Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Herbal Pencegah Batu Ginjal

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Ki Sosro Harjono
KorLap
avatar

Lokasi : cirebon,west java, Tanjung Sari City
Reputation : 3
Join date : 05.11.08

PostSubyek: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Fri Dec 05, 2008 1:23 pm

Ramuan Pencegah Batu Ginjal

-------------------------------------------------------------------------

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang musah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan.

Siapa pun pasti tak ingin merasalah perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan.

Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur. Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurang atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter.

Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L), daun kunis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus B1), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica).

Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ekskresi, sekresi, dan hormonal, yang semuanya berlangsung secara simultan melalui mekanisme pengaturan sendiri (Homeostasis). Karena itu, jika ginjal terganggu, berarti masalah kesehatan yang serius tengah menghadang.

Sejak Mesir Kuno
Dr. Tunggul D. Situmorang, Dipl,/M.Med Si, Sp.PD-KGH, menjelaskan bahwa penyakit batu ginjal (urolitiasis) sudah dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Namun, hingga kini penyebab persisnya belum dapat diketahui secara pasti.

Batu ginjal lazimnya terjadi karena pembentukan zat penyusun batu lebih banyak ketimbang yang dilarutkan. Itu terjadi karena adanya faktor yang menyebabkan kristalisasi dari zat-zat itu dan adanya kelainan yang menyebabkan kristal-kristal berkumpul menjadi satu.

Biasanya batu yang terdapat dalam saluran kemih berupa kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat, atau campuran dari senyawa itu. Gejala penderita batu kandung kemih adalah adanya rangsang sakit pada waktu buang air seni, serta di dalam air seni terdapat batu halus, sehingga menimbulkan bercampurnya air seni dengan darah.

Hingga saat ini pengobatan konvensional untuk batu kandung kemih masih belum memuaskan. Jalan keluar dengan pembedahan maupun pemecahan batu menggunakan teknologi modern masih mahal. Karena itu, boleh saja memilih jalur alami dengan menggunakan beragam ramuan herbal.

Beberapa penelitian in vivo (di dalam tubuh hidup) maupun in vitro (di laboratorium) juga telah dilakukan terhadap beberapa tanaman obat yang memiliki manfaat peluruh air seni dan penghancur batu kandung kemih. Penelitian in vitro membuktikan, infus daun tempuyung dapat melarutkan kolesterol, kalsium okslat, dan asam urat ginjal (Widodo, 1987).

Penelitian lain, juga secara in vitro, dilakukan dengan merendam batu ginjal pada ekstrak tempuyung selama enam jam. Ternyata proses itu dapat melarutkan batu ginjal penderita yang diindentifikasi sebagai kalsium oksalat (H. Giri, 1988).

Sementara itu, penelitian Rusdeyti (1985) menunjukkan, infus daun tempuyung yang diberikan kepada kelinci jantan ternyata dapat meningkatkan pengeluaran air seni (efek diuretik). Infus ini juga dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan pada tikus (B. Wahjoedi, 1986).

Penelitian lain dilakukan terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya, 40 persen pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0,5 cm, dan 20 persen merasakan hilangnya sakit (Muangmun W., 1984).

Daun kumis kucing mengandung kalium, saponin, dan glikosida orthosiphon. Untuk diuretik, sebaiknya digunakan daun kumis kucing muda. Hal ini sejalam dengan hasil penelitian Harini NKDK (1989), yang meneliti efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua.

Peluruh batu ginjal lainnya, keji beling, merupakan tanaman semak, tingginya dapat mencapai 1-2 m. Secara empiris, herbal ini digunakan untuk diuretik, disentri, wasir karena mengandung kalium dan silikat. Secara in vitro, infus daun keji beling terbukti dapat melarutkan batu saluran kemih (Murwoto, Yusuf M., 1981).

Cegah pembentukan batu
Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa esktrak daun keji beling dosis 16,5 mg/kg dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan (Wahjoedi B., 1992). Penelitian lain menunjukkan daun keji beling juga berkhasiat atau berefek diuretik (Sarjono O.S., 1989).

Selanjutnya akar alang-alang mengandung kalium Nainggolan l. (1994) melakukan uji diuretik dengan memberikan infus akar alang-alang pada hewan uji tikus. Hasilnya, pengeluaran ari seni meningkat sebanding degan volume pengeluaran air seni akibat pemberian HCT (diuretik).

Secara in vitro pernah dilakukan perendamam batu kandung kemih manusia menggunakan larutan estrak air akar alang-alang. Larutnya batu kandung kemih itu ditunjukkan dengan mengukur kadar kalsium yang terlarut (Retno E., 1987). Hasilnya, akar alang-alang dinyatakan dapat melarutkan batu kandung kemih.

Pegagan diyakini bermanfaat sebagai peluruh air seni, antibiotik (membunuh kuman), dan antipiretik (menghilangkan demam).

Karena sifatnya hanya pelengkap pengobatan modern, sikap peduli kesehatan tetap diperlukan. Diantaranya membiasakan diri minum air sebanyak-banyaknya serta menghindari kebiasaan sering menahan buang air kecil (lebih dari satu jam) dan makan jeroan. Jangan lupa cukup olahraga.

Tunggal atau Campuran
Meramu beragam tanaman herbal yang bermanfaat untuk peluruh air seni atai penghancur batu ginjal dapat secara tunggal atau dicampur dengan jenis tanaman obat lainnya.

Tempuyung
Kumpulkan daun kering 10 gr atau 30 gr daun segar, setara dengan 10 lembar daun. Cuci sampai bersih, lalur rebus dalam 250 ml air bersih sampai tersisa 150 ml. Setelah dingin, saring. Bagi untuk tiga kali minum dalam sehari.
- Selain tunggal, daun tempuyung juga dapat diramu dengan tanaman obat seperti meniran dan tapak liman dengan takaraan yang sama.

Kumis kucing
- Ambillah 30-60 gr kumis kucing segar (30 lembar daun), direbus atau diseduh sebagai teh. Bisa juga dengan merebus 10 gr kumis kucing kering dalam 750 ml air hingga tinggal sepertiganya. Saring, minum selagi hangat.

Keji Beling
- Siapkan 10 gr daun kering atau 30 gr daun keji beling segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 250 ml air bersih sampai tersisa 150 ml. Setelah dingin, saring. Bagi untuk tiga kali minum dan habiskan dalam sehari.

Alang-alang
- Ambil 20 batang akar alang-alang potong kecil-kecil. Siapkan daun tempuyung dan daun keji beling dengan takaran masing-masing 10 gr daun kering atau 30 gr daun segar (10 lembar daun). Setelah dicuci rebus semua bahan dalam air 300 ml. Saring, kemudian minum.
- Siapkan 20 batang akar alang-alang, potong kecil-kecil, 10 lembar daun ngokilo, 10 lembar daun kumis kucing, 10 lembar daun gempur batu, dan 400 ml air. Rebus hingga matang dan minum untuk tiga kali sehari.

Pegagan
- Ambilah 30-60 g pegagan segar, direbus atau diseduh sebagai teh.
- Rebus 30-60 g pegagan segar dalam 3 gelas air sampai tersisas separuhnya. Setelah dingin, saring. Minum sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.







Semoga berkenan


Matur nuwun



Hayu ning bawono
Kembali Ke Atas Go down
http://www.offijogja.blogspot.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Fri Dec 05, 2008 2:04 pm

sip lah infone.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Fri Dec 05, 2008 2:25 pm

wah sip kang suwun

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Fri Dec 05, 2008 2:30 pm

sing wis bentuk jadi (pil herbal) atau jamu ono ora yo?

Hasil test urineku pas wingi medical check up rodo elek jee..

Suwun,
Kandar

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
Ki Sosro Harjono
KorLap
avatar

Lokasi : cirebon,west java, Tanjung Sari City
Reputation : 3
Join date : 05.11.08

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Tue Dec 09, 2008 2:20 pm

Herbal Batu Ginjal

(Gambar) KAPSUL HERBAL BATU GINJAL
Produsen : Griya Herba
Perijinan:
Depkes RI 313331102058
Kapsul No. Sertifikat Halal MUI 1636072001
Isi : 80 kapsul
Komposisi: SOnchus sp, Clerodendron sp
Kegunaan :
- Mengatasi penyakit batu ginjal

Aturan pakai : Diminum 2 x sehari pagi dan sore hari 2 kapsul


Negara Asal: Indonesia
Harga: Eceran 25.000 disc 20%/Grosir nego
Cara Pembayaran: Transfer Bank (T/T), Tunai

pustaka.aisyah@gmail.com
Permintaan Anda akan disimpan di "Surat Bisnis".
Nama: Tn. Abu Aisyah [Direktur/CEO/Manajer Umum]
E-mail: pustaka.aisyah@gmail.com
Situs Web: http://safuan.wordpress.com
Pesan Instan
Nomer HP: 081315649339
Nomer Telpon: 021-33074874
Alamat: Perumahan Duta Bumi 3 Jl. Duta Permai VII Blok 3 i no. 12
Harapan Indah Bekasi Barat, Jawa Barat
Indonesia







niki mas kandar info lekap









semoga berkenan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.offijogja.blogspot.com
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Tue Dec 09, 2008 2:29 pm

Suwun Mas Bawono info-ne lengkap banget, kapan2 tak golekane nggone..

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
hari_qdoel
Koordinator
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 3
Join date : 20.04.11

PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   Thu Aug 16, 2012 3:29 pm

...
suwun atas infonya....

simak dan catat di kepala
....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/u8602
Sponsored content




PostSubyek: Re: Herbal Pencegah Batu Ginjal   

Kembali Ke Atas Go down
 
Herbal Pencegah Batu Ginjal
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: