Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Sun Jun 21, 2009 3:26 am

Pernikahan idealnya disertai kematangan mental dari calon suami-istri, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kematangan secara ekonomi...

tidak bisa dipungkiri masalah ekonomi juga sangat vital dalam manjalani kehidupan berumah tangga....
dan tidak sedikit permasalahan yang timbul dalam keluarga penyebabnya adalah masalah ekonomi...

di satu sisi terkadang keputusan kita untuk melepas masa lajang karena dirasa pernikahan sangant urgent justru hadir pada saat kondisi ekonomi secara perhitungan kita belum mencukupi...

nah menjadi renungan bagi teman-teman untuk beranjak kesana, manakah yang harus kita prioritaskan...?

ekonomi atau menikah dulu?
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
edybawas
KorLap
avatar

Lokasi : Cuwelo~Semanu~Jakarta
Reputation : 2
Join date : 29.08.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Wed Jun 24, 2009 6:48 pm

sacho_eka wrote:
Pernikahan idealnya disertai kematangan mental dari calon suami-istri, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kematangan secara ekonomi...

tidak bisa dipungkiri masalah ekonomi juga sangat vital dalam manjalani kehidupan berumah tangga....
dan tidak sedikit permasalahan yang timbul dalam keluarga penyebabnya adalah masalah ekonomi...

di satu sisi terkadang keputusan kita untuk melepas masa lajang karena dirasa pernikahan sangant urgent justru hadir pada saat kondisi ekonomi secara perhitungan kita belum mencukupi...

nah menjadi renungan bagi teman-teman untuk beranjak kesana, manakah yang harus kita prioritaskan...?

ekonomi atau menikah dulu?
sik.... sakjane ke nikah arep golek duit, opo golek duit kanggo nikah...?

Allah SWT, telah menciptakan semua makhluknya dengan berpasang-pasangan. termasuk manusia. Dan Allah SWT Memberi kita Nafas tentu juga tidak lupa memberikan kita rejeki.
Segala sesuatu jika sudah dinilai dengan kekuatan ekonomi dan materi itu susah. kalau saya begini...
"golek duit sing kathah,... terus kanggo nikah,...
duwe rejeki go gawe omah,....nek rejeki turah ojo lali karo sing susah,...
ati bungah ora susah rejeki turah dinggo tilik mekah medinah al mukaromah...
"Amin Alhamdulillah....

_________________
~"Saat Saya Muda,saya menemukan bahwa 9 dari 10 hal yang saya lakukan gagal.Saya Tidak ingin gagal,maka saya bekerja 10 kali lebih banyak."~
monggo pinarak....!!!
~MY BLOg
~Alat penghemat listrik dan BBM
~Dollar Gratis
Kembali Ke Atas Go down
http://edybawas.blogspot.com
kandar
Presidium
avatar

Lokasi : jakarta asli Kemiri, Tanjung sari
Reputation : 25
Join date : 23.08.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Thu Jun 25, 2009 3:11 pm

edybawas wrote:
sacho_eka wrote:
Pernikahan idealnya disertai kematangan mental dari calon suami-istri, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kematangan secara ekonomi...

tidak bisa dipungkiri masalah ekonomi juga sangat vital dalam manjalani kehidupan berumah tangga....
dan tidak sedikit permasalahan yang timbul dalam keluarga penyebabnya adalah masalah ekonomi...

di satu sisi terkadang keputusan kita untuk melepas masa lajang karena dirasa pernikahan sangant urgent justru hadir pada saat kondisi ekonomi secara perhitungan kita belum mencukupi...

nah menjadi renungan bagi teman-teman untuk beranjak kesana, manakah yang harus kita prioritaskan...?

ekonomi atau menikah dulu?
sik.... sakjane ke nikah arep golek duit, opo golek duit kanggo nikah...?

Allah SWT, telah menciptakan semua makhluknya dengan berpasang-pasangan. termasuk manusia. Dan Allah SWT Memberi kita Nafas tentu juga tidak lupa memberikan kita rejeki.
Segala sesuatu jika sudah dinilai dengan kekuatan ekonomi dan materi itu susah. kalau saya begini...
"golek duit sing kathah,... terus kanggo nikah,...
duwe rejeki go gawe omah,....nek rejeki turah ojo lali karo sing susah,...
ati bungah ora susah rejeki turah dinggo tilik mekah medinah al mukaromah...
"Amin Alhamdulillah....

Bagoos Bagoos

_________________
urip mung mampir ngombe lan mung wang sinawang.

Menjadi tua pelan tapi pasti, namun menjadi dewasa belum tentu.

http://syifauwongmantren.multiply.com => nembe sinau
Kembali Ke Atas Go down
http://syifauwongmantren.multiply.com
mbah surip
KorLap
avatar

Lokasi : ***
Reputation : 0
Join date : 13.02.09

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Thu Jun 25, 2009 3:27 pm

wis manut GUSTI wae endi dalane sing di disekke rabi atau sugeh...
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Sun Jul 05, 2009 6:41 pm

matur nuwun atensine kang,,,!!

mentalitas seperti yang mas EDYbawas memang bagus..
artinya jika seseorang memiliki mental seperti itu mana yang dia harus prioritaskan tidak menjadi masalah..
tapi belum semua orang sanggup melogikakan kehidupan dengan hal tersebut,
saya setuju dengan pendapat mas edy tapi ada kok tolok ukur kemampuan...
jadi perlu juga keseimbangan dan bijak sana dalam mengintrospeksi diri

......Allah tidak mengubah kehidupan suatu kaum, kecuali dia berusaha untuk merubahnya.... Ar-raad 11

maturnuwun
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
agoezt89
Camat
avatar

Lokasi : wonosari
Reputation : 4
Join date : 15.01.09

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Tue Jul 07, 2009 2:23 am

golek duit disik go nikah jo ngrepoti wong tua nek iso...

_________________
[i][b]www.agoezt.blogspot.com ==>Belajar Blog
Kembali Ke Atas Go down
http://www.agoezt89.6te.net
agil
KorLap
avatar

Lokasi : Wonosari Gunungkidul
Reputation : 2
Join date : 27.05.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Tue Jul 07, 2009 11:13 am

agoezt89 wrote:
golek duit disik go nikah jo ngrepoti wong tua nek iso...



ajib


Se7 banget, Kalau bisa sih, tingkatkan dulu ekonomi keluarga kita, baru menikah.
Kembali Ke Atas Go down
http://del.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Tue Jul 07, 2009 1:19 pm

agil wrote:
agoezt89 wrote:
golek duit disik go nikah jo ngrepoti wong tua nek iso...



ajib


Se7 banget, Kalau bisa sih, tingkatkan dulu ekonomi keluarga kita, baru menikah.

betul mas... tapi kira kira ningkatin ekonominya sampe seberapa??
khawatirnya justru dapat menyebabkan dis orientasi sehingga mengejar ekonominya kebablasan,
jadi gak nikah-nikah dunk..??

monggo di lanjut kang???
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
bayo
KorLap
avatar

Reputation : 3
Join date : 22.05.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Tue Jul 07, 2009 2:38 pm

arep nikah sik, opo ekonomi sik, sing penting usaha, doa lan pasrah.
Kabeh menungso wes ono jatahe dewe dewe, tapi yo tergantung usahane.
Rejeki kie iso teko tanpo isi dipikir soko ngendine, nek lagi arep diparingi yo bersyukur, nek lagi ora ono yo diusahake.
Ojo ngasi wedi menikah gara gara keweden masalah ekonomi, tapi yo ojo kesusu menikah tanpo dipikir mateng mateng.
siing jelas rejeki kie ono wae dalane...
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Wed Jul 08, 2009 12:57 am

bayo wrote:
arep nikah sik, opo ekonomi sik, sing penting usaha, doa lan pasrah.
Kabeh menungso wes ono jatahe dewe dewe, tapi yo tergantung usahane.
Rejeki kie iso teko tanpo isi dipikir soko ngendine, nek lagi arep diparingi yo bersyukur, nek lagi ora ono yo diusahake.
Ojo ngasi wedi menikah gara gara keweden masalah ekonomi, tapi yo ojo kesusu menikah tanpo dipikir mateng mateng.
siing jelas rejeki kie ono wae dalane...

