Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 2012 dan Teologi Kiamat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2
PengirimMessage
dwikoe
Camat
avatar

Lokasi : cedak kebun Raya Bogor
Reputation : 1
Join date : 19.06.08

PostSubyek: 2012 dan Teologi Kiamat   Fri Nov 20, 2009 11:23 am

First topic message reminder :

hanya meneruskan email dari seorang kawan...


2012 dan Teologi Kiamat

Oleh Luthfi Assyaukanie


Film 2012 yang tengah beredar di bioskop-bioskop dunia adalah film fiksi ilmiah. Ia bukan film teologi atau film tentang agama. Film 2012 mendapat sambutan yang sangat meriah bukan semata karena film itu terkait dengan isu hari kiamat yang diramalkan bakal terjadi pada 2012, tapi karena ia adalah sebuah film bagus yang penuh dengan adegan memukau. Ada banyak film tentang hari kiamat (doomsday) tapi tak banyak yang mendapat perhatian sebesar 2012.

Saya kira, faktor utama yang membuat film itu ditunggu orang adalah karena ia dibuat oleh sutradara kondang spesialis film-film bencana kolosal. Orang yang pernah menonton film Independence Day (1996) dan The Day After Tomorrow (2004), pastilah akan selalu penasaran ingin menonton film-film Roland Emmerich yang lain. Asal tahu saja, ada beberapa film dokumenter dan semi dokumenter yang mengangkat tema 2012, tapi tak ada yang bisa mengungguli karya Emmerich itu.

Roland Emmerich memang dianugerahi Tuhan kepiawaian dalam membuat film-film fiksi ilmiah. Bakatnya sudah muncul sejak ia menjadi mahasiswa University of Television and Film Munich, Jerman. Karya filmnya, The Noah’s Ark Principle (1981) sebagai persyaratan lulus dari universitas itu, mendapat pujian banyak orang. Film berdurasi 1,5 jam itu diputar dalam Berlin International Film Festival pada 1984. Ketika teman-temannya hanya mampu mengumpulkan uang $US 20.000 untuk mendanai film persyaratan lulus yang diwajibkan universitas, dia mampu meraih $US 600.000. Sejak awal, Emmerich seperti sudah dijodohkan dengan uang.

Hal itu juga dibuktikannya dalam 2012. Dalam waktu 3 hari, filmnya sudah meraup uang menutupi modal pembuatannya. Film berbiaya 260 juta itu langsung menguasai daftar film box-office. Tak diragukan lagi, 2012 bakal menjadi mesin uang baru yang semakin melambungkan nama dan kekayaan Emmerich. Dia tahu betul bagaimana mencetak uang lewat film fiksi ilmiah. Dia menoreh sedikit kontroversi tapi menahan kontroversi yang berlebihan.

Salah satunya adalah keengganannya untuk membuat adegan hancurnya Ka’bah di Mekah dalam 2012. Semula, dalam naskah skenario aselinya, ada adegan bahwa Vatikan, kuil Budha, patung Maria, Ka’bah, dan simbol-simbol suci agama dunia digambarkan hancur-lebur ditelan Bumi yang tengah marah. Tapi beberapa teman Emmerich memberi nasihat bahwa umat Islam pasti akan terpancing kalau Ka’bah mereka ikut dihancurkan dalam film itu.

Dia tak mau mengambil resiko dari para penganut agama yang memang punya preseden mudah mengamuk jika simbol-simbol agama mereka disentuh. Emmerich memilih berkompromi: menampilkan Ka’bah dan kaum Muslim yang mengelilinginya sebelum adegan peristiwa kiamat datang. Cerdas!

Tapi dasar umat yang belum dewasa. Meski Emmerich sudah berhati-hati menyikapi agama ini, tetap saja reaksi paling keras datang dari kaum Muslim. Agama-agama lain tidak memberikan reaksi. Para tokohnya sadar bahwa itu adalah film fiksi ilmiah dan tak layak dikomentari secara agama. Tapi, di Indonesia, tak kurang dari MUI memberikan komentar dan merasa waswas dengan film itu. MUI Malang bahkan mengeluarkan fatwa agar umat Islam jangan menonton film 2012. Alasannya: musyrik. Yang lebih tak masuk akal adalah Front Pembela Islam (FPI) yang mengeluarkan pernyataan akan men-sweeping bioskop-bioskop yang memutar film itu.

Kebodohan selalu melahirkan kebodohan yang lain. Fatwa MUI Malang dan ancaman FPI adalah promosi gratis bagi 2012. Alih-alih mengurangi jumlah orang untuk menonton film itu, reaksi mereka malah mengundang orang untuk menyaksikan film itu. Apalagi kalau bukan karena penasaran? Kaedah ini selalu benar: setiap kali ada sebuah buku atau film dilarang, setiap kali pula orang penasaran untuk membaca atau menontonnya.

2012 adalah film fiksi ilmiah, dan bukan film tentang agama. Siapa saja yang pernah belajar sedikit biologi, sedikit fisika, dan sedikit astronomi, pasti tidak susah memahami kalau 2012 adalah film tentang bencana alam, dan bukan tentang eskatologi. Cuma orang kurang wawasan yang menganggap itu film agama. Seluruh adegan bencana dalam film itu bisa dijelaskan secara ilmiah, setidaknya fiksi-ilmiah. Emmerich tidak pernah berpretensi memasukkan Tuhan di dalamnya, karena sains sudah lebih dari cukup menjelaskan semua peristiwa alam.

Kita patut bersyukur bahwa Tuhan menciptakan orang seperti Emmerich yang memiliki tangan Jibril dan mata Israfil dalam membuat film-film bencana kolosal. Hanya dia yang mampu menghadirkan wahana luar angkasa berukuran raksasa di luar imaginasi kita, seperti dalam Independence Day; hanya dia yang mampu memindahkan kutub utara ke New York, Boston, dan kota-kota besar dunia lainnya, seperti dalam the Day After Tomorrow. Kita bersyukur karena Emmerich membantu imaginasi kita membayangkan kerusakan dunia seperti dalam 2012.

Waktu kecil, saya sering membaca komik-komik tentang kiamat, kehidupan surga, dan neraka. Gambaran komik-komik itu sungguh mengerikan dan cukup membuat saya tak enak makan selama tiga hari. Ilustrasi tentang dunia yang porak-poranda karena ditiup terompet Israfil dan manusia yang meregang nyawa dengan lidah menjulur panjang karena ruhnya dicabut-paksa oleh Izrail, sungguh membuat saya takut tidur dan mengalami mimpi buruk berhari-hari. Kiamat dan akhir dunia di komik itu digambarkan begitu seram yang tak kuat ditanggung anak berusia belasan tahun.

Saya menonton film 2012 bersama anak pertama saya yang berusia 13 tahun. Dia sangat menyukai film itu karena asyik sebagai sebuah tontonan. “It’s scary but totally entertaining,” katanya. Dia mengkaitkan film itu dengan akhir dunia, tapi lebih suka memilih penjelasan sains. Menurutnya, dunia begitu luas, pun jika Bumi hancur berkeping-keping, masih ada planet lain. Jika tatasurya hancur, masih ada miliaran bintang lain yang 10 persennya memiliki kemungkinan kehidupan seperti di Bumi.

Tiba-tiba saya ingat perdebatan post-humous antara al-Ghazali dan Ibn Rushd, dua filsuf besar Muslim, tentang dunia. Kata al-Ghazali, dunia tidak abadi. Jika kiamat datang, seluruh isi dunia akan hancur dan itulah akhir dari seluruh kehidupan. Ibn Rushd menyanggah. Menurutnya, alam raya bersifat eternal, ia abadi, seperti abadinya Tuhan. Jika ada kiamat, maka itu adalah kiamat lokal, di Bumi, di Mars, di Jupiter, di Saturnus, dan seterusnya.

Lewat filmnya itu, saya kira, Emmerich ingin mendukung pandangan Ibn Rushd, bahwa seandainya ramalan Suku Maya benar bahwa kiamat akan terjadi pada 2012, itu adalah kiamat lokal yang hanya memorak-morandakan Bumi. Adapun alam raya akan tetap eksis, ada terus menerus untuk waktu yang tak terhingga.
--------------------
Kembali Ke Atas Go down
http://www.elsppat.or.id

PengirimMessage
wiwid
HanSip


Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 3:12 am

adrianGP wrote:
hansipe kwi seng rong rabi,,jojo ge ra wani praone huft

Sabar to ya!
iseh suwi to kiamat e kiy?.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
masipoeng
Camat


Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 12:04 pm

kiamat besar isih suwe, kiamat kecil sudah dekat,.. affraid
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas


Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 1:25 pm

wiwid wrote:
adrianGP wrote:
hansipe kwi seng rong rabi,,jojo ge ra wani praone huft

Sabar to ya!
iseh suwi to kiamat e kiy?.. Very Happy
ngakak opo kwe ngerti kelkelkel
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
wiwid
HanSip


Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 2:19 pm

adrianGP wrote:
ngakak opo kwe ngerti kelkelkel

Ha kae jare kang ipung kiamat besar iseh suwi ngunu koq..
ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
Agus_Gogon
Pengawas


Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 2:21 pm

ojo ngomongne kiamat cah,,aku rong siap,bekelku rong akeh!! Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
wiwid
HanSip


Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 2:49 pm

adrianGP wrote:
ojo ngomongne kiamat cah,,aku rong siap,bekelku rong akeh!! Amiiiin

Boro2 nggo bekel kang..
Hawong nggo bayar utang duso sing wingi2 wae hurong lunas2 koq.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
Agus_Gogon
Pengawas


Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 2:50 pm

makane kwi,,aku rong siap!! huft opo rep sangu gogek ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
widjiume
Camat


Join date : 21.12.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 6:54 pm

sekali lagi tidak ada yang tau, kita persiapkan sebaik mungkin...kita sam2 mempersiapkan sebaik2nya...
Kembali Ke Atas Go down
http://widjiume.web.id
Agus_Gogon
Pengawas


Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 06, 2012 7:01 pm

sundul mbk widji loncat
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 07, 2012 6:49 pm

ge ayo dho siap2 mumpung rung kiamat,..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 07, 2012 7:06 pm

perbanyak ilmu kita,baca alqur,an,sholat,dan mengaji Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Thu Mar 08, 2012 5:33 pm

njih pak guru,..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Sun Mar 11, 2012 7:07 pm

Very Happy
masipoeng wrote:
njih pak guru,..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 12:37 am

sing nduwe utang gek dho dibayar, ndak ditagih ketok akhirat mengko,.. siul
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 4:26 pm

aku seh ndue utang karo dealer,,kurang setahun je poeng huft
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 4:30 pm

aku biyen janji arep rabi ping papat..sing klalok lagi pisan..berrati isih utang ping telu meneh ki... ditagih ora ya mengkone?
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 4:31 pm

Asmaraningtyas wrote:
aku biyen janji arep rabi ping papat..sing klalok lagi pisan..berrati isih utang ping telu meneh ki... ditagih ora ya mengkone?
ngangakk ngangakk ,,,mbah puron sek pripon maleh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 4:34 pm

ora angel...pokoke nadyan sikile kiwa kabeh angger isa nyambel bawang wis cukup.....
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Mon Mar 12, 2012 4:38 pm

Asmaraningtyas wrote:
ora angel...pokoke nadyan sikile kiwa kabeh angger isa nyambel bawang wis cukup.....
ajib
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Tue Mar 13, 2012 5:27 pm

Asmaraningtyas wrote:
aku biyen janji arep rabi ping papat..sing klalok lagi pisan..berrati isih utang ping telu meneh ki... ditagih ora ya mengkone?

ojo semelang ditagih mbah, sing nyaur anak putumu,...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 14, 2012 4:10 pm

lha niku sek tak pikerne,,ko ank putune pripon!!! mesti melu2 huft
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 14, 2012 5:06 pm

yow jelas, alesane nyaur utange mbah kakunge,..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 14, 2012 5:49 pm

mestine,,,ngati2 lho mbah Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 14, 2012 6:28 pm

gek sing gawe konsep utang warisan sapa coba? nek dosa warisan tahu krungu...lha apa saiki wis anan konsep utang warisan po?
Kembali Ke Atas Go down
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Wed Mar 14, 2012 11:49 pm

tinimbangane nang akhirat ditagih, mending utange di wariske,... ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Thu Mar 15, 2012 6:03 pm

loncat sundul
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
masipoeng
Camat
avatar

Lokasi : Sungailiat, Bangka
Reputation : 5
Join date : 16.06.11

PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   Fri Mar 16, 2012 9:30 am

adrianGP wrote:
loncat sundul

sundal-sundul, jambulmu kuwi lho nyokrokki iso kiamat tenan kie mengko,... ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.masipoeng.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: 2012 dan Teologi Kiamat   

Kembali Ke Atas Go down
 
2012 dan Teologi Kiamat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 2Pilih halaman : Previous  1, 2

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Teras Nongkrong-
Navigasi: