Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Share | 
 

 Bedanya Margarin & Mentega

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 20, 2008 9:12 am

Orang sering keliru dengan margarin dan mentega karena tampilannya hampir sama. Namun sesungguhnya bahan yang banyak dipergunakan untuk membuat kue ini berbeda. Apa perbedaannya?

Margarin sendiri terbuat dari lemak nabati atau tumbuh-tumbuhan dan mengandung air dan garam. Karena itu jika memakai margarin sebaiknya jangan menambahkan garam lagi.

Margarin banyak dijual dalam kemasan mangkuk atau bungkusan plastik dalam berbagai ukuran. Tidak seperti mentega, margarine mudah sekali lembek saat dikocok.

Sedangkan mentega merupakan lemak yang memberikan rasa gurih sekaligus aroma wangi pada kue. Terbuat dari lemak susu sapi dan berwarna kuning pucat.

Di pasaran dijual mentega dengan rasa asin (salted) dan tawar (unsalted). Jika memakai rasa tawar bisa ditambahkan sedikit garam, jika perlu. Sebaliknya jika memakai yang asin tidak perlu ditambahkan garam lagi. Mentega akan lumer jika ditaruh dalam suhu ruangan.

Agar mudah dikocok sebelum dipakai sebaiknya biarkan beberapa saat pada suhu ruangan. Kini juga terdapat mentega yang terbuat dari lemak nabati dengan aroma mentega. Harga mentega relatif mahal dan dijual dalam berbagai merk di pasar swalayan atau toko bahan kue.

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Pardjimin
Presidium


Lokasi: Blekasi - DjogDja - GK - Semin - Karang Sari
Reputation: 10
Join date: 14.03.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 20, 2008 9:33 am

nek blueband kae margarin opo mentega yo ?, ra paham akuh..!!

_________________
MPAN NGGO PAPAN

http://pardjimin.wordpress.com/
Kembali Ke Atas Go down
http://pardjimin.wordpress.com
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 20, 2008 9:45 am

Pardjimin wrote:
nek blueband kae margarin opo mentega yo ?, ra paham akuh..!!

saya rasa mentegaa.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi: JAKARTA
Reputation: 1
Join date: 24.05.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 20, 2008 3:45 pm

wo terangane bedo tho jan eneng eneng wae ki jakarta

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Fri Nov 21, 2008 9:27 pm

Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Sat Nov 22, 2008 8:24 am

dewalangit wrote:
Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak


waduh.............

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi: JAKARTA
Reputation: 1
Join date: 24.05.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Tue Nov 25, 2008 10:50 am

dewalangit wrote:
Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak

bukanya kita harus tahu mas kalau istri kita lagi sakit pembatu pulang kampung apa mau kewarung terus hehehe

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Tue Nov 25, 2008 10:52 am

SAPTO SARDIYANTO wrote:
dewalangit wrote:
Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak

bukanya kita harus tahu mas kalau istri kita lagi sakit pembatu pulang kampung apa mau kewarung terus hehehe


Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .Nggih leres jane pak ...... Very Happy Very Happy

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Tue Nov 25, 2008 11:24 am

dewalangit wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
dewalangit wrote:
Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak

bukanya kita harus tahu mas kalau istri kita lagi sakit pembatu pulang kampung apa mau kewarung terus hehehe


Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .Nggih leres jane pak ...... Very Happy Very Happy


mas dewa gak khawatir nek istrine sakit, pembantune pulang kampung......soalnya dia pinter masak dewe....mengko tak wenehi resep bikin kimchi karo champong...sing enakkk...

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Tue Nov 25, 2008 7:27 pm

siti rahayu wrote:
dewalangit wrote:
SAPTO SARDIYANTO wrote:
dewalangit wrote:
Hura ngerti kui rak urusane mbak2 karo ibuk ibuk,..karo neng neng,...tante,nenek,
aku ngertine mateng neng piring wae,.. ngakak

bukanya kita harus tahu mas kalau istri kita lagi sakit pembatu pulang kampung apa mau kewarung terus hehehe


Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy .Nggih leres jane pak ...... Very Happy Very Happy


mas dewa gak khawatir nek istrine sakit, pembantune pulang kampung......soalnya dia pinter masak dewe....mengko tak wenehi resep bikin kimchi karo champong...sing enakkk...

Lah po ngerti, horo endi resepe njajal tak ndelok,.. Very Happy

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Nov 26, 2008 8:52 am

Resep buat dewalangit

resepe beli aja di warteg korea...buanyak...hehehe...

Kimchi:

Bahan-Bahan : 1 buah sawi putih
1 bawang bombay, iris tipis
1/4 wortel, iris tipis memanjang
1/4 buah lobak putih, iris tipis
6 btg daun bawang.
6 sdm bawang putih, parut
2 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup air
1/4 gelas saus ikan Korea/thailand
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Nov 26, 2008 10:52 am

siti rahayu wrote:
Resep buat dewalangit

resepe beli aja di warteg korea...buanyak...hehehe...

Kimchi:

Bahan-Bahan : 1 buah sawi putih
1 bawang bombay, iris tipis
1/4 wortel, iris tipis memanjang
1/4 buah lobak putih, iris tipis
6 btg daun bawang.
6 sdm bawang putih, parut
2 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup air
1/4 gelas saus ikan Korea/thailand
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

Hahaha.. ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak
weleh2,...jan.....pinter tenan,...Istrinya siapa sih ini.... ngakakk ngakakk ngakak

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Nov 26, 2008 10:57 am

dewalangit wrote:
siti rahayu wrote:
Resep buat dewalangit

resepe beli aja di warteg korea...buanyak...hehehe...

Kimchi:

Bahan-Bahan : 1 buah sawi putih
1 bawang bombay, iris tipis
1/4 wortel, iris tipis memanjang
1/4 buah lobak putih, iris tipis
6 btg daun bawang.
6 sdm bawang putih, parut
2 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup air
1/4 gelas saus ikan Korea/thailand
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

Hahaha.. ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak
weleh2,...jan.....pinter tenan,...Istrinya siapa sih ini.... ngakakk ngakakk ngakak


yg pasti bukan istrinya mr.kim atau mr shin...hehe

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Nov 26, 2008 2:23 pm

siti rahayu wrote:
dewalangit wrote:
siti rahayu wrote:
Resep buat dewalangit

resepe beli aja di warteg korea...buanyak...hehehe...

Kimchi:

Bahan-Bahan : 1 buah sawi putih
1 bawang bombay, iris tipis
1/4 wortel, iris tipis memanjang
1/4 buah lobak putih, iris tipis
6 btg daun bawang.
6 sdm bawang putih, parut
2 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup air
1/4 gelas saus ikan Korea/thailand
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :
1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

Hahaha.. ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak
weleh2,...jan.....pinter tenan,...Istrinya siapa sih ini.... ngakakk ngakakk ngakak


yg pasti bukan istrinya mr.kim atau mr shin...hehe

ngakakk ngakakk ngakakk
Iya iya,..cah ayu,... ngakakk ngakakk beruntungnya suami kamu,.. ngakak

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 27, 2008 8:02 am

saya pengumpul resep...tapi yg masak org lain...gak sempet masak di rumah..pulang kerja langsung nyandak anak jew....paling kalo libur aza...

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi: JAKARTA
Reputation: 1
Join date: 24.05.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 27, 2008 12:13 pm

sama istri saya tiap minggu bawa pulang buku resep lagi seneng masak kayaknya

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
maniss
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 7
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 27, 2008 12:57 pm

iku masak'an opo sih mbak,
aku mbayangke ketok'ke enak ayam goreng mbok berek.
ngakak ngakak

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Thu Nov 27, 2008 12:59 pm

itu masakaan ala saya..hehe

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
jati
KorLap


Lokasi: Rawamangun-Bintaro-Ponjong
Reputation: 0
Join date: 04.11.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Dec 17, 2008 8:55 am

siti rahayu wrote:
Pardjimin wrote:
nek blueband kae margarin opo mentega yo ?, ra paham akuh..!!

saya rasa mentegaa.....
Saya kira kalo blueband, simas dkk itu malah margarin.
Kalo yang dijual di pasar/warung pake plastik putih transparan itu-kah mentega?
Kembali Ke Atas Go down
http://daris.blog.friendster.com/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Dec 17, 2008 9:27 am

jati wrote:
siti rahayu wrote:
Pardjimin wrote:
nek blueband kae margarin opo mentega yo ?, ra paham akuh..!!

saya rasa mentegaa.....
Saya kira kalo blueband, simas dkk itu malah margarin.
Kalo yang dijual di pasar/warung pake plastik putih transparan itu-kah mentega?

kalo yg dioleskan di roti tawar apa mas? margarin po mentega....kalo saya mentega

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
win narno
Koordinator


Lokasi: paliyan
Reputation: -1
Join date: 24.12.09

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Jan 06, 2010 5:31 pm

mentega ki seng warna ne kuning po putih ???
Kembali Ke Atas Go down
herbrata
KorLap


Lokasi: DI Panjaitan 14 Penas Cawang Halim
Reputation: 0
Join date: 18.12.13

PostSubyek: Re: Bedanya Margarin & Mentega   Wed Dec 18, 2013 9:32 pm

margarin dari tumbuhan apa ya gan?
Kembali Ke Atas Go down
http://gmrapihjaya.web.indotrading.com/
 

Bedanya Margarin & Mentega

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK ::  :: -