Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Sejarah GunungKidul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Sejarah GunungKidul   Sun Mar 30, 2008 7:51 pm

Ada yang tau ngga', gimana sig Sejarah Gunung Kidul tuh??? atau Knapa di namakan GunungKidul?? Trus ide nama Itu awalnya dari amna gituh??

Mohon rekan2 yang tau bisa di Share disini.. beda pendapat ga' masalah penting sesuai pengetahuan.... dance

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sun Mar 30, 2008 8:11 pm

Klo' tak baca sih begini.. mungkin ada yang lain?

Adanya sebagian pelarian dari Majapahit yang kemudian menetap di Gunungkidu, diawali dari Pongangan Nglipar dan Karangmojo, maka perkembangan penduduk di Kabupaten Gunungkidul pada waktu itu cepat di dengar oleh Raja Mataram Sunan Amangkurat Amral yang berkedudukan di Kartosuro. Pada saat itu Sang Raja langsung mengutus Senopati Ki Tumenggung Prawiropekso agar membuktikan kebenaran berita tersebut. Setelah datang ke Gunungkidul, ternyata benar bahwa di Gunungkidul telah banyak dihuni orang-orang pelarian dari Majapahit, antara lain Ki Suromejo.

Tumenggung Prawiropekso kemudian menasehati pada Ki Suromejo untuk meminta ijin dulu dengan Raja Mataram di Kartosura,karena daerah ini termasuk wilayah kekuasaan Raja Mataram. Namun tidak digubris, sehingga menimbulkan perselisihan. Perselisihan itu menyebabkan Ki Suromejo dan keluarganya,yaitu Ki Mintowijoyo,Ki Poncobenawi,Ki Poncosedewa (anak menantu) terbunuh, dan Ki Poncodirjo akhirnya menyerahkan diri.

Oleh Pangeran Sambernyowo, Ki Poncodirjo diangkat menjadi Bupati Gunungkidul I, namun tidak lama menjabat. Dikarenakan adanya penentuan batas daerah Gunungkidul antara Sultan dan Mangkunegaran II pada tanggal 13 Mei 1831,maka Gunungkidul yang dikurangi Ngawen sebagai enclave Mangkunegaran telah menjadi daerah kabupaten.

Menurut buku "PEPRENTAHAN PROJO KEJAWEN" karangan Mr.Raden Mas Suryadiningrat,berdirinya Kabupaten Gunungkidul yang telah memiliki sistem pemerintahan itu, ternyata bersamaan dengan tahun berdirinya daerah-daerah lain di wilayah Yogyakarta, yaitu setahun setelah selesainya perang Diponegoro. Perbedaan yang ada hanyalah untuk pemberian sebutan kepada para pengageng atau penguasa, seperti untuk daerah Denggung yang sekarang Sleman, kemudian daerah Kalasan serta daerah Bantul dengan sebutan Wedono Distrik,sedang untuk wilayah Sentolo dan Gunungkidul dengan sebutan Riyo.

Untuk Kabupaten Gunungkidul,setelah melalui berbagai upaya yang dilakukan oelh panitia untuk melacak Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang dibentuk pada tahun 1984,baik yang terungkap melalui fakta sejarah,penelitian dan pengumpulan data dari tokoh masyarakat berhasil menyimpulkan bahwa hari lahir Kabupaten Gunungkidul adalah Hari Jumat Legi tanggal 27 Mei 1831 atau Tahun Jawa 15 Besar Tahun Je 1758.

BUPATI YANG PERNAH MEMIMPIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
1. Mas Tumenggung Pontjodirjo
2. Raden Tumenggung Prawirosetiko
3. Raden Tumenggung Suryokusumo
4. Raden Tumenggung Tjokrokusumo
5. Raden Tumenggung Padmonegoro
6. Raden Tumenggung Danuhadiningrat
7. Raden Tumenggung Mertodiningrat
8. KRT.Yudodiningrat
9. KRT.Pringgodiningrat
10.KRT.Djojodiningrat
11.KRT.Mertodiningrat
12.KRT.Dirjodiningrat
13.KRT.Tirtodiningrat
14.KRT.Suryaningrat
15.KRT.Labaningrat
16.KRT.Brataningrat
17.KRT.Wiraningrat
18.Prawirosuwignyo
19.KRT.Djojodiningrat,BA
20.Ir.Raden Darmakun Darmokusumo
21.Drs.KRT.Sosrodiningrat
22.Ir.Soebekti Soenarto
23.KRT.Harsodingrat,BA
24.Drs.KRT.Hardjohadinegoro (Drs.Yoetikno)
25.Suharto,SH (Bupati saat ini) .

Sumber : gunungkidul.go.id

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sun Mar 30, 2008 11:54 pm

wah ini baru namanya menambah pengetahuan
jujur aku jarang mengunjungi web Gunungkidul so baru sedikit2 yang kudengar tentang sejarah Gunung kidul yang sering ku dengar hanyalah cerita2 dari mendian g bapakku mmas
makasih banyak :study: :study: :study: :study: :study:
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
adjie
Koordinator
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Wed Apr 02, 2008 6:47 pm

gimbik wrote:
wah ini baru namanya menambah pengetahuan
jujur aku jarang mengunjungi web Gunungkidul so baru sedikit2 yang kudengar tentang sejarah Gunung kidul yang sering ku dengar hanyalah cerita2 dari mendian g bapakku mmas
makasih banyak :study: :study: :study: :study: :study:

hahahaha
makane yo sekali-kali berkunjung neng web gunungkidul to mas
ben reti secara detaille
sejatine gunungkidul ki kok iso dadi kabupaten ki kepiye?



kekekkee
malah ceramah akuki neng kene
ngakak ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Apr 05, 2008 12:44 am

aku memiliki sangkalannya atas sejarah GunungKidul di http://badailautselatan.multiply.com/journal/item/24

aku tulis sendiri dan aku gabungkan dari sumber yang bisa dipercaya......
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Apr 05, 2008 2:19 am

info bagus :))0*: :))0*: setubuh wae ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu
avatar


PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Tue Apr 08, 2008 5:54 pm

badai-laut-selatan wrote:
aku memiliki sangkalannya atas sejarah GunungKidul di http://badailautselatan.multiply.com/journal/item/24

aku tulis sendiri dan aku gabungkan dari sumber yang bisa dipercaya......
sek tak melu moco disik
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Mon May 05, 2008 8:37 am

masalahe aku yo dicritani ro mendiang eyangku ro mendiang bapakku
rodo bedho sih tapi bapakku ki mantan budayawan dadi aku ya percoyo ae
yen masalah sumber2 yang lain cukup kuat kok
aku dah pernah tulis artikel tentang GK di SMU kok
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Mon May 05, 2008 8:50 am

__BlacKy__ wrote:
info bagus :))0*: :))0*: setubuh wae ngakakk

Aku yo ho oh.. :/;;0;;: :/;;0;;: :/;;0;;:
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Tue May 20, 2008 6:32 am

tapi luweh becik cari sumber2 yang lain dan bisa kroscek lagi

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Tue May 20, 2008 2:25 pm

Mas Imbi kui simbahmu melu di sebutke neng crito.. hehehehhe.. ajib ajib ajib

_________________
Di atas langit masih ada langit...
SURODIRO JAYANINGRAT, LEBUR DENING PANGASTUTI
Kembali Ke Atas Go down
tomber
KorLap
avatar

Reputation : 3
Join date : 29.04.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sun May 25, 2008 9:17 pm

sek bener ki pondjodirjo opo pondjodirjan ta?? lha jare kuburane nang cedak polsek ponjong kae?? :*)0(: :*)0(:
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Jun 07, 2008 1:28 pm

badai-laut-selatan wrote:
aku memiliki sangkalannya atas sejarah GunungKidul di http://badailautselatan.multiply.com/journal/item/24

aku tulis sendiri dan aku gabungkan dari sumber yang bisa dipercaya......

Hemmmm...nek nggawe blog yo background sing ojo transparan yo....mataku dadi siwer nek ndeloki kuwi jeee......
Nek sing transparan liyane mono g po2... ngakak
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Jun 07, 2008 1:38 pm

Mas adjie & badai-laut-selatan kemana yaaa... pa keluar negri.
apa khabare, ayo dong ngobrol2 lagi.
i miss you

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Jun 07, 2008 6:48 pm

maniss wrote:
Mas adjie & badai-laut-selatan kemana yaaa... pa keluar negri.
apa khabare, ayo dong ngobrol2 lagi.
i miss you

iyagh tuh... pada kemana yagh...??

Klo Kang adjie... mungkin lagi ngurusin anaknya yang baru lahir... kan tempo hari minta Referemsi anam anaknya di Forum.... ngakakk

Amiiiin Smoga temen2 yang lain tetap selalu semangat, meski gak tiap hari tapi minimal masih selalu menmghunjungi Forum.... Very Happy

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
tifandhaluhzan
Lurah
avatar

Lokasi : di pIngGir jALan
Reputation : 0
Join date : 07.07.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Fri Jul 11, 2008 4:46 pm

hmm...... gitu to sejarah GK... bru tau... informasiny lumayan deh.... tak copy-paste ya, bwat isi mading sekolahq..
Kembali Ke Atas Go down
http://tifandhaluhzan.wordpress.com
dedik cahyono
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Fri Jul 11, 2008 10:56 pm

Koyok'e mase_ sing nduwur kae entuk sejarahe gunung kidul njiplak seko wib site www.gunungkidul.com

Awas lho mas engko keno undang2 hak cipta dengan hukuman dilarang makan tiwul sampai tua..>>> ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Jul 12, 2008 2:53 am

dedik cahyono wrote:
Koyok'e mase_ sing nduwur kae entuk sejarahe gunung kidul njiplak seko wib site www.gunungkidul.com

Awas lho mas engko keno undang2 hak cipta dengan hukuman dilarang makan tiwul sampai tua..>>> ngakak ngakak

Wew.... Bukane di bawahnya udah Jelas tertulis SUMBER : gunungkidul.go.id bukan gunungkidul.com ngakakk piye tohh... ngakakk
Secara aturan Copy paste udah memenuhi syarat ituh..... ngakakk

:/;;0;;: :/;;0;;:

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
dedik cahyono
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Mon Jul 28, 2008 9:01 pm

berarti aq dong sing slah....
njeh nyuwun pangapunten, menawi lepat...

:koji.;: :;;./0: :koji.;: :;;./0:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
Aris_nogosari
KorLap
avatar

Lokasi : bekasi
Reputation : 5
Join date : 23.10.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Nov 15, 2008 3:42 pm

kalo sejarahnya secara pemerintahan ok deh, mungkin masih ada beberapa item yg kurang, soal tokoh2 awal, kalo secara geologi ada yg punya, menyangkut bangawan solo purba yg membelah daerah kita? mungkin ada yg punya artikelnya?
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/48492681
Prof.
Koordinator
avatar

Lokasi : pekanbaru
Reputation : 3
Join date : 07.12.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sat Jan 24, 2009 5:38 pm

wis tak woco sejarah GK, sip......klo ada yang laen share di sini yach.....Biar tau sejarah tanah kelahiran..... ajib ajib ajib
Kembali Ke Atas Go down
http://ijopunkjutee.blogspot.com
lilis
KorLap
avatar

Lokasi : jogja-semin PP
Reputation : 0
Join date : 10.02.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Wed Mar 11, 2009 2:26 pm

aku melu moco wae lah...nambah2 ilmu...
Kembali Ke Atas Go down
Aris_nogosari
KorLap
avatar

Lokasi : bekasi
Reputation : 5
Join date : 23.10.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Tue Mar 17, 2009 11:42 am

ada yg tau gunungkidul secara geologie? share dunk
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/48492681
gaplex
Koordinator
avatar

Lokasi : KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation : 7
Join date : 07.01.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Tue Mar 17, 2009 1:44 pm

IKI ONO SEDIKIT INFORMASI

DITILIK dari namanya, memang merupakan situs purba. Namun panorama
alamnya sangat indah dan dapat menarik perhatian banyak wisatawan. Bagi
mereka yang tak ingin susah mendalami riwayat sungai Bengawan Solo,
dapat menjelajah wilayah ini dengan menikmati cekungan yang rendah
ditengah bukit-bukit menjulang.
Ya, Dinas Pariwisata Gunungkidul akan menggelar acara spektakuler,
menjelajah situs Bengawan Solo Purba. Menyusuri bentangannya yang
panjang, dari Sadeng hingga Wonogiri Jawa Tengah. Kegiatan yang akan
digelar bulan Desember ini akan diikuti para pecinta alam, pemerhati
warisan budaya dan masyarakat kebanyakan.
Napak tilas ini untuk mengenang alur sungai Bengawan Solo, yang dulu
alirannya pernah ke Laut Selatan. Tetapi sekarang berbelok ke laut
Jawa. ”Sudah tentu event ini juga dimaksudkan untuk membangun objek
wisata baru didaerah ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul H
Suhardono S.Sos didampingi Kasi Objek Wisata Drs Bambang Sukemi MM.
Bagi wisatawan yang pernah mengunjungi pantai Sadeng, Kecamatan
Girisubo, sebenarnya sudah melintas sebagian kawasan Bengawan Solo
Purba. Karena sebagian kawasannya berada di tanjakan Telaga Suling yang
curam.
Meski demikian bagi yang tak memperhatikan, tak terlintas di
pikiran, wilayah tersebut semula merupakan aliran Bengawan Solo. Tetapi
jika dicermati, jauh membujur ke arah utara merupakan bekas alur sungai
yang besar yang mengalir dicelah-belah bukit yang menjulang.
Dialihkan Proses Tektonik
Mengutip beberapa penelitian, Bambang Sukemi MM menyatakan peralihan
aliran sungai Bengawan Solo ini karena terjadinya proses tektonik.
Ketika itu terjadi, kecepatan pengangkatan (up lift ) tidak diimbangi
oleh proses penggerusan aliran Bengawan Solo.
Akibatnya alirannya terbendung dan terbentuk danau, disekitar daerah
Baturetno dan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Lambat laun genangan air itu
mempunyai jalan keluar (outlet) menuju daerah yang lebih rendah ke arah
utara. ”Sehingga menjadikan Bengawan Solo mengalir ke Laut Jawa sampai
sekarang,” tambahnya.
Akibatnya, Sadeng yang semula menjadi aliran sungai Bengawan Solo kini tinggal riwayatnya saja.
”Barangkali juga dapat dicermati lirik lagu keroncong Bengawan Solo
yang dibawakan Gesang. Di dalamnya antara lain menyebut alirannya
sampai jauh, terkurung gunung seribu. Sehingga kebenaran aliran ke Laut
Selatan merupakan kenyataan sejarah,” jelasnya.
Sejatinya, Dinas Pariwisata Gunungkidul sudah beberapa kali
melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keberadaan Bengawan Solo
Purba. Sudah banyak pula para ahli melakukan penelitian. Serta juga
sejumlah wisatawan dengan minat khusus yang berdatangan.
Tetapi acara jelajah Situs Bengawan Solo Purba ini diharapkan
merupakan momentum untuk mengajak banyak orang berdatangan ke lokasi
bekas aliran sungai Bengawan Solo. Peserta jelajah nanti akan berjalan
kaki menyusur bekas aliran sungai tersebut.
”Jika dulu merupakan aliran sungai, biarlah kini menjadi aliran
wisatawan yang masuk wilayah Gunungkidul. Sebab kegiatan ini diharapkan
tak hanya menambah jumlah jenis wisata. Tapi juga menjadi maskot baru
yang dapat menyedot kunjungan wisata,” ucap Bambang Sukemi.
Telaga Jonge
Telaga Jonge di Desa Pacarejo Kecamatan Semanu, juga menarik untuk
digarap menjadi wisata alternatif lainnya di Gunungkidul. Selain alur
Bengawan Solo purba dan kawasan karst Pegunungan Sewu. Air di telaga
seluas 4,5 hektar ini sepanjang tahun tak pernah kering.
”Selama ini Kecamatan Semanu kini dikenal sebagai kawasan industri
olahan batu. Sebab hampir seluruh pabrik gilingan batu di Gunungkidul
berada di wilayah Mijahan, desa Semanu. Tetapi ke depan pemerintah
kecamatan segera menggarap pengembangan Telaga Jongke sebagai wisata
air di Gunungkidul, yang selama ini identik dengan pantai,” kata Camat
Semanu, Drs Sujarwo MSi, didampingi Sekcamnya, Drs Wastono, dalam
perbincangan beberapa waktu lalu.
Tak hanya wisata air saja, imbuhnya, di lokasi itu juga dikembangkan
keramba apung, pusat jajan dengan menu ikan dan berbagai jenis wisata
lain, yang diharapkan memikat wisatawan. Jarak jangkaunya pun sangat
dekat dari pusat perkotaan. Telaga Jonge terletak dekat dengan
pemukiman penduduk, tetapi tetap mempunyai hamparan padang yang luas.
Sehingga wisatawan dapat menikmati panorama alam yang indah dan
alami. ”Di seputar telaga ini dikelilingi pohon-pohon yang rindang.
Penggemar memancing dapat menyalurkan kegemaran dengan mengitari
telaga, tanpa harus berdesakan,” tambah Sujarwo.
Kecamatan Semanu yang berbatasan dengan Kota Wonosari, selama ini
dikenal dengan Goa Bribin-nya, yang memiliki sumber air tawar.
Kecamatan yang luas wilayahnya 4.666.2385 hektar ini, mempunyai
penduduk 58.602 jiwa yang tersebar di lima desa. Masing-masing
Ngeposari, Semanu, Pacarejo, Candirejo dan Dadapayu.
Semanu juga dikenal dengan puluhan pengusaha pengolahan batu, yang
berada di Desa Semanu. Selain menjadi pusat industri olahan dan
perdagangan, di kecamatan ini juga tumbuh industri rumah tangga.
Produksinya sudah menjelajah ke berbagai belahan dunia, baik Eropa,
Asia dan Amerika. Industri bambu masyarakat setempat, hasilnya pun
sudah berkualitas ekspor.
(Endar Widodo/Hari S)-c.
Sumber: http://www.kr.co.id/article.php?sid=104445
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
lilis
KorLap
avatar

Lokasi : jogja-semin PP
Reputation : 0
Join date : 10.02.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Wed Mar 18, 2009 10:30 am

tambah ilmu meneh....
Kembali Ke Atas Go down
masjoko
Lurah
avatar

Lokasi : siyono
Reputation : 1
Join date : 09.01.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Sun Apr 05, 2009 9:57 pm

keep going yang punya info sejarah Gunungkidul kita.......
Kembali Ke Atas Go down
bagoes
Koordinator
avatar

Lokasi : bandung,jabar
Reputation : 8
Join date : 06.04.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Wed Apr 08, 2009 12:31 pm

wah apik tenan ki....
Kembali Ke Atas Go down
Ki Sosro Harjono
KorLap
avatar

Lokasi : cirebon,west java, Tanjung Sari City
Reputation : 3
Join date : 05.11.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Wed Apr 08, 2009 4:17 pm

Ini silsila bupati Gunung kidul pertama

http://books.google.co.id/books?id



halaman161


semoga bermanfaat
ajib ajib ajib

Hayu ning bawono
############
Baik menjadi orang penting

Tapi jauh lebih penting jadi orang baik


www.offijogja.blogspot.com
Kembali Ke Atas Go down
http://www.offijogja.blogspot.com
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Mon Jun 08, 2009 4:51 am

matur suwun ki

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
budiawan
Warga
avatar

Lokasi : Depok
Reputation : 1
Join date : 27.06.09

PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   Mon Jun 29, 2009 10:09 pm

arti jeneng "diningrat" ki opo yo? trus nek arep tuku jeneng "diningrat" ki ngendi?, aku arep tuku men dadi bupati gunung kidul
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Sejarah GunungKidul   

Kembali Ke Atas Go down
 
Sejarah GunungKidul
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Peta Kota-
Navigasi: