Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Wed Apr 02, 2008 9:11 pm

sepertinya itu kata yang cocok ..KATANYA GUNUNGKIDUL ..JADI MANA SINGKONGNYA?....
kenal donk dengan singkong yang selalu di tanam di lahan pertanian kita di Gunungkidul tercinta ini.....pertama yang aku syukuri dari kuliner nya GK adalah masakan gathot dan thiwul ayunya, ----baru kemudian ungkrung, walang, entah bakmi nomer berapa........kenapa demikian....aku memandangnya sebab dengan thiwul kita tahu bahwa kita telah mengembangkan sebuah ilmu kuliner dari depan rumah kita sendiri, tak terpengaruh oleh citra kuliner luar........
Belakangan ini aku ternganga....ketika seluruh ruangan kantorku di lantai 2 heboh gara-gara rebutan singkong goreng yang ditaburi keju serut......mereka makan seperti orang kalap, dalam hati saya tertegun ....kok gak terpikir oleh orang GK yach masakan sperti ini, dan bener kata pak Rheinald Kasali di acara KICK ANDY di metroTV(sayangnya di GK gak nangkapa spertinya) kenapa harus dengan french fries(kentang goreng) kenapa bukan singkong goreng............hayo adakah teman yang ada di GK bisa mengembangkan lebih dari sebuah cita rasa singkong? ataukah masih menunggu orang lain memasaknya dan berhasil terus orang orang GK rame-rame niru seperti burung beo ketemu pepaya...istilahnya ME TOO (aku juga achhhhh...) adakah diantara kita yang punya kemampuan tapi belum terasah....saatnya bangun loh ....internet sudah sampai di GK....nunggu apa sich ...........................................................

dari beberapa omongan yang saya dapat nich cara membuat singkong yang banyak disukai dari sekedar singkong goreng adalah sbb:

singkong pastikan yang empuk saat dikukus, kupas dan cuci bersih kemudian potong-potong sekitar 10 cm dan belah jadi 2, kemudian hilangkan urat tengahnya.
Rendam dalam baking soda(buat ngembangin kue) kira2 1 jam.
kemudian kukus sampai benar-nemar merekah.
angkat dan dinginkah.
tambahkan bumbu yang terdiri dari ketumbar, bawang putih dan garam. Tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air matang, celup singkong tadi beberapa saat kemudian goreng dalam minyak panas, dan usahakan singkong benar2 tenggelam......jika sudah warna agak sedikit coklat kekuningan segera angkat......

cobain dech.......udah teruji kok sama aku yang dijakarta.

tinggal temen2 carikan resep sambelnya....

SEMOGA MENGINSPIRASI MENJADI SEBUAH PEKERJAAN DI GUNUNGKIDUL
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Thu Apr 03, 2008 7:06 am

;) klo itu kayaknya di jakarta bnyk yng jual pak badai ;) yng di sebut pohong itu bukan ngakakk uenak e pool..tapi di gunung kidul itu telo ne ga bisa empuk gitu boos..
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 5:40 am

seng mesti ora ono telo seng enakke ngluwihi telo GK
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 10:01 am

__BlacKy__ wrote:
;) klo itu kayaknya di jakarta bnyk yng jual pak badai ;) yng di sebut pohong itu bukan ngakakk uenak e pool..tapi di gunung kidul itu telo ne ga bisa empuk gitu boos..

AKEH MAS......LHA WONG BAPAKKU TAU NANDUR........
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
the purple girl
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 8
Join date : 18.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 1:17 pm



bapak ku nek nandur telo kok telo gatut koco yah..
paling enek telo mertego ne selarik, ngo goreng2an..

tapi neng ngone simbahku ono telo empuk banget..
jenenge telo randu..
enek sing wis tau maem telo kui urung ??

neng jakarta ki lagi marak jenenge "singkong keju" ya mas.. ngakakk
se kotak Rp.5000 isine paling gur 4 atau 5 biji thok :silent:

sing urung banyak nemu ki bakul gethuk, gathot, tiwul neng jakarta ki
siapa yg mau......????
Kembali Ke Atas Go down
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 1:31 pm

;) bisnis menggiurkan kui..nandur telo ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
the purple girl
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 8
Join date : 18.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 1:52 pm

__BlacKy__ wrote:
;) bisnis menggiurkan kui..nandur telo ngakakk ngakakk

ngakakk berarti nek arep nandur telo akeh kudu ndue lemah ombo ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 3:59 pm

ngakakk lapangane di tanduri telo sesuk ya :;;./0:
Kembali Ke Atas Go down
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 04, 2008 10:59 pm

nang Jakarta malah luwih gampang ki golek makanan seperti gathot, thiwul ayu...aku kadang tuku nang pasar Mayestik cedakke blok M, ning sing kadhang tak bingungi nang GK malah ra ono....ra payu mungkin yoch.....wong2 sing sinau tata boga durung duwe ide mungkin ngembangke makanan lokal, contone bener koyo mbak purple, singkong keju nang jakarta isine 4 / 5 regane 5000 kadang luwih, mung ditambah keju loh kuwi.....nang GK ngrehani semono iso berakhir mondhok nang RS.

Mbok coba cah GK ono sing iso ngembangake...ora pas ono sing terkenal pecel lele....pecel lele kabeh seko terminal ketug pom bensin kranon,
pas terkenal sego kucing..kabeeeeeeeeeeeeeeh sego kucing...
ra inovative, gregetan aku..nak duwe modal ndeleng soko JKT
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sat Apr 05, 2008 11:35 am

coba menggleng kae dikembangke rasane;
manggleng roso cumi, roso pedas, roso bawang, roso original,
nek dipak, terus dibandrolli, keno nggo oleh2.
wong mbokku pernah ngirimi manggleng karo gogik, tak gowo
neng kantor nggo rebutan je...
Kembali Ke Atas Go down
daRinto
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 1
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sat Apr 05, 2008 9:32 pm

__BlacKy__ wrote:
;) bisnis menggiurkan kui..nandur telo ngakakk ngakakk

Kang Blacky nek wis dadi telo gak usah ditandur langsung adja di goreng.
Sing ditandur bonggole kang blacky
ngakak ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
daRinto
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 1
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sat Apr 05, 2008 9:36 pm

ajib ajib
Setuju.........!!!!
Pas aku Breifing pagi dimeja dah tersdia bunkusan kardus rapi banget.
Begitu lagi break dibuka eeeeee,ternyata isinya singkong keju,
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sun Apr 06, 2008 3:14 am

Hmm.. Klo Tela-Tela di GK dah banyak Blom yagh??

Kan banyak Tohh, Bisnis Frenchise Tela-Tela...... Very Happy

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sun Apr 06, 2008 3:13 pm

hmmmmm(untal mabegan....)
durung durung mbahas franchise........gedhe empyak kurang cagak......
mendhing sing sak kal cepet di jangkah....
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
kancil
KorLap
avatar

Lokasi : @kabarGunkid
Reputation : 1
Join date : 06.04.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sun Apr 06, 2008 7:46 pm

Bener sedulur2. Sakwise aku nyimak pirembugan ngenani telo, lhadalah pikiranku langsung mabur ono sak cedhake tambir isine thiwul di sambelke lembing po singkel lalapane mbazung. Wueh top markotop.
Kui lagi thiwul sing diolah sderhana wae ngangeni, pye coba nek telo kui di toto kanthi tumoto dadi produk ekspor sing mendunia. Ora mung di dol gaplek neng jepang bar kui digawe wedak merok2 trus di dol neng gunung meneh.
Mugo2 forum iki dadi wahana tumraping peningkatan produk lokal rasa international. Ayo yg punya ide gek ndang di omongke...

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://artonedigital.com
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Mon Apr 07, 2008 7:04 pm

gak usah mikirin dulu mau franchise atau ekpor import....coba hidupkan sebagai makanan daerah, jual di wonosari...kalau diterima di wno OK semua juga ok...gak usah muluk-muluk dech... realistic aja.....
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
kancil
KorLap
avatar

Lokasi : @kabarGunkid
Reputation : 1
Join date : 06.04.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Mon Apr 07, 2008 7:58 pm

badai-laut-selatan wrote:
gak usah mikirin dulu mau franchise atau ekpor import....coba hidupkan sebagai makanan daerah, jual di wonosari...kalau diterima di wno OK semua juga ok...gak usah muluk-muluk dech... realistic aja.....
justru org2 yg ga pernah liat telo yg tertarik dg telo. Org gunungkidul tiap hari liat telo makanan juga telo. Jangan salah, org GK blh ga interest dg makanan dr telo tp org2 yg biasa makan pizza biasanya akan tertarik dg makanan unik dan tidak disetiap tmpat ada.
Bukan muluk2 mas, tapi impian dan harapan inilah yg membuat kita tetap smangat utk terus berinovasi dg hal2 kreatif.

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://artonedigital.com
aji
KorLap
avatar

Lokasi : Cengkareng, jakarta
Reputation : 2
Join date : 07.04.08

PostSubyek: tes   Mon Apr 07, 2008 10:15 pm

tes
Kembali Ke Atas Go down
http://ajiprastowo.blogspot.com/
aji
KorLap
avatar

Lokasi : Cengkareng, jakarta
Reputation : 2
Join date : 07.04.08

PostSubyek: lam knal   Mon Apr 07, 2008 10:17 pm

nama : Aji Prastowo
Email : prast_aji_steven@yahoo.com
HP : 0817 6367 255
Alumni SMK 1 Wonosari 2003 ...... SMETANOVA 2003

aLAMAT: CENGKARENG, JAKARTA BARAT
dance
Kembali Ke Atas Go down
http://ajiprastowo.blogspot.com/
gandung
Officer
avatar

Lokasi : Cawang Baru - Jakarta Timur - Indonesia
Reputation : 17
Join date : 14.03.08

PostSubyek: Re : Telo ???   Tue Apr 08, 2008 2:17 pm

neng tangerang aku tandur telo, tp telone gor setitik ora koyo neng ngomah...........
aku melu INVES wae entok ra???

========================================
Kembali Ke Atas Go down
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Tue Apr 08, 2008 6:57 pm

maksud saya mas "kancil" kita gak usah muluk2 bahwa nantinya telo ataupun apa akan di ekspor segala macam, namun dalam menaikkan nilai singkong menjadi makanan yang memiliki nilai lebih sebaiknya kita uji coba dulu dengan keadaan yang sudah ada, yaitu di Gunungkidul yang katanya tiap hari saja lihat telo, dengan begitu misalnya mereka yang telah terbiasa melihat telo ini tertarik bisa dipastikan orang yang jarang melihat telopun akan tertarik. Jadilah kita bisa memulai sebuah usaha ini sedikit demi sedikit, biar kita pun gak cuma angan-angan saja, melankan keberanian untuk tampil beda.....

semoga bisa dimengerti
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
kancil
KorLap
avatar

Lokasi : @kabarGunkid
Reputation : 1
Join date : 06.04.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Thu Apr 10, 2008 1:49 pm

badai-laut-selatan wrote:
maksud saya mas "kancil" kita gak usah muluk2 bahwa nantinya telo ataupun apa akan di ekspor segala macam, namun dalam menaikkan nilai singkong menjadi makanan yang memiliki nilai lebih sebaiknya kita uji coba dulu dengan keadaan yang sudah ada, yaitu di Gunungkidul yang katanya tiap hari saja lihat telo, dengan begitu misalnya mereka yang telah terbiasa melihat telo ini tertarik bisa dipastikan orang yang jarang melihat telopun akan tertarik. Jadilah kita bisa memulai sebuah usaha ini sedikit demi sedikit, biar kita pun gak cuma angan-angan saja, melankan keberanian untuk tampil beda.....

semoga bisa dimengerti

Oke siap ndan ngakak Yang penting sekarang mari singsingkan lengan baju, keluarkan ide-ide kreatif buat kemajuan daerah kita...

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://artonedigital.com
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 18, 2008 5:23 am

badai-laut-selatan wrote:
maksud saya mas "kancil" kita gak usah muluk2 bahwa nantinya telo ataupun apa akan di ekspor segala macam, namun dalam menaikkan nilai singkong menjadi makanan yang memiliki nilai lebih sebaiknya kita uji coba dulu dengan keadaan yang sudah ada, yaitu di Gunungkidul yang katanya tiap hari saja lihat telo, dengan begitu misalnya mereka yang telah terbiasa melihat telo ini tertarik bisa dipastikan orang yang jarang melihat telopun akan tertarik. Jadilah kita bisa memulai sebuah usaha ini sedikit demi sedikit, biar kita pun gak cuma angan-angan saja, melankan keberanian untuk tampil beda.....

semoga bisa dimengerti


Gantungkan cita-citamu setinggi langi, klo pun jatuh minimal nyangkut ditiang listrik, dak sampai jatuh ke got... ngakakk ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Fri Apr 18, 2008 2:19 pm

redbiem wrote:
badai-laut-selatan wrote:
maksud saya mas "kancil" kita gak usah muluk2 bahwa nantinya telo ataupun apa akan di ekspor segala macam, namun dalam menaikkan nilai singkong menjadi makanan yang memiliki nilai lebih sebaiknya kita uji coba dulu dengan keadaan yang sudah ada, yaitu di Gunungkidul yang katanya tiap hari saja lihat telo, dengan begitu misalnya mereka yang telah terbiasa melihat telo ini tertarik bisa dipastikan orang yang jarang melihat telopun akan tertarik. Jadilah kita bisa memulai sebuah usaha ini sedikit demi sedikit, biar kita pun gak cuma angan-angan saja, melankan keberanian untuk tampil beda.....

semoga bisa dimengerti


Gantungkan cita-citamu setinggi langi, klo pun jatuh minimal nyangkut ditiang listrik, dak sampai jatuh ke got... ngakakk ngakakk ngakakk



NO COMMENT DECH...KALAU GITU..
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
masgareng
Koordinator
avatar

Lokasi : Ciledug, Tangerang, Banten
Reputation : 12
Join date : 16.04.08

PostSubyek: Opo Yo payu yo kang   Tue Apr 29, 2008 6:33 pm

badai-laut-selatan wrote:
gak usah mikirin dulu mau franchise atau ekpor import....coba hidupkan sebagai makanan daerah, jual di wonosari...kalau diterima di wno OK semua juga ok...gak usah muluk-muluk dech... realistic aja.....
.

Nek neng wonosari ketoke peluange kurang kang. Wis dho biasa mangan telo.. daya beline yo rodo berkurang. Ning nek nyobo neng jakarta keteko iso sukses.
Nek neng Wonosari kemungkinan peluange sing apik yo nang daerah wisata, sing kiro2 okeh wisatawan. Gathot kenyil kenyil enak tenan diparutke kambil.

salam thiwul
Kembali Ke Atas Go down
http://facebook.com/masgareng
xender zone
KorLap
avatar

Lokasi : Yogyakarta
Reputation : 3
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Thu May 01, 2008 4:14 pm

neng wonosari ono the telos.
kuwi bakul telo goreng dengan macam-macam rasa neng skitar pemda biasane bukake.
nig kusus telo thok...! Very Happy ajib
neng jogja yo wes okeh bos bakul telo koyo ngono kwi.! enak lo.! ajib
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Mon May 05, 2008 8:30 am

masgareng wrote:


Nek neng wonosari ketoke peluange kurang kang. Wis dho biasa mangan telo.. daya beline yo rodo berkurang. Ning nek nyobo neng jakarta keteko iso sukses.
Nek neng Wonosari kemungkinan peluange sing apik yo nang daerah wisata, sing kiro2 okeh wisatawan. Gathot kenyil kenyil enak tenan diparutke kambil.

salam thiwul

leres mas Gareng







xender zone wrote:
neng wonosari ono the telos.
kuwi bakul telo goreng dengan macam-macam rasa neng skitar pemda biasane bukake.
nig kusus telo thok...! Very Happy ajib
neng jogja yo wes okeh bos bakul telo koyo ngono kwi.! enak lo.! ajib
lha kui mbiyen le adol koncoku Bowok Vespa
pengusaha sukses
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Mon May 05, 2008 8:56 am

badai-laut-selatan wrote:
redbiem wrote:
badai-laut-selatan wrote:
maksud saya mas "kancil" kita gak usah muluk2 bahwa nantinya telo ataupun apa akan di ekspor segala macam, namun dalam menaikkan nilai singkong menjadi makanan yang memiliki nilai lebih sebaiknya kita uji coba dulu dengan keadaan yang sudah ada, yaitu di Gunungkidul yang katanya tiap hari saja lihat telo, dengan begitu misalnya mereka yang telah terbiasa melihat telo ini tertarik bisa dipastikan orang yang jarang melihat telopun akan tertarik. Jadilah kita bisa memulai sebuah usaha ini sedikit demi sedikit, biar kita pun gak cuma angan-angan saja, melankan keberanian untuk tampil beda.....

semoga bisa dimengerti


Gantungkan cita-citamu setinggi langi, klo pun jatuh minimal nyangkut ditiang listrik, dak sampai jatuh ke got... ngakakk ngakakk ngakakk



NO COMMENT DECH...KALAU GITU..

Waduh.. mutung cah! Sad Sad Sad
Kembali Ke Atas Go down
badai-laut-selatan
KorLap
avatar

Lokasi : LORING ANGGA
Reputation : 0
Join date : 22.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sat May 10, 2008 3:10 pm

walau aku belum sempat pulang ke GK tahun ini tapi aku ambil kesimpulan bahwa pastinya telo tsb olah dengan cara meniru..........

ada yang original kah.....sebab di sana laku semua ikuuuuut, abis itu kalau pada bosen ya udah warungya gulung tikar rame-rame.........

hayooooo yang pernah kerja atau sekolah dibidang makanan (tata boga) beranikah ambil tantangan spt ini......

_________________
MIRACLE OF SOUTHERN SEA
ym: c_pandurata@yahoo.com
blogs : www.badailautselatan.multiply.com
Kembali Ke Atas Go down
http://badailautselatan.multiply.com
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   Sat May 10, 2008 7:00 pm

nuwun sewu... kondur GK rumiyin, di icipi masakane telo, baru disimpulkan... nek kinten2 meniko tesih niru, mangke di damelke resep masakan saking telo.... kathah kok masakan telo dari GK yang sudah mempunyai nilai jual tinggi...
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?   

Kembali Ke Atas Go down
 
JARENE GUNUNGKIDUL...ENDI TELANE?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kuliner-
Navigasi: