Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 7 Keuntungan Menangis!!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
sky_walker
KorLap
avatar

Lokasi : depan komputer
Reputation : 2
Join date : 14.07.09

PostSubyek: 7 Keuntungan Menangis!!   Thu Sep 17, 2009 6:25 am

mudah2 an gak repost..ne dari tetangga..



Siapa bilang menangis tak ada gunanya? Kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak. Tapi jangan salah, menangis dan mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja?

Dikutip dari Beliefnet, ini dia 7 keajaiban yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.

Jadi, tidak apa-apa kalau Anda menangis sesekali.

:sleep:
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Thu Oct 01, 2009 12:45 am

nambahin nich..

Manfaat Menangis

oba ingat ketika Anda bangun dan berhenti menangis setelah jatuh dan terluka? Bagaimana perasaan Anda ketika merasa sedih atau terluka, pasti Anda malu untuk menangis karena takut orang berfikir bahwa Anda cengeng? Anggapan itu harus dibuang jauh-jauh, menangis tidak selalu berarti buruk, karena menangis itu sehat, dan mungkin Anda harus tahu lebih banyak tentang hal itu.

Menangis sering direkomendasikan dokter dan artikel-artikel kesehatan yang sering ditemukan di koran dan majalah. Menangis mungkin cara termudah dan tercepat untuk melepaskan sakit emosional, namun sayangnya tidak dapat diterima masyarakat untuk laki-laki dan perempuan menangis di depan umum. Air mata memiliki manfaat biologi karena ketegangan dilepaskan ketika menangis. Menangis juga meminyaki mata, dan dapat membantu pembersihan fisik yang memungkinkan untuk mengeluarkan toksin tertentu.

Peneliti benar-benar tidak mengerti mengapa menangis begitu besar membawa bantuan pada emosional. Mereka telah menganalisis komponen kimia dari air mata, dan menemukan bahwa air mata menangis berbeda dengan air mata yang berasal dari mata iritasi atau terkena salep.

Air mata dari emosional berisi enzym, immunoglobin, protein dan jenis lainnya. Hipotesa yang mengatakan menangis dapat menyingkirkan bahan kimia dan membuat nyaman pada tubuh adalah benar.

Selain itu menangis mempunyai manfaat emosional, Anda dapat merasa lebih santai dan lega setelah menangis, stres juga dapat dilepaskan ketika menangis, sehingga menangis memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional.

Menangis juga melepaskan zat kimia yang bernama endorphin, yang akan membuat rasa bahagia. Itulah mengapa anda merasa lebih baik setelah menangis.

Ketika Anda merasa tertekan, kecewa, sedih, marah atau emosi negatif apapun, Anda harus mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan rasa tersebut. Jadi, jangan menunggu sampai kesedihan menjadi depresi, menangislah bila diperlukan untuk menjaga tingkat stres dan meningkatkan kesehatan.

http://www.lifestyle.dnaberita.com/Manfaat%20Menangis.php
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 1:16 am

pantes mripatku cepet capek. akeh bakteri karo racun ketok'e. soale ra tau nangis. ngakakk

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
Ripto_wae
KorLap
avatar

Lokasi : Bambu Apus,Ciputat (Cah_Kedungpoh )
Reputation : 3
Join date : 26.06.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 1:03 pm

Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Ini yang kebanyakan orang tahu kalo menangis bisa memberikan keuntungan.
Kembali Ke Atas Go down
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 1:43 pm

menangis melegakan perasaan?

wah pelajarn iki aku durung tau oleh....apap dek gurune mulang iki aku lagi turu ya???

tapi nek pelajaran sing iki...

"Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang"

aku tau diwarahi...dan pada prakteknya ya begitu....sak ngertiku nek sing gampang anagis ki wonge njuur ra kreatif...gampang putus asa lan cepet mati.....
Kembali Ke Atas Go down
Ripto_wae
KorLap
avatar

Lokasi : Bambu Apus,Ciputat (Cah_Kedungpoh )
Reputation : 3
Join date : 26.06.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 2:27 pm

....sak ngertiku nek sing gampang anagis ki wonge njuur ra kreatif...gampang putus asa lan cepet mati.....


Lha... kuwi tanggaku dech cilik'e sering nangis nek njalok jajan kok ra putus asa tetep sering njalok jajan lan ket saiki kok isih...... ngakakk ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 3:19 pm

lha nek nganti gede sih njaluk jajan kwi jenejge ra kreatif ...wis bener kuwi....nek kudune wis gedhe yo mbut gawe to...golek duwit...utawa usaha..men isa ngenehi ..ora mung njaluk terus karo nangis...
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Oct 02, 2009 10:56 pm

siwid wrote:
pantes mripatku cepet capek. akeh bakteri karo racun ketok'e. soale ra tau nangis. ngakakk


bahaya lhoh kang....

malah katanya orng yg biasa menangis umurnya lebih panjang daripada orng yg lebih suka menahan diri untuk tidak menangis, karena mereka menganggap bahwa menangis itu tanda kelemahan terutama bagi kaum pria. maka jangan takut dan malu utk menangis. Untk lebih jelasnya baca "Dahsyatnya Terapi Air Mata tangis karena Allah" sik ngarang lali aku, hee). Bagoos

_________________
"KEEP ISTIQOMAH"
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Sat Oct 03, 2009 1:20 am

Asmaraningtyas wrote:
menangis melegakan perasaan?

wah pelajarn iki aku durung tau oleh....apap dek gurune mulang iki aku lagi turu ya???

tapi nek pelajaran sing iki...

"Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang"

aku tau diwarahi...dan pada prakteknya ya begitu....sak ngertiku nek sing gampang anagis ki wonge njuur ra kreatif...gampang putus asa lan cepet mati.....

Den Ayu wrote:
siwid wrote:
pantes mripatku cepet capek. akeh bakteri karo racun ketok'e. soale ra tau nangis. ngakakk


bahaya lhoh kang....

malah katanya orng yg biasa menangis umurnya lebih panjang daripada orng yg lebih suka menahan diri untuk tidak menangis, karena mereka menganggap bahwa menangis itu tanda kelemahan terutama bagi kaum pria. maka jangan takut dan malu utk menangis. Untk lebih jelasnya baca "Dahsyatnya Terapi Air Mata tangis karena Allah" sik ngarang lali aku, hee). Bagoos


mana nih yang bener? ;)

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Dec 25, 2009 10:43 pm

siwid wrote:
Asmaraningtyas wrote:
menangis melegakan perasaan?

wah pelajarn iki aku durung tau oleh....apap dek gurune mulang iki aku lagi turu ya???

tapi nek pelajaran sing iki...

"Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang"

aku tau diwarahi...dan pada prakteknya ya begitu....sak ngertiku nek sing gampang anagis ki wonge njuur ra kreatif...gampang putus asa lan cepet mati.....

Den Ayu wrote:
siwid wrote:
pantes mripatku cepet capek. akeh bakteri karo racun ketok'e. soale ra tau nangis. ngakakk


bahaya lhoh kang....

malah katanya orng yg biasa menangis umurnya lebih panjang daripada orng yg lebih suka menahan diri untuk tidak menangis, karena mereka menganggap bahwa menangis itu tanda kelemahan terutama bagi kaum pria. maka jangan takut dan malu utk menangis. Untk lebih jelasnya baca "Dahsyatnya Terapi Air Mata tangis karena Allah" sik ngarang lali aku, hee). Bagoos


mana nih yang bener? ;)

Wacanen postingan'e sky_walker plus tambahane kang sacho_eka kwi njuk diteruske ro moco buku "dahsyatnya terapi air mata tangis karena Allah" karangan Hasan bin Muhammad Ba Mu'aibid. Mengko tok simpulno dwe sik bener sik endi?hehe ngakakk.tk kei bocoran isi bkune sitik yow : ketika seseorang menangis, maka ia telah mengeluarkan semua beban yg berhimpitan di dlm hatinya, baik itu emosi, kesusahan hati ataupun kesedihan jiwa.... ajib

_________________
"KEEP ISTIQOMAH"
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Sun Dec 27, 2009 4:19 pm

manut kowe waelah Den Ayu. sesok aku dcritani wae yo. tak karo turon trus dwacakke bukune kuwi mau.


♦sek yo.. tak nangis disek♦ Sad

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
Den Ayu
Koordinator
avatar

Lokasi : Wonosari GK
Reputation : 18
Join date : 23.03.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Wed Jan 06, 2010 10:13 pm

siwid wrote:
manut kowe waelah Den Ayu. sesok aku dcritani wae yo. tak karo turon trus dwacakke bukune kuwi mau.


♦sek yo.. tak nangis disek♦ Sad


yooh...Siiip... ajib

_________________
"KEEP ISTIQOMAH"
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Thu Jan 19, 2012 8:30 pm

biar pabrk tisu juga bisa produksi.. ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Sugiyanti Utami
KorLap
avatar

Lokasi : Banguntapan,Bantul
Reputation : 0
Join date : 14.11.11

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Jan 27, 2012 10:44 pm

Tp betul juga,nek sing ora tau nangiski biasane buandellll tur ngamukan
Kembali Ke Atas Go down
wiwid
HanSip
avatar

Lokasi : Dunia Maya
Reputation : 19
Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Fri Jan 27, 2012 10:50 pm

nangis = mengeluarkan air mata gak yaw?..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Sun Jan 29, 2012 7:18 pm

wiwid wrote:
nangis = mengeluarkan air mata gak yaw?..

biasanya begitu kang..
tapi air mata juga bisa kering lho..

koyo lagune gelandangan.. rhoma irama kae..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
pan65cint4
Koordinator
avatar

Lokasi : Playen
Reputation : 20
Join date : 06.09.10

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Sun Jan 29, 2012 9:36 pm

hemmm..cengeng brarti ya... hehhe lole lole

_________________
Hijauuuuu...!!!. ^_^
Kembali Ke Atas Go down
http://jogjaheritagecity.com
wiwid
HanSip
avatar

Lokasi : Dunia Maya
Reputation : 19
Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   Mon Jan 30, 2012 10:49 am

sacho_eka wrote:


biasanya begitu kang..
tapi air mata juga bisa kering lho..

koyo lagune gelandangan.. rhoma irama kae..

Hemm..
Aq ki saiki yen nangis ora nganggo air mata jew kang..
Opo tekne wis garing yow?..
tapi biyen aq ora cengengan koq..
Wah.. Kudu periksa ki kayane.. Sad
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
Sponsored content




PostSubyek: Re: 7 Keuntungan Menangis!!   

Kembali Ke Atas Go down
 
7 Keuntungan Menangis!!
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Teras Nongkrong-
Navigasi: