Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Sop Kaki Kambing Kuah Susu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Fri Nov 14, 2008 4:20 pm

Mendengar nama masakan sop kaki kambing, yang terbayang adalah rasa gurih dan segar kuah sop dan potongan bagian kaki kambing yang lezat. Salah satu tempat untuk mencicipi menu khas Betawi itu adalah kawasan Tanahabang, tepatnya di Jalan Kyai Haji Mas Mansyur.

Bicara sop kaki kambing, tentu Anda biasa membayangkan deretan pedagang sate dan sop kambing di kawasan Roxi dan juga Menteng. Tapi kali ini, Warta Kota menjajal di tempat lain. Meski dari sisi lokasi, warung sop kaki kambing ini jauh dari ideal, rasa kuah yang melewati saraf perasa di lidah sungguh memuaskan lapar.

Terletak di antara dua fly over yang melewati Jalan Kyai Haji Mas Mansyur, warung di sisi kiri jalan ini tampak seperti warung yang tak menjanjikan. Sederhana, ada di trotoar jalan tak jauh dari warung ini ada sekolah Jamiat Kheir dan di seberang warung ini berdiri kantor Kelurahan Kebon Kacang.

Menurut Hadi, si empunya warung, setiap hari—kecuali Minggu—ia membuka dagangan mulai pukul 17.30 hingga lewat tengah malam. Di warung kaki lima ini Hadi khusus menjual sop kaki dan kepala kambing, khas Betawi. Sate kambing hanya sebagai pemanis saja. ”Yang utama ya sop kaki dan kepala kambing,” ujar Hadi.

Pesanan pertama adalah seporsi sop kambing campur, maksudnya campuran kepala dan kaki. Sajian terdiri atas potongan bagian kepala kambing seperti lidah, tulang, telinga, mata, otak, plus kaki. Sementara pesanan sop kaki saja, isinya hanya kaki kambing. Ini semua terserah selera. Sekadar informasi, tak ada jeroan kambing di warung ini.

Ramuan kakek

Begitu pesanan tiba, aroma rempah langsung mengambang di udara. Kuah berwarna cokelat muda itu tak terlalu kental tapi harum rempah dan campuran bumbu sudah memberitahu calon pembeli bahwa rasanya tak akan mengecewakan. Seperti biasa, potongan tomat, emping, taburan daun bawang, ikut berjejal di dalam mangkuk. Aduk-aduk sebentar kemudian seruput perlahan. Cita rasa gurih yang berbeda ditimpal cengkeh dan rempah lain seperti jahe dan kayu manis langsung berebut di mulut.

Nikmat sop ini bertambah manakala semua bagian kambing tadi terasa begitu empuk saat digigit. Sensasi yang sangat berbeda dengan citra yang muncul dari posisi warung itu. Kuah sop kambing ini memang mengantarkan rasa gurih yang berbeda karena tidak menggunakan santan melainkan susu.

Dandang sedang berisi kuah sop ini mengandung kaldu kaki kambing karena kaki-kaki kambing itu direbus di dalam dandang itu hingga empuk. ”Kita pakai susu bubuk seperti Dancow,” ujar Hadi yang sudah 12 tahun mengambilalih usaha yang semula diprakarsai oleh kakeknya HM Thoyib puluhan tahun silam.

Untuk seporsi sop kaki kambing Anda harus menukar dengan Rp 22.000, seporsi sop kambing campur Rp 28.000, sedangkan sop kepala kambing Rp 18.000. Sepuluh tusuk sate kambing bumbu kacang dipatok Rp 16.000.

Rupanya, lokasi dan kondisi tak lantas sama artinya dengan cita rasa. Lokasi dan kondisi warung ini—yang terlihat menyendiri dari keramaian—ternyata menyimpan cita rasa yang tak berubah sejak awal tahun 1970-an. ”Dari kakek, ramuan bumbu enggak pernah berubah. Dari kakek juga udah pake susu,” tutur Hadi.


Sumber: kompas

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Ipung Purwanto
Camat
avatar

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Fri Nov 14, 2008 5:54 pm

Wah jan mantep tenan kui.. ajib
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Tue Nov 18, 2008 5:35 am

ga gengsi kok...kan kita juga bisa menikmati hidangan nikmat khas Tegal...nggak harus berkunjung ke tegal cukup di warteg ajah

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Tue Nov 18, 2008 9:43 am

[quote="siti rahayu"]
gimbik wrote:
ga gengsi kok...kan kita juga bisa menikmati hidangan nikmat khas Tegal...nggak harus berkunjung ke tegal cukup di warteg ajah

maksud te opo ki mas....judule sop kaki kambing...kok jadi warteg? salah ya mas?

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Fri Nov 21, 2008 10:37 pm

Emoh,..ndak ambune prengus kaya wedus,... 🇳🇴

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Sat Nov 22, 2008 8:42 am

jane pengin nyoba tapi darah tinggi je malah repot engko

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Sat Nov 22, 2008 8:54 am

dewalangit wrote:
Emoh,..ndak ambune prengus kaya wedus,... 🇳🇴


pake parfum yg buanyak mas sebelum dan sesudah makan.....biar gak bau....hehe

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Sat Nov 22, 2008 8:55 am

SAPTO SARDIYANTO wrote:
jane pengin nyoba tapi darah tinggi je malah repot engko

nyobanya jangan banyak2x mas...biar darah tingginya gak kumat.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Sun Nov 23, 2008 8:46 am

Lha engko nek mangan sop kaki kambing,terus bar kui terus mlakune malah mbrangkang kkpiye....,terus ...Embek....Embeekkk..... ngakakk
[OJO NESU YO MBAK,GUR GUYON KO, OOT SITHIK.JANE KI AKU MAIDO TERUS KI PEKNE PENGIN NGRASAKE NING ORA ISO KELAKON,..LHA ORA ONO SING MASAKE JEW,...NEK JANE YO WIS NGILER PENGIN NGRASAKE KIH.... Very Happy Very Happy ]
:afro:

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Mon Nov 24, 2008 9:39 am

dewalangit wrote:
Lha engko nek mangan sop kaki kambing,terus bar kui terus mlakune malah mbrangkang kkpiye....,terus ...Embek....Embeekkk..... ngakakk
[OJO NESU YO MBAK,GUR GUYON KO, OOT SITHIK.JANE KI AKU MAIDO TERUS KI PEKNE PENGIN NGRASAKE NING ORA ISO KELAKON,..LHA ORA ONO SING MASAKE JEW,...NEK JANE YO WIS NGILER PENGIN NGRASAKE KIH.... Very Happy Very Happy ]
:afro:

disana makanannya kan lebih uuuenak, ada bulgigo, kanpunki, rajoki, mul mandu, champong, bokem bab, capcay bab, trus minumnya soju .....lalapanne kimchi, kaktugi, sama bawang bombay...

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Mon Nov 24, 2008 11:35 am

siti rahayu wrote:
dewalangit wrote:
Lha engko nek mangan sop kaki kambing,terus bar kui terus mlakune malah mbrangkang kkpiye....,terus ...Embek....Embeekkk..... ngakakk
[OJO NESU YO MBAK,GUR GUYON KO, OOT SITHIK.JANE KI AKU MAIDO TERUS KI PEKNE PENGIN NGRASAKE NING ORA ISO KELAKON,..LHA ORA ONO SING MASAKE JEW,...NEK JANE YO WIS NGILER PENGIN NGRASAKE KIH.... Very Happy Very Happy ]
:afro:

disana makanannya kan lebih uuuenak, ada bulgigo, kanpunki, rajoki, mul mandu, champong, bokem bab, capcay bab, trus minumnya soju .....lalapanne kimchi, kaktugi, sama bawang bombay...

Weh weh weh jian,....apal temen kiye,...tangsinen Hanggugin imnika....? Very Happy

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Tue Nov 25, 2008 9:26 am

dewalangit wrote:
siti rahayu wrote:
dewalangit wrote:
Lha engko nek mangan sop kaki kambing,terus bar kui terus mlakune malah mbrangkang kkpiye....,terus ...Embek....Embeekkk..... ngakakk
[OJO NESU YO MBAK,GUR GUYON KO, OOT SITHIK.JANE KI AKU MAIDO TERUS KI PEKNE PENGIN NGRASAKE NING ORA ISO KELAKON,..LHA ORA ONO SING MASAKE JEW,...NEK JANE YO WIS NGILER PENGIN NGRASAKE KIH.... Very Happy Very Happy ]
:afro:

disana makanannya kan lebih uuuenak, ada bulgigo, kanpunki, rajoki, mul mandu, champong, bokem bab, capcay bab, trus minumnya soju .....lalapanne kimchi, kaktugi, sama bawang bombay...

Weh weh weh jian,....apal temen kiye,...tangsinen Hanggugin imnika....? Very Happy

mampir ke sini...warteg nya lengkap.......

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Tue Nov 25, 2008 11:35 am

siti rahayu wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
jane pengin nyoba tapi darah tinggi je malah repot engko

nyobanya jangan banyak2x mas...biar darah tingginya gak kumat.....

ada ngak ya caranya biar habis makan sop kambing biar ngak bikin darah tinggi.

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
erick
KorLap
avatar

Reputation : 1
Join date : 31.05.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Tue Nov 25, 2008 7:38 pm

paling ora enak. mending sop buntut. (buntut sapi loh..udu buntut kadal) siul
Kembali Ke Atas Go down
Joko Tarup
Koordinator
avatar

Lokasi : Kandang Langit,kemul mego
Reputation : 0
Join date : 27.10.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Wed Nov 26, 2008 6:31 pm

Iki ono menu sate dan sop domba ,pokoke ma"nyuuus (terjangkau) bagiyang suka wisata kuliner koyo aku

jl.Lebak Bulus Raya I/71.
tel 78831970
Kembali Ke Atas Go down
dedik cahyono
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   Wed Nov 26, 2008 10:53 pm

Joko Tarup wrote:
Iki ono menu sate dan sop domba ,pokoke ma"nyuuus (terjangkau) bagiyang suka wisata kuliner koyo aku

jl.Lebak Bulus Raya I/71.
tel 78831970

kaleh terminal lebak bulus sebelah pundi mas?

_________________
sak beja-bejane wong lali, iseh bejo wong kang eling lan waspodo
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Sop Kaki Kambing Kuah Susu   

Kembali Ke Atas Go down
 
Sop Kaki Kambing Kuah Susu
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kuliner-
Navigasi: