Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
hernindya2004
Lurah


Lokasi : Patuk
Reputation : 0
Join date : 06.10.08

PostSubyek: Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009   Sat Apr 11, 2009 7:08 pm

Radekka FM Radio Desa Kawasan Konservasi memanfaatkan momentum Pemilu 2009 ini dengan menyelenggarakan Program Radio Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009, 9 - 10 April 2009. Program Radio ini mulai mengudara mulai pukul 10.00 hingga 18.00 wib pada 9 April 2009 dan dilanjutkan ke-esokan harinya pukul 09.00 hingga 18.00 wib.
Live event Sisi Lain Pemilu 2009 ini selain melakukan reportase proses pemungutan suara di Desa Kawasan Konservasi yang merupakan kerjasama Radekka FM dan Panitia Pemungutan Suara Desa Kawasan Konservasi Semoyo juga melakukan phone interview dengan teman-teman pemantau pemilu dan pegiat rakom di beberapa daerah di Indonesia. Live event yang dipandu secara bergantian oleh Hernindya Wisnuadji, Bambang Hery, dan Suratimin ini menyajikan sharing tentang proses pemungutan suara, hasil pantauan pemilu, menggali tanggapan masyarakat, dan menggali pengalaman rakom lainnya dalam liputan Pemilu 2009. Berikut beberapa petikan reportase dan phone interview sepanjang Live Event Sisi Lain Pemilu 2009.
"Pemilu 2009 ini sangat lemah dalam sosialisasinya sehingga bukan hanya pemilih, KPPS-pun juga kebingungan" ujar Simkply dari KIPER HAM Flores NTT. Hal senada juga disampaikan Tohap dari JARKOMSU di Simalungun Sumatera Utara. Sedangkan Kak Yus dari An Nissa Centre, LSM lokal di Banda Aceh bercerita, "Surat Suara di Aceh lebih panjang karena ada tambahan 6 partai lokal".
Hendro Pleret dari Swadesi FM mencermati, "KPPS harusnya melakukan try out terlebih dahulu" dan Jarwanto dari Murakabi FM berujar "KPPS dengan keterbatasan SDM-nya harusnya mendapatkan perhatian lebih dari KPU". Amrun dari Angkringan FM bercerita kisruh DPT juga terjadi di Sewon. "Ada satu kampung yang 100an warganya hangus hak pilihnya karena tidak terdaftar di DPT" ujarnya.
Isnawati,seorang pemantau independen menuturkan, "Ada seorang ibu setengah baya yang harus menyiapkan kepekan (contekan-red) supaya tidak salah tempat nyentang" sedangkan Yemmestrie Enita, pemantau dana pemilu Forum LSM Yogyakarta,berujar,"Bisa jadi akan ada cerita menarik dari laporan dana pemilu dari tiap parpol yang nanti baru didapatkan 55 hari setelah hari H pemilu" sembari menyebutkan ada partai yang Hutang iklan di TV Swasta pada pemilu 2004 yang belum dibayar.
Pencermatan Joko dari Bojonegoro Institute yang disampaikan ke Radekka FM menyebutkan lebih dari 35 % surat suara mayoritas TPS pantauan di Bojonegoro tidak sah karena Human error.
Sedangkan Sri Wijiyati dari IDEA-Institute for Development and Economic Analysis Yogyakarta mengajak para pemilih melakukan aksi pasca pemungutan suara. "Pemilih jangan membiarkan proses relasi pemilih dengan caleg yang dipilih terhenti setelah pemungutan suara, pemilih dalam posisi sebagai warga negara harus bisa menuntut wakilnya untuk memperjuangkan hak warga negara selama 5 tahun ke depan"
Nana, seorang pemilih pemula Desa Kawasan Konservasi, bercerita, "Ya butuh beberapa hari untuk mencermati caleg-caleg yang akan dipilih,tapi akhirnya aku punya pilihan meski ada satu surat suara yang aku centang gambar partainya saja karena aku gak tau bagaimana caleg-calegnya"
Mugiriyanto Ketua BPD Desa Kawasan Konservasi Semoyo menuturkan, "Banyak yang bisa dicatat dalam Pemilu 2009 ini terkait pelaksanaan pemilu oleh PPS dan 6 KPPS di DKK, kita harus belajar dari catatan itu"
Selain phone interview tersebut Radekka FM secara periodik melakukan kontak dengan Ketua PPS,Sunarto. dan anggota PPS, Sugiyono, untuk meng up date informasi proses pemungutan suara di 6 TPS.
Suratimin selaku Ketua Serikat Petani Pembaharu (SPP) Gunungkidul menyatakan bahwa kegiatan Pemilu 2009 ini masih menggambarkan kerakusan tokoh tua yang tetap ingin menjadi anggota KPPS."Padahal Pemilu 2009 ini lebih rumit dan terbukti dari 7 anggota KPPS yang bisa bekerja efektif selama proses 1 hari kemarin hanya 2 atau 3 orang, anggota KPPS yg lain sudah kelelahan ataupun tidak kuat kerja administrasi, ya inilah gambaran tokoh-tokoh tua yang tidak sadar diri dan membunuh generasi yang akhirnya menyusahkan yang lebih muda." tandas Suratimin menutup Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009 Radekka FM
Radekka FM menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada para nara sumber yang telah meluangkan waktu untuk sharing dalam program radio ini dan memohon maaf bagi beberapa pegiat rakom di luar jawa yang sudah stand by namun karena satu dan lain hal gagal untuk dihubungi. Semoga lain waktu kita bisa dapatkan kesempatan lagi. Akhirnya kami mendapatkan kesempatan belajar mengelola Live Event meski harus berkelit dengan banyak keterbatasan yang ada pada kami
.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.desakawasankonservasi.blogspot.com
yantoGK
KorLap


Lokasi : semin
Reputation : 0
Join date : 19.05.12

PostSubyek: Re: Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009   Wed Aug 01, 2012 11:18 pm

wah wis kliwat kang
Kembali Ke Atas Go down
http://www.cintagk.com
 
Gunungkidul di Hari Esok Live Event Sisi Lain Pemilu 2009
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: