Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Flu Babi (Swine Flu)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
hiramada
Warga


Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 16.10.08

PostSubyek: Flu Babi (Swine Flu)   Fri Jun 19, 2009 6:25 pm

Apakah yang dimaksud dengan Flu babi?
Flu babi adalah grup dari virus influenza yang dapat menyebabkan flu pada babi. Dimana virus yang menyebabkan wabah flu pada manusia ini berasal dari strain virus Influenza A type H1N1. Secara genetik virus ini juga ditemukan sebagai bagian dari flu manusia, atau juga flu burung. Kasus flu pada manusia ditemukan di United States, Mexico dan Canada.
Gejala.
Gejala awalnya sama dengan flu biasa, yaitu batuk, demam, tenggorokan sakit, sakit kepala, pilek, kelelahan secara umum dan nyeri otot. Muntah dan diare dapat terjadi. Pada kasus yang berat, perkembangan penyakit berlangsung cepat (dalam tempo 5 hari) menjadi gejala seperti pneumonia (nafas pendek dan sulit). Virus ini dapat menyebabkan gejala yang berat, walaupun masih sulit menjelaskannya. Kebanyakan kasus di AS adalah ringan dan tidak menjadi fatal. Sebaliknya di Mexico gejalanya berat dan menjadi fatal. Hal yang belum bisa dijelaskan terutama pada kelompok muda. Nampaknya penyebaran antar manusia melalui material pernafasan (droplets) yang infectious, yang dihasilkan pada waktu batuk, bersin atau berbicara.
Obat Anti-Virus.
Obat anti virus yang digunakan untuk flu burung dapat digunakan mencegah virus flu babi. Ada 4 (empat) macam obat anti virus yang disetujui di United States (oseltamivir, zanamivir, amantadine dan rimantadine). Virus influenza A (H1N1) yang menyebabkan flu babi yang terdeteksi di Amerika dan Mexico ternyata resistan terhadap amantadine dan rimantadine. Tes di laboratorium membuktikan bahwa mereka sensitif (susceptible) terhadap oseltamivir dan zanamivir.
Tindakan Pemerintah.
Walaupun terlalu dini, WHO mengatakan bahwa flu babi berpotensi menjadi pandemi dan menaikan tingkat kewaspadaan dari tingkat 3 menjadi tingkat 4. Walaupun fatalitas flu babi (16% fatal) jauh lebih rendah dibandingkan flu burung (80% fatal) dan virus penyebab flu babi di daerah tropis seperti di Indonesia adalah rendah, namun Kementrian Kesehatan tetap melakukan monitoring atas kasus kejadian ini melalu surveilans kesehatan. Lima belas rumah sakit se Indonesia di tunjuk oleh pemerintah melalui Departemen Kesehatan untuk melaporkan kasus kejadian di wilayah masin-masing.
Perjalanan antar negara.
WHO menyarankan untuk tidak menutup perbatasan antar negara serta tidak perlu membatasi perjalanan antar negara. Disarankan bagi yang menderita sakit untuk menunda perjalanan antar negara. Dan penderita segera berobat. Bagi pekerja yang melakukan perjalanan kedaerah yang dilaporkan berkembangnya virus dimaksud, atau kontak dengan orang yang datang dari wilayah tersebut, diharapkan untuk memperhatikan gejala yang timbul. Bila positif, segera berobat.

Jakarta : 29 April 2009.
Dr.A.Baktiansyah, MKK, SpOk
Occupational Health & Industrial Hygiene

(Source : http://www.migas-indonesia.net/)
Kembali Ke Atas Go down
http://harmadipedia.blogspot.com/
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Flu Babi (Swine Flu)   Sun Jul 26, 2009 5:35 am

10 langkah pencegahan flu babi dikeluarkan Working Group ASEAN for One Health, berikut ini tipsnya :

1. Cuci tangan Anda sesering mungkin.

Mencuci tangan dengan sabun dan air beberapa kali dalam sehari. Keringkan tangan Anda setelah dicuci. Jika tidak ada air, Anda mungkin bisa menggunakan bahan pencuci tangan dari alkohol.

2. Hindari bersentuhan mata, hidung atau mulut

Virus influenza sering menyebar ketika seseorang bersentuhan dengan penderita yang terkontaminasi oleh kuman, kemudian bersentuhan dengan mata, hidung atau mulutnya.

3. Hindari kontak terlalu dekat

Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit. Untuk sementara, hindari berjabat tangan, serta ciuman dengan orang di wilayah yang dilaporkan terserang wabah influenza.

4. Tinggallah di rumah jika sedang sakit.

Jika mungkin, tinggallah di rumah dan hindari pusat-pusat keramaian, jika Anda sedang sakit. Anda akan membantu mencegah orang lain dari kemungkinan tertular oleh penyakit Anda.


5. Gunakan penutup hidung dan mulut

Gunakan sapu tangan atau tisu ketika Anda sedang batuk atau bersin untuk mencegah penyebaran virus. Jika tidak punya tisu, gunakan lengan baju bagian depan, jangan pakai telapak tangan. Buanglah tisu di tempat sampah.

6. Tetaplah menjaga jarak.

Jika anda sedang sakit, jagalah jarak dengan orang lain untuk melindungi mereka agar tidak ikut terserang sakit.

7. Terapkan gaya hidup sehat.

Pikirkan ulang untuk merokok, istirahat atau tidur yang cukup, olahraga secara rutin sehingga tubuh bisa aktif, mengelola tingkat stress, meminum air banyak-banyak, memakan makanan bernutrisi.

8. Konsultasi dengan dokter jika anda sakit.

Datanglah ke pusat layanan kesehatan atau dokter jika ada tanda-tanda gejala Anda sedang sakit, seperti susah bernafas, pikiran sedang kacau, dan muntah-muntah.

9. Tunda perjalanan jika sedang sakit

Jika Anda sedang sakit, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk melakukan perjalanan dengan pesawat atau alat transportasi lainnya. Jika Anda terpaksa harus terbang ke negara yang terserang flu Babi, kemudian Anda merasa sakit setelah kembali, maka Anda secepatnya harus konsultasi ke dokter.

10. Ikuti perkembangan informasi dari otoritas kesehatan lokal.

Anda perlu tetap mengikuti perkembangan situasi terkini dari wabah influenza dan saran-saran yang disampaikan oleh otoritas kesehatan lokal.

http://www.kabarinews.com
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Flu Babi (Swine Flu)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: