Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Manusia Modern paham Internet

Go down 
PengirimMessage
PeRAK cell
KorLap
avatar

Lokasi : Jogja-Wonosari PP
Reputation : -23
Join date : 08.03.09

PostSubyek: Manusia Modern paham Internet   Fri Mar 20, 2009 11:58 pm

Manusia Modern paham Internet

Internet adalah bagian yang tak terpisahkan bagi manusia modern masa kini. Dunia menjadi lebih sempit dengan adanya internet. Internet memudahkan kita untuk mendapatkan banyak informasi dengan cepat dan mudah. Dengan mengakses internet maka segala data yang kita perlukan akan kita dapatkan dengan segera. Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia,


Banyak fasilitas yang dapat kita nikmati dengan adanya Internet dan banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Fasilitas yang terdapat di Internet adalah Electronic Mail/Email/Messaging Electronic mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang paling sering digunakan di Internet. Dengan fasilitas ini seseorang dapat membuat dan mengirimkan pesan tertulis kepada seorang atau sekelompok orang lain yang juga terdaftar di Internet . Kemudian, Remote Login Dengan fasilitas ini seorang dapat mengakses program/aplikasi di komputer lain. Juga, File Transfer, Fasilitas ini memungkinkan terjadinya pengiriman file dari satu komputer ke komputer lain. Sebuah file dapat berisi dokumen, grafik, program komputer, bahkan video maupun suara yang terekam secara digital.
Cikal bakal dari Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen milik pemerintah Amerika Serikat berbasis komunikasi data paket yang didirikan di tahun 1969. Tujuannya untuk menghubungkan para periset ke pusat-pusat komputer, sehingga mereka bisa bersama-sama memanfaatkan sarana kompuer seperti disk space, data base dan lain-lain. Kegiatan ini disponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bersama lembaga yang dinamakan Advanced Research Projects Agency (ARPA) . Diawal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antaar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSFNET mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung. Pada saat ini Internet terdiri atas lebih dari 15.000 jaringan yang mengelilingi dunia (70 negara di 7 benua). Sekitar 25 juta orang dapat saling mengirimkan pesan melalui Internet dan jaringan-jaringan lain terhubung dengannya. Pemakaiannya sudah bukan murni untuk riset saja, tetapi mencakup kegiatan sosial, komersial (melalui jaringan antar komersial bernama CIX), budaya dan lain-lain.
Karakteristik Internet yaitu, Internet merupakan kumpulan dari sistem komputer yang independen dimana tidak ada organisasi atau individu manapun yang memilikinya. Internet juga bersifat memperluas jaringan. Beberapa informasi yang baru menjadi mungkin untuk didapatkan. Yang menjadi kontributor dari internet adalah pemerintah, organisasi profit maupun nonprofit, institusi pendidikan, dan beberapa individu dan Operasi yang berbasis internet secara virtual dapat mengeliminasi tekanan atau kesulitan yang disebabkan oleh waktu atau letak geografis.
Banyak istilah yang ada yang perlu kita ketahui mengenai internet. Istilah yang tidak asing dalam dunia internet yaitu, World wide web (www) dicuptakan oleh Tim Berners-Lee untuk membantu memfasilitasi pertukaran informasi. Web dapat disimpulkan sebagai kumpulan protokol dan standar yang digunakan untuk mengakses informasi dalam internet.Ada tiga standar yang harus dimiliki oleh sebuah web, yaitu URLs, HTTP, dan HTML. Ketiga standar ini digunakan oleh pembuat www dan kliennya nuntuk menyediakan mekanisme yang sederhana untuk menenmpatkan, mengakses, dan menampilkan informasi melalui protokol jaringan lainnya. HTTP menjadi protokol utama yang digunakan untuk mendapatkan kembali informasi melalui web.
HTML adalah spesifikasi yang digunakan untuk memformat dan mendesain dokumen. Sedangkan URL adalah lokasi tempat dokumen itu berada. URL dapat menidentifikasi lokasi dari sebuah dokumen.Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengunjungi situs situs yang berbeda untuk menghubungkan berbagai aktivitas. Search engines adalah alat pembantu yang dapat mencari informasi secara lebih spesifik. Contoh search engine adalah yahoo. Namun saat ini kita lebih sering menggunakan yang google. Cukup dengan mengetik kata kunci dari dokumen yang ingin kita cari, maka akan kita dapat daftar dokumen yang mungkin kita perlukan.
Apabila kita mengaku hidup di abad odern ini maka kita harus tidak lagi merasa asing dengan kehidupan yang ada di dunia maya, yaitu Internet. Bersahabatlah dengan Internet maka hidup akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Kembali Ke Atas Go down
http://perakcell.blogspot.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Manusia Modern paham Internet   Fri Jun 08, 2012 5:21 pm

sak iki cen opo2 wis internet kok.. Jaul beli/ sosial golek ilmu.. Golek duwit.. Opo we ono.. Manusia modern tenan nek wis mbendino gelut bareng internet
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: Manusia Modern paham Internet   Fri Jun 08, 2012 5:25 pm

kuncine neng mbah GOOGLE Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Manusia Modern paham Internet   

Kembali Ke Atas Go down
 
Manusia Modern paham Internet
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: IT GADGET & EDU CORNER :: Komputer-
Navigasi: