Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Share | 
 

 [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Tue Nov 25, 2008 8:14 pm

Tolong dikasih tau ya yang dimaksud menu seimbang dalam makanan itu bagaimana,maksud saya prosentase jenis makanan/nilai gizi yang terkandung didalamnya.
Saya minta jawabannya kayak gini:
*.Dalam satu hari idealnya kita mengkonsumsi sayuran berapa %,daging berapa%,karbohidrat(nasi)berapa %,buah berapa %,air berapa % (njawabnya simple aja ya).
*.Makanan apa yang sangat dianjurkan untuk memaksimalkan organ tubuh:
>>>mata:...?
>>>otak:....?
>>>rambut:...?
>>>tulang:...?
>>>jantung:....?
>>>kulit:.....?


Terimakasih...

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Wed Nov 26, 2008 9:04 am

1.Menurut para ahli, susunan menu seimbang dalam sehari mengandung:

Karbohidrat 60 - 70 %

Protein 10 – 15 %

Lemak 20 – 30 %

Untuk menyusun pilihan menu makan pagi, maka ada baiknya penjabaran hal hal di atas bisa dilakukan dengan memanfaatkan prinsip “Empat Sehat Lima Sempurna” sehingga disarankan alternative susuan dibawah ini:

Sepiring Nasi
Sepotong ikan/ayam
Sepotong tempe
Sayur 1 mangkuk
Buah 1 potong
Susu 1 gelas


Akan tetapi menu diatas masih perlu menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi tubuh secara individual, dimana masing-masing berbeda dalam hal tinggi, berat badan, jenis kelamin, umur dan aktifitas sehari-hari apakah aktifitas itu ringan, sedang atau berat. Jadi menu diatas belum tentu sama jumlahnya bagi setiap induvidu.


Bagi golongan yang rawan gizi seperti balita, ibu hamil dan ibu menyusui, atau bagi mereka yang baru sembuh dari sakit, perlu sekali diperhatikan susunan menu diatas, termasuk minum susu. Karena pada usia rawan gizi ini sedang masanya pertumbuhan dan perkembangan tubuh bagi balita, pertumbuhan janin bagi ibu hamil dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu menyusui dan sehabis sakit.

Perlu juga diperhatikan adanya variasi menu tiap hari. Dengan variasi, zat-zat gizi yang terkandung dalam setiap bahan makanan maka akan saling melengkapi untuk tubuh kita karena dimakan tiap hari selalu bergantian. Lauk dengan tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau) yang bergiliran tiap hari akan lebih baik dari pada lauk hanya dengan daging saja yang tidak berubah setiap harinya. Jadi, variasi menu disini juga penting untuk menjaga keseimbangan menu makanan

pertanyaan yg no 2.....mohon di bantu.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Wed Nov 26, 2008 10:27 am

siti rahayu wrote:
1.Menurut para ahli, susunan menu seimbang dalam sehari mengandung:

Karbohidrat 60 - 70 %

Protein 10 – 15 %

Lemak 20 – 30 %

Untuk menyusun pilihan menu makan pagi, maka ada baiknya penjabaran hal hal di atas bisa dilakukan dengan memanfaatkan prinsip “Empat Sehat Lima Sempurna” sehingga disarankan alternative susuan dibawah ini:

Sepiring Nasi
Sepotong ikan/ayam
Sepotong tempe
Sayur 1 mangkuk
Buah 1 potong
Susu 1 gelas


Akan tetapi menu diatas masih perlu menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi tubuh secara individual, dimana masing-masing berbeda dalam hal tinggi, berat badan, jenis kelamin, umur dan aktifitas sehari-hari apakah aktifitas itu ringan, sedang atau berat. Jadi menu diatas belum tentu sama jumlahnya bagi setiap induvidu.


Bagi golongan yang rawan gizi seperti balita, ibu hamil dan ibu menyusui, atau bagi mereka yang baru sembuh dari sakit, perlu sekali diperhatikan susunan menu diatas, termasuk minum susu. Karena pada usia rawan gizi ini sedang masanya pertumbuhan dan perkembangan tubuh bagi balita, pertumbuhan janin bagi ibu hamil dan pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu menyusui dan sehabis sakit.

Perlu juga diperhatikan adanya variasi menu tiap hari. Dengan variasi, zat-zat gizi yang terkandung dalam setiap bahan makanan maka akan saling melengkapi untuk tubuh kita karena dimakan tiap hari selalu bergantian. Lauk dengan tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau) yang bergiliran tiap hari akan lebih baik dari pada lauk hanya dengan daging saja yang tidak berubah setiap harinya. Jadi, variasi menu disini juga penting untuk menjaga keseimbangan menu makanan

pertanyaan yg no 2.....mohon di bantu.....

Emmm,..maturnuwun,.... ajib ajib :afro:

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Wed Dec 10, 2008 10:32 pm

Pertanyaan no 2 kapan njawabe kih,...wes rong minggu le nunggu,...Momod mana,....? kayaknya lagi mabok di teras nongkrong nih,.. Very Happy Very Happy
===================================
Utamakan Sub Forum yang anda Momodi,.. :afro: wes ewes ewes,...babalas angine,.... ngakak ngakak ngakak ngakak

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Thu Dec 11, 2008 7:40 am

dewalangit wrote:
Pertanyaan no 2 kapan njawabe kih,...wes rong minggu le nunggu,...Momod mana,....? kayaknya lagi mabok di teras nongkrong nih,.. Very Happy Very Happy
===================================
Utamakan Sub Forum yang anda Momodi,.. :afro: wes ewes ewes,...babalas angine,.... ngakak ngakak ngakak ngakak


momodnya ada 2 lho........kan aku udah jawab yg No 1......jd tugas yg no 2 sapa hayooooo?

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat


Lokasi: Blok F 48
Reputation: 13
Join date: 25.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Thu Dec 11, 2008 8:24 am

Yo wis tak jawab neh biar Hyong dewa puas....(awas kalo gak dibaca....)

Melindungi Mata
Vitamin A dan B karotin berguna menguatkan hati menjernihkan penglihatan, dan mengurangi mata lelah. Vitamin A terutama terdapat pada hati aneka hewan, dalam minyak hati ikan dan kuning telur. Makanan nabati hanya bisa mensuplai sumber vitamin A. Vitamin B karotin terdapat pada wortel, tomat, bocai, kucai, apricot, ubi jalar dan pada sayur atau buah hijau dan kuning.

Vitamin C juga sangat baik bagi mata. Kandungan vitamin C di mata kita lebih banyak berlipat ganda dibanding dalam cairan darah. Seiring dengan meningkatnya usia, kandungan vitamin C menurun drastis, gizi pada lensa mata memburuk, lama kelamaan dapat timbul denaturasi (perubahan pada suatu benda) pada lensa mata. Karena itu harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

Wortel kaya dengan kandungan sukrosa, glukosa, pati dsb, di dalamnya paling banyak mengandung Vitamin A, dan manfaatnya sama seperti minyak hati ikan. Selain itu, wortel juga kaya dengan kadar karotin, dapat melindungi atau memelihara kesehatan mata dan kulit.

Bocai mengandung unsur protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, besi, karotena, laktoflavin dsb, ia bukan saja sayuran yang bernilai gizi tinggi, sekaligus juga merupakan produk bermutu merawat mata.

Tomat kaya dengan vitamin, mineral, karbohidrat, asam organik dan sedikit kandungan protein. Karena mengandung keasaman, maka memiliki fungsi melindungi vitamin C, tidak mudah rusak dalam proses dimasak.

Kucai kaya dengan vitamin A kompleks, vitamin C, juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin dan minyak yang cepat menguap.

Selain itu, kucai juga mengandung zat antibiotik, memiliki fungsi sebagai penyedap makanan dan membunuh bakteri.

Lycium chinense kaya dengan karotena, vitamin A, B1, B2, C, kalsium, besi dsb, adalah gizi yang mutlak untuk kesehatan mata. Sesering mungkin minum teh bunga seruni dan lycium chinense dapat memberi efek perawatan hati dan menjernihkan mata.

Cabe hijau kaya dengan vitamin, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi dan nutrien lainnya, adalah kandungan vitamin C tertinggi di antara semua sayuran.

Apricot mengandung vitamin C yang pas dan kaya vitamin A, di samping itu juga mengandung glucosa, protein, lemak, garam anorganik, vitamin B1, B2 dsb, adalah buah yang nilai gizinya cukup tinggi.

Kurma sangat kaya dengan gizi, mengandung 14 macam asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, kandungan vitaminnya lebih tinggi daripada appel, dan puluhan kali lipat dibanding dengan buah pisang, mempunyai istilah indah sebagai "pil vitamin aktif".

Menguatkan otak
Lemak adalah zat penting untuk menguatkan otak. Kerumitannya dalam mengembangkan dan mengasah otak memiliki fungsi yang sangat penting. Makanan tipikal adalah buah berkulit keras, wijen, hewan yang diternak secara alamiah dsb.

Protein adalah dasar materi dalam aktivitas inteligensia, adalah materi penting dalam proses pengekangan dan pengendalian rangsangan sel otak. Makanan tipikal adalah daging tak berlemak, telur ayam, ikan dsb.

Dan karbohidrat adalah sumber energi aktivitas otak. Setelah mengurai menjadi glucosa di dalam tubuh segera menjadi sumber utama pada otak. Makanan tipikal adalah palawija, beras bulu, gula merah, kue-kue dsb.

Vitamin C yang cukup dapat membuat fungsi otak besar menjadi lincah, peka sekaligus meningkatkan inteligensi. Makanan tipikal adalah jenis buah-buahan segar, sayur mayur kuning dan sayur hijau.

Vitamin B kompleks membantu aktivitas kecerdasan. Disini termasuk vitamin B1, B2, asam daun dsb. Saat vitamin B kompleks sangat tidak mencukupi, dapat mengakibatkan gangguan mental, mudah resah dan gelisah, tidak konsentrasi, dan sukar menjaga ketenangan pikiran. Makanan tipikal adalah jamur, sayur hutan (tumbuhan liar yang dapat dmakan) dsb.

Buah berkulit keras kaya dengan kandungan protein, tidak mengenyangkan dan asam lemak, lesitin, garam anorganik dan vitamin, sesering mungkin mengkonsumsi sangat baik dalam memperbaiki dan suplai gizi pada otak.

Jamur memiliki efek pengobatan yang lebih nyata terhadap tekanan darah dan pengerasan pada pembuluh nadi, memiliki fungsi menghilangkan lelah, meningkatkan semangat, menstabilkan mental, mencegah kekurangan darah dan gejala penyakit kanker dsb.

Telur ayam kaya dengan protein, lesitin, vitamin dan kalsium, fosfor, besi dll, adalah zat mutlak metabolisme otak. Selain itu, telur ayam juga lebih banyak mengandung asetilkolina yang mutlak dibutuhkan otak untuk mengingat.

Ikan dapat mensuplai sejumlah besar protein bagi otak, asam lemak dan kalsium, fosfor, vitamin B1, B2 dsb, mereka adalah zat penting pembentukan sel otak dan meningkatkan vitalitasnya.

Kimcam (hemerocallis flava) kaya dengan kandungan protein, lemak, kalsium, besi, vitamin B1, semua ini adalah zat yang diperlukan untuk metabolisme otak, karena itu ada istilah "sayur penguat otak".

Bawang Bombay mengandung zat yang dapat mengencerkan darah, memperbaiki suplai darah otak, sangat baik dalam menghilangkan kepenatan pikiran dan berat, dengan mengkonsumsi setengah bawang setiap hari dapat memberi hasil yang baik bagi penguatan otak.

Jawawut kaya dengan protein, lemak, kalsium, besi, vitamin B1 dan kandungan gizi lainnya, mempunyai istilah makanan pokok penguat otak. Jawawut juga memiliki efek pencegahan dan pengobatan saraf lemah.

Longan atau lengkeng bermanfaat bagi jantung dan limpa, menambah darah menenangkan saraf. Segala kelupaan, susah tidur, denyut jantung cepat, inteligensi menurun dll yang disebabkan lemahnya limpa dan jantung, dapat mengaturnya kembali dengan mengkonsumsi buah lengkeng.

Jeruk besar atau jeruk bali kaya dengan vitamin A, B1 dan C, tergolong makanan alkali yang tipikal, dapat menghilangkan sejumlah besar makanan asam terhadap resiko yang disebabkan sistem saraf. Dengan sering mengkonsumsinya dapat meningkatkan semangat, meningkatkan daya ingat dan menyegarkan otak. Selain itu, jeruk semacamnya juga memiliki efek yang sama.

Menguatkan Tulang
Kalsium adalah zat pengatur aktivitas hidup tubuh manusia, yakni sumber hidup tubuh manusia. Fungsi fisiologisnya secara normal pada setiap sistem saraf dalam memelihara peredaran darah, pernafasan, saraf, sekresi dalam, pencernaan, otot, tulang, saluran kemih, dan dalam sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pengatur yang penting. Tidak ada sistem apa pun dalam tubuh manusia yang fungsinya tidak berhubungan dengan kalsium, keseimbangan kalsium berperan vital dalam menjaga kesehatan dan hidup manusia.

Kandungan kalsium pada susu bukan saja tinggi kadarnya, lagipula asam susu dapat mempercepat penyerapan kalsium, adalah sumber kalsium alami terbaik. Selain itu, kadar kalsium pada produk olahan susu beku dan susu asam juga sangat tinggi, sebaiknya sesering mungkin mengkonsumsinya.

Ebi atau udang kering kaya akan gizi, kalsium, fosfor dan mikronutrien, kadar proteinnya juga sangat tinggi. Ebi dan produk hasil laut lainnya merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Kandungan gizi pada sayuran rapa atau sawi dan efek terapinya bisa dikatakan adalah yang terbaik diantara semua sayuran. Kadar kalsium dan zat besi-nya sangat tinggi, dengan sering mengkonsumsinya dapat membersihkan darah dan menurunkan tekanan darah, mempertajam daya lihat dan pemisah racun. Wijen hitam adalah sumber penguat kalsium yag sangat baik, dan efek perawatannya lebih baik berlipat ganda dari pada wijen putih. Bagi yang tidak suka minum susu, bisa diganti dengan tiga sendok wijen hitam sehari. Selain itu, kadar kalsium pada selai wijen juga sangat tinggi.

Makanan kedelai berprotein tinggi, kadar kalsiumnya juga sangat tinggi, lagipula kaya dengan asam amino dan besi yang mudah diserap. Makanan produk kedelai lainnya juga merupakan makanan terbaik untuk mencukupi kalsium, seperti misalnya 150 gram tahu kandungan kalsiumnya mencapai 500 miligram. Selederi kaya dengan gizi, mengandung protein, multi vitamin, mineral dan serat makanan yang mutlak dibutuhkan tubuh. Karena kandungan kalsium dan fosfor pada seledri lebih tinggi, maka ia mempunyai fungsi penenang khusus dan melindungi pembuluh darah. Ganggang merah kaya dengan yodium, kalsium, protein, vitamin A, B dan zat mineral lainnya. Dengan sering mengkonsumsinya dapat menghilangkan kolesterol yang tertimbun pada dinding pembuluh darah, mempunyai efek pengobatan mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh nadi).



RAMBUT JANTUNG DAN KULIT MENYUSUL.......

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat


Lokasi: JAKARTA
Reputation: 1
Join date: 24.05.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Thu Dec 11, 2008 4:28 pm

wah suwun infone

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Thu Dec 11, 2008 8:37 pm

Jawaban yang diberikan diterima penanya,Terimakasih.....
===============================
Kekurangan jawaban masih di tunggu,... :afro:

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
Prof.
Koordinator


Lokasi: pekanbaru
Reputation: 3
Join date: 07.12.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Sun Dec 14, 2008 11:43 am

Menu makan tergantung tanggal/bulan mas.. Very Happy
tanggal muda ayam rutin.....
tengah bulan ikan....
tanggal tuwo tempe....
tanggal tuek/akhir bulan indomie rebus....Very Happy

menu makan ala anak kost......Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://ijopunkjutee.blogspot.com
kendra
Koordinator


Lokasi: batam island
Reputation: 0
Join date: 14.09.08

PostSubyek: Re: [Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?   Sun Dec 14, 2008 5:47 pm

kalo aku sik penting 4 sehat, 5 ora ragat ha.....ha.......
Kembali Ke Atas Go down
http://kentrunk.wordpress.com
 

[Tanya] Menu makanan seimbang yang bagaimana...?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK ::  :: -