Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 KEKERINGAN MAKIN MELUAS ; Ratusan Hektar Sawah Bero dan Kering

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator
avatar

Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: KEKERINGAN MAKIN MELUAS ; Ratusan Hektar Sawah Bero dan Kering   Fri Aug 01, 2008 9:14 am

Kekeringan di Gunungkidul semakin menjadi-jadi. Tak hanya wilayah selatan yang sudah rutin dilanda kekeringan, lumbung beras di Ponjong dan Karangmojo pun juga terjamah. Karena turunnya debit air Dam Simo, ratusan hektar sawah di Ponjong dan Karangmojo tidak diolah alias bero. Bahkan ada beberapa petak tanaman padi dibiarkan kering karena kesulitan air. Demikian pantauan di beberapa lokasi, Rabu (30/7). Camat Ponjong Drs Iswandoyo MM mengakui kemarau ini areal sawah menciut. Dari luas sekitar 690 hektar sawah, hampir seratus hektar dibiarkan bero. Sementara untuk 6.663 hektar lahan tegal, termasuk lahan pekarangan 838 hektar hanya ditanami cantel dan gude.
Sementara areal sawah di Karangmojo yang dibiarkan bero lebih luas dibanding Ponjong akibat turunnya debit air Dam Simo. Sebenarnya dapat saja ditopang dengan air dari sumur-sumur pompa, tetapi petani tidak tertarik karena harga sewa pompa perjamnya untuk oncoran sekitar Rp 50 ribu. Jika dioncori dari sumur bor, petani rugi. "Yang paling mungkin ditanami jagung atau kedelai. Kemudian disirami jika ada kiriman dari Dam Simo," kata Kasimanto.
Untuk lahan sawah di Desa Bejiharjo, kata Kepala Desa Yanto, ketersediaan air irigasi sangat terbatas. Tidak ada sawah yang dibiarkan bero karena masih mendapat oncoran walaupun harus dengan cara bergilir. Sawah di Dusun Gelaran ini memang tergolong unik, karena ada air yang terbuang, tetapi ada sawah yang kekurangan air.
Air yang terbuang ini terjadi di dekat Balai Benih Ikan (BBI) karena airnya langsung mengalir ke sungai. Sementara di sebelahnya lahan sawah masih membutuhkan air. Pihaknya mengusulkan, pemerintah dapat membantu bendungan di sungai dekat BBI, sehingga airnya tidak langsung terbuang ke sungai. "Jika dibuat embung atau bendung kebutuhan air untuk irigasi di Gelaran pasti tercukupi," jelasnya.
Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Gunungkidul Supriyadi STP mengaku tidak cemas akan gangguan kekeringan sebagian lahan sawah. Untuk menyiasati keterbatasan air irigasi, petani dianjurkan untuk tidak mananam padi tetapi palawija. Selain dapat memperbaiki kesuburan tanah, palawija kebutuhan airnya tidak sebanyak padi. Lebih dari itu penggantian tanaman padi-padi kemudian palawija ini juga untuk memutus siklus hama. Dia juga tidak khawatir akan mempengaruhi produksi beras karena untuk produksi padi sawah hingga bulan Juni lalu sudah melampui produksi beras tahun lalu.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: KEKERINGAN MAKIN MELUAS ; Ratusan Hektar Sawah Bero dan Kering   Fri Aug 01, 2008 12:13 pm

semoga sumber air yang baru dibangun segera berfungsi sehingga kekeringan bisa diminimalisir lagi kalau musin kemarau biaya pemeliharaan
hewan ternak juga meningkat karena harus membeli pakan ternak lagi.

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
 
KEKERINGAN MAKIN MELUAS ; Ratusan Hektar Sawah Bero dan Kering
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: