Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Share | 
 

 SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
abrata
Lurah


Lokasi: jawa timur
Reputation: 1
Join date: 26.08.09

PostSubyek: SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??   Thu Aug 27, 2009 11:54 pm

mhn maaf sblmnya.....

mgkn ono seng iso wenehi jawaban, gmn sih benernya mslh sholat jumat?.. pengalaman saya sih ada yg blg sholat jumat gantinya sholat dhuhur jadi tidak perlu lagi sholat dhuhur.

tapi aneh juga yach..sholat wajib (dhuhur) koq ada penggantinya?...


ayo sederek bagi yang tahu dan paham tolong....saya tggu sharenya...
soalya kayaknya ini belum ada jawaban yang pas dipandang dari alqur`an & hadist...
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas


Lokasi: tangerang- banten
Reputation: 36
Join date: 03.11.08

PostSubyek: Re: SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??   Fri Aug 28, 2009 12:49 am

weleh... iki dudu panggone iki..!!
tapi terserah kang minin lah..!!
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
abrata
Lurah


Lokasi: jawa timur
Reputation: 1
Join date: 26.08.09

PostSubyek: Re: SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??   Fri Aug 28, 2009 7:31 am

weh...sepurane kang lek ngono....aq salah panggonan yo? he he....tapi neng njero forum iki kan areke campur to kang? sopo ngerti enek seng klop kanggo dijak share pengetahuane.. ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
love_gk
KorLap


Lokasi: karangmojo-panggang-jakarta
Reputation: 4
Join date: 14.10.08

PostSubyek: Re: SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??   Fri Aug 28, 2009 11:35 am

saya coba share pak ini jawaban dari Ustadz Ahmad sarwat,Lc :
Apakah Harus Sholat Zhuhur Setelah Sholat Jumat?

Assalamu ''alaikum wr, wb

Pak Ustadz yang dirahmati Allah swt.

Saya ingin bertanya, apa hukum sholat zhuhur setelah sholat Jum''ah. Juga apakah waktu sholat Jum''ah itu dari waktu dhuha sampai sebelum maghrib.

Mohon penjelasannya pak Ustadz.

Wassalam
jawaban

Assalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Apabila seseorang telah menunaikan shalat jumat, maka tidak ada lagi baginya kewajiban untuk melakukan shalat Dzhuhur. Kecuali bila dia tidak mendapatkan shalat jumat, entah karena batal atau karena tertinggal.

Tidak mendapatkan shalat Jumat karena batal adalah seseorang ikut jamaah shalat Jumat, tiba-tiba batal wudhu''nya. Dan tidak ada kesempatan lagi baginya untuk berwudhu lagi untuk kembali ikut shalat meski hanya menjadi masbuk. Maka untuk itu dia harus menunaikan shalat Dhuhur sebagai pengganti shalat Jumat yang batal.

Demikian juga bila alasannya tertinggal, seperti seseorang terlambat datang shalat Jumat danhannya ikut bersama imam setelah imam bangun dari ruku'' pada rakaat kedua. Maka untuk itu dia harus tetap shalat bersama imam, namun selesai imam menutup shalatnya dengan salam, dia harus berdiri lagi untuk menunaikan shalat Dzhuhur empat rakaat.

Adapun bila seseorang telah secara sah melakukan shalat Jumat, tanpa batal atau tertinggal, maka tidak ada lagi kewajiban baginnya untuk shalat Dzhuhur. Dalilnya adalah hadits berikut ini:

Dari Ibnu Abbas ra bawa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila datang waktu siang hari Jum''at maka shalatlah dua rakaat." (HR Ad-Daruqutuny).

Seandainya shalat dhuhur masih wajib, maka Rasulullah SAW tentu tidak memerintahkan hanya dua rakaat saja. Dan apa yang dilakukanbeliauSAW dan para shabatnya juga menunjukkan tidak ada lagi shalat dhuhur setelah shalat Jum''at. Tidak ada satupun yang menyebutkan bahwa ada shahabat yang shalat Dzhuhur setelah shalat Jumat. Jadi tidak ada dalil yang melandasi shalat dhuhur setelah shalat jum''at, karena shalat Jum''at telah mengganti shalat Dhuhur.

Adapun tindakan yang dilakukan oleh beberapa orang untuk shalat Dzhuhur setelah shalat Jumat secara rutin dengan alasan karena takut tidak sah, sebenarnya merupakan tindakan yang patut dipertanyakan. Apa dasar mengatakan takut shalat Jumatnya tidak sah?

Sebagian beralasan karena tidak sah apabila ada beberapa shalat Jumat di tempat yang berdekatan. Misalnya ada dua masjid yang berdekatan menyelenggarakan shalat Jumat. Ada yang meyakini bahwa yang sah hanyalah yang lebih dahulu melakukan shalat Jumat, sedangkan masjid satunya yang tertinggal saat memulai shalat Jumat, diyakini tidak sah. Sehinngga jamaah yang berada di masjid kedua harus melakukan shalat Dzhuhur, karena shalat Jumat yang mereka lakukan tidak sah dalam anggapan mereka.

Sikap seperti ini agak berlebihan dan justru kurang konsekuen. Dikatakan agak berlebihan, karena sebenarnya adanya masjid dan jamaah shalat jumat yang berdekatan dengan jamaah shalat jumat yang lain tidak harus saling menafikan atau membuat tidak sah.

Memang ada sementara pendapat dari beberapa ulama di dalam kitab fiqih klasik yang menekankan pentingnya shalat jumat dilakukan secara berjamaah dalam satu masjid besar, tidak terpecah-pecah menjadi beberapa lokasi yang berbeda.

BahkanAl-Imam Asy-Syafi''i sekalipun tidak pernah diriwayatkan ketika datang ke baghdad yang di sana terdapat beberapa masjid, bahwa beliau melakukan shalat dzuhur setelah melakukan shalat jumat.

Lagi pula, pendapat seperti ini kurang tepat lagi bila dilaksanakan di zaman sekarang, mengingat kita tidak punya masjid yang besar dan mampu menampung orang dalam jumlah besar. Yang kita miliki sekarang ini masjid-masjid kecil namun dalam jumlah yang banyak. Kalau seandainya masjid-masjid itu kurang jamaahnya, memang sebaiknya tidak melaksanakan shalat jumat sendiri. Misalnya, jamaahnya kurang dari 40 orang sebagaimana salah satu pendapat dalam mazhab fiqih.

Akan tetapi fenomena yang terjadi justru sebaliknya, nyaris semua masjid di Jakarta penuh sesak oleh jamaah shalat jumat. Bahkan meskki jumlah masjid sangat banyak di Jakarta ini, namun masjid yang sebanyak itu tetap tidak mampu menampung jumlah peserta shalat jumat yang selalu membludak.

Maka tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa shalat jumat itu tidak sah lantaran diselenggarakan di beberapa masjid yang saling berdekatan. Sehinggga juga tidak ada alasan untuk melakukan shalat Dzhuhur setelahnya karena alasan tadi.

Waktu Jumat adalah Waktu Dzhuhur

Waktu yang benar untuk melakukan shalat jumat adalah waktu Dhuhur. Bila dilakukan di luar waktu Dzhuhur, maka shalat Jumat itu tidak sah. Misalnya dilakukan di waktu Dhuha'', atau di waktu Ashar, maka shalat itu tidak sah sebagai shalat Jumat.

Waktu sholat Jumat adalah sama dengan waktu sholat Zhuhur, yaitu dari tergelincirnya matahari hingga ukuran bayangan sesuatu sama dengannya. Dalil mengenai ketentuan waktu shalat Jumat adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahih Bukhari.

كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلى الجمعة حين تميل الشمس

Dari Anas bin Malik ra bahwa Nabi SAW melaksanakan sholat Jumat ketika matahari condong (tergelincir). (HR Bukhari)

Imam Muslim meriwayatkan dari Salamah bin al-Akwa ia berkata:

كنا نجمع مع رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا زالت الشمس ثم نرجع نتتبع الفئ

Kami melaksanakan sholat jumat bersama Rasulullah SAW ketika matahari telah tergelincir, kemudian kami pulang mengikuti bayangan. (HR Muslim)

Demikian semoga bisa menjadi penambah ilmu dan wawasan.

Wallahu a''lam bishshawab, wassalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

sumber : http://www.ustsarwat.com/search.php?id=1188469868
Kembali Ke Atas Go down
http://etcdanseterusnya.blogspot.com
abrata
Lurah


Lokasi: jawa timur
Reputation: 1
Join date: 26.08.09

PostSubyek: Re: SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??   Fri Aug 28, 2009 9:28 pm

ada dua dalil & hadist coba kita telaah bersama-sama.

dalam Qur`an surat al jumu`ah ayat 9 ""LISHSHOLAATI MIN YAUMIL JUMU'ATI" yang mengandung arti "Untuk mengerjakan sholat pada hari Jum'at". isi kandungan ayat ini mempunyai ketentuan sebagai berikut:
1. Umat Islam di perintahkan mengerjakan sholat selain sholat fardhu yg lima kali yaitu tiap tiap 7 hari sekali.
2. Dalam ayat ini namanya hari disebutkan yaitu yaumul Jum'at.
3. Mengandung ketentuan, tidak boleh di lain hari Jum'at.
4. Mengandung ketentuan, waktunya pada waktu yaumul Jum'at penuh, bukan di waktu pagi, bukan diwaktu tengah hari, bukan di waktu sore, bukan di waktu qoblaz zawal, bukan di waktu ba'daz zawal, atau ba'da Dhuhur bukan di waktu Ashar, melainkan waktunya di yaumil Jum'at.
5. Mengandung ketentuan, bahwa sholat Jum'at itu bukan sholat KULLI YAUMIN WALAILATIN akan tetapi khusus YAUMIL JUM'AT (pada hari jum`at).

"Qoola Rosululloh SAW: "Annalloha ta'aala qod iftarodho 'alaihim khomsa sholawaatin fii kulli yaumin wa lailatin." (An Ibnu Abbas Rowahul Bukhori/jilid I/bab Wujubuz Zakat hal 242)
Bersabda Rosululloh SAW : "Sesungguhnya Alloh Ta'aala itu sungguh sungguh memfardhukan atas mereka lima kali sholat dalam tiap tiap hari dan malam,"
KANDUNGAN DALIL INI
Iftarodho 'alaihim (mewajibkan atas mereka)
Maksud "mereka " adalah mereka orang orang Islam,hamba sahaya, sehat, sakit, tua, muda, musafir, mukim, bangun, tidur, lupa, ingat, dimana saja, keadaan bagaimanapun.
Khomsa sholawatin
(lima kali sholat)
Mengandung ketetapan ketetapan yaitu:
1. Tidak boleh lebih dari lima kali.
2. Tidak boleh kurang dari lima kali.
3. Tidak boleh diganti, baikpun namanya maupun tata caranya.
4. Tidak akan dihapus meskipun satu kali, untuk selama lamanya.
5. Tidak ada rukhshoh bagi sholat fardhu lima kali.
Fikulli yaumin walailatin (dalam tiap tiap hari dan malam)
Dalam kalimat kulli yaumin walailatin mengandung ketentuan:
1. Sholat fardhu lima kali tersebut jelaslah maksudnya sholat fardhu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya', Shubuh, sebab tidak ada sholat fardhu lima kali yang wajib dikerjakan tiap tiap hari kecuali sholat sholat tersebut.
2. Lafadz: KULLI YAUMIN WALAILATIN, tidak menyebut nama hari: Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, hanya disebut tiap tiap hari dan malam. Ini menunjukkan mutlak segala hari dari hari Ahad sampai hari Sabtu. Tidak boleh ada satu hari pun yg boleh kurang dari sholat fardhu lima kali tersebut.

dari kedua dalil & hadist di atas bagaimana pendapat sederek2...?
Kembali Ke Atas Go down
 

SHOLAT JUMAT apa benar pengganti SHOLAT DHUHUR??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Kebatinan, Misteri dan Ghaib-