Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Kamus Selingkuh

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
gandung
Officer
avatar

Lokasi : Cawang Baru - Jakarta Timur - Indonesia
Reputation : 17
Join date : 14.03.08

PostSubyek: Kamus Selingkuh   Thu Jan 29, 2009 11:30 am

Apa, sih, yang dimaksud dengan perselingkuhan?
Bagi
banyak pasangan, hal ini merupakan keterlibatan perasaan pada seseorang
yang bukan pasangan resminya, lebih spesifik lagi mengarah pada
komitmen seksual yang eksklusif.

Kendati demikian, hubungan
genital dengan teman selingkuhnya biasanya tanpa ikatan, Namun, ada
pula pasangan yang menegosiasikan ulang perjanjian jika, misalnya,
pasangannya mengalami sakit serius.

Terdapat variasi budaya pada
pola-pola hubungan di luar pernikahan tadi. Ada budaya yang dapat
mentoleransi perselingkuhan - jika tak dapat dikatakan memberikan
dukungan - pria mencari pasangan di luar perkawinan sebagai cara untuk
mengukur kejantanannya.

Ada pula pasangan yang mungkin setuju
terhadap hubungan perkawinan "terbuka" yang membolehkan perselingkuhan.
Namun, kini mungkin angka perselingkuhan menurun dibandingkan 20 tahun
lalu, karena kesadaran orang terhadap bahaya terkena penyakit kelamin,
seperti HIV/ AIDS yang jauh lebih besar.

Nah, pada artikel ini
perselingkuhan didefinisikan sebagai kedekatan suatu hubungan, baik
secara emosi maupun seksual antara dua orang yang melanggar komitmen
pada hubungan sebelumnya sudah ada, yang sebagian sebesar berupa
perkawinan. Bagi sebagian pasangan, bahkan yang setuju dengan
kemungkinan hubungan di luar perkawinan, perselingkuhan tetaplah
masalah yang menyakitkan.

Siapa Saja Yang Berselingkuh?
Secara tradisi,
tampaknya pria lebih banyak berselingkuh. Tetapi di zaman sekarang tak
sedikit wanita yang mulai berani berselingkuh. Proporsi perselingkuhan
yang tinggi khususnya dihubungkan dengan profesi-profesi tertentu.
Eksekutif muda, dokter, usahawan, pilot, pramugari, dan pelaut yang
tampaknya rawan berselingkuh.

Apakah Perselingkuhan Selalu Menyebabkan Perceraian?
Tidak
banyak orang yang memutuskan untuk bercerai karena sebuah
perselingkuhan. Namun, kurang dari 20 persen bercerai dan 80 persen
menyesali keputusannya.

Suatu penelitian yang dilakukan pada
pria, 80 persen menyatakan, jika memungkinkan pria akan menikahi
kembali istri pertamanya. Beberapa dari mereka yang berselingkuh,
menceraikan pasangannya agar dapat menikahi selingkuhannya, dan
biasanya perkawinannya ini tak bertahan lama lalu mereka bercerai lagi.

Apakah Hanya Soal Seks Semata?
Pada
sejumlah perkawinan di mana perselingkuhan terjadi, biasanya sering
berakhir dengan perceraian. Namun, biasanya perselingkuhan bukanlah
penyebabnya. Mereka yang terlibat perselingkuhan biasanya memiliki
masalah lain yang dialami dan perlu dibenahi.

Perselingkuhan
sering merupakan tanda masalah yang sudah lama terjadi dan tidak
terselesaikan di dalam suatu hubungan. Dan biasanya, pasangan yang
berkhianat lebih merasa terganggu oleh pengkhianatannya daripada
sekadar masalah seksual semata.

Ini dapat menjelaskan mengapa
perselingkuhan yang melibatkan emosi bisa sama menyakitkannya dengan
perselingkuhan seksual. Dan perselingkuhan emosional modern yang
menarik adalah "perselingkuhan di dunia maya". Ketidaksetiaan emosional
sama pentingnya untuk dianggap sebagai keterlibatan fisik yang
sesungguhnya.

Apa Yang Bisa Dilakukan Bila Si Dia Selingkuh?
Jika
pasangan berselingkuh, penting bagi Anda untuk merenung dan menenangkan
diri. Keputusan yang dibuat pada saat sedang emosi hanya bisa
menimbulkan masalah yang lebih besar dan kompleks. Anda hanya perlu
menyisihkan perasaan sakit hati untuk mencari tahu mengapa
perselingkuhan terjadi lalu membuat rencana masa depan yang lebih baik.Terkadang,
ide untuk melukai diri sendiri atau pasangan akan muncul akibat dari
depresi atau kemarahan yang paling mendalam terhadap sebuah
perselingkuhan. Jika hal ini yang Anda alami, sebaiknya segera
konsultasikan masalah seirus ini dengan ahli kesehatan jiwa yang
berpengalaman.
Alinewww.kompas.com

_________________
Yen kepingin Di asihi karo wong lio yo kudu biso duweni roso asih marang wong lio ora perduli bocah cilik utowo gedhe wong sugeh utowo mlarat wong lanang utowo wedok elek utowo bagus
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Thu Jan 29, 2009 11:46 am

Tips menarik,..
Bisa langsung di coba,..
Lanjut,.. ajib

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Thu Jan 29, 2009 11:48 am

selingkuh? kalo menurut aku banyak banget resikonya...jadi mendingan GAK.....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Thu Jan 29, 2009 3:34 pm

Selingkuh dari dulu sampai sekarang tidak memandang GENDER atau jenis kelamin, Tur yo ra ono matine......

Dari Srimpet sampai selingkuh masih seperti itu2 saja
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Prof.
Koordinator
avatar

Lokasi : pekanbaru
Reputation : 3
Join date : 07.12.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Thu Jan 29, 2009 6:24 pm

[quote="gandung"]Apa, sih, yang dimaksud dengan perselingkuhan?

Ini dapat menjelaskan mengapa
perselingkuhan yang melibatkan emosi bisa sama menyakitkannya dengan
perselingkuhan seksual. Dan perselingkuhan emosional modern yang
menarik adalah "perselingkuhan di dunia maya". Ketidaksetiaan emosional
sama pentingnya untuk dianggap sebagai keterlibatan fisik yang
sesungguhnya.

Selingkuh pun dah modern, selingkuh via internet, jgn2 mas gandung wis pengalaman soal iki....???

Yen dipikir2 iya juga yach.....,kadang nek chatting ngakune isik jomblo, padahal anak wis loro ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://ijopunkjutee.blogspot.com
prasetyo
Camat
avatar

Lokasi : Ngadipiro-Rejosari-Semin-Jakarta
Reputation : 4
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Jan 30, 2009 8:23 am

Selingkuh = membuka peluang kehancuran rumah tangga
Kembali Ke Atas Go down
Nugroho S
Koordinator
avatar

Lokasi : Cirebon
Reputation : 10
Join date : 27.09.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Jan 30, 2009 8:49 am

Nek ra ketauan ra po po mas ....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.nugrohost1.co.nr
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Jan 30, 2009 3:00 pm

aku ra melu2 wae ah.. wedi keri mburine..

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Jan 30, 2009 3:17 pm

kandar wrote:
aku ra melu2 wae ah.. wedi keri mburine..

contoh suami yg baek dan setia..

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Jan 30, 2009 3:27 pm

amien...

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Tue Feb 03, 2009 9:17 am

kembali kekeluarga kuncine mesakne anake

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Tue Feb 03, 2009 9:38 am

leres mas... anake pun saget protes je...nek mboke karo bapake padudon he he he

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
japrax
Presidium
avatar

Lokasi : pelukan hangat luna maya
Reputation : 29
Join date : 11.04.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Feb 27, 2009 10:08 am

selingkuh itu indah.. ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
gaplex
Koordinator
avatar

Lokasi : KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation : 7
Join date : 07.01.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Feb 27, 2009 11:32 am

neng wonosari kasus perselingkuan......
akeh yo....
bahkan nganti do nduwe anak barang.... gak boleh gak boleh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
jecki_mbogor
KorLap
avatar

Lokasi : Pekanbaru, Riau
Reputation : 1
Join date : 05.02.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Feb 28, 2009 10:22 am

Ya memang selingkuh kuwi marahi lara ati, cuma ya sing penting pinter2 waelah maca keadaan terus cepet sadar (aja sampe ke_jero_an le hubungan)...
Tapi biasanya kalo barang maksiat/tabu itu pasti bikin lupa diri....dadi yen isa ya mendingan rasah SELINGLKUH....
Kembali Ke Atas Go down
http://wjecki.wordpress.com
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Feb 28, 2009 12:27 pm

SELINGKUH..........??????

Kembali Ke Atas Go down
japrax
Presidium
avatar

Lokasi : pelukan hangat luna maya
Reputation : 29
Join date : 11.04.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Feb 28, 2009 2:32 pm

'selingkuhlah sebelum anda diselingkuhi' :lol:
Kembali Ke Atas Go down
ASDD
Presidium
avatar

Lokasi : 749'LU 11022'BT
Reputation : 72
Join date : 20.02.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Feb 28, 2009 4:52 pm

istri itu ibarat garasi, dan suami itu ibarat mobil.
jadi walaupun mobil sering parkir di sana sini, pada akhirnya pasti akan kembali ke garasi.

just for fun
ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
kliwon semin
Koordinator
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 6
Join date : 19.02.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Mon May 25, 2009 9:57 pm

selingkuh ki nek nggonku jenenge demenan (iki yo kamus lho)

dosa.....
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sun Jul 05, 2009 7:22 pm

japrax wrote:
selingkuh itu indah.. ngakakk

jangan pernah selingkuh...
karena selingkuh itu dosa.........

wong ono lagune je,,

nek urusane doso ki ora mandang penak ra penak je kang?
tapi bener opo salah...

muga-muga kita ga pada selingkuh ya!!
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
sky_walker
KorLap
avatar

Lokasi : depan komputer
Reputation : 2
Join date : 14.07.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Aug 15, 2009 4:42 am

nice info... ajib
Kembali Ke Atas Go down
must_ed
Koordinator
avatar

Lokasi : kaki gunung singa
Reputation : 8
Join date : 24.01.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Sat Aug 15, 2009 1:15 pm

selingkuh?
nikmatnya sesaat..... akibatnya bisa gak berujung..... gak boleh gak boleh :afro: :afro:

_________________
BOCAH NDESO ARANG NGERTI KUTHO
Kembali Ke Atas Go down
Yuli Purwaningsih
KorLap
avatar

Lokasi : jogjakarta
Reputation : 3
Join date : 13.09.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Mon Sep 21, 2009 1:47 pm

Yes STOP selingkuh...!! Penghianatan..... hii.... amit-amit deh.....
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Wed Dec 08, 2010 7:41 pm

selingan hidup kluarga utuh,,, ngakakk klo cma dikit tuhan gak marah ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
hartoyo_bravokilo
Lurah
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 0
Join date : 26.07.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Thu Dec 09, 2010 11:54 pm

Lebih baik JANGAN//// Dilakukan
Kembali Ke Atas Go down
http://sedayu.printing
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Dec 10, 2010 8:31 am

adrianGP wrote:
selingan hidup kluarga utuh,,, ngakakk klo cma dikit tuhan gak marah ngakakk
kathik iso ngerti yen ora marah.. gak boleh gak boleh

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
lisol
KorLap
avatar

Lokasi : rongkop
Reputation : 1
Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Dec 10, 2010 10:23 am

selingkuh itu seperti penyakit, menurut sya.
secara psikologis, selingkuh itu merupakan salah satu perilaku yg abnormal tapi dinikmati oleh para pelakunya.
selingkuh terkandung makna ketidakjujuran, ketidakpercayaan, ketidaksaling menghargai, dan kepengecutan dengan maksud menikmati hubungan dengan orang lain sehingga terpenuhi kebutuhan afeksi-seksualitas (meskipun tidak harus terjadi hubungan sebadan).

faktor yg bisa menyebabkan seseorang selingkuh antara lain :
1. Faktor Utama

a. Predisposisi kepribadian.
Ada beberapa individu yang cenderung memiliki gairah seks yang besar (seksmania) ataupun yang mengalami kebosanan seksual. Miskinnya afeksi seksual pasangan dapat menjadi pemicu kuat untuk terjadinya pengembaraan seksual dan juga afeksi dari orang lain. Modusnya mulai dari jajan seks, memelihara simpanan WIL (PIL), affair tanpa seks. Yang kesemuanya berkategori perilaku abnormal dan abnorma.

b. Terjadinya desakralisasi lembaga perkawinan.
Rumah tangga (RT) yang tadinya dianggap sebagai lembaga ideal untuk menyelamatkan dua sejoli dari dosa. Muatan kehalalan menurut agama menjadi rapuh dan keluarga dipandang sebagai rutinitas bahkan beban kehidupan. Orang ingin melepaskan dari kegagalan menciptakan RT yang ideal. Keabsahan agama dan kehalalan agama dipandang sebagai sebuah formalitas saja tanpa ruh, akhirnya ia meruntuhkan (meralat) kesucian agama.

c. Terjadinya deidealisasi lembaga RT.
Semua orang yang menikah biasanya diawali dengan angan-angan, cita-cita yang luhur, punya keturunan yang baik, materi yang cukup, serta masa depan yang bahagia. Idealisasi ini runtuh setelah mengalami tahap kemandegan spiritualitas memerankan RT. Orang menjadi tidak peduli, karena idealismenya tidak akan pernah tercapai. Orang semacam ini tidak lagi memiliki gambaran ideal lagi tentang RT.

d. Terjadinya dekadensi moral.
RT adalah lembaga moral terbesar dalam masyarakat. Di RT lah setiap individu memperoleh pendidikan mendasar. Suami (istri) memerankan tugas mulianya secara moral hampir 50% berada di RT. Dari cara mendidik anak-anaknya, komunikasi, tata krama, life survive semuanya digambarkan begitu gamblang di RT. Ketika seseorang tidak lagi menyadari fungsi RT sebagai lembaga moral terbesar, maka ia benar-benar jatuh 50% dari hakekat moralnya. Wajar kalau semua agama menghukum berat pelaku selingkuh, sebab kalau dibiarkan sama dengan 50% keruntuhan moral masyarakat. Seperti kita mengenal dalam ajaran Islam, selingkuh berarti mati, dan sekaligus cerai. Demikian pula dalam Kristiani, perceraian menjadi mungkin karena salah satu pihak telah berzina. Dalam Hindu pun selingkuh memperoleh hukuman yang berat. Bahkan, semua budaya primitif sekalipun menganggap selingkuh sebagai sebuah aib dari 10 aib terbesar.

2. Faktor Pendukung

a. Faktor fasilitasi sosial.
Lemahnya institusi masyarakat dalam masalah moral sosial dan hukum menjadi lahan subur selingkuh. RT seolah memperoleh ancaman serius dari lingkungan. RT yang sejak awal sudah bagus semacam digerus perlahan-lahan oleh lingkungan yang memfasilitasi kebejatan moral atau memperbolehkan (permisivitas masyarakat). Bagaimana tidak aneh, di satu sisi di RT dituntut kesucian, kesetiaan pada saat yang sama diijinkannya melakukan selingkuh di lokalisasi berizin. Hal yang sama terjadi dalam bingkai kehidupan yang lainnya. Ketika kampanye anti merokok sedang gencar, tetapi iklan rokok secara terbuka menyatakan bahayanya. Setiap hari kita disuguhi agar miras diberantas, pada saat yang sama ia berada di tempat-tempat berizin. Dalam teori psikologi, kenyataan ini akan menciptakan dissonance cognitive-kekacauan berfikir. Dalam istilah umum orang harus terbiasa bermuka dua, bersikap yes dan no pada kasus yang sama, untuk pro dan kontra secara bersamaan dalam peristiwa yang sama. Hal inipun menular dalam RT, seperti mencintai sekaligus selingkuh.

b. Ketersediaan group secara sosial.
Nampaknya tidak semua kaum selingkuh ini mendapatkan dampratan masyarakat, tetapi juga memperoleh penerimaan dari komunitas tertentu-meskipun terbatas. Bisa kita bayangkan bahwa orang dengan bangga mengumbar pengalaman selingkuhnya sebagai sebuah prestasi keperkasaan, atau keseksian. Ada saja orang yang bangga kalau ia telah berhasil menggaet daun muda, atau bahkan merasakan goyang randa. Sebagaimana ada pula yang bangga kalau ia berhasil menaklukan bos, atau menjerat suami orang walau hanya sesingkat short time. Komunitas (Purwanto, 1999) ini mudah terbentuk di lingkungan kerja, dimana interaksi pria-wanita sering terjadi. Tresno jalaran soko kulino menjadi alasan paling banyak (33%) terjadinya selingkuh. Sedangkan di masyarakat komunitas yang kontra selingkuh semakin menipis kekuatan daya tangkalnya. Hal ini karena selingkuh dianggap sebagai fenomena yang terlalu sering terjadi. (Penelitian di Jakarta, 1997, 2 dari 3 laki-laki pernah berselingkuh).

c. Lemahnya sangsi sosial dan hukum.
Secara umum masyarakat kita sangat mudah memaafkan kesalahan. Walaupun kesalahan itu sangat fatal menurut kacamata agama. Sedikit sekali kasus selingkuh diproses menjadi kasus hukum.



pada dasarnya, selingkuh itu tidak sehat dan hanya akan membawa dampak yg kurang baik, apapun alasannya seseorang itu selingkuh tetap tidak bisa dibenarkan.

info yg lebih lengkap silahkan anda tengok di : www.psikologi.com" target="_blank" rel="nofollow">http://www.psikologi.com]www.psikologi.com

Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   Fri Dec 10, 2010 6:32 pm

lisol wrote:
selingkuh itu seperti penyakit, menurut sya.
secara psikologis, selingkuh itu merupakan salah satu perilaku yg abnormal tapi dinikmati oleh para pelakunya.
selingkuh terkandung makna ketidakjujuran, ketidakpercayaan, ketidaksaling menghargai, dan kepengecutan dengan maksud menikmati hubungan dengan orang lain sehingga terpenuhi kebutuhan afeksi-seksualitas (meskipun tidak harus terjadi hubungan sebadan).

faktor yg bisa menyebabkan seseorang selingkuh antara lain :
1. Faktor Utama

a. Predisposisi kepribadian.
Ada beberapa individu yang cenderung memiliki gairah seks yang besar (seksmania) ataupun yang mengalami kebosanan seksual. Miskinnya afeksi seksual pasangan dapat menjadi pemicu kuat untuk terjadinya pengembaraan seksual dan juga afeksi dari orang lain. Modusnya mulai dari jajan seks, memelihara simpanan WIL (PIL), affair tanpa seks. Yang kesemuanya berkategori perilaku abnormal dan abnorma.

b. Terjadinya desakralisasi lembaga perkawinan.
Rumah tangga (RT) yang tadinya dianggap sebagai lembaga ideal untuk menyelamatkan dua sejoli dari dosa. Muatan kehalalan menurut agama menjadi rapuh dan keluarga dipandang sebagai rutinitas bahkan beban kehidupan. Orang ingin melepaskan dari kegagalan menciptakan RT yang ideal. Keabsahan agama dan kehalalan agama dipandang sebagai sebuah formalitas saja tanpa ruh, akhirnya ia meruntuhkan (meralat) kesucian agama.

c. Terjadinya deidealisasi lembaga RT.
Semua orang yang menikah biasanya diawali dengan angan-angan, cita-cita yang luhur, punya keturunan yang baik, materi yang cukup, serta masa depan yang bahagia. Idealisasi ini runtuh setelah mengalami tahap kemandegan spiritualitas memerankan RT. Orang menjadi tidak peduli, karena idealismenya tidak akan pernah tercapai. Orang semacam ini tidak lagi memiliki gambaran ideal lagi tentang RT.

d. Terjadinya dekadensi moral.
RT adalah lembaga moral terbesar dalam masyarakat. Di RT lah setiap individu memperoleh pendidikan mendasar. Suami (istri) memerankan tugas mulianya secara moral hampir 50% berada di RT. Dari cara mendidik anak-anaknya, komunikasi, tata krama, life survive semuanya digambarkan begitu gamblang di RT. Ketika seseorang tidak lagi menyadari fungsi RT sebagai lembaga moral terbesar, maka ia benar-benar jatuh 50% dari hakekat moralnya. Wajar kalau semua agama menghukum berat pelaku selingkuh, sebab kalau dibiarkan sama dengan 50% keruntuhan moral masyarakat. Seperti kita mengenal dalam ajaran Islam, selingkuh berarti mati, dan sekaligus cerai. Demikian pula dalam Kristiani, perceraian menjadi mungkin karena salah satu pihak telah berzina. Dalam Hindu pun selingkuh memperoleh hukuman yang berat. Bahkan, semua budaya primitif sekalipun menganggap selingkuh sebagai sebuah aib dari 10 aib terbesar.

2. Faktor Pendukung

a. Faktor fasilitasi sosial.
Lemahnya institusi masyarakat dalam masalah moral sosial dan hukum menjadi lahan subur selingkuh. RT seolah memperoleh ancaman serius dari lingkungan. RT yang sejak awal sudah bagus semacam digerus perlahan-lahan oleh lingkungan yang memfasilitasi kebejatan moral atau memperbolehkan (permisivitas masyarakat). Bagaimana tidak aneh, di satu sisi di RT dituntut kesucian, kesetiaan pada saat yang sama diijinkannya melakukan selingkuh di lokalisasi berizin. Hal yang sama terjadi dalam bingkai kehidupan yang lainnya. Ketika kampanye anti merokok sedang gencar, tetapi iklan rokok secara terbuka menyatakan bahayanya. Setiap hari kita disuguhi agar miras diberantas, pada saat yang sama ia berada di tempat-tempat berizin. Dalam teori psikologi, kenyataan ini akan menciptakan dissonance cognitive-kekacauan berfikir. Dalam istilah umum orang harus terbiasa bermuka dua, bersikap yes dan no pada kasus yang sama, untuk pro dan kontra secara bersamaan dalam peristiwa yang sama. Hal inipun menular dalam RT, seperti mencintai sekaligus selingkuh.

b. Ketersediaan group secara sosial.
Nampaknya tidak semua kaum selingkuh ini mendapatkan dampratan masyarakat, tetapi juga memperoleh penerimaan dari komunitas tertentu-meskipun terbatas. Bisa kita bayangkan bahwa orang dengan bangga mengumbar pengalaman selingkuhnya sebagai sebuah prestasi keperkasaan, atau keseksian. Ada saja orang yang bangga kalau ia telah berhasil menggaet daun muda, atau bahkan merasakan goyang randa. Sebagaimana ada pula yang bangga kalau ia berhasil menaklukan bos, atau menjerat suami orang walau hanya sesingkat short time. Komunitas (Purwanto, 1999) ini mudah terbentuk di lingkungan kerja, dimana interaksi pria-wanita sering terjadi. Tresno jalaran soko kulino menjadi alasan paling banyak (33%) terjadinya selingkuh. Sedangkan di masyarakat komunitas yang kontra selingkuh semakin menipis kekuatan daya tangkalnya. Hal ini karena selingkuh dianggap sebagai fenomena yang terlalu sering terjadi. (Penelitian di Jakarta, 1997, 2 dari 3 laki-laki pernah berselingkuh).

c. Lemahnya sangsi sosial dan hukum.
Secara umum masyarakat kita sangat mudah memaafkan kesalahan. Walaupun kesalahan itu sangat fatal menurut kacamata agama. Sedikit sekali kasus selingkuh diproses menjadi kasus hukum.



pada dasarnya, selingkuh itu tidak sehat dan hanya akan membawa dampak yg kurang baik, apapun alasannya seseorang itu selingkuh tetap tidak bisa dibenarkan.

info yg lebih lengkap silahkan anda tengok di : www.psikologi.com" target="_blank" rel="nofollow">http://www.psikologi.com]www.psikologi.com

ajib ajib
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kamus Selingkuh   

Kembali Ke Atas Go down
 
Kamus Selingkuh
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Wedding-
Navigasi: