Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Cara memilih membeli kamera poket digital

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Yuli Purwaningsih
KorLap
avatar

Lokasi : jogjakarta
Reputation : 3
Join date : 13.09.09

PostSubyek: Cara memilih membeli kamera poket digital   Wed Sep 16, 2009 10:09 am

Hai.... smoga semuanya dalam keadaan yg bahagia ya....

Kadang kita merasa bingung menentukan untuk membeli kamera poket digital. Selain terlalu banyak merk yang beredar di pasaran, kita juga dipusingkan oleh bermacam-macam spesifikasi yang memuat fitur-fitur kecanggihan dari kamera tersebut. Saya termasuk orang yang ikut bingung.

Barangkali ada diantara temen-temen yang punya ilmu atau pengetahuan dalam hal memilih kamera yang baik, khususnya kamera jenis poket dan tentunya harganya juga gak mahal. Hahahaha..... biasalah ibu-ibu.... maunya yang hasilnya bagus, kameranya canggih dan bentuknya simple, operasionalnya gampang, dan yang paling penting harganya MURAH (Kalo bisa pas lagi beli ada hadiah lainnya seperti kaos, flashdisk, topi, tas, kekekekekek.......)

Oke temans, smoga ada yang bisa membantu saya. Thanks bangetzzz... yaaa....
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 2:24 am

Yuli Purwaningsih wrote:
Hai.... smoga semuanya dalam keadaan yg bahagia ya....

Kadang kita merasa bingung menentukan untuk membeli kamera poket digital. Selain terlalu banyak merk yang beredar di pasaran, kita juga dipusingkan oleh bermacam-macam spesifikasi yang memuat fitur-fitur kecanggihan dari kamera tersebut. Saya termasuk orang yang ikut bingung.

Barangkali ada diantara temen-temen yang punya ilmu atau pengetahuan dalam hal memilih kamera yang baik, khususnya kamera jenis poket dan tentunya harganya juga gak mahal. Hahahaha..... biasalah ibu-ibu.... maunya yang hasilnya bagus, kameranya canggih dan bentuknya simple, operasionalnya gampang, dan yang paling penting harganya MURAH (Kalo bisa pas lagi beli ada hadiah lainnya seperti kaos, flashdisk, topi, tas, kekekekekek.......)

Oke temans, smoga ada yang bisa membantu saya. Thanks bangetzzz... yaaa....

wah yang masalah gini pakarnya kang Gareng Mba'.....
*nang ndi yoh kang Gareng?*

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 2:40 am

Nyoba copas, sapa tau bisa buat bacaa.. hehehe

Kamera Digital mempunyai jenis yang bermacam-macam dan fitur yang terkadang membuat kita bingung untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Memilih kamera sebenarnya gampang-gampang susah terutama bagi pengguna yang masuk kategori pemula atau amatir. Oleh karena itu, tips ini mungkin bisa berguna bagi calon pengguna kamera sebelum memilih kamera digital yang diinginkan. Berikut beberapa tips sebelum berburu kamera digital.

1. Resolusi
Gambar digital dibuat oleh titik-titik yang disebut piksel. Resolusi ini merujuk pada banyaknya piksel yang bekerja sama membuat suatu foto. Biasanya ditunjukkan oleh horizontal x vertikal. Resolusi 1280x960 memiliki total 1,2 Megapiksel. Semakin besar resolusi akan memproduksi foto yang juga lebih baik.
Sesuaikan resolusi yang ditawarkan dengan pilihan Anda. Biasanya dalam satu kamera tersedia pilihan resolusi yang berbeda. Jika hanya ingin mengirim foto melalui e-mail, resolusi 640x480 sudah memadai. Tapi jika ingin mencetak sebaiknya pilih resolusi yang lebih besar, agar gambar tidak pecah dan buram.

2. Pastikan fitur pendukung lainnya
Sebelum membeli, pastikan kamera digital pilihan Anda memilih beberapa fitur pendukung seperti kemampuan memori tambahan. Ini untuk memperbesar gudang penyimpanan foto Anda.
Jika sesekali menginginkan gambar bergerak, pilih kamera yang mendukung video karena beberapa kamera digital ada yang hanya berkemampuan audio saja. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Video atau audio?
Selain itu perhatikan kemampuan zoom yang ditawarkan. Optical zoom menjadi pusat perhatian ketimbang digital zoom, si peranti kunak yang menyediakan fasilitas croppping dan memperbesar gambar.

3. Lampu kilat (flash)
Rata-rata produk kamera digital dilengkapi dengan lampu kilat yang terintegrasi. Ada yang otomatis atau perlu menekan tombol on untuk menjalankannya. Flash berguna sebagai pendukung cahaya.
Gambar yang diambil dalam kondisi agak gelap dapat tetap tampil maksimal dengan bantuan lampu menyilaukan.
Perhatikan juga apakah si ramping memiliki fitur tambahan seperti pengurang efek mata merah. Beberapa produk juga datang dengan pilihan foto untuk pengambilan gambar di malam hari atau night scene.

4. Layar LCD
Layar LCD di bagian belakang kamera digital memudahkan Anda melihat obyek. Di sini Anda juga bisa melihat dan menghapus gambar yang tidak diinginkan. Pilih layar LCD dengan kandungan resolusi yang cukup besar sehingga warna yang tampil lebih natural. Ukuran layar juga berbeda-beda. Pastikan layar tidak terlalu kecil, sehingga gambar bisa tampil maksimal.

5. Self-timer
Self timer biasanya bisa mencapai 10 detik. Selain memudahkan memotret gambar diri, fitur ini juga berguna untuk mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang kurang karena bisa mengurangi guncangan akibat tekanan pada tombol pengambilan gambar.

6. Daya tahan baterai
Kalau tak ingin kesenangan terputus gara-gara baterai loyo, Anda perlu memperhatikan berapa lama sumber listrik ini bisa bertahan. Memilih baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable) adalah tindakan bijaksana dan lebih hemat.

7.Koneksi
Perhatikan apakah kamera digital Anda bisa berhubungan dengan perangkat digital lainnya seperti televisi, printer, PC atau Mac. Anda akan tertolong dengan adanya USB kabel.
Anda juga bisa mencetak gambar dengan bantuan kabel USB. Beberapa kamera digital sudah mendukung PictBridge yang membuat Anda leluasa mencetak gambar langsung dari kamera digital meski mereknya berbeda.
Adapun keenam vendor yang mempelopori standar terbuka itu adalah Canon, Hewleet-Packard, Seiko Epson Corporation, Olympus Optical Company, Fuji Photo Film Corporation dan Sony Corporation.

8.Kalkulasi harga
Jangan lupa untuk mengkalkulasi harga perangkat pendukung lainnya seperti baterai isi ulang dan adapter AC.

9.Waktu operasi
Pilih kamera digital yang tidak butuh waktu terlalu banyak setelah jeda pengambilan gambar. Selisih waktu 4 hingga 6 detik saja mungkin membuat Anda kurang puas dengan kinerja si ramping.

10.Bandingkan harga dan garansi
Jangan hanya terpikat pada satu toko saja. Kalau ada waktu luang tidak ada salahnya Anda melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli.
Margin keuntungan yang berbeda menjadi sumber mengapa harga yang Anda temui di toko yang satu tidak sama dengan yang lain. Perhatikan juga garansi.

Akhirnya jangan hanya terpikat pada bentuk tubuh yang menggoda tapi perhatikan isi atau fitur yang ada di dalam suatu produk....

sumber : NKC

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
masgareng
Koordinator
avatar

Lokasi : Ciledug, Tangerang, Banten
Reputation : 12
Join date : 16.04.08

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 2:44 am

Sebetulnya saya juga kurang pengetahuan dan informasi tentang hal ini.
Kalau masalah kamera yang bagus dan nggak pasti berbanding lurus dengan harga kamera itu. Semakin mahal semakin bagus. Saya sarankan untuk membeli kamera yang Merk nya sudah terkenal seperti nikon, canon, sony, olympus dll.
Kalau untuk kamera pocket saya milih canon. Sudah 4 tahun saya pakai masih bagus hasilnya. 2 Temen saya pakai merek lain belum ada 2 tahun sudah Rusak.
Kalau sudah kebeli saran saya silahkan juga dirawat kameranya.
Jangan simpan kamera di tempat yang kering. Bisa juga dalam tas kamera disertakan silica gel sehingga kelembapan udara terjaga.
Salaman

_________________
Masgareng Facebook
Salam Thiwul
Kembali Ke Atas Go down
http://facebook.com/masgareng
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 8:18 am

hmmm dapet pencerahan lagi nih.... ajib

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
ibnu suyitno
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta Pusat
Reputation : 2
Join date : 10.02.09

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 11:49 am

Rata2 klo Harga dibawah 1.5 jt (merek ternama SONY, OLYMPUS, CANON, dapatnya kamera yang baterainya AA/Alkalin tapi yang harganya 1.7 JT - 2 JT udah bagus + Megapixelnya 12 MP + memory 4 GB Bateray LITIUM
Kalo duitnya cukup beliaja Panasonix LUMIX yang 1.9 BAGUS BANGETTTTTTTTTTTT... coba liat aku typenya lupa..
Kembali Ke Atas Go down
lekwawan
Lurah
avatar

Lokasi : Cibubur - Semanu
Reputation : 1
Join date : 28.05.08

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 3:05 pm

bener kt mas gareng, sy beli merk samsung, murah sih..!
2 th lalu 1,3 jt sekarang dan rusak, ky nya lensanya !!
klu diservice bisa ga ya ?? opo mending beli baru ??
Kembali Ke Atas Go down
Yuli Purwaningsih
KorLap
avatar

Lokasi : jogjakarta
Reputation : 3
Join date : 13.09.09

PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   Thu Sep 17, 2009 3:26 pm

Mase_ wrote:
Yuli Purwaningsih wrote:
Hai.... smoga semuanya dalam keadaan yg bahagia ya....

Kadang kita merasa bingung menentukan untuk membeli kamera poket digital. Selain terlalu banyak merk yang beredar di pasaran, kita juga dipusingkan oleh bermacam-macam spesifikasi yang memuat fitur-fitur kecanggihan dari kamera tersebut. Saya termasuk orang yang ikut bingung.

Barangkali ada diantara temen-temen yang punya ilmu atau pengetahuan dalam hal memilih kamera yang baik, khususnya kamera jenis poket dan tentunya harganya juga gak mahal. Hahahaha..... biasalah ibu-ibu.... maunya yang hasilnya bagus, kameranya canggih dan bentuknya simple, operasionalnya gampang, dan yang paling penting harganya MURAH (Kalo bisa pas lagi beli ada hadiah lainnya seperti kaos, flashdisk, topi, tas, kekekekekek.......)

Oke temans, smoga ada yang bisa membantu saya. Thanks bangetzzz... yaaa....

wah yang masalah gini pakarnya kang Gareng Mba'.....
*nang ndi yoh kang Gareng?*

Wahduh... maturnuwun mazzz..... infonya kumplit plit plit banget..... Tadinya saya mau beli Sony tapi kan merk itu agak mahal ya.... Trus saya beralih ke Olympus tp kata temen saya hasilnya kurang bagus pemisahan warnanya kurang sip, gitu kata temenku. Lha aku beralih lagi ngincer Kodak easy share kebetulan ada saudaraku yang pake kamera itu lumayan bagus hasil fotonya.
Sekali lagi terima kasih temen2 atas segala bantuannya. Smoga bermanfaat juga bagi yang lain.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Cara memilih membeli kamera poket digital   

Kembali Ke Atas Go down
 
Cara memilih membeli kamera poket digital
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Fotografi-
Navigasi: