Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Kiat Jitu Merencanakan Biaya Pendidikan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wiwitprayitno
Warga
avatar

Lokasi : jogja
Reputation : 0
Join date : 06.09.09

PostSubyek: Kiat Jitu Merencanakan Biaya Pendidikan   Sun Sep 06, 2009 9:40 am

Sebagai orang tua, kita pasti setuju bahwa pendidikan mempunyai peranan besar terhadap masa depan anaknya. Sehingga demi mendapatkan pendidikan yang terbaik, maka menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang pendidikan yang paling tinggi adalah salah satu cara agar si anak mampu mandiri secara finansial nantinya.

Namun Banyak orang tua yang sering mengeluhkan betapa mahalnya biaya pendidikan anak saat ini. Mereka pun sangsi apakah kelak mampu menyekolahkan anak-anak hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu terjadi seandainya para orang tua merencanakan biaya pendidikan anak sedini mungkin. Intinya orang tua harus maummenyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan untuk merencanakan biaya pendidikan anak di masa datang.

Cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan ini pun bermacam-macam. Bisa menabung di bank, asuransi, reksadana, atau bahkan dalam bentuk investasi lainnya seperti emas dan tanah. Untuk memudahkan langkah anda dalam melakukan persiapan pendidikan anak, hendakanya Anda sebagai orang tua melakukan hal-hal berikut:

1) Menetapkan tujuan pendidikan anak

Misalnya anak direncanakan melanjutkan dari SD hingga ke perguruan tinggi, kategori sekolah dan perguruan tinggi swasta atau negeri, dan lokasinya di dalam atau di luar negeri.

2) Menghitung biaya sekolah sesuai dengan masing-masing jenjang pendidikan yang direncanakan

Dalam hal ini, Anda harus mempertimbangkan biaya yang akan timbul di kemudian hari (future value) dengan memasukkan asumsi tingkat inflasi per tahunnya. Sehingga nantinya dana yang Anda persiapkan benar-benar akan mengakomodasi biaya yang diperlukan kelak.

3) Sisihkan dana setiap bulannya.


Dana yang disisihkan tentunya harus disesuaikan dengan besarnya dana yang diperlukan berdasarkan point 2 diatas, sehingga dana yang dipersiapkan nantinya bisa mencukupi seluruh biaya pendidikan Anak nantinya.

4) Tentukan tempat/sarana untuk berinvestasi.

Sarana berinvestasi bermacam macam, sesuaikan sarana/tempat investasi Anda dengan profile resiko Anda. Jika bingung memilih sarana investasi, Anda bisa konsultasikan secara GRATIS dengan kami. Dan Jangan lupa sertakan PROTEKSI/ASURANSI didalamnya , karena dengan Asuransi ini ketika terjadi resiko yang tidak diinginkan, dana yang disiapkan untuk dana pendidikan tidak akan terganggu / terpakai untuk keperluan lain.

5) Lakukanlah monitoring secara berkala atas produk yang dipilih.

Langkah ini harus diambil untuk memastikan agar target dana pendidikan yang dinginkan tercapai. Dengan melakukan evaluasi rutin maka akan diketahui apakah rencana Anda sudah terpenuhi tergetnya atau belum, sehingga jika belum dapat segera dilakukan revisi atau rencana perbaikannya. Dengan melakukan perencanaan biaya pendidikan dari sekarang, niscaya tak ada lagi kendala dan keluhan atas biaya pendidikan untuk buah hati Anda kelak.

Apabila anda membutuhkan perhitungan yang lebih detail tentang biaya pendidikan, silahkan hubungi saya. Dengan senang hati saya akan berikan infonya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Salam Cerdas

Wiwit Prayitno, S. Pt, N.Md
08122771607
www.asuransicerdas.comhttp://www.asuransicerdas.com/
Kembali Ke Atas Go down
http://www.asuransicerdas.com/
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Kiat Jitu Merencanakan Biaya Pendidikan   Mon May 28, 2012 9:31 pm


Wiwit Prayitno, S. Pt, N.Md

trimakasih pak..
bahagia rasanya saya dimana forum ini terdapt orang2 seperti anda

monggo postingan2 selanjutnya di tunggu lho hehe... pertamax
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Kiat Jitu Merencanakan Biaya Pendidikan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: CAREER FINANCE AND BUSSINES :: Promo, Info Karir dan Peluang Usaha-
Navigasi: