Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Puluhan awak angkudes resah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator


Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: Puluhan awak angkudes resah   Sat Sep 13, 2008 10:00 am

Puluhan awak angkutan pedesaan (angkudes) yang melayani sejumlah jalur di Wonosari, mengaku resah. Keresahan ini muncul akibat beroperasinya angkutan plat hitam yang nekat mengangkut penumpang umum di beberapa jalur angkudes.
Menurut beberapa kru angkudes yang ditemui di terminal Wonosari, angkutan plat hitam yang nekat beroperasi menyerobot penumpang angkudes terjadi sudah sejak lama, bahkan bukan masalah baru lagi. Meski para awak angkudes telah menyampaikan keluhan itu ke Dinas Perhubungan Gunungkidul maupun Sat Lantas Polres Gunungkidul, namun tetap tidak ada tindakan nyata dari pihak terkait untuk melakukan penertiban.
“Kami merasa sangat terganggu dengan keberadaan angkutan plat hitam yang nekat beroperasi. Saat ini, keberadaan mereka sudah sangat menggangu, karena nekat beroperasi di hampir seluruh jalur angkudes yang ada di Gunungkidul,” terang Kalimi, salah satu perwakilan awak angkudes di Gunungkidul, kemarin.
Dijelaskan Kalimi, akibat beroperasinya angkutan plat hitam, awak angkudes jelas-jelas sangat dirugikan. Terlebih saat menjelang lebaran, jumlah omprengan plat hitam tambah semakin banyak. “Jelas kami kehilangan penghasilan karena penumpang banyak yang diangkut omprengan plat hitam,”tuturnya.
Menurutnya, ia dan awak angkudes lain tidak bermaksud mencegah awak angkutan plat hitam untuk mencari penghasilan. Namun karena ada aturan yang jelas dan prosedural, maka mereka juga tidak boleh mencari penumpang seenaknya, apalagi menyerobot penumpang di jalur angkudes.
“Kami hanya meminta keadilan. Masak kami yang bayar trayek, tapi penumpang justru diserobot seenaknya oleh angkutan plat hitam yang tidak bayar ijin trayek. Kami minta pemerintah segera mengatasi permasalahan ini, agar tidak menimbulkan masalah yang lebih rumit,”imbuh Sunar, salah satu pengurus paguyuban angkudes Wonosari.
Saat ditanya mengenai jalur angkudes mana saja yang diserobot angkutan plat hitam, Kalimi dan Sunar enggan menunjukkannnya. “Kami tidak perlu menunjuk satu per satu jalur yang kerap diserobot omprengan plat hitam. Petugas Dishub maupun polisi sudah tahu. Kami tidak mau menunjuk agar masalah ini tidak berbuntut panjang. Kami hanya minta agar dishub dan polisi lebih tegas menertibkan omprengan plat hitam,”tegas Sunar.
Menanggapi keluhan awak angkudes, Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Gunungkidul, Samsudin Efendy, tidak menampik bahwa angkutan plat hitam memang masih kerap dijumpai beroperasi di beberapa jalur angkudes. Menurut Samsudin, Dishub bersama Sat Lantas Polres Gunungkidul mengaku sudah sering melakukan operasi untuk menertibkan omprengan plat hitam. Namun usai digelar operasi, omprengan plat hitam akan kembali beroperasi lagi.
Samsudin mengaku, operasi terhadap angkutan plat hitam merupakan kewenangan polisi. Dalam hal ijin, Dishub hanya mengurusi ijin trayek, sementara polisi lebih berwenang melakukan tindakan di lapangan. “Intinya, kami siap membantu apabila polisi mengajak dan melibatkan kami dalam operasi gabungan seperti yang sudah berjalan selama ini,”terangnya.

_________________
HARI INI HARUS LEBIH BAIK KEMARIN
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Puluhan awak angkudes resah   Sat Sep 13, 2008 11:58 am

ini menjadi masalah serius seperti yang terjadi didaerah tangerang
karena plat hitam biasanya beroperasi sebelum rute tersebut belum
ada trayeknya (pembuka jalan)istilahnya sehingga merasa mereka yang
lebih berhak.
semoga bisa didiselesaikan dg baik sehingga tidak terjadi tindak anarkisme


wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur


Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Puluhan awak angkudes resah   Mon Sep 15, 2008 7:58 pm

hmm... benul kang sapto. nek ora gek d musyawarahkan / d rundingkan ntar malah ujung2nya dadi rusuh. mungkin saiki lg bulan puasa dadi rodo sabar n adem. tapi mbuh ngko nek wis bar lebaran. (smoga aja ga sampe terjadi kericuhan). dari pihak kepolisian juga haruse menertibkan (dengan tegas. kasih sanksi po piye). mesakke sing mbayar trayek tapi malah penumpange d serobot. (aya2 wae) frustasi

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Puluhan awak angkudes resah   

Kembali Ke Atas Go down
 
Puluhan awak angkudes resah
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: