Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Grebeg Ngenep Desa Dadapayu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Oct 06, 2008 4:40 pm

Grebeg Ngenep

Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul INDONESIA

Desa Ngenep berada di sebelah tenggara kota Wonosari, kurang lebih 15 kilometer dari ibukota Kabupaten Gunung Kidul itu. Desa yang sebagian besar penduduknya hidup dari hasil pertanian ini mempunyai enam wilayah pedusunan, yaitu Sembuku, Mojo, Pomahan, Kauman, Nogosari, dan Karang Tengah. Nama desa Ngenep sekarang sudah tidak ada dan mengalami pemekaran menjadi enam dusun tersebut. Penduduk di daerah ini sangat menggantungkan hasil pada tegalan dan pekarangan. Mereka percaya juga bahwa hasil tani mereka dipelihara melalui kekuatan supranatural lewat upacara adat Grebeg Ngenep.

Menurut cerita, upacara Grebeg Ngenep mempunyai kaitan dengan upacara Grebeg yang dilakukan Kraton Kartasura. Sebutan grebeg itu sendiri sebenarnya memang sudah menunjukkan bahwa upacara tersebut berasal dari kraton. Hanya saja karena upacara adat ini di desa Dadapayu dan dilaksanakan di Dusun Ngenep, maka dikenal dengan sebutan upacara Grebeg Ngenep. Berawal dari kisah Ki Mentotruno yang mampu mengatasi banjir sungai Kedung Lumbu di Kraton Kartasura, dan Ki Mentotruno, yang kemudian menjadi Ki Mentokuasa, diperbolehkan mengadakan upacara grebeg di Ngenep.

Upacara Grebeg Ngenep menjadi tradisi yang selalu dilaksanakan setiap Jumat Wage (sesudah bulan Mulud). Upacara ini terpusat pada tokoh Ki Mentokuasa yang menjadi mitos "pengayom dan kesejahteraan" masyarakat desa. Pada dasarnya, upacara ini bertujuan untuk memule dan syukuran, karena hasil pertanian masyarakat dusun Ngenep berhasil dengan baik. Upacara grebeg adopsi dari Kraton Kartasura ini mempunyai makna:
- Menyatunya hubungan Raja dan Rakyatnya
- Legitimasi Ngenep sebagai desa yang mempunyai hubungan dengan Raja
- Untuk menghormati cikal bakal desa yaitu Ki Mentokuasa
- Berkah dan Sawab pasa Grebeg Kraton diyakini akan melimpah juga pada Grebeg Ngenep.

Upacara Grebeg Ngenep diawali dengan kegiatan merapikan pagar, membersihkan jalan dan tempat-tempat yang akan digunakan untuk upacara, khususnya Masjid Al Mutaqim. Pada hari Kamis Pon (siang hari) ada upacara memule wilujengan (slametan) untuk meminta berkah pangestu dari para leluhur supaya selamat, dengan menyembelih kambing. Pada hari itu juga setelah memule, para warga membuah tujuh sesaji di tempat-tempat angker "sing mbaureksa dusun dikaruhi ben dha ora ngganggu" (penunggu dusun didatangi agar tidak mengganggu).

Masing-masing dusun menyiapkan gunungan yang akan dikeluarkan pagi harinya, Jumat Wage. Gunungan yang dibuat bentuknya tidak baku, bahkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Tahun 1960-an, gunungan berbentuk rumah kampung dawa, joglo atau limasan. Juga muncul bentuk hewan seperti harimau, sapi atau di tahun 1990-an, muncul bentuk tikus atau walang kadung.

Prosesi upacara dimulai sekitar pukul 14.30 WIB dentan tanda bunyi bendhe warisan. Gunungan diambil di setiap dusun dengan dikawal prajurit-prajurit (8-14 orang) dari anak-keturunan Ki Mentokuasa. Gunungan pertama diambil dari dusun Karang Tengah, Sembuku, Pomahan, Nogosari, dan dusun Mojo. Dari dusun terakhir ini, para prajurit juga membawa weton pantu atau pari kancingan yang kemudian diletakkan pada gunungan sebagai simbol pasok glondong pangarem-arem (tanda kesetiaan rakyat pada raja). Untaian padi ini menjadi pusat perhatian masyarakat yang ingin ngalap berkah agar usaha taninya berhasil.

Rangkaian sesaji upacara Grebeg Ngenep adalah:
a. Sesaji buangan Panjang Ilang, tumpeng kecil dengan lauk pauknya, takir berisi tembakau, sirih, gambir, bir dan uang receh,
b. Sesaji dalam loyang kayu (tenong), berisi kembang menyan, tembakau, sisir, pengilon, rokok, suri, jambe, dua asbak berisi jagung goreng dan jamur gajih,
c. Sesaji dalam bakul nasi, berisi sayur gulai kambing satu mangkuk, kendhi berisi air dingin, 9 buah panjang ilang berisi kepala kambing, tiga panjang ilang berisi nasi tumpeng beserta lauknya, satu panjang ilang berisi jadah dan panggang ayam,

Sedangkan di dalam gunungan, terdapat sesaji berisi nasi wuduk ingkung, nasi dengan lauk pauk yang ditempatkan dalam baskom. Dalam Pasren, terdapat sesaji berisi pisang ayu setangkep, raja lumut, tumpeng weton, tumpeng memule jumlahnya 14 atau 7 jodho yaitu tumpeng lancip 7 jodo, tumpeng gilingan 7 jodo, ulam ayam 7 takir, tawon 1 takir, jangan kelor, yang kesemuanya harus ditangani oleh anak-keturunan Ki Mentokuasa.

Gunungan-gunungan tersebut kemudian diarak menuju ke pusat upacara di Masjid Al Mutaqim, Nogosari, bersama dengan sepasang pengantin yang mengenakan busana seperti raja dan permaisuri yang dibawa dengan tandu. Dibawa juga bersama iringan, seperangkat benda pusaka seperti bende, song-song jene, baju gondil, udheng gilig, dan tombak dari Kraton Kartasura.

Kenduri yang dihadiri seluruh warga menjadi acara inti. Seusai kenduri, warga diperbolehkan mengambil nasi kenduren untuk dimakan bersama-sama. Kemudian semua gunungan dibawa kembali ke masing-masing dusun. Pada malam harinya, diadakan pentas wayang kulit dengan cerita selain kisah Brantayudha. Hal yang khusus dalam setiap wayangan adalah akhir cerita selalu diisi cerita Hyang Sri Sadono, tokoh mitos sebagai sumber padi, lazimnya dikenal sebagai Dewi Sri. Kadang juga diadakan pertandingan sepakbola persahabatan antar desa.


RSS

sumber:gudeg

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
J7Top
KorLap
avatar

Lokasi : Cimahi Bandung (asal Jepitu - Wediombo)
Reputation : 0
Join date : 24.09.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Oct 06, 2008 7:51 pm

wah kerenn sejarah ini...

ijin kopas ke blog-ku di category budaya, boleh nggak??

matur suwun, dan tak tunggu cerita2 budaya di GK khususnya yang akan saya angkat di blog saya di kategori khusus budaya...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jakethoodiedance.com
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Oct 06, 2008 8:35 pm

nek tujuanne ora komersiil tur nyancantumke sumbere mah mustine keno2 bae..
toh awake dewe ora...ngaku karyane wong liyo...

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
J7Top
KorLap
avatar

Lokasi : Cimahi Bandung (asal Jepitu - Wediombo)
Reputation : 0
Join date : 24.09.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Oct 06, 2008 11:31 pm

lha iku.. .
sumbere gudeg, ning koq ra ngelink ya??
ato aku kasih link ke tread forum ini aja? sekalian promo forum qta ini Very Happy

kagem pak Camat Sapto Sardiyanto, saene pripun pak?


suwun...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jakethoodiedance.com
J7Top
KorLap
avatar

Lokasi : Cimahi Bandung (asal Jepitu - Wediombo)
Reputation : 0
Join date : 24.09.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Oct 06, 2008 11:41 pm

already posted : http://j7top.info/kebudayaan/grebeg-ngenep.html


enthuk ora ngono??

nek ora enthuk yo tak edit lagi...

Suwun kagem pak Camat Sapto Sardiyanto


Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jakethoodiedance.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Tue Oct 07, 2008 11:36 am

tidak apa apa mas asalkan tidak untuk dikomersilkan.monggo mawon
kebetulan saya member disitu juga yang terpenting dicantumkan sumbernya

web ini dikelola oleh CV.Citra Nusa inomedia
yang beralamat di Jl.Pentung No.31 Papringan Yogyakarta

nyuwun ngapunten sek mbales amargi nek pun ten griyo niku mboten sempet mbukak malih
sibuk kalian anak


wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sat Oct 11, 2008 11:52 pm

J7Top wrote:
already posted : http://j7top.info/kebudayaan/grebeg-ngenep.html


enthuk ora ngono??

nek ora enthuk yo tak edit lagi...

Suwun kagem pak Camat Sapto Sardiyanto


Very Happy

siipp mas ajib
Kembali Ke Atas Go down
J7Top
KorLap
avatar

Lokasi : Cimahi Bandung (asal Jepitu - Wediombo)
Reputation : 0
Join date : 24.09.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sun Oct 12, 2008 1:22 am

k_lop wrote:
J7Top wrote:
already posted : http://j7top.info/kebudayaan/grebeg-ngenep.html


enthuk ora ngono??

nek ora enthuk yo tak edit lagi...

Suwun kagem pak Camat Sapto Sardiyanto


Very Happy

siipp mas ajib


:l0(())((:
suwun kang...
sering mampir neng omah ku iku mau ya...
syukur2 melu cuap2 neng komen opo shoutbox..

ulo tenggo sedoyo mawon monggo...

(ingkang ngersake tukeran link (blogroll), monggo pm teng kulo, siap link banner atau text)
sipp...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jakethoodiedance.com
gober
Warga
avatar

Lokasi : Klapa gading jak-ut/semanu
Reputation : 0
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Wed Oct 15, 2008 10:48 am

Gen kulo gih wonten grebek kan lo...
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Wed Oct 15, 2008 11:37 am

Wah malah wis kadang2 lali jek aku karo Ngenep ki.....ndisik dek cilik2anku cen moro rono....
NIng sakiki wis jarang???

Apik tenan cenan acrane ki...
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Thu Oct 16, 2008 1:12 pm

niku lokasi sekitar pundi njih mas

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
case_me
KorLap
avatar

Lokasi : Semanu-Wonosari-Jogja (PP)
Reputation : 0
Join date : 06.06.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Fri Aug 28, 2009 10:01 pm

hmmm...keren2..aq orang daerah situ juga tp malah gak ngerti sejarah'N...lw aq co pas ke web'N dadapayu blh gak neh...??kebetulan dadapayu punya web baru neh...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kiezme.wordpress.com
Prexndes
Koordinator
avatar

Reputation : 4
Join date : 25.04.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Fri Aug 28, 2009 11:40 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Wah malah wis kadang2 lali jek aku karo Ngenep ki.....ndisik dek cilik2anku cen moro rono....
NIng sakiki wis jarang???

Apik tenan cenan acrane ki...

mulane sok ngampiri aku men ono kocone, dadi gayeng ngono lho.
aku yo durung tau je, pengin ngerti yo'an.....
Kembali Ke Atas Go down
rmlodang
Camat
avatar

Lokasi : Kayangan junggring saloko.
Reputation : 12
Join date : 12.08.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Fri Aug 28, 2009 11:53 pm

Prexndes wrote:
Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Wah malah wis kadang2 lali jek aku karo Ngenep ki.....ndisik dek cilik2anku cen moro rono....
NIng sakiki wis jarang???

Apik tenan cenan acrane ki...

mulane sok ngampiri aku men ono kocone, dadi gayeng ngono lho.
aku yo durung tau je, pengin ngerti yo'an.....


Weis ben mas jar no wae disik, mergane agi seneng lungo dewe...( alias blusak blusuk )
Kembali Ke Atas Go down
http://maryoto_metal@yahoo.com
Prexndes
Koordinator
avatar

Reputation : 4
Join date : 25.04.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sat Aug 29, 2009 1:38 am

ning ojo sujono ro kang Wono lho Dhang....

ndhak kwalat ngko
Kembali Ke Atas Go down
rmlodang
Camat
avatar

Lokasi : Kayangan junggring saloko.
Reputation : 12
Join date : 12.08.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sat Aug 29, 2009 6:35 am

Prexndes wrote:
ning ojo sujono ro kang Wono lho Dhang....

ndhak kwalat ngko


Lha opo iyo ye mas...ning ijik tuwo aku kie, kacek 5 th nek rasalah. Aku lairan 40 gek kono lairan 45 pas indonesia arep Merdiko jew....
Biasane simbah kae nek wong enom kie ora malati.

frustasi frustasi
Kembali Ke Atas Go down
http://maryoto_metal@yahoo.com
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sat Aug 29, 2009 6:00 pm

Weeee....Apik banget kwi kang Sapto..

Lha njenengan tiyang pundi kok malah tau...

Ngendi sih kwi nggoneee...?? ajib ajib

_________________
"KEEP ISTIQOMAH"
Kembali Ke Atas Go down
case_me
KorLap
avatar

Lokasi : Semanu-Wonosari-Jogja (PP)
Reputation : 0
Join date : 06.06.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Sun Aug 30, 2009 9:55 am

Quote :
Weeee....Apik banget kwi kang Sapto..

Lha njenengan tiyang pundi kok malah tau...

Ngendi sih kwi nggoneee...?? ajib ajib

lha nopo mboten gen'e den ayu taw mriku niku...????
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kiezme.wordpress.com
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Sep 07, 2009 5:52 pm

case_me wrote:
Quote :
Weeee....Apik banget kwi kang Sapto..

Lha njenengan tiyang pundi kok malah tau...

Ngendi sih kwi nggoneee...?? ajib ajib

lha nopo mboten gen'e den ayu taw mriku niku...????


Epe he'e jeng pantes koyo wes tau krungu aq...heheh...

Nek ra salah jenenge ki Masjid Al Muttaqien dudu Al Mutaqim. ajib ajib

_________________
"KEEP ISTIQOMAH"
Kembali Ke Atas Go down
case_me
KorLap
avatar

Lokasi : Semanu-Wonosari-Jogja (PP)
Reputation : 0
Join date : 06.06.08

PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   Mon Sep 07, 2009 6:56 pm

[quote]case_me wrote:
Quote:
Weeee....Apik banget kwi kang Sapto..

Lha njenengan tiyang pundi kok malah tau...

Ngendi sih kwi nggoneee...?? ajib ajib


lha nopo mboten gen'e den ayu taw mriku niku...????



Epe he'e jeng pantes koyo wes tau krungu aq...heheh...

Nek ra salah jenenge ki Masjid Al Muttaqien dudu Al Mutaqim. ajib ajib


den ayu niku sing daleme kidul mesjid Al-Mutaqien taw...??
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kiezme.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Grebeg Ngenep Desa Dadapayu   

Kembali Ke Atas Go down
 
Grebeg Ngenep Desa Dadapayu
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kebudayaan Daerah-
Navigasi: