Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Perkuat Konservasi dan Irigasi, Dibangun 3 Embung Senilai 3 Miliar

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
akhmad subekti
Koordinator


Lokasi : wonosari
Reputation : 3
Join date : 30.03.08

PostSubyek: Perkuat Konservasi dan Irigasi, Dibangun 3 Embung Senilai 3 Miliar   Thu Apr 10, 2008 9:47 am

Setelah membangun satu embung di sebelah selatan jembatan Bunder Kecamatan Patuk, Pemkab Gunungkidul akan membangun 3 embung lagi di sepanjang sungai Oya. Pembangunan embung tambahan ini dalam rangka memperkuat konservasi tanah dan juga irigasi di sektor pertanian.

"Sekarang ini belum bisa dihitung luas lahan pertanian yang dapat dialiri. Setelah bangunan jadi dan diketahui debit airnya, serta geografisnya baru dapat dihitung," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Tanaman Pangan Gunungkidul Supriyadi STP.

Menurut Kepala Bappeda Gunungkidul Eko Subiantoro SH, pembangunan tiga embung di sepanjang Sungai Oya ini akan menelan dana 2 miliar dari pemerintah pusat. Sudah tentu lokasinya dipilih yang secara geografis bermanfaat banyak untuk konservasi dan sekaligus irigasi. Diantaranya wilayah Kecamatan Semin dan sekitarnya. "Yang jelas sudah dilakukan studi kelayakan. Lokasi yang dipilih tepat, bukan saja untuk konservasi, tetapi juga dapat mendukung kegiatan pertanian, " tambahnya.

Dari pengamatan, embung yang ada ternyata memang membuat lingkungan sekitarnya menjadi teduh. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan untuk air bersih, ataupun pemancingan. Sore hari banyak yang melihat curahan air dari embung, jadi ada semacam wisata kecil-kecilan.
Kembali Ke Atas Go down
http://wasiat.multiply.com
 
Perkuat Konservasi dan Irigasi, Dibangun 3 Embung Senilai 3 Miliar
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: