Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Puluhan ayam mati mendadak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator


Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: Puluhan ayam mati mendadak   Tue Aug 26, 2008 11:09 am

WONOSARI : Sepekan terakhir warga Padukuhan Tegalmulyo Desa Kepek Kecamatan Wonosari Gunungkidul resah. Pasalnya, Puluhan ayam peliharaan warga setempat mendadak mati tanpa diketahui penyebabnya. Warga khawatir matinya puluhan ayam itu akibat Avian Influensa (AI) atau flu burung.
Pertama kali kasus itu muncul setelah enam ekor ayam milik Mbah Warto, mati di hari dan jam yang sama. Mulanya warga menduga matinya enam ayam di kandang Mbah Warto, karena dipengaruhi iklim yang dianggap sedang tidak bersahabat.
Namun selang sehari kemudian, enam belas ayam milik Sujarwo yang rumahnya tidak jauh jauh Mbah Warto mati mendadak dalam waktu yang sama. “Kami merasa resah, juga takut, kalau-kalau matinya ayam secara bersamaan itu disebabkan AI,” kata Jarwo kepada Harian Jogja, kemarin.
Enam belas ekor ayam milik Sujarwo ini selanjutnya ditimbun di pekarangan rumahnya dan sengaja tidak dilaporkan kepada petugas. Jarwo mengaku jika melapor nantinya akan ada pembasmian seluruh ayam di kampungnya.

“Saya mau lapor nggak enak takut kalau petugas membakar ayam-ayam yang lainnya, saya bakal dimarahi tetangga, karena memang saat ini sedang hobi memelihara ayam,” katanya.
Enam belas ayam milik Jarwo ini terdiri dari berbagai usia dan ukuran baik ayam jago, peranakan maupun ayam betina.
Dikonfirmasi Krisna Berlian, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan memastikan sampai saat ini petugas masih terus melakukan pemantauan. Beberapa pekan terakhir Krisna memastikan tidak ada laporan kejadian ayam mati mendadak. “Sampai hari ini, tidak ada laporan, padahal setiap ada laporan kami berusaha secepatnya datang ke lokasi untuk melakukan berbagai tindakan,” kata Krisna.

Saat ini menurut Krisna, Dinas Peternakan sudah memiliki kader di tingkat lokal, sehingga kejadian apapun menyangkut ayam mati mendadak segera dapat ditindaklanjuti petugas. Krisna berharap agar masyarakat yang mengetahui kejadian ayam mati mendadak, tanpa adanya gejala awal, segera melapor. Selain itu Krisna menghimbau warga tidak perlu takut. “Justru kami akan membantu warga untuk menghindarkan keadaan yang lebih parah. Maka warga harus lapor, kami akan bertindak,” tambahnya.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Puluhan ayam mati mendadak   Sat Jun 16, 2012 8:40 am

melu moco wae..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Puluhan ayam mati mendadak
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: