Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 JABANG ARI ARI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: JABANG ARI ARI   Wed Jul 09, 2008 2:13 pm

saya pernah dengar kalau kita punya anak yang masih bayi pindah/dr tempat kita mengubur ari2 harus dibawa juga,karena katanya kalau tidak
dibawa anak akan sakit2 / pun rewel terus.dan tempat ari2 tidak boleh
di cor/ditutup katanya.

bener ngak ya?

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Wed Jul 09, 2008 6:12 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:
saya pernah dengar kalau kita punya anak yang masih bayi pindah/dr tempat kita mengubur ari2 harus dibawa juga,karena katanya kalau tidak
dibawa anak akan sakit2 / pun rewel terus.dan tempat ari2 tidak boleh
di cor/ditutup katanya.

bener ngak ya?

wasalam,

Nek ari2 ki menurut adat jowo di pendem. Terus di wenehi lampu...kuwi sing marai asline gur ben nggo tethenger...nek oohhh kae wis lahir....kuwi sih menurut ilmu logikane....ning iki rondo alus...terus tanggane sing reti tetenger lampu mau kan mesthi lak yo moro njagong bayen, gek sing do moro nek ndisik kuwi gegowo gawan ( ning nek sakiki gawane duwit)....
Lan mbantu ngurusi mboke bayi, bapake bayi lan bayine......
kuwi mangkono..........

Nanging nek daerah medan lan kalimantan.....ari2 kuwi d kenterke ning kali......

Dadi nek tegese ari2 lan jabang bayi kuwi...wis bedo karo pendem mau opo tetenger mau....kuwi nek ari2 mau tegese wis ning sedulur papat limo pancer...

Kuwi sak ngertiku.....sing sesepuh maslah jowo ki...podo mbantu...monggoo..
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Thu Jul 10, 2008 12:13 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
saya pernah dengar kalau kita punya anak yang masih bayi pindah/dr tempat kita mengubur ari2 harus dibawa juga,karena katanya kalau tidak
dibawa anak akan sakit2 / pun rewel terus.dan tempat ari2 tidak boleh
di cor/ditutup katanya.

bener ngak ya?

wasalam,

Nek ari2 ki menurut adat jowo di pendem. Terus di wenehi lampu...kuwi sing marai asline gur ben nggo tethenger...nek oohhh kae wis lahir....kuwi sih menurut ilmu logikane....ning iki rondo alus...terus tanggane sing reti tetenger lampu mau kan mesthi lak yo moro njagong bayen, gek sing do moro nek ndisik kuwi gegowo gawan ( ning nek sakiki gawane duwit)....
Lan mbantu ngurusi mboke bayi, bapake bayi lan bayine......
kuwi mangkono..........

Nanging nek daerah medan lan kalimantan.....ari2 kuwi d kenterke ning kali......

Dadi nek tegese ari2 lan jabang bayi kuwi...wis bedo karo pendem mau opo tetenger mau....kuwi nek ari2 mau tegese wis ning sedulur papat limo pancer...

Kuwi sak ngertiku.....sing sesepuh maslah jowo ki...podo mbantu...monggoo..

benar juga itu pak maklum persiapan dadi bapak
jadi perlu konsultasi ke orang yang lebih tahu
karena adat istiadat itu kalau tdk dilaksanakan kalau
ada2 sesuatu dikemudian hari orang jawa bilang bahwa
kita tdk melaksanakan adat itu.(ngumumi sanak ngoten)

suwun

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Thu Jul 10, 2008 12:56 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:

benar juga itu pak maklum persiapan dadi bapak
jadi perlu konsultasi ke orang yang lebih tahu
karena adat istiadat itu kalau tdk dilaksanakan kalau
ada2 sesuatu dikemudian hari orang jawa bilang bahwa
kita tdk melaksanakan adat itu.(ngumumi sanak ngoten)

suwun

Yo nek gur persiapan sih yo penting mas, ning iki gur sak ngertiku dewe....sing marai aku yo pernah mendem ari2 mau, ning udu anaku.
Yo bebasan aku rung duwe anak lan bojo yo, kuwi mau nek aku yo kewajiban kudu ngerti lan tegese....asline nek masalah ari2 sing d pendem mau nek ning Betawi kuwi biasane ari2 d pendem ro jungkat(sisir), buku, pupur(bedak), pensil, lan uyah(garem)....lan mengko di delehke ning adah tempat khusus nggo mendem ari2, biasane ning toko klontong akeh kuwi.....
Lan mengko pendemane kuwi, biasane nduwure di delehi tutup (biasane kranjang sampah sing krawangan ning d walik kranjange mau...karo lampu). Nduwuri mau sing wis d tutupi, biasane kembang, karo minyak duyung, ning nek masalah kembang lan minyak duyung iki ora di keki ora po2...yo kuwi mau nek adate mbetawi....

Ning nek ning njowo, biasane ari2 di pendem campurane yo g bedo adoh karo adat betawi.
Trus nduwure....biasane langsung di tutupi anyaman bambu(pring) sing di bentuk menurut undukan pendeman ari2 mau...trus nek nduwure g di delehi opo2....

Yo kuwi mau gur warisan leluhur nenek moyange dewe....ning nek telusuri yo gur adat kuwi cen g iso d tinggalke...
Yo nek mapan ono ngendi wae sing penting lak yo gur adate/umum masyarakat sekitar....

Yo kuwi sak ngertiku...
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Fri Jul 11, 2008 3:15 pm

[b]IKUTAN YAK...

Jabang Ari2
Sewaktu saya kecil, Bapak saya selalu
menanam ari2 adik saya disamping pintu keluar.
dipagerin kecil, terus dikasih pelita.
orang-orang yang datang menengok bayi
juga selalu kedapur dulu, memanggang kaki
diatas tungku sebentar kanan kiri (walaupun tungkunya nggak nyala)

sekarang saya tinggal dikawasan penduduk super padat
nggak punya teras.ruangan dalam kalau dicongkel ubinnya
juga nggak bisa digali, karena bekas urukan puing-puing.

Solusinya Jabang ari-ari anak saya yg pertama
saya serahkan ke Dukun Bayi terdekat untuk diurus.
(anak saya yg pertama lahir di PUSKESMAS).
kalau anak saya yang kedua, saya serahkan
di RS bersalin tempat dia lahir.
kebetulan ada perawat yang bersedia/bisa mengurusnya
ya sudah saya percayakan saja.
lha wong saya, juga bapak'e nggak
ngerti cara dan uborampenya.
kira2 betul nggak ya cara begitu?[/b]

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Sat Jul 12, 2008 2:08 pm

maniss wrote:
[b]IKUTAN YAK...

Jabang Ari2
Sewaktu saya kecil, Bapak saya selalu
menanam ari2 adik saya disamping pintu keluar.
dipagerin kecil, terus dikasih pelita.
orang-orang yang datang menengok bayi
juga selalu kedapur dulu, memanggang kaki
diatas tungku sebentar kanan kiri (walaupun tungkunya nggak nyala)

sekarang saya tinggal dikawasan penduduk super padat
nggak punya teras.ruangan dalam kalau dicongkel ubinnya
juga nggak bisa digali, karena bekas urukan puing-puing.

Solusinya Jabang ari-ari anak saya yg pertama
saya serahkan ke Dukun Bayi terdekat untuk diurus.
(anak saya yg pertama lahir di PUSKESMAS).
kalau anak saya yang kedua, saya serahkan
di RS bersalin tempat dia lahir.
kebetulan ada perawat yang bersedia/bisa mengurusnya
ya sudah saya percayakan saja.
lha wong saya, juga bapak'e nggak
ngerti cara dan uborampenya.
kira2 betul nggak ya cara begitu?[/b]


wah bisa buat referensi juga ini mbak tapi kebetulan
ibunya istri besok sudah datang jadi bisa tanya2 juga
makasih mbak

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Ipung Purwanto
Camat
avatar

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Sun Jul 20, 2008 1:50 am

Yo selamat buat mas sapto ,mugo2 si jabang bayi biso mbangun negoro agomo lan wong tuo..... Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Tue Jul 22, 2008 1:07 pm

Ipung Purwanto wrote:
Yo selamat buat mas sapto ,mugo2 si jabang bayi biso mbangun negoro agomo lan wong tuo..... Amiiiin

suwun pak
terima kasih doa nya putra pertama kami lahir dengan selamat hari sabtu 19 juli 2008 jam 13.05 wib
semoga bisa menjadi anak yang berguna bagi agama,nusa dan bangsa.
sekali lagi terima kasih doa restunya.

kami yang bebahagia

sapto&wulan
dan keluarga.

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Thu Nov 06, 2008 8:47 pm

biasane nek eneng bayenan ki nek wong mlebu omah kui kok sikile kudu kon ngatongke neng duwor pawon ki ngopo yo????? ;)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   Fri Nov 07, 2008 8:51 am

k_lop wrote:
biasane nek eneng bayenan ki nek wong mlebu omah kui kok sikile kudu kon ngatongke neng duwor pawon ki ngopo yo????? ;)


Biar bayine gak kena sawan...(mungkin lho)......emang kalo di kampung maseh begitu yah.....

Kalo di sini mungkin sebelum melihat bayinya kita cuci tangan dulu kali......kalo bayi kan maseh rawan penyakit...jadi takutnya tangan kita kotor.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: JABANG ARI ARI   

Kembali Ke Atas Go down
 
JABANG ARI ARI
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Norma - Norma Daerah-
Navigasi: