Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Kirim topik baru   Kirim balasanShare | 
 

 Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
kandar
Presidium


Lokasi: jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation: 25
Join date: 23.08.08

PostSubyek: Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)   Wed Feb 04, 2009 12:53 pm

Jakarta - Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia. Tapi di belantika sepakbola, "Merah Putih" seperti liliput di antara 10 negara lain yang ingin menggelar Piala Dunia 2018 atau 2020.

Sepakbola bolehlah diklaim sebagai olahraga nomor satu di Nusantara. Namun, fakta bahwa cabang yang satu ini juga tak kunjung memberikan prestasi yang diinginkan tentunya juga tak bisa disangkal.

Lihatlah Stadion Utama Gelora Bung Karno jika timnas Indonesia bertanding. Meski jarang untuk bisa benar-benar penuh, namun sorak sorai dukungan selalu terdengar dari ribuan fans setia. Sebuah potensi besar yang sayangnya lebih sering dibuat kecewa karena tak kunjung datangnya prestasi tersebut.

Maka saat tersiar kabar bahwa Indonesia mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 atau 2022, beragam reaksi kemudian bermunculan. Ada yang mencibir, meski banyak juga yang menyatakan dukungan karena ini bisa menjadi momen buat (persepakbolaan) bangsa ini muncul ke permukaan dunia.

Setelah FIFA menutup batas waktu pendaftaran calon tuan rumah, situs berita Reuters memuat beragam data dan fakta dari 11 negara yang sudah mengajukan proposal. Dan kalau kemudian atribut liliput disematkan pada Indonesia, jawabannya ada di sini.

Reuters menyebut kalau Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai satu-satunya venue yang sudah memenuhi standar FIFA: mampu menampung setidaknya 80.000 penonton untuk laga final. Sementara untuk stadion-stadion lain, baik sarana maupun masalah keamanan, masih memerlukan banyak perbaikan sebelum bisa memenuhi kriteria yang ditentukan.

Tapi bukan berarti Indonesia tak punya poin plus dalam mimpinya menjadi tuan rumah Piala Dunia tersebut. Indonesia dianggap cocok dengan keinginan FIFA yang ingin menjadikan putaran final Piala Dunia sebagai "momentum perubahan positif" dan akan memberikan " keuntungan buat penduduk negara yang bersangkutan". Indonesia dianggap sebagai pilihan yang tepat menyusul jatuhnya rezim Soeharto. Jumlah penduduk yang mencapai 226 juta lebih juga dianggap sebagai peluang investasi untuk meningkatkan perekonomian dan citra.

Reuters juga menyoroti rangking Indonesia yang kini berada di posisi 144 dunia, atau terendah di antara negara lain yang mencalonkan diri. Banyaknya infrastruktur yang harus dibangun untuk bisa memenuhi apa yang diminta FIFA juga diyakini akan sulit diwujudkan, meski jika Indonesia kemudian terpilih untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Kondisi yang sangat berseberangan akan kita lihat pada 10 negara lain yang ikut mencalonkan diri. Kalau boleh mengklaim, negara yang "paling dekat" dengan Indonesia terkait kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah Qatar dan Australia.

Qatar saat ini duduk di posisi 86 dunia (58 tingkat di atas Indonesia), mereka belum pernah menggelar dan menjadi kontestan di Piala Dunia. Sementara Australia, meski belum pernah jadi tuan rumah, mereka sudah dua kali lolos ke putaran final yakni tahun 1974 dan 2006.

Bagaimana dengan negara yang lain? Merekalah raksasa-raksasa yang sesungguhnya.

Belgia & Belanda kita tahu sempat sukses menjadi tuan rumah bersama Euro 2000. Meski sama-sama belum pernah jadi kampiun, keduanya sudah jadi langganan Piala Dunia.

Meski kini "memisahkan diri", Jepang dan Korea Selatan kita ingat sebagai negara Asia pertama yang sukses menghelat hajatan sebesar Piala Dunia di 2002. Sementara dua negara di Benua Amerika, Meksiko dan Amerika Serikat sudah merasakan menjadi tuan rumah pada tahun 1972-1986 dan 1994. Inggris? Ini sih "nenek moyangnya" sepakbola.

Bersatunya Spanyol dan Portugal juga membuat mereka jadi salah satu kandidat kuat. Tahun 1982 Stadion Santiago Bernabeu menggelar laga putaran final antara Italia kontra Jerman Barat, sementara lima tahun lalu Portugal sukses dengan Piala Eropa 2004.

Dua kontestas lainnya adalah Rusia dan Inggris. Saat masih bernama Uni Soviet, Rusia merupakan salah satu poros sepakbola Dunia dan hingga kini total sudah sembilan kali tampil di putaran final. Sementara Inggris mungkin tak perlu banyak dibahas lagi. Menjadi tuan rumah dan juara dunia 1966, Negeri Ratu Elizabeth itu rasanya punya segala syarat yang dicari FIFA untuk menghajat event terbesarnya itu.

Jadi, seberapa siap Si Liliput bertarung dengan raksasa-raksasa dunia? Bagaimana menurut Anda?
( din / roz ) www.detik.com

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
dewalangit
Officer


Lokasi: Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation: 39
Join date: 20.07.08

PostSubyek: Re: Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)   Wed Feb 04, 2009 2:25 pm

Hehe,..Tunggu aja tanggal mainya kang..
Mungkin sekarang belum siap,...
Semoga saja anak cucu kita bisa menjadi pelopornya,..
:pirat:

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
Prof.
Koordinator


Lokasi: pekanbaru
Reputation: 3
Join date: 07.12.08

PostSubyek: Re: Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)   Thu Feb 05, 2009 11:31 am

Melihat kondisi sekarang (Fasilitas dan Keamanan) memang Indonesia belum pantas menjadi Tuan Rumah Piala Dunia, lha wong stadion yang memenuhi kriteria FIFA cuma GELORA BUNG KARNO, Padahal piala dunia membutuhkan banyak stadion yang qualified.

Penonton Indonesia sering rusuh, pemain2nya emosional, sedangkan yang akan datang adlah bintang2 lapangan kaliber dunia....Apa mereka mau datang dengan kondisi seperti ini..??

Tapi kalau mulai dari sekarang Indonesia berbenah, membangun Stadion2 yang memenuhi syarat, memperbaiki Persepakbolaan nasional, dan mengkondusifkan situasi keamanan, saya yakin 2018/2022 Piala Dunia kan menyambut kita....!!!

OPtiMis bRo....!!!
Kembali Ke Atas Go down
http://ijopunkjutee.blogspot.com
sacho_eka
Pengawas


Lokasi: tangerang- banten
Reputation: 36
Join date: 03.11.08

PostSubyek: Re: Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)   Thu Apr 02, 2009 1:58 am

optimis mogo mogo dadi...

ben ekonomi rakyat indonesia diuntungkan

bisa meningkatkan perekonomian rakyat....

biar indonesia ga di pandang sebelah mata di bidang sepak bola..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
kandar
Presidium


Lokasi: jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation: 25
Join date: 23.08.08

PostSubyek: Re: Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)   Thu Apr 02, 2009 8:35 am

ayo do melu ndedongo bae ben kabull, amien

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
 

Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Dunia (Liliput di Antara Raksasa Dunia)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK ::  :: -
Kirim topik baru   Kirim balasan