lha iki sing bijaksana yo ngono kuwi mas..
setuju aku..
seimbanglah.. kuwi kuncine yo kang?

lanjut sing gadah argumen liyane monggo...!
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
joko_banget
KorLap
avatar

Lokasi : Jogja-Nglipar PP
Reputation : 4
Join date : 12.06.09

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Wed Jul 08, 2009 2:34 am

Sing jelas Manteb. Yakin lan semangat.

Semua bukan hanya untuk dunia.
Menikah dan berketurunan adalah karena Allah,
Mencari rezki juga di jalan Allah.

Keyakinan dan keteguhan hati dua insan (halah...)

Banyak pendapat dan argumentasi masyarakat dan juga nenek moyang kita bahwa jodoh ga usah di kejar ( tak kan kemana ) begitu juga rezki.

Tapi sekarang harus berani berkata lain. Bahwa Jodoh dan rezeki itu harus dicari. Dan menanggapi dahulukan yang mana? Itu harus diuji.

Kalau jiwa kita seorang challenger, tentu menikah tanpa menengok isi kantong dan pendapatan hal yang menyenangkan, menantang dan penuh kenikmatan serta Kepuasan tersendiri.
Jika kita orang yang setiap langkahnya selalu melihat ke depan, kita akan banyak perhitungan. Dengan perhitungan dan pertimbangan apalagi ditambah orang lain misal keluarga dekat, keputusannya juga lebih baik untuk masa depan.
Satu lagi, jika kita baru lulus sekolah misalnya kemudian punya dua pilihan tadi, lihat ke belakang seberapa jauh anda melangkah dalam hidup, pastikan dulu telusuri dulu kalau perlu googling dulu apa2 persiapan untuk menikah dan apa2 persiapan untuk mencari nafkah. Kemudian tanya pada diri sendiri mana lebih banyak mana persiapan yang sudah kita punya?

------------------
sopo sing arep rabi?
Kembali Ke Atas Go down
http://blogtukanglistrik.blogspot.com
kliwon semin
Koordinator
avatar

Lokasi : jakarta
Reputation : 6
Join date : 19.02.09

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Wed Jul 08, 2009 7:57 pm

nikah disik nek wis usiane mencukupi (25 up)

rejeki pasti mengikuti

percayalah, tuhan maha adil
Kembali Ke Atas Go down
hirmanto
Lurah
avatar

Lokasi : Nomaden
Reputation : -1
Join date : 10.07.09

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Wed Aug 05, 2009 11:16 pm

Syarate yen arep nikah kui kudu siap terutama mentale. Masalah ekonomi kui menurutku iso menyusul / usaha sambil jalan. Yen awake dhewe arep nikah kok ngandalke supoyo due gawean tetep, gaji tetap, omah mewah lan liya-liyane trus kapan nikahe?? Saiki iso wae wong kui duwe gawean penak, mulyo/gaji dhuwur nanging iso wae kan sesuk wis ora kerjo meneh mergo diPHK, kecelakaan dll. Sing ngandalke duwe omah iso wae sesuk omahe kobongan, keno gempa dll.
Trus mungkin awake dhewe juga mikir lha trus piye sing arep nafkahi bojo yen ora duwe opo2?? Ora perlu kuatir... Kabeh kui wis ono rejekine dewe2. Asal gelem usaha sing halal Insya Allah ono dalan. Lha wong cacing sing ga duwe mripat wae iso mangan, opo meneh menungso sing diparingi kelebihan dibanding makluk liyane..
Mekaten miturut kulo piyambak. Mbok menawi wonten ingkang gadhah pendapat ingkang langkung sae...
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Thu Aug 06, 2009 1:48 pm

joko_banget wrote:
Sing jelas Manteb. Yakin lan semangat.

Semua bukan hanya untuk dunia.
Menikah dan berketurunan adalah karena Allah,
Mencari rezki juga di jalan Allah.

Keyakinan dan keteguhan hati dua insan (halah...)

Banyak pendapat dan argumentasi masyarakat dan juga nenek moyang kita bahwa jodoh ga usah di kejar ( tak kan kemana ) begitu juga rezki.

Tapi sekarang harus berani berkata lain. Bahwa Jodoh dan rezeki itu harus dicari. Dan menanggapi dahulukan yang mana? Itu harus diuji.

Kalau jiwa kita seorang challenger, tentu menikah tanpa menengok isi kantong dan pendapatan hal yang menyenangkan, menantang dan penuh kenikmatan serta Kepuasan tersendiri.
Jika kita orang yang setiap langkahnya selalu melihat ke depan, kita akan banyak perhitungan. Dengan perhitungan dan pertimbangan apalagi ditambah orang lain misal keluarga dekat, keputusannya juga lebih baik untuk masa depan.
Satu lagi, jika kita baru lulus sekolah misalnya kemudian punya dua pilihan tadi, lihat ke belakang seberapa jauh anda melangkah dalam hidup, pastikan dulu telusuri dulu kalau perlu googling dulu apa2 persiapan untuk menikah dan apa2 persiapan untuk mencari nafkah. Kemudian tanya pada diri sendiri mana lebih banyak mana persiapan yang sudah kita punya?

------------------
sopo sing arep rabi?


wah kayaknya mas joko bangets sudah siap lahir batin nich...???
di tunggu mas kabar gembiranya..???

monggo lanjut..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Ipung Purwanto
Camat
avatar

Lokasi : Lubang Buaya Jaktim
Reputation : 5
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Thu Aug 06, 2009 3:47 pm

Jian Puinter-puinter tenan cah Gunung Kidul ki... ajib
Kudu seimbang sak klorone..Kabeh perlu lan wajib... ajib
Kembali Ke Atas Go down
edybawas
KorLap
avatar

Lokasi : Cuwelo~Semanu~Jakarta
Reputation : 2
Join date : 29.08.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Thu Aug 06, 2009 4:57 pm

tak crito sithik bab bebrayan:
Kocap kacarito ndek jaman semono kawulo golek pangupo jiwo th 98 neng kutho jakarta.alhamdulillah tkn jkt kawulo langsung entuk pegawaean.trus 1 sasi dadi kuli aq knl cewek sing dadi tempat "curhat,konco,mbakyu lan adhiku" lan saiki dadi ibune anaku. q urip brebayan umur 19th lan lg nyambut gawe dek jaman semono lg ąsetahun neng jkt q nikah. nek eling kiyo ngeress tenan jeee...
ngontrak ukuran 2X2 m,kasur pas dinggo wong loro,tv ra duwe,radio krungu nek tonggone nyetel radio kenceng,lemari pakaian siji we.. sing sletingan bhn plastik,... tapi Alhamdulillah gusti Allah ora bakal lali karo umate. saiki tv ono,tape/radio wes ra numpang ngrungoke kro tanggane, motor wes lunas le kredit, roda papat sithik2 yo dilakoni mbayar tiap wulan "mugo2 lancar"....
Kuwi critane... lurrrr
"Sebenarnya uang atau ekonomi bukan buat jaminan klo menikah akan membuat kita bahagia.... Karena Allah akan memberikan rejeki lebih untuk kita jika kita mau berusaha... dan rejeki yang kita terima saat kita masih sendiri "bujang" dg kita sdh menikah Insya Allah akan diberikan lebih dari Yang Kuasa....
Inti pokok jika kita mau menikah atau sdh menjalani pernikahan adalah:
~ Masing2 pasangan hrs bisa menerima pasangan dg iklhas apa adanya
~ mental harus siap baik laki dan perempuan
~ Kita harus bisa menerima mertua kita apa adanya "GELEM ANAKE YO GELEM WONG TUANE" (jgn pernah anggap remeh hal ini banyak keluarga bubar gara2 kita gak cocok dg mertua)
~ jika sdh menjadi pasutri jgn pernah menganggap dirimu merasa kuasa dan benar
~ Anggaplah pasanganmu sebagai teman,tempat curhat,pacar,dan menjadi bapak atau ibu bagi anak2mu
~ jgn pernah menunda penyelesaian masalah lebih dari 1 hari
~jgn pernah membicarakan mslh yg serius di dlm kamar
~ Hargailah pendapat pasanganmu masing, jgn pernah menganggap kamu paling benar.
~ Buat mas dan bapak jgn sering menyuruh istri terlalu berlebihan misal maaaa.... bikin kopi dong, maaa... ambilin rokok, maaa... ambilin minum... karena itu akan merasa istri terlalu diperintah. klo terpaksa biasain dg kata2 "tolong" misal: Dik... tlong ambil minum,.... ini akan merasa istri lebih dihargai
~Klo kebetulan pasangan kita satu ras jawa biasakan berbicara dengan "bahasa kromo/bahasa jawa halus". karena ini jarang kita bertengkar dgn kata kasar. contohnya begini:
"Lha paningal panjengan niku mnopo mboten makertos"... bla..bla...bla...
nggak enak khan klo didengerin...
Semoga bermanfaat....

_________________
~"Saat Saya Muda,saya menemukan bahwa 9 dari 10 hal yang saya lakukan gagal.Saya Tidak ingin gagal,maka saya bekerja 10 kali lebih banyak."~
monggo pinarak....!!!
~MY BLOg
~Alat penghemat listrik dan BBM
~Dollar Gratis
Kembali Ke Atas Go down
http://edybawas.blogspot.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   Fri Aug 07, 2009 12:45 am

hirmanto wrote:
Syarate yen arep nikah kui kudu siap terutama mentale. Masalah ekonomi kui menurutku iso menyusul / usaha sambil jalan. Yen awake dhewe arep nikah kok ngandalke supoyo due gawean tetep, gaji tetap, omah mewah lan liya-liyane trus kapan nikahe?? Saiki iso wae wong kui duwe gawean penak, mulyo/gaji dhuwur nanging iso wae kan sesuk wis ora kerjo meneh mergo diPHK, kecelakaan dll. Sing ngandalke duwe omah iso wae sesuk omahe kobongan, keno gempa dll.
Trus mungkin awake dhewe juga mikir lha trus piye sing arep nafkahi bojo yen ora duwe opo2?? Ora perlu kuatir... Kabeh kui wis ono rejekine dewe2. Asal gelem usaha sing halal Insya Allah ono dalan. Lha wong cacing sing ga duwe mripat wae iso mangan, opo meneh menungso sing diparingi kelebihan dibanding makluk liyane..
Mekaten miturut kulo piyambak. Mbok menawi wonten ingkang gadhah pendapat ingkang langkung sae...

pendapat yang bijaksana dan dewasa...
trimakasih buat mas hirmanto...
bahwasannya mentalitas seseorang yang akan menikah amatlah penting sebelum memasuki pernikahan itu sendiri, dengan mental yang telah siap maka dengan sendirinya permasalahan yang kedepannya timbul... lebih lebih dalam bidang ekonomi... seseorang itu tetap yakin dan optimis bahwa akan ada selalu jalan jika mau terus berusaha dan tak lupa berdo'a dan sabar selalu...

top banget mas... di tunggu coment2 lainnya di sub forum wedding... Bagoos
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???   

Kembali Ke Atas Go down
 
DAHULUKAN MENIKAH ATAU EKONOMI???
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Wedding-
Navigasi: