Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Kajian Kader PD Muhammadiyah Gunungkidul

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat


Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Kajian Kader PD Muhammadiyah Gunungkidul   Wed Jul 01, 2009 4:05 pm

Dalam rangka silaturohmi dan pelaksanaan program Majelis Pendidikan Kader Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul Melaksanakan Kajian dengan mengambil tema ” Pendidikan Politik di Tinjau dari Idiologi Muhammadiyah”.

kajian_kader_1

Kegiatan ini bertempat di SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN Jln Wonosari -Yogya Km 3 depan Pool Maju Lancar,dilaksanakan pada hari Ahad 14 Juni 2009.Adapun pemateri pada kajian tersebut adalah : Bp H.Sukasno Spd Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul dan Bp Budiharjo SH.

Dalam sambutannya ketua Panitia sekaligus sebagai ketua Majelis Kader PDM Gunungkidul Al-Ustazd H HERIYANTO menyampaikan beberapa hal antara lain :kajian_kader_3

Acara ini diselenggarakan untuk merealisasi dari program kader dan melibatkan lembaga hikmah karena kebetulan saat acara ini dilaksanakan bersamaan dengan menghangatnya perkembangan politik seputar kampanye pilpres khususnya di kabupaten Gunungkidul dan Indonesia pada umumnya.

Sehingga diharapkan dalam berpolitik tidak meninggalkan idiologi yang ada di Muhammadiyah.Harapan lain dengan kajian ini untuk menggairahkan kehidupan Muhammadiyah di tingkat Cabang an Ranting mengingat Majelis Kader merupakan majelis yang memiliki tanggung jawab moral dalam proses alih kepemimpinan.Selain itu juga sebagai masukan kepada PRM,PCM untuk merekrut kader yang terjun di bidang politik untuk berpolitik sesuai dengan kaidah Muhammadiyah.

Harapan lain kepada seluruh peserta kajian untuk memberi masukan hubungannya dengan perpolitikan saat ini sehingga bisa menjadi masukan bagi perpolitikan saat ini.

Dalam paparannya beliau bapak Budi Harjono menyampaikan beberapa hal antara lain :

* Keikutsertaan masyarakat Gunungkidul dalam bidang politik khususnya keikutsertaan dalam Pemilu masih lebih baik dari masyarakat Amerika serikat.Keikutsertaan masyarakat Gunungkidul saat ini ada 75 % yang menggunakan hak pilihnya,sedangkan masyarakat Amerika Serikat hanya sekitar 60 % yang menggunakan hak pilihnya.
* Biaya operasional partai saat ini yang diberikan oleh pemerintah kepada partai sebesar Rp 20 juta perkursi untuk anggota dewan tingkat kabupaten.
* Tingkat kesadaran berdemokrasi masyarakat Amerika Serikat lebih tinggi dari masyarakat Indonesia hal ini bisa dilihat setelah PEMILU masyarakat Amerika Serikat jarang protes terhadap hasil pemilu tetapi masyarakat Indoesia masih banyak yang mempersoalkan hasil pemilu yang meragukan kejujurannya.
* Bupati Gunungkidul saat ini beliau Bp SUHARTO SH mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pembrantasan korupsi.
* Pendidikan politik sebaiknya sudah diberikan sejak dini dari lingkungan keluarga dan sesuai dengan kedudukan dalam anggota keluarga tersebut.

1. Pemateri Bp Drs Budi Harjono MA
2. Masyarakat kabupaten GK mempunyai prosentase kehadiran sekitar 75 lebih baik daripada AS waktu pemilihan presiden yang hanya sekitar 60
3. Biaya operasional partai satu kursi dihargai Rp 20 juta bantuan dari pemerintah.
4. Kebaikan masyarakat AS dari pada di Indonesia :Masyarakat AS tidak akan protes apapunhasil pemilu
5. Bupati Gunungkidul Bp Suharto mempunyai komitmen yang tinggi untuk membrantas korupsi.
6. Berpolitik sebaiknya diberikansejak usia dini dari cerita 50 tokoh legendaris politik dunia
7. Pendidikan politik di lingkungan keluarga sesuai dengan kemampuan yang ada.

kajian_kader_2PEMATERI AL-USTAZD H SUKASNO SPd memaparkan beberapa hal antara lain:

Penyampaian arti atau makna politik ada tiga hal : 1 . Tipu muslihat 2. Kelicikan 3 Cara atau setrategi utuk mendapatkan sesuati.Dalam paparan berikutnya beliau menyampaiakan bahwa politik yang di anut oleh Muhammadiyah adalah sesuai dengan idiologi Muhammadiyah yang berdasarkan AL-QUR’AN dan AL -HADIST sehingga harus dijauhi hal-hal yang akan merusak umat Islam:

* Kekuasaan yang barokhah itu diniatkan karena Alloh SWT
* Berpegang teguh pada tali Alloh dan jangan bercerai berai.
* Sesama muslim harus saling menyayangi
* Orang Islam satu dengan yang lain adalah satu tubuh atau satu bangunan yang saling menguatkan dan tidak dibenarkan bila saling mengaku paling berjasa.
* Bila masing-masing komponen menonjolkan kelebihannya maka akan mengurangi kekuatan atau malah mungkin menghancurkan bangunan tersebut.
* Harus dibiasakan mendahulukan muslim yang lain dalam bidang hak yang harus didapatkan.
* Muslim yang satu dengan yang lain adalah bersaudara.
* Setiap muslim dilarang menjelek-jelekkan muslim yang lain sebab boleh jadi yang dijelek-jelekkan lebih baik dari yeng menjelek-jelekkan

* Jauhkan dari prasangka berburuk sangka

* Alloh melarang kita memberi sesuatu kepada seseorang karena mengharapa pengembalian yang lebih banyak untuk kita.
* Demokrasi bisa tegak bila ekonomi dan SDM masyarakat sudah kuat .

Masukan-masukan :

Bapak Drs NGADIMIN

* Mengubah karakter masyarakat saat ini perlu kerja keras dan kerjasama berbagai pihak

* Banyak kesadaran masyarakat terhadap pendidikan masih lemah contohnya bila untuk hajatan ,Rasulan mereka rela mengeluarkan banyak dana tetapi untuk memenuhi kewajiban ke sekolah mereka tunda dahulu.
* Daerah -daerah selatan Gunungkidul sudah ada program mengangkat seluruh budaya masyarakat termasuk adat menjadi aset daerah yang akan dikembangkan ke wisata religius budaya.

Bapak ABDUL HAMID SPd;

* Banyak anggota masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan umum karena tertarik uang yang dijanjikan
* Perlunya PDM mengadakan kajian keagamaan secara rutin

Bapak SUMARDI

* Program pembeliaan pengurus Muhammadiyah masih perlu terus dievaluasi
* Banyak gaji pejabat negara yang sangat tinggi ,jangan-jangan sudah ikut memakan rezeki anak cucu kita

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 personil dari unsur PCM dan ORTOM di lingkungan Gunungkidul dan merupakan ajang silaturohmi dan kangen-kangenan diantara kesibukan tugas masing masing pengurus yang menumpuk setiap hari .Demikian sekilas info dari kegiatan Majelis kader PDM Gunungkidul semoga memberi manfaat kepada umat.

13. Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang telah bertemu (bertempur) [185]. Segolongan berperang di jalan Allah dan (segolongan) yang lain kafir yang dengan mata kepala melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati.Q.S AL-Imron ayat 13

sumber http://azzamudin.wordpress.com
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Kajian Kader PD Muhammadiyah Gunungkidul   Tue Jun 05, 2012 8:14 am

teruslah berkarya demi kemaslahatan ummat..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Kajian Kader PD Muhammadiyah Gunungkidul
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: