Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Form tilang dari Polisi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
supriyadi
KorLap
avatar

Lokasi : Ragunan, Jak - Sel
Reputation : 2
Join date : 25.06.08

PostSubyek: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 13, 2008 7:30 am

Semoga bermanfaat.


Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya
sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi.

Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu
ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi.

Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.



Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat SIM dan STNK ?

Sopir (S) : Baik Pak.



P : Mas tau kesalahannya apa ?

S : Gak Pak.



P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat
nomor taksi yang memang gak standar)

sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang, lalu
menulis dengan sigap.

S : Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah gak tau ilang
kemana. Kalo ada pasti saya pasang.



P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak mobil curian sekarang ?
(dengan nada keras !!)

S : (Dengan nada keras juga) Kok gitu ! Taksi saya kan ada STNKnya Pak.
Iini kan bukan mobil curian !



P : Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas).

Kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna
MERAH).

S : Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya. Saya mau yang
warna BIRU aja.



P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah 10 hari ini form
biru itu gak berlaku !

S : Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak berlaku ?



P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU.

Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi sekarang ini kamu gak bisa.

Kalo kamu gak mau, ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan
ngotot)

S : Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian (dengan nada nantangin
tuh polisi)



Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.



P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?

S : Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form BIRU. Bapak kan yang
gak mau ngasih



P : Kamu jangan macam-macam yah. Saya bisa kenakan pasal melawan petugas!

S : Saya gak melawan ? Kenapa Bapak bilang form BIRU udah gak berlaku ?
Gini aja Pak, saya foto bapak aja deh.

Kan bapak yang bilang form BIRU gak berlaku (sambil ngambil HP)



Wah ... wah .... hebat betul nih sopir ! Berani, cerdas dan trendy.

Terbukti dia mengeluarkan HPnya yang ada kamera.



P : Hey ! Kamu bukan wartawan kan ? Kalo kamu foto saya, saya bisa
kandangin (sambil berlalu).

Kemudian si sopir taksi itu pun mengejar polisi itu dan sudah siap
melepaskan shoot pertama

(tiba-tiba dihalau oleh seorang anggota polisi lagi)



P 2 : Mas, anda gak bisa foto petugas sepeti itu.

S : Si Bapak itu yang bilang form BIRU gak bisa dikasih (sambil tunjuk
polisi yang menilangnya)



Lalu si polisi ke 2 itu menghampiri polisi yang menilang tadi.

Ada pembicaraan singkat terjadi antara polisi yang menghalau si sopir
dan polisi yang menilang.

Akhirnya polisi yang menghalau tadi menghampiri si sopir taksi.



P 2 : Mas, mana surat tilang yang merahnya? (sambil meminta)

S: Gak sama saya Pak. Masih sama temen Bapak tuh (polisi ke 2 memanggil
polisi yang menilang)

P : Sini, tak kasih surat yang biru (dengan nada kesal) Lalu polisi yang
nilang tadi menulis nominal denda sebesar Rp.30.600 sambil berkata:

Nih kamu bayar sekarang ke BRI ! Lalu kamu ambil lagi SIM kamu disini.
Saya tunggu.

S : (Yes !!) OK Pak ! Gitu dong, kalo gini dari tadi kan enak.



Kemudian si sopir taksi segera menjalankan kembali taksinya sambil
berkata pada saya:

"Pak, maaf kita ke ATM sebentar ya . Mau transfer uang tilang".

Saya berkata : "Ya, silakan."



Sopir taksi pun langsung ke ATM sambil berkata:

"Hatiku senang banget Pak, walaupun di tilang, bisa ngasih pelajaran
berharga ke polisi itu.

Untung saya paham macam-macam surat tilang".



Tambahnya : "Pak kalo ditilang kita berhak minta form biru, gak perlu
nunggu 2 minggu untuk sidang.

Jangan pernah pikir mau ngasih DUIT DAMAI ! Mending bayar mahal ke
negara sekalian daripada buat oknum".



Dari obrolan dengan sopir taksi tersebut dapat saya infokan ke Anda
sebagai berikut:



SLIP MERAH, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan dan mau
membela diri secara hukum (ikut sidang) di pengadilan setempat.

Itu pun di pengadilan nanti masih banyak calo, antrian panjang dan oknum
pengadilan yang melakukan pungutan liar berupa pembengkakan nilai tilai
tilang.

Kalau kita tidak mengikuti sidang, dokumen tilang dititipkan di
kejaksaan setempat.

Disini pun banyak calo dan oknum kejaksaan yang melakukan pungutan liar
berupa pembengkakan nilai tilang..



SLIP BIRU, berarti kita mengakui kesalahan kita dan bersedia membayar
denda.

Kita tinggal transfer dana via ATM ke nomer rekening tertentu (kalo gak
salah norek Bank BUMN).

Sesudah itu kita tinggal bawa bukti transfer untuk ditukar dengan
SIM/STNK kita di Kapolsek terdekat di mana kita ditilang.



You know what ? Denda yang tercantum dalam KUHP Pengguna Jalan Raya
tidak melebihi 50ribu! Dan dananya RESMI MASUK KE KAS NEGARA.




Berantas korupsi dari sekarang !
Kembali Ke Atas Go down
http://www.supriyadi85.multiply.com
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 13, 2008 11:04 am

Informasi yang menarik nih semoga saja oknum2 akan segera kapok dengan adanya orang yang berani menegakkan kebenaran

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
Joko Tarup
Koordinator
avatar

Lokasi : Kandang Langit,kemul mego
Reputation : 0
Join date : 27.10.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 13, 2008 11:20 am

Aku juga pernah mas ngalami kaya gitu di Purworejo,tapi aku malah ga jadi di tilang (bebas dengan cuma cuma),karana Polisinya salah ngisi surat tilangnya dan aku juga ngotot ngluarin kartu sakti.
Kembali Ke Atas Go down
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 13, 2008 3:01 pm

HEBAT...! ajib

JEMPOL KANAN UNTUK SUPIR TAKSI DIATAS


_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
chom
Camat
avatar

Lokasi : WoNoSaRi
Reputation : 2
Join date : 12.03.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sun Dec 14, 2008 6:19 pm

keempat jempol untuk sopir taksi
Kembali Ke Atas Go down
dedik cahyono
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Mon Dec 15, 2008 11:13 pm

thank atas infonya, semga dapat bermanfaat.

_________________
sak beja-bejane wong lali, iseh bejo wong kang eling lan waspodo
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Wed Dec 17, 2008 1:21 pm

kena deh pak polisine

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
gandung
Officer
avatar

Lokasi : Cawang Baru - Jakarta Timur - Indonesia
Reputation : 17
Join date : 14.03.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Fri Dec 19, 2008 4:59 pm

ok kang matur nuwun

_________________
Yen kepingin Di asihi karo wong lio yo kudu biso duweni roso asih marang wong lio ora perduli bocah cilik utowo gedhe wong sugeh utowo mlarat wong lanang utowo wedok elek utowo bagus
Kembali Ke Atas Go down
Joko Tarup
Koordinator
avatar

Lokasi : Kandang Langit,kemul mego
Reputation : 0
Join date : 27.10.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Fri Dec 19, 2008 6:05 pm

maslahe ,apakah kalian punya mental yang kuat untuk meghadapi setiap situasi saat kejadian.
jangan sampe malah jadi ......
Kembali Ke Atas Go down
gandung
Officer
avatar

Lokasi : Cawang Baru - Jakarta Timur - Indonesia
Reputation : 17
Join date : 14.03.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 20, 2008 9:16 am

Joko Tarup wrote:
maslahe ,apakah kalian punya mental yang kuat untuk meghadapi setiap situasi saat kejadian.
jangan sampe malah jadi ......

akuw wani..... dance

_________________
Yen kepingin Di asihi karo wong lio yo kudu biso duweni roso asih marang wong lio ora perduli bocah cilik utowo gedhe wong sugeh utowo mlarat wong lanang utowo wedok elek utowo bagus
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 20, 2008 9:18 am

aku yo wani banget ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
case_me
KorLap
avatar

Lokasi : Semanu-Wonosari-Jogja (PP)
Reputation : 0
Join date : 06.06.08

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Dec 20, 2008 1:10 pm

wah muakasiiih bgt...info yang bnr2 brmanfaat...ale aq dah sering ketilang tp lupa wrna surat tilang'N apa yaw????
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kiezme.wordpress.com
trimopakesa
Koordinator
avatar

Lokasi : jetis kulon RT06 RW02 pacarejo semanu gunung kidul DIY PULAU JAWA INDONESIA ASIA 50' Bujur Timur 7 Lintang utara 46' 8 Bujur Barat 09' Lintang Selatan BUMI DUNIA TATA SURYA GALAKSI BIMA SAKTI,,,pokok'e sekitar kono kui,,,
Reputation : 249
Join date : 08.04.09

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Sat Apr 11, 2009 10:08 am

hampir setiap kali pulang ke wonosari aku selalau di behentikan oleh pak polisi wonosari yang selalu mempermasalahkan ukuran ban motor saya yg tidak sessuai dengan ukuran yg semestinya karena memang saya pake ukuran 50/90 dan 60/80 tapi setiap kali pula saya ketemu sama polisi nggak pernah kena tilang,,,ada aja alasan saya buat ngelabuhin ntu polisi..alasanya polisinya kalau nunjukin kesalahan selalu nggak sessuai sih,,,selalau aneh dan nggak masuk akal,,contohnya tutup angin pada rodalah,,sepion kecil lah pokoknya ada aja,,,,,
SAYA SETUJU SAMA SEMUA JURAGAN DI ATAS,,,JANGAN PERNAH MENGASIH UANG DAMAI PADA POLISI,,KALAU DI TILANG MINTALAH SURAT TILANG YG WARNA BIRU,,KARENA ITULAH SURAT TILANG YG ASLI,,,DAN KALAU SEKIRANYA PARA JURAGAN MEMANG SEBENARNYA TIDAK MELANGGAR JANGAN TAKUT TAKUT UNTUK MELAWAN KATA KATA POLISI DENGAN SANTAI DAN DENGAN KATA KATA PEMBELAAN YG MASUK AKAL,, TIDAK USAH NGOTOT SAMA POLISI WONOSARI,,HADAPI DENGAN SANTAI PASTI LOLOS DAN AMAN KOK,,, dance :@X:
Kembali Ke Atas Go down
Ronaldo Smada
eRTe
avatar

Lokasi : Jakarta Raya
Reputation : 0
Join date : 09.04.09

PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   Mon Apr 20, 2009 1:44 am

Very Happy Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi mengenai tema dan komentar dari rekan-rekan semua..semuanya benar atau tidak ada yang salah cuma ada beberapa yang perlu diluruskan.. :shock:

Taksi adalah kendaraan umum yang di operasikan berdasarkan perda sedangkan masing-masing wilayah atau propinsi satu dengan yang lain berbeda dalam penentuan perda( berdasarkan pendapatan perkapita)..plat nomer taksi ( "P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat
nomor taksi yang memang gak standar").. plat nomer atau perlengkapan kendaraan bermotor tidak standart adalah merupakan pelanggaran hukum( UULAJ No.14 tahun 1992 silahkan pelajari) dan seharusnya plat tersebut sudah harus diganti dengan plat asli yang dikeluarkan oleh dit lantas polri,silahkan hubungi sat lantas polres gunungkidul ( mungkin saya bisa katakan disini adalah oknum sopir taksi ).. Very Happy
Berdasarkan undang-undang yang berhak mengambil gambar adalah wartawan dan polri serta ppns sesuai hukum yang dia tangani namun dalam negara demokrasi siapapun sah-sah saja untuk mengambil gambar sebatas yang di ambil gambarnya menyetujui atau memberikan..apabila yang di ambil gambarnya tidak menyetujui dia bisa melaporkan sebagai tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan (penjabarannya ada pada penyidik polri)
Blanko tilang warna merah dan biru adalah sama sebagai bukti penindakan,keduanya untuk pelanggar dan pelanggar bebas memilih blanko warna merah atau biru..dalam hal ini pihak polri harus tunduk pada permintaan pelanggar dengan pilihannya itu..karena kembali kepada roh polisi sebagai seorang pelayan..
polisi adalah manusia yang tidak luput dari salah dan dosa..kita sebagai masyarakat juga tidak jauh berbeda,kadang tidak lepas dari kekhilafan dan kelalaian..namun kalau kita sering sering koreksi diri ada kesempatan menjadi orang yang bijak..Aplouse
lengkapi kendaraan anda dengan perlengkapan kendaraan yang setandart atau sudah baku sesuai dengan undang-undang..ajib
Taati peraturan yang berlaku dan pergunakanlah helm serta bawalah surat-surat kendaraan bermotor anda ajib
Tulis nama pangkat atau bila perlu nrp polisi yang mencari-cari kesalahan,meminta atau menerima imbalan dari masyarakat yang berhubungan dengan tugas dan kewenangannya kemudian laporkan ke propam polres gunungkidul atau polres terdekat
hanya yang peduli dengan reformasi polri
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Form tilang dari Polisi   

Kembali Ke Atas Go down
 
Form tilang dari Polisi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Teras Nongkrong-
Navigasi: