Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

KERIS JAWA 5 5 3
Share | 
 

 KERIS JAWA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
adjie
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 0
Join date: 29.02.08

PostSubyek: KERIS JAWA   Tue Apr 01, 2008 8:55 pm

Keris dikalangan masyarakat di jawa dilambangkan sebagai symbol � Kejantanan � dan terkadang apabila karena suatu sebab pengantin prianya berhalangan hadir dalam upacara temu pengantin, maka ia diwakili sebilah keris. Keris merupakan lambang pusaka. Di kalender masyarakat jawa mengirabkan pusaka unggulan keraton merupakan kepercayaan terbesar pada hari satu sura.
Keris pusaka atau tombak pusaka merupakan unggulan itu keampuhannya bukan saja karena dibuat dari unsure besi baja, besi, nikel, bahkan dicampur dengan unsure batu meteorid yang jatuh dari angkasa sehingga kokoh kuat, tetapi cara pembuatannya disertai dengan iringan doa kepada sang maha pencipta alam ( Allah SWT ) dengan duatu apaya spiritual oleh sang empu. Sehingga kekuatan spiritual sang maha pencipta alam itu pun dipercayai orang sebagai kekuatan magis atau mengandung tuah sehingga dapat mempengaruhi pihak lawan menjadi ketakutan kepada pemakai senjata pusaka itu.

nie contohnya















Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
badai-laut-selatan
KorLap


Lokasi: LORING ANGGA
Reputation: 0
Join date: 22.03.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed Apr 02, 2008 10:13 pm

JARENE KERIS...KOK GAMBARE GOBANG SING DI NGGO MBELEH SAPI.....MBOK YACH DOWNLOAD AJA KERIS SESUNGGUHNYA
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
gandung
Officer


Lokasi: Cawang Baru - Jakarta Timur - Indonesia
Reputation: 17
Join date: 14.03.08

PostSubyek: Re : Keris   Sat Apr 12, 2008 10:25 am

Sing koyo nggone mbah ku kok ora eneng yo....???

Jarene kerise lok 7 mas... golekno potone yo...

bentuke' dowo bengkong - bengkong .... . . .
yo bener to nak lurus yo Linggis... ngakak





========================================
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat


Lokasi: di atas Gentheng
Reputation: 45
Join date: 28.02.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Sun Apr 13, 2008 7:05 am

gandung wrote:
Sing koyo nggone mbah ku kok ora eneng yo....???

Jarene kerise lok 7 mas... golekno potone yo...

bentuke' dowo bengkong - bengkong .... . . .
yo bener to nak lurus yo Linggis... ngakak

KERISpatih gelem ra kang.....


ngakakk

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Mon Apr 14, 2008 9:55 am

badai-laut-selatan wrote:
JARENE KERIS...KOK GAMBARE GOBANG SING DI NGGO MBELEH SAPI.....MBOK YACH DOWNLOAD AJA KERIS SESUNGGUHNYA

neng kene yo eneng keris akeh banget
http://keris.fotopic.net/
coba wae mas gandung sopo reti kerise mbahe ono neng kene
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi: Gunungkidul
Reputation: 20
Join date: 06.05.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Mon May 26, 2008 10:42 am

waduh mas jan....gur sing bener2 contoh keris kuwi gur sing gambar mburi dewe je...

Keris kuwi akeh jenis2e lan prnggunaane dewe2. Luk utowo lengkungane yo bedo2 mas...
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
daRinto
Donatur


Lokasi: Jakarta
Reputation: 1
Join date: 08.03.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Thu Jun 05, 2008 1:57 am

Mase_ wrote:
gandung wrote:
Sing koyo nggone mbah ku kok ora eneng yo....???

Jarene kerise lok 7 mas... golekno potone yo...

bentuke' dowo bengkong - bengkong .... . . .
yo bener to nak lurus yo Linggis... ngakak

KERISpatih gelem ra kang.....


ngakakk
Gak mau aku,geleme KERIS dayanti
ngakak
Kembali Ke Atas Go down
wahyudi
Alm.


Lokasi: ujung mberuk teluk penyu
Reputation: 1
Join date: 01.06.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Fri Jun 20, 2008 7:54 pm

ngonanku duwe tilamsari beras utah gagrak mataram sinten sing kinten2 gadah koleksi keris
mbok ngihh ningal tulisan wonten mriki bagi pengalaman
Kembali Ke Atas Go down
wahyudi
Alm.


Lokasi: ujung mberuk teluk penyu
Reputation: 1
Join date: 01.06.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Fri Jun 20, 2008 7:56 pm

Pamore beras wutah kuwi kiro2 sugestine ngo ngopo yo kang enek sing ngerti ra??????????
Kembali Ke Atas Go down
NuRie
KorLap


Reputation: 0
Join date: 13.06.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Sat Jun 21, 2008 5:24 pm

ngomong opo yud kowe ki????????????????? ra mbuh2 tak ulehke nyang ujung beruk teluk penyu KAPOK kwe!!!!!!
Kembali Ke Atas Go down
wahyudi
Alm.


Lokasi: ujung mberuk teluk penyu
Reputation: 1
Join date: 01.06.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Sun Jun 22, 2008 6:35 pm

niki kepripun kang damel topik kok mboten nate diendangi
mungo dipun tambahi
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas


Lokasi: Gunungkidul
Reputation: 20
Join date: 06.05.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Mon Jun 23, 2008 10:21 am

wahyudi wrote:
Pamore beras wutah kuwi kiro2 sugestine ngo ngopo yo kang enek sing ngerti ra??????????

Ehmmm sory mas....nek beras wutah wutah kuwi...lha njenengan reti dewe to.....
Biasane nggo pengasihan gek mas........nek masalah jlentrehan yo...hehehheh..urung disik.....perlu wektu.....
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
wahyudi
Alm.


Lokasi: ujung mberuk teluk penyu
Reputation: 1
Join date: 01.06.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Fri Jul 04, 2008 4:59 pm

kang mbok mungo niki dipun isine malih ben gayeng
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur


Lokasi: nomaden
Reputation: 22
Join date: 04.04.08

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Fri Jul 04, 2008 6:44 pm

wahyudi wrote:
kang mbok mungo niki dipun isine malih ben gayeng

d isi opo yow?! jathilan wae yo ben gayeng :/;;0;;: :/;;0;;: :/;;0;;:

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
republik alam ghaib
Lurah


Lokasi: ponorogo
Reputation: 1
Join date: 19.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 19, 2009 4:46 pm

yen beras kutah yo kudu di jupuki mas....yen ora berarti sampeyan makani ayam....nggih nopo mboten?
Kembali Ke Atas Go down
martinus
Koordinator


Lokasi: JOGJAKARTA
Reputation: 6
Join date: 29.04.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Sat May 23, 2009 12:19 pm

republik alam ghaib wrote:
yen beras kutah yo kudu di jupuki mas....yen ora berarti sampeyan makani ayam....nggih nopo mboten?

nggih mas leres
Kembali Ke Atas Go down
Agus susanto1999
KorLap


Lokasi: jakarta palmerah
Reputation: 10
Join date: 23.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Sat May 23, 2009 12:30 pm

waduh enak yaa ada forum kerisnya juga,,,kebetulan saya juga punya beberapa koleksi
Kembali Ke Atas Go down
martinus
Koordinator


Lokasi: JOGJAKARTA
Reputation: 6
Join date: 29.04.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Mon May 25, 2009 7:24 pm

republik alam ghaib wrote:
yen beras kutah yo kudu di jupuki mas....yen ora berarti sampeyan makani ayam....nggih nopo mboten?
Setubuh!
Kembali Ke Atas Go down
Agus susanto1999
KorLap


Lokasi: jakarta palmerah
Reputation: 10
Join date: 23.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Mon May 25, 2009 7:35 pm

kebetulan saya punya beberapa keris dan tombak ,,,cuma sekaranga cuma ada 30 bilah....dulu sampe 175 bilah
Kembali Ke Atas Go down
kliwon semin
Koordinator


Lokasi: jakarta
Reputation: 6
Join date: 19.02.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 12:13 am

punya barang tanpa pengetahuan yang mendalam adalah tidak akan berfungsi maksimal

misalkan komputer, ngertine barang gur njegugrug isone nguripke-mateni, temtu ora iso eksplore sakisi njerone kanti tuntas sak tuntase

semono ugo kerismu iku den mas,,,,

yen sampeyan duwe ning ora ngerti luk, pamor, dapur, tangguh, liman, kodam, ayat, karomah lan sakpiturute nggih monggo kersoo.................

nyuwun pwngapunten kirang langkungipun....
Kembali Ke Atas Go down
cogo
Koordinator


Lokasi: jakarta
Reputation: 1
Join date: 06.04.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 1:50 am

Agus susanto1999 wrote:
waduh enak yaa ada forum kerisnya juga,,,kebetulan saya juga punya beberapa koleksi

ada yang luk 9 gak mas? siapa yang punya potonya keris luk 9 yo?
Kembali Ke Atas Go down
cogo
Koordinator


Lokasi: jakarta
Reputation: 1
Join date: 06.04.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 1:53 am

kliwon semin wrote:
punya barang tanpa pengetahuan yang mendalam adalah tidak akan berfungsi maksimal

misalkan komputer, ngertine barang gur njegugrug isone nguripke-mateni, temtu ora iso eksplore sakisi njerone kanti tuntas sak tuntase

semono ugo kerismu iku den mas,,,,

yen sampeyan duwe ning ora ngerti luk, pamor, dapur, tangguh, liman, kodam, ayat, karomah lan sakpiturute nggih monggo kersoo.................

nyuwun pwngapunten kirang langkungipun....

tapi memding gak ngerti sekalian mas.........dari pada ngerti cuma dikit2...........nanti malah salah ngartiinya,apa lagi soal pusaka............bisa runyam
Kembali Ke Atas Go down
trimopakesa
Koordinator


Lokasi: jetis kulon RT06 RW02 pacarejo semanu gunung kidul DIY PULAU JAWA INDONESIA ASIA 50' Bujur Timur 7 Lintang utara 46' 8 Bujur Barat 09' Lintang Selatan BUMI DUNIA TATA SURYA GALAKSI BIMA SAKTI,,,pokok'e sekitar kono kui,,,
Reputation: 249
Join date: 08.04.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 7:13 am

opo kiro kiro iseh akeh yo seng due keris jowo kui ajib
Kembali Ke Atas Go down
wasno_ado
eRTe


Lokasi: bintaro.jkt.semin. gunungkidul yogyakarta
Reputation: 0
Join date: 14.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 8:44 am

iyo yo kok isine gobang kabeh...... jarene kerisss ......, :/;;0;;:
Kembali Ke Atas Go down
Agus susanto1999
KorLap


Lokasi: jakarta palmerah
Reputation: 10
Join date: 23.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Tue May 26, 2009 10:55 am

hehehe,,,makanya saya juga lagi banyak belajar juga nih tentang keris sama yg lebih ngerti..terakhir 2 minggu kemaren saya dapat luk 13 sengkelat pamor ngulit semongko tangguh mataram
Kembali Ke Atas Go down
gaplex
Koordinator


Lokasi: KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation: 7
Join date: 07.01.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed May 27, 2009 9:38 am

keris merupakan hasil karya nenek moyang bangsa melayu.....
jadi bukan hanya masyarakat indonesia yang menggunakan keris......
seperti brunai ,malaysia juga menggunakan keris.............
terlepas dari unsur gaibnya keris adalah seni tempa yang di kuasai nenek moyang kita..............
bayangkan nenek moyang kita dulu sudah pandai untuk memilih bahan2
material yang di gunakan dalam pembuatan keris...............
apalagi kalo bicara soal pamor..untuk penciptaan pamor empu2 jaman
dulu menggunakan batu meteor yang jatuh kita2 langsung bisa membayangkan
gimana caranya dulu mencari batu meteor yang jatuh..padahal tentunya jumlahnya terbatas........
yang patut disayangkan adalah bahwa teryata keris2 dari indonesia
sekarang sudah banyak yang di beli oleh kolektor2 dari luar indonesia
seperti brunai dan malaysia.......yang konon harganya bisa mencapai milyaran rupiah.....
ulah para pedagang keris ini lambat laun akan menghilangkan keris ciptaan empu jaman dulu yang umurnya sudah ratusan.............
tragis memang karya2 empu indonesia yang penciptaanya saja di lakukan dengan pemilihan hari,dengan puasa dan mungkin syarat2 lainya supaya keris
ciptaanya menjadi karya seni yang tinggi nilainya ,,sekarang diperdagangkan
kepada orang2 dari luar indonesia........
kalo empu2 jaman dulu mengetahuinya mungkin mereka akan menangis....
mereka menciptakan keris ini untuk di wariskan kepada anank cucu.
bukan untuk di perdagangkan kepada orang luar negeri.oleh segelintir orang2 yang mencari keuntungan sesaat.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
Agus susanto1999
KorLap


Lokasi: jakarta palmerah
Reputation: 10
Join date: 23.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed May 27, 2009 10:50 am

segala sesuatu pasti akan kembali ke asalnya,,,,,siapa bilang keris2 bangsa kita yg bagus2 sudah ada di luar negeri akibat di perjual belikan,,,salah besar anda menilai.yg di jual ke luar negeri sampai saat ini adalah yg duplikat atau tiruan ,,,,dalam arti kata keris yg di buat baru trus melalui proses kimia hingga akhirnya menjadi seperti tua beneran,yg bodoh itu orang luar sana yg ngga bisa membedakan antara tua yg asli dan tua beneran,,,bangsa indonesia khususnya para kolektor juga ngga bodoh ,,,,,mau menjual nilai seni bangsanya sendiri.. tau desa aeng tong tong di daerah madura,,,,hingga saat ini desa tersebut sebagian besar masyarakatnya pembuat keris yg merupakan masih keturunan mpu,, mau pesan keris model mana disana ada, tinggal bagaimana uangnya aja,,,kalo mau tau panasnya api ya anda pegang itu apinya,,,kalo mau dinginnya air es ya celupkan tangan anda,,,,jadi kalo mau buat suatu penilaian harus dteliti lebih jauh ,,ada seorang kolektor jakarta cuma orangnya sudah almarum dia punya keris dan tombak hingga mencapa 2000 bilah,kalau dikalikan 2jt perkeris sudah berapa itu uangnya,,padahal pernah beliau memaharkan sebuah pusaka hingga 15jt per bilahnya,,,kalo mau di belikan tanah dapet berapa hektar yaa di kampung,,,,tapi dia suka dg pusaka hingga dia memilih pusaka ketimbang beli kendaraan,,,dia cuma naik vespa.....jadi kalo bisa mencintai bangsa ini jangan cuma ucapan aja tapi dg tindakan
Kembali Ke Atas Go down
gaplex
Koordinator


Lokasi: KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation: 7
Join date: 07.01.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed May 27, 2009 11:50 am

ya syukur kang agus kalo keris2 yang di jual itu keris yang di buat tua.....
tapi apa sebodoh itu orang luar,mau di bodohi seperti itu....
kan ada alatnya untuk msngetahui umur logam yang di pakai membuat keris
untuk mengetahui umur kayu aja sekaranh ada teknologinya lo mas....
apa lagi material untuk membuat keris pasti lah orang2 luar nggak sebodoh itu...
tapi emang mudah2han penilaian saya salah....
jadi barang2 langka bukan hanya keris tapi arca2 candi dan apapun itu
tidak di per jual belikan.......
jadi kalo yang terjadi di musium radiapustaka di solo itu gimana ya...
bukankah hasim joyo hadi kusumo beli arcanya dah di luar negeri....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
Agus susanto1999
KorLap


Lokasi: jakarta palmerah
Reputation: 10
Join date: 23.05.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed May 27, 2009 12:06 pm

kalo yg di musium radiapustaka solo itu ulahnya maling saya kira,,orang2 yg lapar melihat rupiah,,ngga punya semangat nasionalisme, ,makanya sebagian kolektor yg tau itu milik bangsa indonesia yg harus di selamatkan yaa mereka beli kembali walaupun itu sudah berubah nilainya menjadi dolar,,,,,hehehehesampe sekarang masih banyak tuh mas orang luar negeri yg masih bisa di bodohi pake keris2 nom yg di proses....anda percaya mas ada pusaka yg bisa kembali ke tanah air setelah barang itu di beli sama orang belanda.....ternyata ada looh..ada pusaka pinilih yg hanya bisa di miliki oleh orang2 tertentu,,,kan seorang mpu membuat sebuah pusaka melalui proses yg panjang,,mereka sudah memikirkan segala sesuatunya dg matang,,,sayapun pernah mengalami sebuah cerita unik,,,jadi pada saat saya mengikuti sidang masalah majalah playboy kan saya kelupaan bawa tumbak,,nah kalo mau masuk ruang sidang harus di periksa ketat,,,eh malah polisi yg geledah tas saya gak lihat itu tombak,,,,yahh cuma sekedar cerita aja koo kang....yg penting semuanya itu tergantung niat kita,,ngga usah masalah keris lah olah ragapun begitu banyak atlit kita yg pindah belain bangsa lain ketimbang bangsa sendiri,,,,ok
Kembali Ke Atas Go down
gaplex
Koordinator


Lokasi: KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation: 7
Join date: 07.01.09

PostSubyek: Re: KERIS JAWA   Wed May 27, 2009 1:13 pm

ya mas agus saya ebagai orang jawa ikut bangga dengan sampean....
orang muda yang senang dengan keris dan punya pengetahuan tentang keris
karena wes jarang lo saiki....wong nom sing gelem nyinau bab ngene iki...
ganti crito kang......koleksimu ngrawate rumit po ora .....
apakah seseorang yang mau punya keris harus tau hal2 gaib...
cobo kang crito neng kene....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
 

KERIS JAWA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Kebatinan, Misteri dan Ghaib-