbak....ngapunten nggih...
Kembali Ke Atas Go down
http://dhesiana.wordpress.com
marsoes_76
Lurah
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 1
Join date : 25.08.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Thu Oct 23, 2008 12:37 pm

yang T.O.P yan tetep JANGAN LOMBOK, gak ada duanya, walo tetangga pengen ikut2an bikin tetap gak ada yang nyanginin JANGAN LOMBOK-E WONG WONOSARI Bagoos Bagoos
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   Thu Oct 23, 2008 1:51 pm

betul mas rasa yang khas dari jangan lombok yang dari G.kidul emang susah ditiru
kemarin istri coba bikin e rasanya pedes thok ning ra po po ding jenenge yo ish belajar

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki   

Kembali Ke Atas Go down
 
hayoo-hayooo podo lali ra maeman sing koyo iki
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Resep dan Masakan-
Navigasi: