Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator
avatar

Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan   Fri Sep 05, 2008 10:15 am

Proyek air bersih hibah dari Japan International Corporations Agency (JICA) Jepang di Sub Sistem Baron, dikebut pengerjaannya. Hingga akhir Agustus 2008 pekerjaan fisik sudah mencapai 55 persen, lebih cepat dari time schedule yang direncanakan 45 persen. Proyek untuk pengentasan kekeringan wilayah selatan ini akhir November bakal diuji coba keseluruh jaringan yang sudah terpasang.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Cipta Karya DPU Gunungkidul Drs Sumediyono, ketika ditemui Kamis (4/9) usai mengikuti rapat evaluasi Proyek JICA Baron di Dinas Kimpraswil DIY. ”Prestasi fisik Proyek JICA melebihi 10 persen dari time schedule,” katanya.
Sesuai rencana Proyek JICA Fase II (2008) ini selesai akhir Maret 2009, namun sudah dapat dipastikan sebelum Maret 2009 sudah selesai, selanjutnya sudah bisa dioperasikan lebih cepat sehingga ancaman kekeringan pada musim kemarau 2009 sudah bisa diatasi. Proyek dengan dana hibah dari Jepang sebesar Rp 90 miliar dan sharing dari Kabupaten Gunungkidul ini direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air baik di Sub Sistem Baron meliputi Kemadang dan Planjan, Sub Sistem Bribin Barat meliputi Desa Kemiri, Banjarejo, Ngestirejo dan Hargosari, dan interconect dengan Sub Sistem Ngobaran untuk wilayah Saptosari, Paliyan, Panggang dan Purwosari.
Pembangunan proyek air JICA Fase II ini meliputi pemasangan pipa jaringan dan pembangunan bak air meliputi bak air di Mendang, Bulu, Tanjungsari, Baron dan Planjan. Ada pun sharing Pemkab Gunungkidul meliputi pembangunan pagar dan talud pada lima bangunan bak tersebut dengan dana Rp 750 juta yang kini tinggal menyelesaikan pagar di Baron.
Untuk mendistribusikan air dari Baron, selain dipasang pipa baru yang memenuhi standar dan langsung didatangkan dari Jepang juga memanfaatkan pipa yang dipasang oleh Proyek P2P pada 1998 lalu. Namun pihak Jepang akan melakukan ceking terlebih dahulu terhadap kelayakan pipa yang sudah ada. Karena banyak kemungkinan pipa yang nganggur 10 tahun ini sudah banyak yang bocor dan rusak.
Kabid Sarana dan Fisik Bappeda Gunungkidul Ir Edy Praptono yang ditemui secara terpisah menyatakan, bahwa proyek air hibah dari Jepang bukan merupakan program penelitian, namun program kemanusiaan yang dikerjakan langsung oleh teknisi dari Jepang sehingga segala yang direncanakan sudah dipastikan terlaksana.
Jika pembangunan Baron fase II ini selesai, masalah air zone selatan meliputi Kecamatan Tanjungsari, Saptosari, Paliyan, Panggang dan Purwosari bisa teratasi. Karena sumber air bawah tanah di Baron memiliki debit sangat tinggi, dan hanya dimanfaatkan sebagian untuk memenuhi kebutuhan penduduk di wilayah tersebut.
Mengingat kelanjutan proyek tersebut segera ditangani oleh PDAM Gunungkidul, maka diharapkan PDAM segera membuat peta wilayah sekaligus inventarisasi terhadap pipa yang rusak. Karena akhir November proyek ini akan segera diujicoba, sehingga PDAM harus menyiapkan segala sesuatunya, karena untuk operasional juga membutuhkan biaya operasional cukup tinggi terutama untuk membayar rekening listrik untuk menggerakkan jenset, kata Edy Praptono

_________________
HARI INI HARUS LEBIH BAIK KEMARIN
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan   Fri Sep 05, 2008 11:11 am

wach jan uapik tenan nek gek segera terealisasi...tapi kayaknya pihak PDAM GK musti belajar lagi mengenai maintenance-nya.. ojao nganti koyo sing ndisik2 pas anyar-anyare mlaku..njur pirang wulan maneh mandek...Soale ndesoku ndisik oleh aliran seko Baron tapi gur pirang wulan njuk ganti oleh aliran seko Ngobaran ning suwe-suwe sami mawon ra ono sing bertahan lama...

Bravo PDAM GK ayo kamu bisa mengatasi kekeringan di tempat yg kaya akan air tanah (sungai bawah tanah)..
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan   Fri Sep 05, 2008 12:30 pm

terobosan baru ditengah kurangnya kebutuhan akan air bersih di daerah G.kidul
semoga cepat terealisasikan dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan aiar bersih
di daerah G,kidul peran serta swasta sangat membantu masalah ini.

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan   

Kembali Ke Atas Go down
 
PROYEK AIR JICA DI BARON DIKEBUT; Akhir November Ujicoba Mencakup 5 Kecamatan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: