Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 APA ITU MASUK ANGIN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Kangmas Jarot
Lurah


Lokasi : Sumatra
Reputation : 0
Join date : 10.10.08

PostSubyek: APA ITU MASUK ANGIN   Tue Oct 14, 2008 5:49 pm

Dimasayarakat Indonesia , kita sering mendengar istilah "Masuk Angin".
Kata "Masuk Angin" tersebut mereka gunakan apabila mereka merasa:


kedinginan
kembung
pegal-pegal otot dan sendi
buang gas terus menerus
batuk-pilek

Kerap kali mereka memakai jaket yang tebal saat berkendara motor dengan tujuan, supaya "enggak masuk angin"..mereka mungkin beranggapan bahwa "angin" tersebut dapat masuk lewat pori-pori tubuh kita, dan dengan mekanisme "entah bagaimana" dapat menimbulkan keluhan-keluhan tidak enak seperti yang telah disebutkan di atas.
Sebenarnya di Istilah Kedokteran, TIDAK ADA istilah "masuk angin", dan berbagai keluhan yang disebutkan diatas memang dapat ditimbulkan oleh Cuaca Dingin (mungkin aja banyak anginnya) namun tidak seperti yang telah dipikirkan oleh banyak orang awam...(masuk angin..).
Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme "vasoconstricion"dimana terjadi Penyempitan pembuluh darah kita, hal ini mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi Hipotermi. Nah..Vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme, dan Asam laktat terakumulasi pada otot-otot kita..akibatnya pegal-pegal dan seluruh tubuh kita tidak enak...
Selain itu, Cuaca yang dingin juga mengakibatkan "perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita", sehingga gas yang ada di saluran cerna kita tertampung sehingga dapat menjadi kembung...perut terasa penuh...ditambah lagi mungkin aja terjadi yang namanya "Aerophagi" (Makan angin)..nah ini mungkin yang sering kita alami bila kita berkendaraan motor, atau naik Roller Coaster, tapi sambil buka mulut (Mangap), akibatnya banyak angin yang tertelan oleh kita, sehingga kita kenyang dengan angin (Kembung-red) . He..He...
Parahnya lagi, Cuaca yang dingin, dapat mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak..padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll..
Nah, obat-obat, jamu-jamu yang "wes..ewes..ewes. .bablas anginnya" hanya berfungsi mengeluarkan udara dalam saluran pencernaan (jadi sering buang gas), dan menghangatkan badan karena banyak mengandung jahe, dll..(that's Oke...).
Tapi, kalo jamu-jamu buat pegel-pegel..lebih baik jangan deh..karena banyak yang mengandung Steroid dan Obat penghilang sakitnon steroid (NSAID), yang dapat mengakibatkan banyak komplikasi lain, seperti: Sakit lambung, bahkan sampai lambungnya jebol (bocor)..Hati- hati..
Kalo kerokan boleh ga?? Jangan Deh..Karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat "endorfin" Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri...Jadinya kayak nge-flyaja...( that's not good...!)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.fajarto.blogspot.com
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Tue Oct 14, 2008 8:08 pm

Wah aku cok kerokan je
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Wed Oct 15, 2008 1:46 pm

lagi ngerti aku wah sip infone
kalau minum sprit campur garam katanya bisa juga ya?

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 9:12 am

Masuk angin berbahaya bgt...kemarin ayahnya anak2x juga masuk angin (kali) awalnya, jan sakitnya jadi kemana 2x hampir pingsan segala...aduh pokoknya jangan disepelekan masuk angin....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
kandar
Presidium


Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 9:47 am

kalo masuk angin duduk istilah kedokterannya apa yaa?

Itu kan berbahaya banget, banyak orang yg meninggal, kata orang gara2 masuk angin duduk..ada yg tahu enggak ya??

suwun,
kandar

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
Kangmas Jarot
Lurah


Lokasi : Sumatra
Reputation : 0
Join date : 10.10.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 10:03 am

siti rahayu wrote:
Masuk angin berbahaya bgt...kemarin ayahnya anak2x juga masuk angin (kali) awalnya, jan sakitnya jadi kemana 2x hampir pingsan segala...aduh pokoknya jangan disepelekan masuk angin....

Setuju mbak siti. Ketoke sepele ning iso dadi gawe iku.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.fajarto.blogspot.com
Kangmas Jarot
Lurah


Lokasi : Sumatra
Reputation : 0
Join date : 10.10.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 10:15 am

Penyebab angin duduk sebenarnya terletak pada penyempitan pembuluh darah di jantung (vasoconstricion). Penyempitan itu dapat disebabkan oleh adanya timbunan lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol yang tinggi, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah, vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus, dan adanya infeksi pada pembuluh darah. Penyempitan itu?mengakibatkan?kurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung. Ketidakseimbangan antara pasokan dan kebutuhan oksigen di dalam tubuh menyebabkan nyeri di dada, yang dalam istilah medis disebut sebagai angina
Kembali Ke Atas Go down
http://www.fajarto.blogspot.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 2:17 pm

cara mengatasinya gimana pak ya pertolongan pertamanya sebelum kerumah sakit

suwun

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Fri Oct 17, 2008 2:21 pm

menurut aku pertolongan pertama ya
- dikerokin,sampe tuntas tas tas (bagi yg biasa kerokan lho)
- Di kop yg pake duit & gelas itu lho
- minum obat warung dulu
- istirahat makan yg cukup
- kalo gak sembuh ya harus ke UGD kayak suami aku kemarin(payahh...)

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: APA ITU MASUK ANGIN   Today at 2:10 am

Kembali Ke Atas Go down
 
APA ITU MASUK ANGIN
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: