Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Indahnya Berpoligami

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Indahnya Berpoligami   Tue Jul 15, 2008 3:06 pm

First topic message reminder :

Nemu
di mailbox, tulisan Abu Muhammad Abdullah, jebolan pondok pesantren
(entah mana), alasan indah beliau untuk mendukung poligami. Saya
sendiri tidak tertarik untuk melakukan, juga tidak akan setuju bila
ayah saya (yang almarhum itu) ingin melakukannya, tulisan ini saya
masukan ke forum karena cukup menarik untuk diapresiasi. Kenang-kenangan buat
anak cucu, sekian puluh tahun lagi, mungkinkah hal yang sekarang masih
jadi perdebatan serius, saat itu sudah jadi bahan tertawaan anak kecil.

“Endangnya” Poligami
oleh: Muhammad Abdullah
e: emabdalah di yahoo.com
Semua lelaki memiliki naluri berpoligami. Dalam hal “semua lelaki”
ini mengartikulasikannya jangan sampai terjebak dalam paradigma
beragama. Memang dalam agama sendiri, kasus poligami mendapat tempat
yang khusus. Walaupun sebenarnya kekhususan itu karena faktor para
pemeluknya sendiri. Sedang agama tidak melulu ngomongin masalah
perempuan, kawin, poligami, monogami atau stereogami.
Marilah kita sebentar keluar dari kerangka agama. Meninjau segi-segi
kejadian dunia lelaki, baik dia itu muslim, yahudi, kristen, katolik,
ateis dll. Baik dia itu berprofesi sebagai presiden, buruh bangunan,
operator mesin, sopir, astronot dll. Kita juga tidak bisa
inklusif-nasionalis dalam hal ini. Sebab kita tidak membicarakan satu
jenis bangsa saja, tapi segala jenis bangsa dan negara kita hilangkan
dulu sekat-sekat pemisahnya. Lebih jauh lagi meninjau dunia lelaki dari
kalangan makhluk lain, baik itu binatang, ikan, tumbuhan, dan dalam
kapasitas yang lebih luas lagi, melongok para lelaki dari kalangan
makhluk halus, yaitu jin.
Kalau kita membicarakan poligami, berarti membicarakan perkawinan.
Kalau kita membicarakan perkawinan, berarti pembicaraan kita membahas
sifat suatu gender. Nah, setelah kita lihat berbagai kehidupan makhluk
hidup, baik secara empirik kita jumpai, atau melalui lektur tidak
langsung ataupun langsung, kita jumpai bahwa gender lelaki selalu lebih
dominan dibandingkan gender perempuan atau “lady-woman” alias bencong
(benci akuu!).
Secara empirik, kita sudah super-super kenyang menyaksikan bahwa
manusiayang berjenis kelamin lelaki memiliki kuasa lebih dibanding
wanita. Melalui pengamatan-pengamatan dan observasi, kita lihat,
misalnya acara di National Geographic, Discovery Channel, yang sering
menayangkan dunia flora dan fauna, kita lihat bahwa gender lelaki dari
jenis binatang pun memiliki dominasi yang demikian kuat atas gender
lainnya.
Bahkan dalam dunia mistis, jagading lelembut, banyak literatur
tentang jin yang suka usil mengerjai kaum wanita dari jenis manusia.
Bahkan seandainya jika ada suami istri yang melakukan “ritual” tanpa
mengucap nama Allah, sang jin bisa ikut nimbrung di antara keduanya.
Hih, serem.
Lelaki, secara naluri, selalu ingin diakui lebih powerful di segala
bidang. Bukan hanya di medan perang, jalanan, atau perkantoran. Bahkan
dalam urusan “ritual suami-istri” pun lelaki selalu merasa tidak
terpuaskan. Walaupun istri di rumah sudah cantik, seksi, bahenol,
penyabar, penyayang, pandai masak, cuci baju dan pinter nyetrika,
ada-ada saja alasan untuk “mencicipi” model baru wanita lain.
Sejarah mencatat bahwa sejak dulu lagi, kaum lelaki sangat homogenus
dalam urusan syahwat. Psikolog Singapura, yang saya lupa namanya, dalam
suatu dialog di Channel News Asia, mengatakan: “Sex is animal instinc”.
Sex adalah instink hewani. Ketika instink itu datang, naluri hewan
kita mengendus-endus, seperti kucing, seperti ayam, seperti kuda. Dan
kita tak akan bisa mencegah instink itu, selagi belum tersalurkan. Dan
hillarious-nya, instink hewani itu bukannya berhenti ketika si lelaki
sudah menyalurkannya. Ketika dilihatnya ada “barang” yang lebih elok,
lebih mulus, lebih bahenol dibanding pasangannya, instink hewaninya
kembali muncul. Barangkali di sinilah salah satu hikmahnya, mengapa
wanita diharuskan menutup aurat, menutup lekuk-lekuk tubuhnya. Supaya
lelaki tidak melupakan “ikan asin” di rumahnya.
Sejarah mencatat, poligami alias beristri banyak, bukan hanya
monopoli pemeluk suatu agama tertentu sahaja. Bukan pula hak istimewa
suatu bangsa atau ras tertentu saja. Para pemeluk Yahudi diperkenankan
memiliki istri dalam jumlah yang tidak terbatas. Bahkan Nabi Yakub,
Nabi Daud, Nabi Sulaiman memiliki istri yang tak cukup dihitung dengan
jari. Nabi Muhammad masih bisa dihitung dengan jari. Pada tahun 1650,
pemeluk Kristen di Perancis pernah mendapatkan fatwa, boleh memiliki 2
istri. Bahkan dewan tertinggi gereja Inggris, sampai abad 11 boleh
memperlakukan wanita sebagai barang dagangan. Boleh dijual, dipinjam,
digadaikan. Kalau baru dimadu sih masih urusan kecil. Kebiasaan ini
terhapus, setelah kaum salibis pulang dari perang Salib.
Menjelang abad 20 dan sekarang, praktek beristri banyak masih tetap
ada. Tak pandang agama, suku, dan bangsa. Tentu istilah “istri” di sini
bisa berarti istri dalam arti yang sesungguhnya dan bisa pula berarti
yang tidak sesungguhnya. Dalam istilah kerajaan tanah air,
wanita-wanita yang jadi istri raja, dinamakan selir. Dahulu di Jepang,
para Samurai juga biasanya punya banyak selir. Di Amerika, penduduk
aslinya, Indian, para lelakinya lazim membagi cinta dengan beberapa
wanita, selama si lelaki punya kemampuan finansial dan fisik yang
memadai. Bagi para istrinya, berarti tugas makin ringan. Memasak dan
mencuci bisa dibagi-bagi tugasnya. Walaupun, yah, bajunya orang Indian
berapa lembar sih….
Nah, di zaman kini, para lelaki yang banyak duit tetap mempraktekkan
poligami. Walaupun harus main kucing-kucingan dengan istri pertama.
Kenapa musti kucing-kucingan? Karena sejak lahir kita sudah dicekoki
makna kesetiaan cinta, “one man, one love”. Ditambah lagi lagu-lagu
cengeng yang mengagung-agungkan cinta pada seorang saja. Semoderen apa
pun ‘live style’ seorang lelaki, tetap saja naluri hewaninya tetap
berjalan, yaitu mencintai lebih dari satu wanita.
Memang sangat menyakitkan bagi wanita, tapi begitulah adanya. Di
Jepang yang tak diragukan lagi kemoderenannya, kecanggihan
teknologinya, kekayaan finansialnya, para lelakinya selalu mencari dan
mencari “geisha” alias wanita penghibur. Karena di rumah, “geisha” nya
nyebelin dan mbosenin.
Sedang lelaki Singapura lebih suka mencari daun-daun muda dari
Indonesia untuk dijadikan wanita simpanan. Wanita muda Indonesia lebih
diminati karena harganya yang murah dan “rasanya” yang gurih. (Ini kata
mereka, jangan sewot gitu loh).
Di negara yang mengaku sebagai bapak moyangnya demokrasi, Amerika, poligami tetap ada. Tom Green adalah tokoh poligami yang berani mendobrak tradisi Amerika yang amat patriartical dalam memperlakukan gender.
Kini kita coba kembali ke ajaran agama, dalam hal ini agama Islam.
Sebab agama-agama lainnya terkesan “ogah” membicarakan poligami. Kalau
zaman sebelum datangnya agama Islam (dalam hal ini Islam yang dibawa
Nabi Muhammad saw), para lelaki bebas memiliki wanita tanpa batas.
Bebas memperlakukan wanita seperti benda mati, kini fungsi agama
mengingatkan kembali para lelaki agar tidak sembarangan memelihara
gundik yang diikat tanpa tali pernikahan.
Merujuk pada ide para liberalis (islib) bahwa mengartikan Al Qur’an dan
Sunnah tidak boleh secara tekstual, ‘letterlujk’, tapi harus sesuai
dengan kondisi suatu zaman, maka adalah suatu keharusan bagi setiap
lelaki untuk berpoligami. Why? Why? Why? Karena dewasa ini kaum lelaki
selalu disuguhi aurat-aurat wanita, di mana pun dia berada. Coba tengok
ke luar sebentar, pasti ada wanita melenggang bercelana jeans ketat.
Coba menengok ke kiri, ada wanita ber-tank top. Ke kanan, pantat yang
merangsang.
Ditambah lagi media-media elektronik, seperti televisi, selalu
menyuguhkan wajah-wajah cantik yang menggoda hasrat lelaki normal. Nah,
hal-hal seperti itulah yang membuat instink lelaki mengalami gejala “ndut-ndutan“.
Dalam fase-fase itulah, seluruh energi, intelegensi, materi, bahkan
wibawa sekalipun tiba-tiba menjadi sesuatu yang murah. Untuk
menghindari itu, peranan agama berfungsi agar menghalalkan itu semua.
Kalau para liberalis, mengartikan budaya pluralisme perkawinan
(plural marriage) itu hanya budaya Arab, yang katanya libidonya lebih
tinggi dari pada bangsa lain, maka saya berani katakan bahwa pluralisme
juga berlaku pada perkawinan. Dalilnya, ya, meminjam istilah liberalis,
bahwa mengartikan kitab suci tidak boleh secara harfiah. Nah, ternyata
gejala sosial menyatakan bahwa lelaki sekarang, baik yang libidonya
tinggi, maupun yang libidonya rendah, atau yang tak punya libido,
sama-sama “ndut-ndutan” menyaksikan wanita-wanita yang secara umum
mengumbar aurat.
Jadi solusinya, salah satunya, adalah melegalkan poligami, baik
secara konstitusional maupun inkonstitusional. Supaya gejala
“ndut-ndutan” yang diderita kaum lelaki berkurang. Dengan begitu
energi, intelegensi, materi dan wibawanya tidak terganggu, karena sudah
mendapat payung hukum secara SYAH dan MEYAKINKAN. So berpoligami, hidup
jadi makin “ENDANG”, makin “ENDAH”, dan makin “NENDANG”.
Wassalam,



Emabdulah
Masih menerima beberapa wanita lagi ‘ihik ihik’
endang = enak
endah = indah
nendang = nikmat sampai puncak
Sepertinya alasan-alasan yang disebutkan saudara M. Abdullah itu
masih belum cukup untuk mendukung poligami, rasanya masih ada “fakta”
yang (sengaja?) terlupakan… tapi apa ya?
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika

PengirimMessage
siti rahayu
Camat


Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Nov 12, 2008 9:31 am

poligama? gak lah... yauu....
Kembali Ke Atas Go down
Must Ris
KorLap


Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Nov 12, 2008 9:51 am

wis aku tak meneng wae....
isin wong wis nglakoni.....
ra iso crito......(cumi : cucah mingkem)
gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh gak boleh
Kembali Ke Atas Go down
http://mustris.blogspot.com
kandar
Presidium


Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Nov 12, 2008 12:01 pm

Wech mas Ris.. kudu di share neng kene nuh..

Piye jalan critane, sopo ngerti iso di enggo jalan nggo konco2 kabeh, baik sing wedok opo sing lanang..

Aku pribadi sangat setuju dg Poligami asal tujuanne nggo ibadah, semakin mendekatkan diri pada Allah swt, dari pada okeh wong selingkuh, akeh pelacur atau akeh perzinaan..

Ning aku dewe durung iso nglakoni, secara materi, psikis dan lain2.
Insyaallah orarak ngaloni..

Wingi aku bar ndelok berita neng SCTV wong Maduro bojone 12, sing loro wis meninggal dadi gur kari 10, tinggal satu rumah..
Tapi rumahe gede tingkat 4 ono 40 kamar luas tanah 1 hektare.
pekerjaan, duwe sarang walet menghasilkan 2 M setahun, sambilan main saham karo
valas..
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Nov 12, 2008 1:22 pm

kandar wrote:
Wech mas Ris.. kudu di share neng kene nuh..

Piye jalan critane, sopo ngerti iso di enggo jalan nggo konco2 kabeh, baik sing wedok opo sing lanang..

Aku pribadi sangat setuju dg Poligami asal tujuanne nggo ibadah, semakin mendekatkan diri pada Allah swt, dari pada okeh wong selingkuh, akeh pelacur atau akeh perzinaan..

Ning aku dewe durung iso nglakoni, secara materi, psikis dan lain2.
Insyaallah orarak ngaloni..

Wingi aku bar ndelok berita neng SCTV wong Maduro bojone 12, sing loro wis meninggal dadi gur kari 10, tinggal satu rumah..
Tapi rumahe gede tingkat 4 ono 40 kamar luas tanah 1 hektare.
pekerjaan, duwe sarang walet menghasilkan 2 M setahun, sambilan main saham karo
valas..

Yo bener Mas Kandar, cobo di share wae, lan nek perlu bagi2 wacana po pandangan tentang poligami ki kepiye?? ajib
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Must Ris
KorLap


Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Nov 12, 2008 2:55 pm

Emoh ah....isin
didapuk dadi lakone.....
menawi badhe tanglet babakan poligami
tanglet kemawon dateng tiang setri......(wong lanang tibo enake)
rasa lan penggalihe piye yen dipoligami
😢 😢 😢
Kembali Ke Atas Go down
http://mustris.blogspot.com
siti rahayu
Camat


Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:10 pm

Must Ris wrote:
Emoh ah....isin
didapuk dadi lakone.....
menawi badhe tanglet babakan poligami
tanglet kemawon dateng tiang setri......(wong lanang tibo enake)
rasa lan penggalihe piye yen dipoligami
😢 😢 😢

sampeyan itu di tanya karo konco2xne..malah suruh tanya balik sama perempuan......menurut saya perempuan dimana2x ya gak mau lah di poligami.....mungkin iklas luar nya saja...tapi batinnya juga gak mau......ok!
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:24 pm

Poligamy terus,...wuing ,..lanjoot....
==========> 1.JALANKAN DULU TUNTUNAN YANG FARDLU/WAJIB.
===========>2.IKUTI SUNNAH YANG BELIAU TUNTUNKAN.
===========>3.BELIAU TU ORANG SUCI/HATINYA BERSIH.
===========>4. BELIAU TU BERPOLIGAMI DENGAN ALASAN MENAFKAHI
===========>5.BELIAU TU JUJUR DAN ADIL.
=====================================================
Kita bagaimana,....kayaknya klu mo polygami sebatas mementingkan nafsu ,.... :afro:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
Must Ris
KorLap


Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:29 pm

Lha sing poligami ki sopo......
umpamana poligami'er do ngaku
dalah ngomah penuh ( e....penjara penuh)
wis to percoyo........
nak ngene ki baru ketok feminim buangeeeet
Garwo = sigaranning nyowo (belah dua) ra belah telu.....
aduh....cacit haticu.......
Kembali Ke Atas Go down
http://mustris.blogspot.com
siti rahayu
Camat


Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:31 pm

Must Ris wrote:
Lha sing poligami ki sopo......
umpamana poligami'er do ngaku
dalah ngomah penuh ( e....penjara penuh)
wis to percoyo........
nak ngene ki baru ketok feminim buangeeeet
Garwo = sigaranning nyowo (belah dua) ra belah telu.....
aduh....cacit haticu.......


tenane mas?...ngapusi engko?
Kembali Ke Atas Go down
Must Ris
KorLap
avatar

Lokasi : Villa Mutiara Gading 3
Reputation : 2
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:39 pm

walah...dadak ngo sumpah segala ki..
wis mampiro ning kene http:\\mustris.blogspot.com
ra...ra....kur ben rame.....( sensitifitas perempuan ki perlu dibangkitkan, ben do bergerak)

_________________
Cekak Aos..
Kembali Ke Atas Go down
http://mustris.blogspot.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 3:45 pm

Must Ris wrote:
walah...dadak ngo sumpah segala ki..
wis mampiro ning kene http:\\mustris.blogspot.com
ra...ra....kur ben rame.....( sensitifitas perempuan ki perlu dibangkitkan, ben do bergerak)

saya juga cuman becanda kok mas.....pokok'e percoyo lah......

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Ipung Purwanto
Camat
avatar

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Fri Nov 14, 2008 7:01 pm

Opo kiro2 wes iso tumindak adil po,lha wong ngurusi bojo siji wae susahe ora mekakat
kok malah arep pethakilan...( setahuku manungso sing iso tumindak adil kui mung Kanjeng nabi Muhammad SAW sak bare kui durung iso ono adil )
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Mar 19, 2009 12:46 am

bagaimanapun suatu saat kebenaran akan terkuak

poligami adalah syah...

dan pasti ada hikmah di dalamnya...

dalam suatu kondisi poligami adalah solusi

bukan ga berperasaan seharusnya tolok ukur nilai adalah

bukan enak atau tidak enak tapi BENAR atau SALAH (haq atau bathil)


ngapunten



===================================
www.ngajari.com
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Mar 19, 2009 10:34 am

Ipung Purwanto wrote:
Opo kiro2 wes iso tumindak adil po,lha wong ngurusi bojo siji wae susahe ora mekakat
kok malah arep pethakilan...( setahuku manungso sing iso tumindak adil kui mung Kanjeng nabi Muhammad SAW sak bare kui durung iso ono adil )

Yo cen ono benere jek mas, ning kabeh ki nek wis ngerti rumus lan selae lak biasane gampang.........

Kan wong jowo ngomong nek wanito ki siap di toto, lha njur yo kuwi mau natani sing apik......

Ning nek adil, kuwi lak nek menurutku tergantung kari kahanan lan kebutuhan to......Kan adil nek d padake lak yo ra bener.

Monggo di lanjut diskusine.....
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Mar 19, 2009 10:37 am

sacho_eka wrote:
bagaimanapun suatu saat kebenaran akan terkuak

poligami adalah syah...

dan pasti ada hikmah di dalamnya...

dalam suatu kondisi poligami adalah solusi

bukan ga berperasaan seharusnya tolok ukur nilai adalah

bukan enak atau tidak enak tapi BENAR atau SALAH (haq atau bathil)


ngapunten

Cen bener mas, kategori benar salah biasane lak kari manungsane lan pelakune, dudu sopo2.........

Kan nek wong liyo lak isane moyoki lan nyoraki.....boro2 ono sing gelem ngewangi lan ngrampungke masalah....

Apik kommentne.......... Bagoos
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Tempe
Koordinator
avatar

Lokasi : Pondok Gede/Pucanganom, Rongkop, Gunungkidul
Reputation : 4
Join date : 19.12.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Mar 19, 2009 3:54 pm

Aku nembe siap2 dongankke mugo2 bojoku milihke go aku sing ayu njobo, njero, ngesor lan nduwur. amin. tulong ngewangi ngamini kang Wono.

_________________
ALON-ALON COMMUNITY
Komunitas Motor Mlakune Alon
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Mar 19, 2009 3:57 pm

Tempe wrote:
Aku nembe siap2 dongankke mugo2 bojoku milihke go aku sing ayu njobo, njero, ngesor lan nduwur. amin. tulong ngewangi ngamini kang Wono.

Jelas nek kuwi.....wong nek d pilihke karo mbok tuwo ki jelas apike jek.....

Amiiiin Amiiiin Amiiiin Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Apr 15, 2009 6:38 pm

Tempe wrote:
Aku nembe siap2 dongankke mugo2 bojoku milihke go aku sing ayu njobo, njero, ngesor lan nduwur. amin. tulong ngewangi ngamini kang Wono.

melu tak amini kang.....!!!

Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
kliwon semin
Koordinator
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 6
Join date : 19.02.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Mon May 25, 2009 10:00 pm

poligami adalah manajemen

kalau salah manajemen bisa kacau

mending gak usah lahhhh
Kembali Ke Atas Go down
tutik_rahayu
KorLap
avatar

Lokasi : ngersek kanigoro saptosari:D
Reputation : 94
Join date : 06.05.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Mon May 25, 2009 11:49 pm

mosok poligami indah to Sad
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Tue Sep 08, 2009 3:18 pm

tutik_rahayu wrote:
mosok poligami indah to Sad

Pingin ngrasake ra?
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
mas roso
Koordinator
avatar

Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Tue Sep 08, 2009 3:36 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Tempe wrote:
Aku nembe siap2 dongankke mugo2 bojoku milihke go aku sing ayu njobo, njero, ngesor lan nduwur. amin. tulong ngewangi ngamini kang Wono.

Jelas nek kuwi.....wong nek d pilihke karo mbok tuwo ki jelas apike jek.....

Amiiiin Amiiiin Amiiiin Amiiiin


........................................

Banyak pertimbangan istri tua memberikan pilihan wanita pada suami, mungkin salah satunya istri tua tidak dapat memberikan apa yang suami harapkan, tapi sedikit menoleh pada istri tua : Walaupun dengan rela mencarikan calon istri untuk suami tapi ada perasaan bersalah "K'NAPA AKU NGGAK BISA MEMBAHAGIAKAN SUAMIKU' yang kemungkinan perasaan bersalah itu akan selalu dipikirkan tanpa mau mengungkapkan pada orang lain.
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Tue Sep 08, 2009 6:28 pm

mas roso wrote:
Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Tempe wrote:
Aku nembe siap2 dongankke mugo2 bojoku milihke go aku sing ayu njobo, njero, ngesor lan nduwur. amin. tulong ngewangi ngamini kang Wono.

Jelas nek kuwi.....wong nek d pilihke karo mbok tuwo ki jelas apike jek.....

Amiiiin Amiiiin Amiiiin Amiiiin


........................................

Banyak pertimbangan istri tua memberikan pilihan wanita pada suami, mungkin salah satunya istri tua tidak dapat memberikan apa yang suami harapkan, tapi sedikit menoleh pada istri tua : Walaupun dengan rela mencarikan calon istri untuk suami tapi ada perasaan bersalah "K'NAPA AKU NGGAK BISA MEMBAHAGIAKAN SUAMIKU' yang kemungkinan perasaan bersalah itu akan selalu dipikirkan tanpa mau mengungkapkan pada orang lain.

Ketika ada pertanyaan " Kenapa tidak bisa membahagiakan suami"? Jelas ini ada faktor X_nya.
Ketika seseorang sudah merasa bersalah, berarti dia melakukan kesalahan yg menyebabkan sesuatu itu menjadi salah. Dan terkadang tidak di mau di ungkapkan kepada yg bersangkutan.
Dan jika masih terjadi keegoisan atau kesombongan pada diri sendiri ya jgn salahkan jika pasangannya mencari yg lain!!!
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
mas roso
Koordinator
avatar

Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 7:25 am

Wonosingo Ngali Kidul wrote:


Ketika ada pertanyaan " Kenapa tidak bisa membahagiakan suami"? Jelas ini ada faktor X_nya.
Ketika seseorang sudah merasa bersalah, berarti dia melakukan kesalahan yg menyebabkan sesuatu itu menjadi salah. Dan terkadang tidak di mau di ungkapkan kepada yg bersangkutan.
Dan jika masih terjadi keegoisan atau kesombongan pada diri sendiri ya jgn salahkan jika pasangannya mencari yg lain!!!

..................................................

Contoh kasus : Istri tua sudah memberikan pada suami 10 anak, padahal si suami mengharapkan pengin punya 1 lusin, maka karena memang istri tua tak mampu lagi memenuhi kewajiban, karena udah 10x turun mesin, mau-gak mau memberikan izin pada suami untuk poligami. Perasaan memang tidak diungkapkan pada suami, dan bukan berari ia egois atau sombong tetapi dia justru berkorban agar suaminya bahagia dapat terpenuhi keinginannya.

Tetapi sedikit memetik tujuan seoran lelaki untuk poligami mungkin “ritual suami-istri” bukan jadi faktor utama.
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 9:33 am

tutik_rahayu wrote:
mosok poligami indah to Sad
iyoi masok enak toh opo iyo toh...
t u:tu t i:ti + k = "tutik" hayoh la nyobain opo kepiye to tik...

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
herion
Lurah
avatar

Lokasi : cikarang,bekasi
Reputation : 2
Join date : 05.09.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 10:03 am

enak to mantep to..
klo g poli gami
tak endang to
tak endah to
tak nendang to
tak gendong kemana mana... tak gendong kemana... enak tau..!! dance dance dance :@X: :@X:
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 10:47 am

herion wrote:
enak to mantep to..
klo g poli gami
tak endang to
tak endah to
tak nendang to
tak gendong kemana mana... tak gendong kemana... enak tau..!! dance dance dance :@X: :@X:
aku melu kang ayo...

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
mbah surip
KorLap
avatar

Lokasi : ***
Reputation : 0
Join date : 13.02.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 1:42 pm

nek aku ya ra setuju neng ya nolak, nek arep poligami sing wes taren karo mbak tuwa, gek mbak wis setuju......
Kembali Ke Atas Go down
Prahayun
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta Selatan
Reputation : 4
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 6:12 pm

Mbokne siji we ra entek to.....?
Kembali Ke Atas Go down
http://tagged.com/prahayun
Prof.
Koordinator
avatar

Lokasi : pekanbaru
Reputation : 3
Join date : 07.12.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 7:22 pm

Siji we urung entuk kang....boro2 poligami..... :bounce:

_________________
"I"ndahnya "JO"gja dalam "PUNK"kuan sahabat se"JUTEE"
http://ijopunkjutee.blogspot.com
Kembali Ke Atas Go down
http://ijopunkjutee.blogspot.com
dwikoe
Camat
avatar

Lokasi : cedak kebun Raya Bogor
Reputation : 1
Join date : 19.06.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 8:16 pm

sopo gelem tak POLIANDRI....?????

;) ;) ;)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.elsppat.or.id
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Wed Sep 09, 2009 10:33 pm

aku tak poli pantai wae. ngakakk

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Thu Sep 10, 2009 10:29 am

tak kancani nang poloklinik wae yo...

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
Yuli Purwaningsih
KorLap
avatar

Lokasi : jogjakarta
Reputation : 3
Join date : 13.09.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Mon Sep 21, 2009 1:53 pm

Wahwah nek masalah iki, aku males aahhh males mikirrr..... sakiiiiittt..... kabuuuurrrrr....
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Tue Jun 07, 2011 1:48 pm

haho.... siapa mau koment lagiii...

yang pro poligami angkat tangan...???
yang kontra sopo ???
yang setuju dengan catatan sopo..??
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Tue Jun 07, 2011 4:16 pm

Prahayun wrote:
Mbokne siji we ra entek to.....?

aku duwe HP siji we ya ra entek entek. ning rada boros ..terus aku tuku meneh dadi hp ku dadi loro. isa rada ngirit dadi nek sing ditelp GSM aku nganggo sing GSM nek sing delpon CDMA aku ya nganggo CDMA. duwe HP loro rak ra masalah angger kuat nukoke pulsa, bojo loro ya ra masalh sing penting kuat nukoke pulsa...iya ora?
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   Sat Jun 18, 2011 1:28 pm

Asmaraningtyas wrote:
Prahayun wrote:
Mbokne siji we ra entek to.....?

aku duwe HP siji we ya ra entek entek. ning rada boros ..terus aku tuku meneh dadi hp ku dadi loro. isa rada ngirit dadi nek sing ditelp GSM aku nganggo sing GSM nek sing delpon CDMA aku ya nganggo CDMA. duwe HP loro rak ra masalah angger kuat nukoke pulsa, bojo loro ya ra masalh sing penting kuat nukoke pulsa...iya ora?


hape sing lawas isih fungsi kabeh tho kang??
batrene sok ngedrop ora kang..??

yoh apik jane filosofine kang..
emang tinggal dari mana kita ambil sudut pandangnya aja..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Indahnya Berpoligami   

Kembali Ke Atas Go down
 
Indahnya Berpoligami
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Wedding-
Navigasi: