Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Aduh! Lambungku bermasalah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Aduh! Lambungku bermasalah   Tue Oct 21, 2008 2:48 pm

Mungkin bnyak diantara kita penderita maag. Kta sharing yuk apa yang hrs dihindari dan apa yg musti dilakukan
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Tue Oct 21, 2008 2:50 pm

Katanya kta harus menghindari makan pedas dan asam (padahal itu makanan favorite)
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Tue Oct 21, 2008 3:11 pm

Mencegah & Mengatasi Radang Lambung/Maag dengan Herbal
March 14, 2008 headtee

Lambung adalah salah satu bagian dari alat pencernaan, merupakan organ berotot yang berongga dan mempunyai dua lubang, yatu satu lubang berupa pintu masuk dari esofagus dan satu lagi merupakan pintu keluar menuju usus kecil. Fungsi lambung antara lain yaitu untuk menyimpan makanan untuk sementara, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuan sekresi-sekresi lambung dan asam hidroklorida, dan mengkontraksi makanan ke dalam usus kecil.

Radang lambung, atau gastritis, atau lebih dikenal juga dengan penyakit maag merupakan suatu gangguan pencernaan yang umum terjadi. Pada penyakit ini terjadi suatu iritasi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga menjadi merah, bengkak, berdarah dan luka. Radang lambung dapat berupa serangan akut atau gangguan kronis. Serangan akut terjadi mendadak misalnya setelah minum alkohol, kopi, makanan berbumbu banyak atau yang susah dicerna.

Pada umumnya radang lambung dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :
Terlalu banyak makanan yang mengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minuman beralkohol,
obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
adanya stress dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang.
Adanya asam lambung yang berlebihan.
Waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan
Tertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
Infeksi bakteri
Gejala dari penyakit radang lambung umumnya, yaitu :
Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah
perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut.
Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.
Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).
Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara lain :
konsumsi makanan yang lunak/lembut.
Hindari makanan yang mengiritasi lambung, seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin.
jangan terlambat makan atau makan berlebihan,
makan sedikit-sedikit tapi sering
Usahakan buang air besar secara teratur
Mengatasi Gangguan Lambung dengan Herbal/Tanaman Obat
Obat-obat gangguan lambung yang dijual bebas di warung biasanya bersifat antacid yaitu menurunkan keasaman cairan di lambung dengan cara menaikan pH, sehingga untuk sementara gejala sakit akan hilang. Namun kesembuhan tersebut bersifat sementara karena lambung masih lemah akibat erosi, serta belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan gangguan lambung, diantaranya yaitu :
1.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)
Khasiat: antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan, melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung & mengurangi gas perut.
Dosis : 30 gram rimpang direbus, airnya diminum.
2.KUNYIT (Curcuma domestica Val.)
Khasiat /efek ; antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.
Dosis : 10-25 gram rimpang kunyit, direbus, airnya diminum.
3.KENCUR (Kaempferia galanga L.)
Khasiat : antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan sebagai penghangat badan.
Dosis : 10-25 gram rimpang kencur, direbus, airnya diminum.
4. KAPULAGA (Amomum cardamomum)
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.
Dosis : 3-5 buah direbus, airnya diminum.
5. DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.)
Khasiat : antiradang, menguatkan lambung.
Dosis : 10-15 gram kering atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus, diminum.
6. SAMBILOTO (Andrographis paniculata)
Khasiat/efek : antiradang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkak
Dosis : 9 -15 gram sambiloto kering, direbus, airnya diminum.
7. KULIT JERUK MANDARIN (Citrus nobilis)
Khasiat : untuk radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, muntah.
Dosis : 3-10 gram kering, direbus, airnya diminum.
8. SEREH (Andropogon citratus)
Khasiat : untuk nyeri lambung, perut kebung, mual, dmn muntah.
Dosis : 5-15 gram direbus, airnya diminum.
9. ADAS (Foeniculum vulgare)
Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.
Dosis : 1-5 gram kering, direbus, airnya diminum.

Berikut contoh resep/ramuan herbal untuk mengatasi radang lambung :
- 30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 20 gram kunyit + 7 gram kulit jeruk mandari kering + 80 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya) + 1 sendok teh adas + 5 butir kapulaga, semua bahan dicuci, temu lawak, kencur dan kunyit dipotong-potong, lalu semuanya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum. Ampasnya dapat direbus untuk 1 kali perebusan kembali pada sore harinya. Lakukan secara teratur.

catatan : untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca/pyrex

Sumber: hembing

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Tue Oct 21, 2008 4:18 pm

Wah info yg menarik. Aku sering kedokter krna keluhan ini dan obatnya mahal apalagi kmaren smpt cek darah sgala.
Kata dokter stres juga brpengaruh bsar dlm hal ini.
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Tue Oct 21, 2008 4:20 pm

Segala jenis kopi, minuman brsoda dan permen mint jga harus dhindari.
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 9:29 am

Usahakan sarapan pagi krna pola makan yg benar kunci kbrhasilan peny penyakit ini
Kembali Ke Atas Go down
qzruh
Lurah


Lokasi : tangerang
Reputation : 0
Join date : 10.08.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 11:03 am

aku pernah kena tuh, malah akut banget kalau makan nasi uduk, nasi kuning, ketan pasti sakit perut bahkan bisa sampai muntah, kalau telat makan pa lagi pokoknya parah. Trus sama ibuku dibikinin bubur nggerut (kalau gak salah sebut) pokoknya sejenis umbi-umbian dan ibuku sampai bela-belain beli di pasar wonosari kebetulan sekarang tinggal di jogja soale katanya susah cari di jogja, ya untungnya sembuh sampai sekarang gak kambuh lagi.
Bubur nya terbuat dari tepung nggerut+air+gula jawa. dimask sampai mendidih baru bersamaan. penampakannya sih mirip lem kanji gitu. semoga bermanfaat
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 11:12 am

Bukan ngerut kali mas. garut yg umbina putih kan
Kembali Ke Atas Go down
qzruh
Lurah


Lokasi : tangerang
Reputation : 0
Join date : 10.08.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 11:54 am

iya kali, itu namanya soale aku rodo lali. tengkyu
Kembali Ke Atas Go down
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 1:45 pm

lambungku juga....
kata dokter produksi gasnya berlebihan.. frustasi

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 1:50 pm

maksute nopo mbak produksi gas berlebihan

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 1:59 pm

aku yo gak dong pak,
jare dokter ngono

soalnya suka mual, nyesek sampai dada kadang2
kata dokter produksi gasnya berlebihan jadi akibatnya
mual. harus menghindari makanan pemicu produksi gas
contohnya; KOL, SOTDRINK, dll

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 2:13 pm

Sama mbak kdng2 ampe ke pingang sakitna perut trasa bngkak di ulu hati.
Saya smpai tes darah sgala takut knapa-napa. Alhamdulillah fungsi hati sama ginjal bagus
Kembali Ke Atas Go down
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 3:20 pm

kayaknya akibat stress deh mbak...
coba tenangkan pikiran, rileks

pemicu sakit lambung akibat dari stress.

biasanya kalau lagi kambuh, harus jaga makan.
tidak boleh; PEDAS, ASAM, ROTI(mengandung ragi),
SOFTDRINK(mengandung soda),
BUAH(beberapa getah dari buah juga bisa jadi pemicu).

sebaiknya makan NASI TIM saja dulu, sampai kondisi stabil.

bisa dicoba konsumsi MADU setiap hari.
hasilnya tidak seketika, tapi cukup bermanfaat.

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 8:34 pm

Makasih mbak. Makan sih skarang lumayan trkontrol cuman ya klu pikiran kdng kan gak bsa diatur.
Kembali Ke Atas Go down
dwikoe
Camat


Lokasi : cedak kebun Raya Bogor
Reputation : 1
Join date : 19.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 8:52 pm

klo aku bilang, penyakit lambung itu penyakitnya orang males....

males MAKAN..........

obat'e gampang kok........

jaga pola makan, jaga pikiran, dan jgn malas/menunda makan.....

karena klo kita sakit, apalagi sampe kronis.....yg rugi bukan hanya kita....

tapi juga orang di sekitar kita..........!!!!!!!!!!!11
Kembali Ke Atas Go down
http://www.elsppat.or.id
dewalangit
Officer


Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Oct 22, 2008 10:53 pm

yang penting makan teratur,...banyakin makanan berserat, kurangi makanan berminyak,atau makanan yang merangsang(pedas,masam,dan makanan keras/susah dicerna semisal:jambu kluthuk :lol: )

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
4lief4
Koordinator


Lokasi : njakarta
Reputation : 0
Join date : 03.06.08

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Thu Oct 23, 2008 9:33 am

Betul mbak wi!
Kembali Ke Atas Go down
herbrata
KorLap


Lokasi : DI Panjaitan 14 Penas Cawang Halim
Reputation : 0
Join date : 18.12.13

PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   Wed Dec 18, 2013 8:10 pm

Kalo lambung terlalu banyak memproduksi asam HCl, maka dia akan Mencerna organ lambungnya sendiri ...
Maka penderita asam lambung harus sering makan dalam porsi tertentu,
karena salah satu gejala dari produksi asam berlebih itu adalah rasa lapar yg gampang datang, walau baru saja makan ....
Kembali Ke Atas Go down
http://gmrapihjaya.web.indotrading.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Aduh! Lambungku bermasalah   

Kembali Ke Atas Go down
 
Aduh! Lambungku bermasalah
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: