Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 posisi rumah digunung kidul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: posisi rumah digunung kidul   Mon Jul 07, 2008 10:54 pm

sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)
Kembali Ke Atas Go down
Kartiyo
KorLap
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 0
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Tue Jul 08, 2008 12:23 am

Sebabe cikal bakal mbah-mbah ndisik kuwi jarene umat "Turki", he...he... ngarang wae...
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Tue Jul 08, 2008 11:06 am

tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

salam kenal,

kalau menurut aku karena kalau menhadap selatan sirkulasi cahaya matahari akan merata kalau pagi tdk panas banget kalau sore juga tida begitu panas dan menghadap ke arah laut sehingga angin dari langsung masuk kerumah sirkulasi udara akan baik.

matur suwun,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Tue Jul 08, 2008 9:09 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:
tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

salam kenal,

kalau menurut aku karena kalau menhadap selatan sirkulasi cahaya matahari akan merata kalau pagi tdk panas banget kalau sore juga tida begitu panas dan menghadap ke arah laut sehingga angin dari langsung masuk kerumah sirkulasi udara akan baik.

matur suwun,
salam kenal juga,
yap masuk akal mas, tapi jaman sekarang hal semacam itu kok ga` lagi diperhitungkan ya? yang penting menghadap jalan. ;) tapi aneh juga kalo harus membelakangi jalan. nenek moyang kita dulu pa udah tau soal hongsui ya?
suwun....
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Wed Jul 09, 2008 12:35 pm

tigaes2 wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

salam kenal,

kalau menurut aku karena kalau menhadap selatan sirkulasi cahaya matahari akan merata kalau pagi tdk panas banget kalau sore juga tida begitu panas dan menghadap ke arah laut sehingga angin dari langsung masuk kerumah sirkulasi udara akan baik.

matur suwun,
salam kenal juga,
yap masuk akal mas, tapi jaman sekarang hal semacam itu kok ga` lagi diperhitungkan ya? yang penting menghadap jalan. ;) tapi aneh juga kalo harus membelakangi jalan. nenek moyang kita dulu pa udah tau soal hongsui ya?
suwun....

iya pak karena biar akses lebih gampang pak kalau menuut aku
jadi tamu tidak bingung lagi yang mana jalan masuk rumahnya
wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
t374bwn
Koordinator
avatar

Lokasi : Cixarank
Reputation : 1
Join date : 02.05.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Wed Jul 09, 2008 4:40 pm

Kenapa rumah-rumah tua di daerah Gunungkidul menghadap keselatan kalo miturut simbah-simbah dulu itu manceri laut selatan (ratu segoro kidul) tapi ada juga yang bilang kal ngikuti kraton Jojakarta.
tapi kalo dirasak-rasak'ake Rumah yang menghadap ke selatan/utara itu lebih adem dari pada rumah yang menghadap timur/barat

_________________
Sedayaning kedhah kanthi kaweningipun manah....
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Mon Jul 14, 2008 12:18 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:
tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

salam kenal,

kalau menurut aku karena kalau menhadap selatan sirkulasi cahaya matahari akan merata kalau pagi tdk panas banget kalau sore juga tida begitu panas dan menghadap ke arah laut sehingga angin dari langsung masuk kerumah sirkulasi udara akan baik.

matur suwun,

Bener mas...aku yo nambahi....nek ngadepe ki ngidul, nek ketigo ngarepan omah g keno matahari langsung...
Nek rendeng...arah angin kuwi seko kulon lor....dadi omah kuwi ngungkuri angin.....
Yo kuwi nek nurut logikaku wae...

Nek mbah2 jaman ndisik sih luwih reti maneh, nanging retine kuwi g mungkin di buka lan di umumeke . Sing marai gur di prexke mengko.....
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Sun Aug 17, 2008 5:20 pm

wah matur suwun sanget, sampun ada gambaran :)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu
avatar


PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Fri Aug 22, 2008 5:43 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

salam kenal,

kalau menurut aku karena kalau menhadap selatan sirkulasi cahaya matahari akan merata kalau pagi tdk panas banget kalau sore juga tida begitu panas dan menghadap ke arah laut sehingga angin dari langsung masuk kerumah sirkulasi udara akan baik.

matur suwun,

Bener mas...aku yo nambahi....nek ngadepe ki ngidul, nek ketigo ngarepan omah g keno matahari langsung...
Nek rendeng...arah angin kuwi seko kulon lor....dadi omah kuwi ngungkuri angin.....
Yo kuwi nek nurut logikaku wae...

Nek mbah2 jaman ndisik sih luwih reti maneh, nanging retine kuwi g mungkin di buka lan di umumeke . Sing marai gur di prexke mengko.....
setuju mengko nek di umbar neng kene mung di prexke karo mesti dianggap klenik
Kembali Ke Atas Go down
Ipung Purwanto
Camat
avatar

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Sun Aug 24, 2008 1:56 am

Sing jelas omahe ngarep ngidul kuwi wis kepekso lha piye arep madep ngalor ngetan ngulon wes dudu lemahe + tabon wong liyo ...hee..hee guyon mas... :lol: :lol:
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Fri Sep 19, 2008 6:14 pm

omahku marep ngalor ki piye njukan?

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Thu Oct 09, 2008 10:57 pm

tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)

karo biasane ki nek omah jaman biyen ki kok akehe mapane do eneng tengah yo??po ora ngebak2i pomahan??? ;) ;) ;) ;)
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Thu Oct 09, 2008 11:02 pm

gimbik wrote:
omahku marep ngalor ki piye njukan?

omahku yo madep ngalor mas..!!neng nek omahku we gor elek kok Sad Sad Sad
Kembali Ke Atas Go down
qzruh
Lurah
avatar

Lokasi : tangerang
Reputation : 0
Join date : 10.08.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Sat Oct 18, 2008 11:07 pm

tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)


Cobo kira kira tak urun dikit-dikit: menurut simbah untuk menghormati Laut selatan (nyi roro kidul) selain itu menurut pelajaran geografi (sok pinter je...) angin diselatan katulistiwa berhembus dari selatan keutara karena menurut fisika (suk pinter meneh.........) udara berhembus dari dingin kepanas dan berhubung katulistiwa ki panas ya akhirnya berhembus kesana jadi biar rumah lebih dingin, tapi sebenarnya dak gitu ngaruh wong rumah gedek kabeh bolong ya tetep isis(betul gak?????). Kalau yang hadap utara keliatane emang cari jalan tur di belakange dah da jumleng jadi gak lucu kalau ngadep jumleng he.................salam kenal mas2mbak2
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Tue Nov 18, 2008 8:33 am

pemikiran yang masuk akal juga matur nuwun mas Qzruh

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Tue Nov 25, 2008 9:55 pm

aku setuju ro mas qzruh ajib
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Sun Nov 30, 2008 12:15 am

qzruh wrote:
tigaes2 wrote:
sebelumnya posisi rumah di gunungkidul sebagian besar menhadap ke arah selatan(dulu). kalo ada yang tahu, kenapa dan mengapa?. matur suwun :)


Cobo kira kira tak urun dikit-dikit: menurut simbah untuk menghormati Laut selatan (nyi roro kidul) selain itu menurut pelajaran geografi (sok pinter je...) angin diselatan katulistiwa berhembus dari selatan keutara karena menurut fisika (suk pinter meneh.........) udara berhembus dari dingin kepanas dan berhubung katulistiwa ki panas ya akhirnya berhembus kesana jadi biar rumah lebih dingin, tapi sebenarnya dak gitu ngaruh wong rumah gedek kabeh bolong ya tetep isis(betul gak?????). Kalau yang hadap utara keliatane emang cari jalan tur di belakange dah da jumleng jadi gak lucu kalau ngadep jumleng he.................salam kenal mas2mbak2

salam kenal juga mas qzruh, masuk akal mas, terimakasih....mungkin ada yang punya argumen lain/unek2 silahkan monggo dipun lanjut...

:l0(())((:
Kembali Ke Atas Go down
kendra
Koordinator
avatar

Lokasi : batam island
Reputation : 0
Join date : 14.09.08

PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   Sun Nov 30, 2008 10:36 pm

yo bener sebagian besar rumah neng gunung kidul madep ngidol,soale kalo menghadap keatas pasti iso kebanjiran seperti ibukota.....haaa......haaa.....
Kembali Ke Atas Go down
http://kentrunk.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: posisi rumah digunung kidul   

Kembali Ke Atas Go down
 
posisi rumah digunung kidul
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kebudayaan Daerah-
Navigasi: