Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
dewalangit
Officer


Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 24, 2008 10:18 pm

Penyakit karena sering tidak tidur malam antara laen sebagai berikut :

* ringan : mood sering berubah, nafsu makan berkurang, cemas, depresi, kegemukan pada anak dan praremaja, kekurangan berat badan pada dewasa

* kronis : kanker hati, kanker prostat, kanker payudara, paru paru, kelenjar getah bening, peradangan pada wanita, stres, tumor pada hewan, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), diabetes, tekanan darah.

Fakta :

* Semua hal diatas disebabkan daya tahan tubuh menurun karena tidak sehatnya jam tidur, tidur dini hari, dan makanan yang tidak memenuhi standar gizi. Mengurangi tidur 1 jam saja tubuh memerlukan pemulihan selama 1 hari, aktifitas hingga dini hari memicu kanker karena cahaya lampu mengandung faktor penyebab kanker.

Opini dan mitos yang berkembang :

* Orang sukses tidur dini hari, tidak tidur malam
* Keren jika bisa nongkrong ama temen temen malam malam
* Tidur ndak masalah pagi apa sore
* Tidak bermasalah bila tidak melek ampe pagi di dalam rumah
* Sekarang jamannya kalong (bangga banget bila ada yang nyebut kalong) “dasar edan”

Opiniku :

* Tidur yang normal aja, malam tidur tapi bangun pagi memulai aktifitas (meski aku masih sering melek malam)
* Jangan pernah bangga menjadi anak malam karena aku udah bosan - wes tau - itu dulu (maen musik di tempat hiburan malam bau rokok ama alkohol dan dikerjain secara continue, nongkrong di jalan sambil ngopi liatin kendaraan, naek sepeda motor malam malam, maen online / offline game ampe pagi ampe lupa makan ama minum, kumpul bareng temen temen di batu berangkat dari rumah jam 8 makan terus jagung ampe jam 3 pagi ama rokoan sebungkus semalem dan dilakuin setiap berapa hari sekali - mati aja wes kalo gitu, ngerjain coding ndak tidur dari malam ampe 3 malam lagi terus cerita cerita ke temen kuliah :) - namanya dodol bangetz)
* Islam tuh baek banget (sholat isya-aktifitas-tidur-sholat tahajud-tidur-sholat subuh-aktifitas)
* Aku nulis artikel ini ampe jam 5 pagi dari jam 2 an (artikel seng ditulis belum tak diterapin sepenuhnya, hehehehehe, masih banyak dosa ama yang bikin melek).
* Hari ini aku masih masih tidur dini hari, hanya sabtu doang karena libur. Mungkin minggu depan aku memikirkan lagi jam tidurku biar aku tak “tidur dengan mata terbuka lagi / sleep with my eyes open”, pasti kuusahakan.
* Olah raga dan makan makanan bergizi supaya tembem / lemu.
* On Vacation ndak masalah yang penting jaga kondisi dan tidak sering sering.

Tidur sehat :

* anak anak dan remaja 10 sampai 11 jam sedangkan dewasa 8 jam sehari, tidur tidak lewat tengah malam, bangun lebih awal.
Penyebab utama kerusakan hati adalah :
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
2. Pola makan yang terlalu berlebihan
3. Tidak makan pagi
4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan
6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.

Sebab :
* Malam hari pukul 9 - 11 : adalah pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
* Malam hari pukul 11 - dini hari pukul 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
* Dini hari pukul 1 - 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
* Dini hari pukul 3 - 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
* Pagi pukul 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
* Pagi pukul 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 6:30. Makan pagi sebelum pukul 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untukmemproduksi darah. Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang.
(dari berbagai sumber, search word : ” jangan tidur larut malam “)

Tak doain yang baca artikel ini dapat semakin memperhatikan kesehatannya, dan moga moga makin sehat selalu.

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
dedik cahyono
Camat


Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 24, 2008 11:54 pm

amin....

tapi setelah baca aku malah dadi ngrasa takut, maslah'e aku turu wengi terus...

_________________
sak beja-bejane wong lali, iseh bejo wong kang eling lan waspodo
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
k_lop
Pengawas


Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Sat Oct 25, 2008 9:29 am

wah matur nuwon mas infone ajib
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Sat Oct 25, 2008 10:00 am

kalau menurut aku tidur tidak usah terlalu lama yang penting kwalitas tidur kita
karena terlalu banyak tidur malah membuat badan kita lemas

wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Wed Oct 29, 2008 6:10 pm

Wah pik ki mas, ning nek aku ki wis seko cilik jek turu ki nek ora kesel banget paling d atas jam 1 an.

Gek nek sakiki paling turu 2 jam sehari ki, wee nek mbengi karo udute kenceng???
Nek d bandingke maslah medis, mbahku wae umure wis tekan meh 80an tahun meleke kuwat lan pernah 5 dino 5 hari g turu blas udut kenceng, sak iki rung tahu keno opo2???
Nek ngelu mules yo kuwi wajar jenenge manungso. Ning nek nganti loro parah yo ra tahu jek???
Dadi menurutku, melek bengi ki apik??? Ning kudune sing positif???

Nek ra percoyo ning tempatku???
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
siwid
Donatur


Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Wed Oct 29, 2008 11:04 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:

Dadi menurutku, melek bengi ki apik??? Ning kudune sing positif???

Nek ra percoyo ning tempatku???


padune kon ngancani lek2an we... ngakakk

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Thu Oct 30, 2008 9:16 am

lebih baik kalo gak ada sesuatu yg harus kita lakukan...mendingan malam ya istirahat...untuk mengumpulkan tenaga buat besok pagi....kalo tidur jam 1 malem...aku gak bakalan bisa bangun jam 5....lagian mo ngapain juga tidur jam 1...wong jam 9 wis ngantuk... ajib

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Thu Oct 30, 2008 4:48 pm

waktu tidur tergantung anak saya kalau sikecil rewel ya otomatis ikut nemenin kasihan istri kalau sendiri siang sama pembantu mosok malem sama pembantu juga entar dia malah lebih sayang ke pembantu malah repot

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Pardjimin
Presidium


Lokasi : Blekasi - DjogDja - GK - Semin - Karang Sari
Reputation : 10
Join date : 14.03.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Thu Oct 30, 2008 6:54 pm

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Wah pik ki mas, ning nek aku ki wis seko cilik jek turu ki nek ora kesel banget paling d atas jam 1 an.

Gek nek sakiki paling turu 2 jam sehari ki, wee nek mbengi karo udute kenceng???
Nek d bandingke maslah medis, mbahku wae umure wis tekan meh 80an tahun meleke kuwat lan pernah 5 dino 5 hari g turu blas udut kenceng, sak iki rung tahu keno opo2???
Nek ngelu mules yo kuwi wajar jenenge manungso. Ning nek nganti loro parah yo ra tahu jek???
Dadi menurutku, melek bengi ki apik??? Ning kudune sing positif???

Nek ra percoyo ning tempatku???

ojo di turut omongan nduwur kui......
nek aku yo wegah, gelem moro mrono ning yo cepakono bantal karo kasur... TURU...!!!

_________________
MPAN NGGO PAPAN

http://pardjimin.wordpress.com/
Kembali Ke Atas Go down
http://pardjimin.wordpress.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 31, 2008 4:35 pm

pol pol ke lu turu mumpung sih gratis hehehe

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 31, 2008 4:53 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:
waktu tidur tergantung anak saya kalau sikecil rewel ya otomatis ikut nemenin kasihan istri kalau sendiri siang sama pembantu mosok malem sama pembantu juga entar dia malah lebih sayang ke pembantu malah repot


Jan suami idaman tenan...tapi untung juga suamiku juga begitu...nek anakku malem rewel...kita jagain sama2x...

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 31, 2008 5:28 pm

walaupun ada pembantu kalau bisa malam dan hari libur kita yang mengurusinya jadi setelah besar nanti anak kita tidak kehilangan kasih sayang dari orang tuanya

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Fri Oct 31, 2008 11:04 pm

SAPTO SARDIYANTO wrote:
walaupun ada pembantu kalau bisa malam dan hari libur kita yang mengurusinya jadi setelah besar nanti anak kita tidak kehilangan kasih sayang dari orang tuanya
Benul,...!!!!! ajib

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
t374bwn
Koordinator


Lokasi : Cixarank
Reputation : 1
Join date : 02.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Sat Nov 01, 2008 8:33 am

Nek wengi cok ra iso turu kuwi berarti durung mari, kudu dibale'ke neng dokter meneh....

_________________
Sedayaning kedhah kanthi kaweningipun manah....
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Sat Nov 01, 2008 8:57 am

SAPTO SARDIYANTO wrote:
walaupun ada pembantu kalau bisa malam dan hari libur kita yang mengurusinya jadi setelah besar nanti anak kita tidak kehilangan kasih sayang dari orang tuanya

Pengasuhnya anakku, malah datang pagi (kalo kita mo berangkat) pulangnya sore (kalo kita dah pulang).....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   Sat Nov 01, 2008 10:58 am

gitu malah bagus juga jadi malam bisa kita sebagai orang tuanya yang ngasuh anaknya umur berapa mbak?

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: [faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!   

Kembali Ke Atas Go down
 
[faq] Suka Tidur Larut Malam ? xxx.... Mananti Anda !!
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: