Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Donat Ala Gunung Kidul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Mar 28, 2009 2:05 pm

Bagi-bagi Resep Donat buat yang mau bikin.
Bahan :
700 gr tepung terigu (saya pakai cakra)
7 gr ragi instant (saya pakai 1 sachet ragi instant)
60 gr susu bubuk
sdt garam halus
125 gr gula pasir (saya pakai 100 gr gula)
(semua bahan diatas dicampur rata)
1 sdt TBM (saya pakai pelembut roti kalau gak ada pakai VX atau IF100)
2 btr telur kocok sebntar
250 cc air hangat
100 gr mentega,
Dan minyak untuk menggoreng
Cara membuat :
1. masukan TBM dan telur kocok kedalam campuran terigu, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata
2. masukan mentega, uleni hingga adonan kalis/ tidak lengket ditangan. Bulatkan adonan simpan diwadah yang kering, tutup dengan kain kering, diamkan hingga mengembang kurleb 30 menit.
3. siapkan loyang/ tampah, alasi dengan serbet kering yang bersih lalu taburi atasnya dengan terigu tipis2.
4. kempiskan adonan, bagi adonan 70 gr atau sesukanya, bulatkan, lalu tusuk bagian tengahnya menggunakan ujung jari membentuk satu lingkaran, atau jika punya pakai cetakan donat.
5. tempatkan diatas kain serbet yang sudah ditaburi tepung, diamkan kurleb 10 menit
goreng dalam minyak banyak diatas api sedang-kecil sambil diputar-putar menggunakan sapu lidi yang tebal atau sumpit pada bagian lubang tengah donat, hingga kuning kecoklatan. Balik, goring terus hingga seluruh permukaannya berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
6. hiasi dengan topping sesukanya

Kalau kesulitan mengulen adonan hingga kalis saya menyediakan mesin adonan donat kapasitas 2 Kg harga hanya Rp. 3 Juta. Berminat Hubungi 0817 412 5009
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Mar 28, 2009 2:07 pm

selain untuk donat mesin tersebut juga bisa untuk bikin Roti lho, juga untuk molen, bakpau, kue bantal, bakpia, cakwe, de el el. pokoknya mesin serba guna.
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Mar 28, 2009 4:47 pm

kok dobel mas le posting???
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Mar 28, 2009 6:51 pm

Aq tak sik bagian mangan wae... ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
lilis
KorLap
avatar

Lokasi : jogja-semin PP
Reputation : 0
Join date : 10.02.09

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Mar 28, 2009 8:43 pm

jebule dodolan...mestine diwenehi sampel-e sik yo...
Kembali Ke Atas Go down
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Wed Apr 01, 2009 4:59 pm

DONAT KENTANG
Bahan :

500gr tepung terigu cakra
1 bungkus ragi instant
100gr gula pasir
250gr kentang, kupas, kukus, haluskan (tanpa air)
50gr susu bubuk
3 kuning telur
100gr mentega
100cc air dingin
sdt garam

1. aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula pasir, kentang halus, dan susu bubuk. Lalu masukkan telur (kocok lepas)-aduk rata, mentega- aduk rata, terakhir air sedikit demi sedikit dan garam. Uleni dengan tangan hingga kalis. Tempatkan dalam baskom, tutup dengan kain bersih lembab, diamkan ditempat hangat selama +/- 20 menit (sampai mengembang).
2. bagi dan timbang adonan sesuai selera, bisa setiap bagian 25 gr atau 50 gr. Bentuk bulat, buat lubang dibagian tengahnya, dengan cara menusukkan ibu jari kita ketengah adonan, sambil diputar-putar. Bisa juga menggunakan cetakan donat yang memiliki pelubang ditengahnya. Adonan siap digoreng.
3. olesi permukaan donat (yg sudah matang) dengan cooking chocolate, muisyes atau hiasan sesuai selera.
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Wed Apr 01, 2009 5:00 pm

Variasi Donat yang lain
Bahan :
500 gram tepung terigu cakra kembar
500 gram tepung terigu segitiga biru
250 gram mentega
250 gram gula halus
1 sdt garam
1 sdm fermipan
1 sdm baking powder
4 butir kuning telur
2 gelas susu segar

Cara membuat :

1. Campur terigu cakra, segitiga biru , baking powder, fermipan, garam aduk rata. Lubangi tengahnya. Sisihkan.

2. Kocok telur, gula halus sampai mengembang. Masukkan ke dalam
campuran tepung ( lubang tengah ) sambil diaduk rata. Masukkan mentega/ margarine, susu sedikit demi sedikit sampai susu habis sambil diuleni.

3. Uleni sampai adonan kalis.

4. Banting - banting sampai adonan halus.

5. Tutup dengan lap basah, diamkan kurang lebih 30 menit. Kempiskan adonan. Buat bulat-bulat dibentuk donat. Lalu diamkan sampai mengembang lagi. Goreng sampai kuning kecoklatan.
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Wed Apr 01, 2009 5:01 pm

Serba Donat

Bahan:
560 g tepung terigu cakra kembar
240 g tepung terigu segi tiga biru
352 g air es
12 g yeast instan
12 g baking powder
12 g garam
96 g gula pasir
32 g susu bubuk
120 g margarin
80 g telur ayam
2,4 g bread improver
1,6 g (1/2 sdt) vanili bubuk

Cara membuat:

Aduk semua bahan kering (tepung terigu, yeast, baking powder, garam, gula pasir, susu bubuk, bread improver) jadi satu hingga rata.

Masukkan telur dan air aduk-aduk dengan tangan hingga tercampur rata dan kalis. Jika memakai pengaduk roti, gunakan speed 1 selama 2 menit.

Tambahkan margarin, uleni dengan tangan hingga benar-benar kalis (sekitar 30 menit). Jika memakai mikser roti, aduk dengan speed 2 selama 13 menit.

Bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk, tutup dengan selembar plastik. Diamkan selama 15 menit.

Gilas adonan dengan gilingan kue hingga setebal 15 mm. Cetak dengan catakan donat (ring donat). Atau timbang adonan @ 50 g, bulatkan lalu bulat lubang di tengahnya.

Taruh donat di atas loyang, tutup dengan selembar plastik, biarkam selama 30-40 menit dalam suhu ruangan hingga mengembang.

Goreng dalam minyak panas (180 C) dan banyak hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Hias dengan cokelat meisjes atau cokelat leleh, sesuai selera.
Untuk 20 buah
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
dhesiana
KorLap
avatar

Lokasi : Ponjong - Jogja
Reputation : 1
Join date : 07.03.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Apr 02, 2009 7:52 am

wah jan donat2 lagi to... aku nek maem donat ntar tambah bulet ora?
Kembali Ke Atas Go down
http://dhesiana.wordpress.com
gaplex
Koordinator
avatar

Lokasi : KARANG DUWET,KARANG MOJO,CILEDUG
Reputation : 7
Join date : 07.01.09

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Apr 02, 2009 10:28 am

nek donat ala gunung kidul.....
mestine bahan2ne mesti seko daerah gunung kidul.........
misale bahane ra seko trigu tapi seko telo dan lain2.....
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ndtindonesia.com
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Apr 02, 2009 10:32 am

membuat donat itu mudah hanya prosesnya yang agak sulit, terutama pada saat mengadon jika adonan tidak kalis benar maka donatnya tidak akan mengembang.
oleh karena itu saya tawarin nih mesin buat ngadon......tolong ya mbakyu n kang mas kalo ada temen, saudara, tetangga yang bikin donat n belum pake mesin tawarin ke mereka mesin buatan saya.
untuk melihat bentuk mesin dan harganya klik www.kursusdonat.cc.cc
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sat Apr 04, 2009 9:51 am

DONAT SINGKONG (buat mas gaplex nih resep donat soko telo)

Bahan:
400 gr singkong, kupas, kukus, haluskan
400 gr tepung terigu protein tinggi/hard wheat, cap cakra
2 butir telur ayam
11 gr ragi instan
100 gr margarin
10 gr baking powder
100 gr gula halus
50 gr susu bubuk
150-200 ml air (perhatikan tekstur adonan)
sdt garam halus
Gula halus untuk taburan


Cara Membuat :
** Campur singkong yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula halus, baking powder,
ragi instan, garam dan susu bubuk. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.

** Tambahkan margarin, uleni hingga kalis dan terbentuk adonan yang transparan. Bulatkan adonan, biarkan mengembang 60 menit.

* * Potong dan timbang adonan masing-masing 50 gr. Bulatkan dan biarkan mengembang lagi 30 menit.

** Kempiskan masing-masing bulatan dan bentuk kembali menjadi bola-bola. Lubangi tengahnya dengan jari, diamkan lagi selama 20 menit.

* Panaskan minyak dalam wajan. Goreng donat hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

* * Sajikan donat dengan taburan gula halus, mises, keju, kacang, iching sugar atau sesuai selera.
Untuk 30 Buah
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Apr 09, 2009 10:51 am

Donat Pake biang
Bahan A :
850 gr tepung terigu "Cakra"
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 - 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu "cakra"
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah
tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10
menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak
dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna
kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
cogo
Koordinator
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 1
Join date : 06.04.09

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Apr 09, 2009 7:14 pm

donat..........oh.......donat............bunderrrrrrrrr............bolong tengah..........ohhhhhh.......donattttttttt...........
Kembali Ke Atas Go down
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sun Feb 07, 2010 12:46 pm

Mau donat bakar? Klik www.donatbakar.com
mau mesin donat murah? Klik www.kursusdonat.cc.cc
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Sun Feb 07, 2010 2:34 pm

Dapatkan resep donat dan roti yang lain di www.kursusdonat.cc.cc
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Mochamad Nurahyani
Camat
avatar

Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Wed Aug 10, 2011 12:50 pm

Revisi terbaru klik Mixer Donat atau Mixer Roti
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
hirmanto
Lurah
avatar

Lokasi : Nomaden
Reputation : -1
Join date : 10.07.09

PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   Thu Feb 09, 2012 4:57 pm

Siip.. nice impo!!
Saya biasa bikin donat untuk dijual di seputaran wonosari dengan berbagai resep. Yang paling disuka ternyata donat kentang karena teksturnya lebih empuk. Yang minat bisa coba produk saya .. :)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Donat Ala Gunung Kidul   

Kembali Ke Atas Go down
 
Donat Ala Gunung Kidul
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kuliner-
Navigasi: