Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
t374bwn
Koordinator


Lokasi : Cixarank
Reputation : 1
Join date : 02.05.08

PostSubyek: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Sat Aug 23, 2008 3:35 pm

ini benar2 kisah nyata

Ini adalah kisah tragis, dimana sebuah keluarga dalam satu hari kehilangan dua orang anaknya! Seorang anak mati kehabisan darah dan yang satunya mati terlindas mobil.

Sebuah keluarga bahagia dengan 2 orang anak, yang bungsu adalah laki-laki berumur 3 tahun dan yang sulung adalah perempuan berumur 5 tahunan. Keluarga tersebut mempunyai seorang Pembantu/Pengasuh yang bekerja dan tinggal di rumah mereka.
Setiap keluarga didunia ini pasti mempunyai cara-cara tertentu yang menjadi kebiasaan dalam memberikan pengertian kepada anak-anak mereka entah itu dalam hal tindakan, contoh-contoh atau ucapan-ucapan saat memberikan "ancaman" agar menghentikan prilaku-prilaku yang tidak dikehendaki. Untuk keluarga ini, terlontar kata-kata: “Kalau ngompol terus, nanti dipotong tititnya!!”
Mungkin kata-kata tersebut sering terlontar dari mulut seorang pembantu/pengasuh (atau bahkan mungkin orang tuanya) ketika memarahi/menghukum/mengancam anak laki-laki yang masih berumur 3 tahunan.
Suatu ketika, pembantu/pengasuh tersebut pergi sebentar membeli sesuatu dan meninggalkan ke-2 anak majikannya di rumah dan anak lelaki kecil itu ditinggalkan dalam keadaan tertidur.
Ketika si adik mengompol dalam tidurnya, Si kakak seketika mengambil pisau dan memotong titit si adik. Akibatnya darah segera mengucur tidak ada henti dari titit adiknya. Saat si pembantu datang, dan mengetahui hal ini maka bukan main shoknya Ia!
Ia segera melaporkan kejadian ini kepada majikannya. Sementara si kakak, karena takut dimarahi, Ia sudah lari bersembunyi.
Ketika siorang tua melihat kondisi si bungsu, dengan darah berhamburan kemana-mana, maka paniklah Ia! Saat itu tidak ada satupun urusan dimukabumi ini yang hendak dilakukannya kecuali segera membawa si bungsu ke rumah sakit! Dengan segera ia mengambil kunci mobil dan mengangkat si Bungsu kedalam mobilnya, menghidupkan mobil dan secara tancap gas untuk dibawa kerumah sakit.
Si kakak yang sangat ketakutan atas perbuatannya, saat itu, justru tengah bersembunyi di kolong mobil....terlindas dan mati seketika itu juga!.
Sungguh …mengenaskan…!!!
***
Cerita ini merupakan kisah nyata, tetangga dari kakak Arifin.
***
Hikmah dari cerita ini adalah hindari berkata-kata kasar, mengancam, menghukum, dan hal-hal negatif di hadapan anak-anak.
---------------
Di ubah seperlunya dari email kiriman: Arifin

_________________
Sedayaning kedhah kanthi kaweningipun manah....
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap


Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Sun Aug 24, 2008 11:43 pm

oh my godddddddddddd Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Mon Aug 25, 2008 9:47 am

sungguh tragis dan kasian keluarga tersebut. Yah ini adalah pelajaran buat saya yg sudah punya anak..(meskipun aku juga sering marah2x aama anak2xku...karena mereka nakal2xnya minta ampun.....tapi aku sangat menyanyagi malaikat2x kecilku)hhehe

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas


Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Mon Aug 25, 2008 9:52 am

tenan ra ki...???jan meskke tenan..!!! Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad
Kembali Ke Atas Go down
t374bwn
Koordinator


Lokasi : Cixarank
Reputation : 1
Join date : 02.05.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Mon Aug 25, 2008 2:58 pm

mari kita ambil Hikmah dari cerita ini, bahwa dalam hal mendidik anak sedapat mungkin hindari berkata-kata kasar, mengancam, menghukum, dan hal-hal negatif di hadapan anak-anak itu bai itu anak kita sendiri maupun keponakan dan anak saudara lainnya.
bagi yang belum berkeluarga, semoga ini menjadikan tambahan ilmu kehidupan kelak...

_________________
Sedayaning kedhah kanthi kaweningipun manah....
Kembali Ke Atas Go down
masgareng
Koordinator


Lokasi : Ciledug, Tangerang, Banten
Reputation : 12
Join date : 16.04.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Mon Aug 25, 2008 3:25 pm

Aku Baru sekali yang namanya mbentak dan nyentil telinga anak, dan aku nyeselnya sampe sekarang. Jangan sampe terjadi kekerasan terhadap anak baik dalam tindakan ataupun dalam ucapan. Kalau aku sebisa mungkin kasih pengertian, Yang namanya anak namanya juga belum ngerti dikerasi ataupun dibentak bentak juga belum ngerti.
Dengan kita ajarkan anti kekerasan, mereka akan dekat dengan kita dan mau bercerita mau berbagi .. semoga saja besar nanti bisa jadi anak yang menghormati dan mengerti orang tua.
AMMIN

_________________
Masgareng Facebook
Salam Thiwul
Kembali Ke Atas Go down
http://facebook.com/masgareng
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Tue Aug 26, 2008 3:12 pm

anak adalah titipan yang kuasa anak juga merupakan cermin juga dari kita
mari kita jaga putra putri kita untuk menjadi penerang dlm keluarga.
dg kita beri contoh dulu kepada anak2 kita.

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
japrax
Presidium


Lokasi : pelukan hangat luna maya
Reputation : 29
Join date : 11.04.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Tue Aug 26, 2008 3:34 pm

ngeri tenan.. moga2 ora terulang meneh.. Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
t374bwn
Koordinator


Lokasi : Cixarank
Reputation : 1
Join date : 02.05.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Wed Aug 27, 2008 3:40 pm

belajar dari pengalaman itu bisa dari diri kita sendir juga dari pengalaman orang lain...

_________________
Sedayaning kedhah kanthi kaweningipun manah....
Kembali Ke Atas Go down
giadi_pcs
Camat


Lokasi : sudirman jakpus
Reputation : 3
Join date : 14.07.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Wed Aug 27, 2008 4:54 pm

wah aku kudu belajar ki, mumpung iseh lajang frustasi frustasi
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Sat Aug 29, 2009 2:37 am

turut prihatin atas kejadian tsb. selayak dan seharusnyalah orang tua atau kita semua belajar dari kisah di atas.. kekerasan pada anak tdk selalu berbentuk intimidasi secara fisik melainkan juga berbentuk psikis.. dalam kasus tersebut si kakak menganggap yang sering ia dengar adalah benar..artinya orang tua di sekelilingnya telah meracuni pikirannya.. maka itupun termasuk kekerasan kepada anak anak.. smg tdk terulang lagi kisah pilu semacam ini..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
mas roso
Koordinator


Lokasi : Pondok Indah Kutabumi TNG
Reputation : 7
Join date : 08.06.09

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Sat Aug 29, 2009 9:08 am

Sebenarnya anak nakal, bertengkar dengan saudaranya sesuatu hal yang lumrah dan juga sebagai irama yang mengiringi keluarga tersebut menuju proses pendewasaan bagi bagi anak tesebut maupun kedua orangtuanya,

Kata-kata yang kasar atau pengucapan dengan tinggi yang mengandung ancaman justru akan direkam dalam otak anak kita dan pasti akan diucapkan kepada adiknya atau teman sebanya tanpa berfikir yang diucapkan itu benar atau salah, karena belum tau...

Tetapi SHOCK TERAPHY memang kadang kadang juga dipelukan bagi orangtua dalam mendidik anak agar anak tersebut tau bahwa apa yang dia lakukan memang salah asal dilakukan dengan cara yang benar.

Suatu hari saya pernah memasukkan kedua anak saya kedalam bak karena berantem dan gak bisa dipisah (SALAH SIH ..),
tapi ada hasilya .....

"pak ko suruh mandi lagi tadi kan udah ...

ya gitu ...kalo berantem tak suruh mandi lagi sekarang air bersih, tapi besok pake air got....

Jadi setiap ada dirumah gak ada lagi berantem yang hebat....

GAK TAU KALO AKU GAK DIRUMAH .....(dimandiin air got beneran kali ama ibunya)
Kembali Ke Atas Go down
tolex
KorLap


Lokasi : jambi
Reputation : 0
Join date : 23.07.09

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Tue Sep 01, 2009 9:53 am

mas roso wrote:
Sebenarnya anak nakal, bertengkar dengan saudaranya sesuatu hal yang lumrah dan juga sebagai irama yang mengiringi keluarga tersebut menuju proses pendewasaan bagi bagi anak tesebut maupun kedua orangtuanya,

Kata-kata yang kasar atau pengucapan dengan tinggi yang mengandung ancaman justru akan direkam dalam otak anak kita dan pasti akan diucapkan kepada adiknya atau teman sebanya tanpa berfikir yang diucapkan itu benar atau salah, karena belum tau...

Tetapi SHOCK TERAPHY memang kadang kadang juga dipelukan bagi orangtua dalam mendidik anak agar anak tersebut tau bahwa apa yang dia lakukan memang salah asal dilakukan dengan cara yang benar.

Suatu hari saya pernah memasukkan kedua anak saya kedalam bak karena berantem dan gak bisa dipisah (SALAH SIH ..),
tapi ada hasilya .....

"pak ko suruh mandi lagi tadi kan udah ...

ya gitu ...kalo berantem tak suruh mandi lagi sekarang air bersih, tapi besok pake air got....

Jadi setiap ada dirumah gak ada lagi berantem yang hebat....

GAK TAU KALO AKU GAK DIRUMAH .....(dimandiin air got beneran kali ama ibunya)


anakku wingi malah paling menangan je nak brantem karo konco2-ne...
aku sing isin dadi kocapan tonggo, padahal anakku cewek tur paling cilik umur antarane konco2ne.
makane sering tak tunggoni nek ndolan, nek konangan brantem ya tak keplak tangane ben ngerti nek tangan ora dienggo njotos kancane.
tapi, saiki malah dadi cengeng je...
tiap pingin sesuatu pasti ..Paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
brantem karo kancane pasti ..Paaaaaaaaaaaaaaaa
ngompol pasti.. Paaaaaaaaaaaaaaaaa
sampe2, saiki ora gelem ndolan karo konco2ne nek ora ditunggoni bapak-ke......
;)
Kembali Ke Atas Go down
Ripto_wae
KorLap


Lokasi : Bambu Apus,Ciputat (Cah_Kedungpoh )
Reputation : 3
Join date : 26.06.09

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Wed Sep 09, 2009 12:21 pm

Memang susah tenan tak akui, didik anak2 yang masih umur 2-5 tahun harus bener2 extra hati2, kalo kita salah didik justru bikin bumerang kita sendiri. Memang pengaruh lingkungan sangat cepet mereka ngerti, di banding nasehat dari orang tuanya. Tapi itulah tugas kita harus bisa didik, nasehati, memberi contoh yang baik buat anak2 kita, anak adalah titipan yang kuasa anak juga merupakan cermin juga dari kita mari kita jaga putra putri kita untuk menjadi penerang dlm keluarga.
Kembali Ke Atas Go down
hirmanto
Lurah


Lokasi : Nomaden
Reputation : -1
Join date : 10.07.09

PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Tue Sep 22, 2009 8:44 am

Bagi para calon ortu siapkan diri sebelumnya. jangan menjadi ortu hanya karena terpaksa (tidak siap). Bekali diri dengan pengetahuan tentang pendidikan anak. Berhati2 jika akan memakai jasa baby sitter.
Bagi yang ingin menambah ilmu ttg pendidikan anak mungkin beberapa judul buku ini bisa menjadi referensi:
1. Mendidik dengan cinta (tulisan Irawati Istadi)
2. Salahnya kodok (tulisan M Fauzil adhim)
3. Anakmu amanatNya (Ibrahim Amini) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Banyak ortu yang hanya memperhatikan perkembangan otak anak, padahal emosional dan spiritual sangat pentiing untuk dibentuk.
semoga bermanfaat.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)   Today at 2:13 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Berhati-hatilah memarahi Anak! (kisah nyata)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Coerhat-
Navigasi: