Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Penerima Ganti Rugi JLSS Kena Pungutan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator


Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: Penerima Ganti Rugi JLSS Kena Pungutan   Fri Aug 08, 2008 9:36 am

Sebanyak 397 orang dari tiga kecamatan, Kecamatan Saptosari, Kecamatan Paliyan dan Kecamatan Tanjungsari memperoleh uang ganti rugi proyek Jalan Lintas Selatan Selatan (JLSS). Jumlah uang yang diserahkan warga total Rp 11. 684.800.825. Untuk hari pertama Kamis (7/8) pembayaran ganti rugi dipusatkan di Kecamatan Saptosari untuk tiga desa, yakni Desa Jetis dan Kepek Kecamatan saptosari serta Desa Karangasem Kecamatan Paliyan.
Pembayaran ganti rugi tersebut diberikan dalam bentuk cek yang dapat langsung diuangkan saat itu juga di BPD DIY Cabang Wonosari yang membuka pelayanan kas di Aula Kecamatan Saptosari. Untuk hari pertama di Kecamatan Saptosari dibayarkan kepada 130 warga dengan jumlah uang sebesar Rp 3.428.296.675.
Ganti rugi yang diterima warga tersebut baru dari tanah yang terkena proyek JLSS. Sedangkan ganti rugi untuk bangunan dan karang kitri (tanaman) masih dalam proses. "Dana ganti rugi untuk tanah di tiga desa tersebut berasal dari APBD Propinsi DIY 2008," kata Kabag Pemerintahan Drs Siswanto yang ditemui KR disela pembayaran uang ganti rugi JLSS.
Meskipun cek yang diterima warga bisa langsung diuangkan, namun banyak warga yang langsung memasukkannya berupa tabungan di BPD Cabang Wonosari. Seperti diakui Muji Hartono (65) warga Karang, Desa Jetis, Kecamatan Saptosari yang menerima ganti rugi sebesar Rp 22.403.100, yang dibawa pulang hanya Rp 6.403.100, lainnya dimasukkan dalam tabungan Simpedes.
Sedangkan Eny warga Trowono B, Desa Karangasem juga hanya membawa pulang uang sebagian dari seluruh ganti rugi yang diterima karena takut menanggung risiko menyimpan uang di rumah.
Usai menerima uang warga juga langsung ditarik pungutan desa oleh petuga desa yang siap di lokasi, yang besarnya beragam. Untuk Desa Jetis besarnya 1 persen dari uang ganti rugi, sedangkan untuk Desa Kepek besarnya 1 persen dari ganti rugi tanah dan 0,5 persen dari ganti rugi bangunan. Sedangkan untuk Desa Karangasem Kecamatan Paliyan Pungutan desa hanya sebesar Rp 25 ribu.
Camat Saptosari yang ditemui secara terpisah mengungkapkan, pungutan desa yang dikenakan kepada para penerima ganti rugi tanah dan bangunan untuk JLSS sudah menjadi keputusan desa dan sebelumnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Tentang besarnya tergantung dari hasil musyawarah antara pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.
Hari kedua pada hari ini, Jumat (8/8), pembayaran ganti rugi untuk warga Desa Kemadang sebanyak 53 orang dengan jumlah uang Rp 2.897.596.000. Hari ketiga, Sabtu (9/8) untuk warga Desa Planjan sebanyak 214 orang sebesar Rp 5.298.908.150.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Penerima Ganti Rugi JLSS Kena Pungutan   Tue Aug 19, 2008 1:36 pm

wah lagu lama ini mas dana bencana wae do dipotongi e
opo meneh dana iki wah jan gur treyuh aku.
mungkin karena kurang pengawasan di daerah2 sehingga orang akan lebih
mudah melakukan tindak korupsi.


wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
 
Penerima Ganti Rugi JLSS Kena Pungutan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: