Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

[Info]Sekilas tentang Korea 5 5 1
Share | 
 

 [Info]Sekilas tentang Korea

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: [Info]Sekilas tentang Korea   Sun Sep 07, 2008 12:53 am

Tentang Korea

Korea Selatan terletak di semenanjung Korea bersama-sama dengan Korea Utara. Untuk selanjutnya dalam halaman ini, akan kita sebut Korea saja, yang mencakup Utara dan Selatan.

Korea terletak bersebelahan dengan Cina dan Jepang. Dibagian utara terletak sungai Amnokgang (Yalu) dan Dumangang (Tumen), yang membatasi dengan daerah Manchuria. Bagian timur Dumangang sepanjang 16km juga menjadi batasan dengan Rusia. Bagian barat Semenanjung Korea dibatasi oleh Teluk Korea di bagian utara dan Laut Barat di bagian selatan, di mana pantai timur menghadap Laut Timur.

200 kilometer memisahkan semenanjung ini dari China bagian timur. Jarak terdekat antara pantai Korea and Cina adalah 200 kilometer dan dari bagian tenggara semenanjung ini, tempat terdekat dengan pantai Jepang adalah sekitar 200 kilometer.

Karena letak geografisnya, budaya Cina memasuki Jepang melalui Korea, sehingga sebuah pusat budaya Buddha dan Konfusianisme terbangun di ketiga negara ini.

Semenanjung Korea terbentang sepanjang 1000 kilometer ke arah selatan, mulai bagian timur laut benua Asia, dan lebarnya sekitar 300 kilometer. Oleh karena itu, variasi iklim lebih terlihat perbedaannya sepanjang sumbu utara-selatan. Perbedaan antar jenis-jenis tanaman dapat dilihat antara bagian utara yg dingin dan bagian selatan yang hangat.

Semenanjung ini dan pulau-pulau kecilnya, terletak antara 33 06′40″N dan 43 00′39″N lintang dan 124 11′00″E dan 131 52′08″E bujur. Lokasi Korea secara garis lintang terletak seperti semenanjung Iberia dan negara Yunani. Keseluruhan semenanjung terletak dari utara ke selatan seperti negara bagian California di Amerika Serikat.

Secara garis bujur, Korea terletak persis di bagian utara Philipina dan Australia tengah. Garis bujur 127 30′E melintang persis di tengah-tengah semenanjung Korea. Tetapi, Korea juga mempunyai garis bujur yg sama dengan Jepang, yaitu 135 E. Oleh karena itu, kota Seoul dan Tokyo sama-sama mempunyai zona waktu lebih awal dari GMT (Greenwich Mean Time).

Teritorial
Total luas semenanjung Korea termasuk pulau-pulau kecilnya, adalah 222154 kilometer persegi, di mana 45 persen (99313 kilometer persegi), tidak termasuk Demilitarized Zone (DMZ), merupakan daerah Korea Selatan. Kombinasi teritorial Korea Utara dan Selatan adalah sekitar ukuran Inggris Raya (244100 kilometer persegi) dan Guyana (215000 kilometer persegi). Korea Selatan sendiri seluas Hungaria (93000 kilometer persegi) dan Yordania (97700 kilometer persegi).

Ada sekitar 3000 pulau yg termasuk dalam teritorial Korea. Pulau-pulau tersebut paling banyak terletak di pantai barat dan selatan, dan hanya sedikit yang ada di daerah Pantai Timur. Ulleungdo, pulau terbesar di Pantai Timur, merupakan pusat perikanan terbesar seperti pulau Dokdo. Pulau yg lebih besar lagi adalah termasuk Jejudo - yg terbesar, Geojedo, Ganghwado, and Namhaedo.

Sampai abad 11, teritorial Korea meliputi sebagian besar Manchuria, tetapi sejak abad 15, karena perang berkepanjangan dengan Cina, Korea bergeser ke arah selatan, dan sungai Amnokgang dan Dumangang menjadi perbatasan permanen antara Korea dan Cina.

Di akhir Perang Dunia II, semenanjung Korea terbagi menjadi daerah utara yang diduduki oleh kekuasaan Soviet dan daerah selatan yang diduduki oleh kekuasaan Amerika. The boundary between the two zones was the 38th parallel. Pada tahun 1953, di akhir Perang Korea, ditarik garis batas baru yang disebut Demilitarized Zone (DMZ), sebuah daerah selebar 4 km sebagai daerah gencatan senjata, yang memanjang dari pantai timur sampai pantai barat sepanjang 241 kilometer.

Unit Administrasi
Ada tiga tingkat unit administrasi di Korea Selatan. Daerah tingkat pertama termasuk tujuh kota metropolitan dan sembilan provinsi (do). Kota metropolitan adalah daerah urban yang mempunyai populasi lebih dari satu juta. Seoul, ibukota Korea Selatan, adalah daerah pusat urbanisasi terbesar, terdiri dari 10 juta penduduk. Busan adalah kota kedua terbesar, dengan populasi lebih dari 4 juta. Daegu, Incheon, Gwangju, Daejeon dan Ulsan, terurut dari terbesar sampai terkecil, masing-masing berpenduduk lebih dari 1 juta orang.

Di tingkat administrasi kedua, provinsi (do) terbagi lagi menjadi kotamadia (si) dan kabupaten (gun). Sebuah kotamadia mempunyai populasi lebih dari 50,000. Sebuah kabupaten terdiri dari satu kota kecamatan (eup) dan lima sampai sepuluh myeon. Walaupun mereka adalah unit administrasi, provinsi (do) juga mempunyai peran penting dalam identifikasi regional penduduk dan banyak warga Korean mengidentifikasikan dirinya sebagai berasal dari provinsi di mana mereka lahir dan dibesarkan. Kota metropolitan terbagi menjadi kecamatan (gu). Unit terendah adalah dong di kotamadia dan ri di luar kota. Dalam beberapa dekade terakhir, Korea Selatan mengalami pertumbuhan daerah-daerah urban yang sangat pesat. Populasi daerah urban sekarang melebihi 85 persen dari total populasi nasional. Pertumbuhan urbanisasi terutama pesat di daerah koridor antara Seoul dan Busan, dari daerah Khusus Metropolitan Seoul sampai daerah Provinsi Gyeongsang. Secara kontras, daerah baratdaya dan daerah timurlaut mengalami pengurangan populasi yang cukup besar.

Daerah Geografis
Daerah pegunungan secara tradisional telah menjadi garis batas alamiah antara daerah-daerah geografis. Karena garis batas alamiah ini menghambat penduduk suatu daerah untuk berkomunikasi dengan penduduk daerah lain, maka berkembanglah perbedaan gaya bahasa (dialek) lokal dan budaya lokal antar penduduk tiap daerah, baik perbedaan tipis maupun mencolok. Perbedaan regional ini juga merujuk pada daerah-daerah administratif tradisional yang dibentuk sepanjang Dinasti Joseon (1392-1910).

Semenanjung Korea terbagi menjadi tiga daerah yang mencolok: Tengah, Selatan dan Utara. Tiga bagian besar ini terbagi menurut situasi geografis yang berbeda-beda, di mana masing-masing menunjukkan keadaan ekonomi, budaya, dan fisik yang berbeda. Di daerah Tengah ada daerah Metropolitan Seoul, provinsi Chungcheong dan Gangwon. Di Selatan, ada provinsi Gyeongsang, Jeolla, dan Jeju. Di Utara, ada provinsi Pyeongan, Hamgyeong dan Hwanghae. Penyebutan “daerah utara” berasal dari penyebutan daerah provinsi Pyeongan dan Hamgyeong sebelum pembagian semenanjung pada tahun 1945. Daerah “Utara” pada masa sekarang digunakan untuk menyebut daerah-daerah di bagian utara Demilitarized Zone, termasuk Pyeongan, Hamgyeong, Hwanghae dan bagian utara provinsi Gyeonggi dan Gangwon.

Daerah Tengah
Daerah ini terdiri dari daerah metropolitan Seoul, yang merupakan bagian dari Provinsi Gyeonggi, lalu Provinsi Chungcheong di selatan, dan Provinsi Gangwon di timur.

Daerah Ibukota (Seoul / Gyeonggi): Daerah ini termasuk Seoul dan Incheon, yang membentang di daerah Gyeonggi-do. Daerah ibukota, seperti namanya, adalah pusat semua aktivitas politik, ekonomi, dan budaya di Korea Selatan. Di sekitar Seoul juga terbentuk kota-kota kecil, yang membentuk daerah urbanisasi tak terputus. Di dalam dan di sekitar Seoul terdapat konsentrasi terbesar industri nasional. Sebagai hub sistem transportasi dalam negri, dengan Gimpo International Airport yang terletak di bagian pinggir barat Seoul, Incheon International Airport, dan jaringan jalur kereta api yang menghubungkan semua bagian negara, daerah ibukota ini menjadi pintu utama dunia menuju Korea Selatan. Karena posisinya yang strategis, dialek bahasa yang digunakan di Seoul dianggap standar nasional bahasa Korea.

Provinsi Chungcheong: Daerah ini terletak di antara daerah Ibukota dan daerah Selatan. Cheongju dan Daejeon adalah kota-kota tempat urbanisasi di daerah ini. Daerah ini terdiri dari Chungcheongnam-do dan Chungcheongbuk-do, dan telah dianggap sebagai perpanjangan Seoul ke arah selatan. Kedekatannya dengan ibukota membawa manfaat ekonomi. Banyak industri baru bermunculan di daerah Teluk Asanman di pantai barat. Daerah ini juga menerima keuntungan dari sistem transportasi dan layanan kota dari daerah Seoul dan sekitarnya. Provinsi Chungcheong dan Gyeonggi mengkhususkan pada bidang hortikultura dan peternakan produk susu (dairy) untuk memenuhi kebutuhan yang sangat banyak di daerah urbanisasi terdekat.

Provinsi Gangwon: Daerah ini terletak di sebelah timur daerah ibukota. Pegunungan Taebaeksan, yang melintas dari utara ke selatan melalui bagian tengah daerah ini, membagi provinsi ini menjadi daerah pantai di timur dan daerah pegunungan di barat. Gangneung, Chuncheon, dan Wonju adalah daerah-daerah urban di provinsi ini. Gangwon-do menyediakan atraksi wisata dan olahraga, karena tanahnya yang bertebing-tebing. Industri pertambangan, yang sebelumnya merupakan sektor utama dalam perekonomian daerah ini, telah menyusut karena adanya kompetisi dari batubara dan mineral impor. Jatuhnya industri pertambangan, dikombinasikan dengan kecenderungan penduduk untuk pindah dari daerah rural ke daerah urban, merupakan faktor utama yang menyebabkan banyaknya migrasi penduduk keluar dari daerah ini. Gangwon-do, dengan jumlah penduduk yang sekarang kurang dari 2 juta, sekarang telah menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terkecil dibandingkan provinsi-provinsi lain.

Daerah Selatan
Daerah selatan mencakup Provinsi Gyeongsang, terletak di tenggara, Provinsi Jeolla di barat daya, dan provinsi Jejudo yang terletak di lepas pantai selatan.

Provinsi Gyeongsang: Daerah ini mencakup kota metropolitan Busan, Daegu, dan Ulsan yang tersebar di Gyeongsangbuk-do dan Gyeongsangnam-do. Busan dan Daegu adalah kota-kota urban utama di provinsi ini, termasuk kota terbesar kedua (4 juta penduduk) dan ketiga (2.5 juta penduduk) di Korea Selatan.

Daerah ini dikenali dari cekungan besar Sungai Nakdonggang dan dikelilingi oleh pegunungan Sobaeksan. Karena topografi pegunungan sekitar yang bertebing-tebing, daerah-daerah di sini mempunyai jenis budaya yang mirip, dilihat dari kebiasaan dan dialeknya, yang cukup berbeda dibandingkan orang-orang dari daerah lain. Provinsi Gyeongsang juga mempunyai nama lain “Yeongnam,” yang secara harafiah berarti “bagian selatan setelah pegunungan,” yang menunjukkan bahwa pegunungan memang telah memegang peran penting dalam sejarah terbentuknya perbedaan-perbedaan regional di antara orang-orang Korea.

Provinsi Gyeongsang mempunyai daerah industri terbesar, nomor dua setelah daerah ibukota, terutama disebabkan oleh investasi yang sangat besar oleh pemerintah Korea Selatan di daerah ini sejak 1960-an. Industri berat ini terdiri dari industri baja, perkapalan, mobil, dan petrokimia, yang terkonsentrasi di daerah pantai tenggara yang menjangkau kota Pohang, Ulsan, Busan, Changwon, dan Masan. Di daerah utara juga terdapat dua pusat industri yaitu Daegu dan Gumi, yang dikhususkan untuk tekstil dan elektronik.

Provinsi Jeolla: Provinsi Jeolla terletak di bagian baratdaya semenanjung, yang terdiri dari Jeollabuk-do dan Jeollanam-do. Gwangju, Jeonju, dan Naju adalah kota-kotanya.

“Honam” adalah nama lain untuk Provinsi Jeolla. Daerah datar yang subur dari cekungan sungai Geumgang dan Yeongsangang, juga daerah pantainya, telah membuat daerah ini menjadi pusat pertanian utama negeri ini. Perekonomian di daerah ini agak tertinggal dibandingkan daerah ibukota dan daerah Gyeongsang karena sedikitnya investasi industri dalam beberapa dekade terakhir. Walaupun demikian, situasi ini berubah dan daerah ini sekarang mengalami pertumbuhan industri di daerah-daerah urbannya seperti Gwangju dan Jeonju, juga di daerah pantai barat. Kemudian, daerah surut laut antara Gunsan dan Mokpo telah direklamasi, sehingga menambah tanah baru untuk perkembangan industri.

Daerah ini mempunyai garis pantai yang tidak beraturan, dan banyaknya pulau-pulau sedang dan kecil, sehingga keunikan garis pantainya menarik banyak wisatawan berkunjung sepanjang tahun.

Pulau Jejudo: Jejudo adalah pulau terbesar di Korea yang terletak di Laut Selatan, 140 kilometer di selatan kota Mokpo. Karena terpisah dari bagian utama Korea, penduduk Jejudo mempunyai gaya bahasa (dialek) dan gaya hidup yang cukup berbeda. Karena adanya gunung berapi, pulau ini mempunyai topografi yang bertebing-tebing seperti banyak bukit, jurang, dan air terjun. Karena iklim yang subtropis dan kebiasaan dan gaya hidup yang unik dari penduduknya, industri wisata merupakan industri paling penting daerah ini. Pulau ini terkenal dengan buah-buah subtropis seperti jeruk, nanas, dan pisang. Di sini juga terkenal adanya para penyelam wanita.

Daerah Utara
Daerah utara semenanjung ini terdiri dari dua daerah: Provinsi Pyeongan di baratlaut dan Provinsi Hamgyeong di timurlaut. Pyeongan dengan tanah datarnya dikenal sebagai daerah Gwanseo dan Hamgyeong dikenal sebagai daerah Gwanbuk. Provinsi Pyeongan merupakan daerah pertanian utama untuk daerah Utara. Secara kontrak, Provinsi Hamgyeong, karena topografinya yang bergunung-gunung, merupakan penunjang perekonomian dari pertambangan dan perhutanan. Pyongyang, adalah kota utama di Provinsi Pyeongan, yang merupakan ibukota Korea Utara, dan Nampo merupakan pelabuhan yang berfungsi sebagai pintu masuk ke Pyongyang. Hamheung dan Cheongjin adalah kota-kota utama di Provinsi Hamgyeong.

Provinsi Hwanghae terletak di selatan Provinsi Pyeongan. Karena sebelumnya merupakan bagian dari Daerah Tengah sebelum terbaginya Korea Utara-Selatan , Provinsi Hwanghae memiliki banyak kemiripan budaya dengan daerah-daerah lain di bagian tengah-barat semenanjung Korea. Gaeseong adalah kota utama di daerah ini.
sumber:perpika

Sweet Dream - Jang Nara

****it's gonna be another day with the sunshinehaet sal eun na eui chang eul pak keh pi choo go
pan cheum noon eul deot seul taen keu dae mi soh ga na reul pan kyo yo

nae pol eh sal chak ip mat choo go sarang han ta go sok sak yot chyo
nae meo ri mat ten Morning coffee hok shi nae ga goom eul goo na yo

*repeat

**When we can get together I feel paradise
e e poh ta teo haeng bok hal soo neun eop get chyo
ah ma keu reol keo eh yo chi geum nae kyot ten keu dae ga it chan ah yo

neo moo heun hae seo na cho cha doh sil reo haet seot teonnae e e reum doh
waen ji keu dae ga pool reo joo myon yeh peu keh man neu gyo ji neh yo

It's gonna be another day with the sunshine
keu dae ga na reul ah reum tap keh ha neh yo
na reul ahn ah jool rae yo sarang han ta go mal hae jool keh yo

When we can get together I feel paradise
ma chi nan yong hwa sok eh joo in kong cho reom
sarang pad ki wi hae seo keu dae mam sok eh ta shi ta e eo nan keo chyo

chi geum e e soon gan na poh ta haeng bok han saram eun eop get chyo
gae ji ahn keh hae chweo yo Don't break it nan e e goom ahn eh seo

*repeat

**repeat

It's gonna be another day with the sunshine
keu dae ga na reul ah reum tap keh ha neh yo
na reul ahn ah jool rae yo sarng han ta go mal hae jool keh yo

When we can get together I feel paradise
ma chi nan yong hwa sok eh joo in kong cheo reom sarang pat ki wi hae seo
keu dae mam sok eh ta shi ta e eo nan keo chyo***

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB


Terakhir diubah oleh dewalangit tanggal Fri Apr 10, 2009 8:41 pm, total 5 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Sun Sep 14, 2008 2:20 pm

Belajar dari Korea Selatan
Posted on September 3, 2008 by Raden Mas Angki
Pengennya sih nulis tentang Belajar dari Malaysia. Tapi kok rasanya “terlalu dekat” atau “kelewat jauh” ya dalam segala-segalanya. Dan salah satu kolom FOKUS KOMPAS 18 Juli 2008 tentang Korea Selatan kayaknya lebih “sepadan” dengan Indonesia daripada Malaysia.

“Kesepadanan” itu karena Korea Selatan merdeka pada tahun yang sama dengan Indonesia. Walaupun “amat jauh” digapai oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam kolom FOKUS KOMPAS tersebut Indonesia “sepadan” soal kebijakan yang sama dengan Korsel.

BANGSA YANG DIBANGUN DI ATAS FONDASI EKSPOR

Itulah “semboyan” Korsel yang dicanangkan oleh Presiden Park Chung-hee ketika melakukan Kudeta Militer PM Chang Myong pada bulan Mei 1961. Pada tahun 1962 Korsel adalah negara termiskin ketiga di Asia dengan pendapatan per kapita hanya 87 dollar AS atau di bawah negara-negara miskin Afrika.

Di saat negara berkembang lainnya memulai membangun negara dari sektor pertanian, Korsel justru memulainya dari industrialisasi. Alasan Park Chung-hee sangat pragmatis soal industrilisasi di Korsel.

Tidak tersedianya lahan yang memungkinkan untuk dilakukannya peningkatan produksi pertanian dalam skala besar.

Tahapan yang dilakukan Korsel dalam dunia industri adalah penjiplakan kebijakan-kebijakan industri yang berlaku di Jepang. Hal ini dilakukan atas meningkatnya proteksionisme negera-negara maju untuk melindungi produk-produk industri padat karya mereka.

Dengan dukungan penuh Pemerintah, industri baja, kapal, elektronika dan mesin masuk ke jajaran industri Korsel setelah industri kimia dan industri padat karya mencapai sukses pada dekade sebelumnya (1960-1970).

MENGAPA INDONESIA GAGAL??

Karena kebijakan Menrsitek Habibie yang terlalu memproteksi industri berat seperti IPTN (now PT.DI), Krakatau Steel, Batu Bara, Semen dan industri lainnnya. Industri-industri yang diproteksi tersebut BUKAN industri padat karya apalagi industri kecil dan menengah seperti Korea Selatan.

Dan itulah kenapa Korea bisa bertahan dari serangan Krisis Moneter 1998. Ketika banyak industri besar kolaps, Korea masih bisa bertahan dengan mengandalkan industri kecil dan menengah untuk menopang APBN Korea.

Indonesia makin terjerembab dan babak belur untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi karena Korupsi yang kronis dan sistem politik badut Senayan.

Angki masih inget kata-kata Guru SD Angki yang berkata:

Selama bangsa ini masih memikir urusan perut, bangsa ini tidak akan pernah bisa maju. Soekarno Aplouse Aplouse Aplouse Aplouse Very Happy
sumber:angky.wordpress

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Sat Sep 27, 2008 9:11 pm

sekarang cuaca duingin banget,....bulan oktober dah masuk musim salju,.... frustasi

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
cemplon
Warga


Lokasi: wonosari wae
Reputation: 0
Join date: 15.10.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Wed Oct 15, 2008 10:05 pm

pak dhewa,...ko yo adoh adoh to golek duit.... frustasi

_________________
balonku ada 5...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.panjenengan/tak/apusi.com
Dee.Dee
Warga


Lokasi: Surabaya
Reputation: 0
Join date: 14.02.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Sat Feb 14, 2009 3:39 pm

Saya anggota baru forum ...
Nama saya Dee Dee.
Meski baru, saya boleh nanya kan?
Enam bulan lagi, saya mau pindah ke korsel, Mas, tapi saya belum bisa bahasanya dengan baik.
Belakangan ini suka buka situs ini buat belajar hangul dan grammar - grammarnya, hasilnya lumayan bagus. Sama mau nanya :
struktur bahasa gaul di Korea itu gimana sih? Apa ada bedanya sama bahasa formalnya (misalnya kalau di Indonesia : formalnya 'saya', gaulnya 'gue',formalnya 'tidak' gaulnya 'nggak')? Apa benar cuma tinggal ngilangin kata - kata 'hapnida', 'sumnida', 'ibnida' atau yang berakhiran 'ida - ida'?
Terus kalau mau buat kalimat tanya dan kalimat negatif, tuh gimana pharasesnya (frasa seperti : Subyek + kata kerja + Obyek)? Tolnog dijawab ya, mas. Urgent banget niy.
Maaf kalau kebanyakan. Thanks before and after
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Sun Feb 15, 2009 9:01 pm

Dee.Dee wrote:
Saya anggota baru forum ...
Nama saya Dee Dee.
Meski baru, saya boleh nanya kan?
Enam bulan lagi, saya mau pindah ke korsel, Mas, tapi saya belum bisa bahasanya dengan baik.
Belakangan ini suka buka situs ini buat belajar hangul dan grammar - grammarnya, hasilnya lumayan bagus. Sama mau nanya :
struktur bahasa gaul di Korea itu gimana sih? Apa ada bedanya sama bahasa formalnya (misalnya kalau di Indonesia : formalnya 'saya', gaulnya 'gue',formalnya 'tidak' gaulnya 'nggak')? Apa benar cuma tinggal ngilangin kata - kata 'hapnida', 'sumnida', 'ibnida' atau yang berakhiran 'ida - ida'?
Terus kalau mau buat kalimat tanya dan kalimat negatif, tuh gimana pharasesnya (frasa seperti : Subyek + kata kerja + Obyek)? Tolnog dijawab ya, mas. Urgent banget niy.
Maaf kalau kebanyakan. Thanks before and after



Code:
Betul sekali mas Dee Dee, bahasa Korea mempunyai struktur yang agak berbeda dengan bahasa2 yang lain,Bahasa Korea mempunyai tingkatan seperti bahasa Jawa yang mengenal bahasa "ngoko","krama madya",dan "krama Inggil".Hampir2 mirip dengan bahasa Jawa.Misalnya :


Saya = Na ( bahasa gaul),Nanen ( bahasa gaul tapi sopan),Chonen (bahasa sopan dan formal)
Kamu = No (bahasa gaul),Nonen (bahasa gaul tapi sopan),Tangsinen ( bahsa sopan dan Formal)
Apa kabar/ selamat pagi,siang,sore,malem, =Anyong(gaul),Anyonghaseyo ( sopan non formal),Anyonghasimnika ( Formal dan sopan).


Kalimat tanya hampir sama bahasa kita, ( nggak semua ).contoh:
Pap ( nasi ) +mogo ( makan) + so ( sudah / telah ) =
Pap mogoso ? ( sudah makan nasi ? ) dalam bahasa Inggris biasanya menggunakan tambahan has / have / had + been.

Untuk pemula, penggabungan kata negative bisa menggunakan awalan " an".contoh:
An + mogo = Amogo ( tidak makan)
An + choa = Anchoa (tidak suka).

btw, Koreanya bagian provinsi ( do) mana nich...? kalau dah nyampe Korea, jangan lupa Wonosari.com yach...


_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Feb 16, 2009 8:19 am

bagus bgt neh kok ada lagu koreanya neh...

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Feb 16, 2009 10:34 am

siti rahayu wrote:
bagus bgt neh kok ada lagu koreanya neh...

Benul di thread ini ada lagu koreanya,..
Berarti koneksi Internet Mbak lumayan cepet,... ajib

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Feb 16, 2009 2:39 pm

dewalangit wrote:
siti rahayu wrote:
bagus bgt neh kok ada lagu koreanya neh...

Benul di thread ini ada lagu koreanya,..
Berarti koneksi Internet Mbak lumayan cepet,... ajib

jelas cepet..orang made in negeri gingseng .... ajib ajib

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
abas
Lurah


Lokasi: Semin
Reputation: 3
Join date: 10.02.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Mar 30, 2009 6:13 pm

Jare bahasa Korea..kok sing nulis do nganggo boso sak penake...



:/;;0;;: :/;;0;;: :/;;0;;: :/;;0;;:

Jan...I Dong U Dong pokoke...
Kembali Ke Atas Go down
abas
Lurah


Lokasi: Semin
Reputation: 3
Join date: 10.02.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Mar 30, 2009 6:16 pm

당신을 빛나게하는 방법?
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Mon Mar 30, 2009 8:24 pm

abas wrote:
당신을 빛나게하는 방법?

우리는 또한 새로운, 난 선생이 아니라고 배운다.
난 아직도 약간의 지식 오전
:study: :study:

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
k_lop
Pengawas


Lokasi: Bandung
Reputation: 16
Join date: 08.06.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Tue Mar 31, 2009 7:44 am

dewalangit wrote:
abas wrote:
당신을 빛나게하는 방법?

우리는 또한 새로운, 난 선생이 아니라고 배운다.
난 아직도 약간의 지식 오전
:study: :study:

gek opo artine ki??? ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
jati
KorLap


Lokasi: Rawamangun-Bintaro-Ponjong
Reputation: 0
Join date: 04.11.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Tue Mar 31, 2009 6:51 pm

belajar bahasa Korea
December 26th, 2007 by hndr-lie

tmn2..mau belajar bahasa korea ga…gratis loh..neh gw kaseh kata2 dasarny dolow…selamat belajar..(kesalahan bukan pada yg ngepost..tapi yg baca…^^) :

POST CENSORED
Kembali Ke Atas Go down
http://daris.blog.friendster.com/
Den Ayu
Koordinator


Lokasi: Wonosari GK
Reputation: 18
Join date: 23.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Fri Apr 03, 2009 9:21 pm

Cedak karo nggone TAO mING TSE ra yow...?

ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas


Lokasi: Bandung
Reputation: 16
Join date: 08.06.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Fri Apr 03, 2009 10:07 pm

Den Ayu wrote:
Cedak karo nggone TAO mING TSE ra yow...?

ngakakk ngakakk

lah iki TAO mING TSE neng kene ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator


Lokasi: Wonosari GK
Reputation: 18
Join date: 23.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Sat Apr 04, 2009 5:42 pm

k_lop wrote:
Den Ayu wrote:
Cedak karo nggone TAO mING TSE ra yow...?

ngakakk ngakakk

lah iki TAO mING TSE neng kene ngakak ngakak



Nek ki TO MiNg Se singkatan'e Tolong Mingkem Sedikit....

Piss kang, dame-dame...

ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
PeRAK cell
KorLap


Lokasi: Jogja-Wonosari PP
Reputation: -23
Join date: 08.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Tue Apr 14, 2009 10:49 pm

Den Ayu wrote:
Cedak karo nggone TAO mING TSE ra yow...?

ngakakk ngakakk


Sing genah ra cedhak kambek koe... masalahe.. :alien: :alien: :alien:
Kembali Ke Atas Go down
http://perakcell.blogspot.com
Den Ayu
Koordinator


Lokasi: Wonosari GK
Reputation: 18
Join date: 23.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Wed Apr 15, 2009 10:22 pm

PeRAK cell wrote:
Den Ayu wrote:
Cedak karo nggone TAO mING TSE ra yow...?

ngakakk ngakakk


Sing genah ra cedhak kambek koe... masalahe.. :alien: :alien: :alien:


Masalahe opow? :afro: :afro:
Kembali Ke Atas Go down
rangga_ujpk
KorLap


Lokasi: Wonosari, Jogja
Reputation: 5
Join date: 04.02.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Wed Apr 15, 2009 10:26 pm

Ojo adoh2 cah,,,, lah aku ki yo wong korea...

Mataku sipit, kulitku putih, rambutku ireng, duwe irung, kuping lan sebagainya lol!
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator


Lokasi: Wonosari GK
Reputation: 18
Join date: 23.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Thu Apr 16, 2009 9:16 pm

rangga_upjk wrote:
Ojo adoh2 cah,,,, lah aku ki yo wong korea...

Mataku sipit, kulitku putih, rambutku ireng, duwe irung, kuping lan sebagainya lol!


Kwe ki dudu sipit tapi kakean le ngeboo.... ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
rangga_ujpk
KorLap


Lokasi: Wonosari, Jogja
Reputation: 5
Join date: 04.02.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Thu Apr 16, 2009 9:17 pm

Den Ayu wrote:
rangga_upjk wrote:
Ojo adoh2 cah,,,, lah aku ki yo wong korea...

Mataku sipit, kulitku putih, rambutku ireng, duwe irung, kuping lan sebagainya lol!


Kwe ki dudu sipit tapi kakean le ngeboo.... ngakak ngakak


Astagfirulah lah emang aku sipit kok...... Sad

Malah dikiro sipit buatan......
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator


Lokasi: Wonosari GK
Reputation: 18
Join date: 23.03.09

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Thu Apr 16, 2009 10:08 pm

rangga_upjk wrote:
Den Ayu wrote:
rangga_upjk wrote:
Ojo adoh2 cah,,,, lah aku ki yo wong korea...

Mataku sipit, kulitku putih, rambutku ireng, duwe irung, kuping lan sebagainya lol!


Kwe ki dudu sipit tapi kakean le ngeboo.... ngakak ngakak


Astagfirulah lah emang aku sipit kok...... Sad

Malah dikiro sipit buatan......


ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur


Lokasi: nomaden
Reputation: 22
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Fri Apr 17, 2009 10:10 am

thx boss Jang Nara nya.

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
ono nara
Warga


Lokasi: surabaya
Reputation: 0
Join date: 11.02.10

PostSubyek: Re: [Info]Sekilas tentang Korea   Thu Feb 11, 2010 5:33 pm

Hi, 안녕하세요 (anyeonghaseyo)

한국말 배우면 정말 너무 제미있어요. 한글도 배우고 단어도 배웠습니다.
여기 계시는분에게 한국말 배우고싶어면 우리 웹사이트에 드러가세요.

웹사이트 주서 : http://koreanaraku.blogspot.com
http://koreanarakitaku.blogspot.com
Facebook group ; O-no nara (Korean Language Learning Center )
Email : ono_nara@live.com

hai, apakabar.
Belajar bahasa Korea memang menyenangkan, selain belajar kata-katanya juga belajar hurufnya.
untuk teman-teman yang ada disini yang mau belajar bahasa Korea, mari gabung dengan kami di website kami.

Website : http://koreanaraku.blogspot.com
http://koreanarakitaku.blogspot.com
Facebook group ; O-no nara (Korean Language Learning Center )
Email : ono_nara@live.com

감사합니다
Ono kim

kami juga melayani konsultasi bahasa Korea secara Gratis melalui email
Kembali Ke Atas Go down
 

[Info]Sekilas tentang Korea

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: IT GADGET & EDU CORNER :: Bahasa Korea-