Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 kawin muda

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
erwan efendi
Koordinator


Lokasi : Indramayu Asli Ngleri Playen GK Ngayogyokarto Hadiningrat
Reputation : 2
Join date : 14.05.09

PostSubyek: kawin muda   Tue Dec 22, 2009 3:08 pm

First topic message reminder :

menurut warga Wonosari semua,,saya mau tanya.
mungkin d kota besar udah lazim untuk menikah d masa belia? namun apakah pantas kita disini menikah d mas muda?

mohon pencerahannya..........!!!

_________________
From :


FB = http://www.facebook.com/erwan.efendi

Blog 1 = http://artimagesq.blogspot.com/
Blog 2 = http://websfendyc.blogspot.com/
Blog 3 = http://blo99uru.blogspot.com/

Web's Fendy'c

Trim's
Kembali Ke Atas Go down
http://blo99uru.blogspot.com/

PengirimMessage
rizky
Pengawas


Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed Jan 26, 2011 7:25 pm

Asmaraningtyas wrote:
nek ana sing isih 20 an aku ya gelem kiye....lagi siji neng omah.... :lol:
kathik nyebutno siji ki, emang gek arep piro to mbah...
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
Asmaraningtyas
Camat


Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed Jan 26, 2011 8:39 pm

sunahe papat..neng omah lagi siji nek ana sing muda tur gelem, aku ya siap asal cahe gelem loh ya dudu geleman.... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
rizky
Pengawas


Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Thu Jan 27, 2011 10:32 am

Asmaraningtyas wrote:
sunahe papat..neng omah lagi siji nek ana sing muda tur gelem, aku ya siap asal cahe gelem loh ya dudu geleman.... Very Happy
huhahahaha njih njih njih
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
pan65cint4
Koordinator


Join date : 06.09.10

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun May 01, 2011 4:39 pm

Boleh aja sih...asal bisa mencukupi lahir dan batin.......tur menuru agama dan hukum sah....
Kembali Ke Atas Go down
http://jogjaheritagecity.com
Asmaraningtyas
Camat


Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun May 01, 2011 5:52 pm

lahir isnyallah gampang bathin? ehhh..........................
lha luwih gampang kuwi...siap setiap saat.....
Kembali Ke Atas Go down
lisol
KorLap


Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 04, 2011 1:01 pm

nikah muda??

boleh saja, asalkan siap dgn segala tanggungjawab dan resikonya.
krn seperti yg kita tahu, jiwa muda kadang masih labil, kasarnya masih hobi "ngelayap, maen".
padahal yg namanya menikah setahu sya adalah penyatuan dua manusia beserta segalanya (keluarga, tradisi, sifat, karakter, dll) dan itu tidak mudah.
butuh waktu utk bisa beradaptasi dg semuanya.
kematangan diri diperlukan sbg modal utama utk menikah. memang bukan umur yg menentukan.

menikah jg bukan sekedar mau memiliki keturunan, tapi lebih pada bagaimana bisa berproses bersama dlm sebuah komitmen yg dinamakan keluarga.
hal ini akhirnya mengantarkan dua orang tsb pada proses berjalan bersama dgn segala perbedaan yg ada.

jdi, nikah muda sah asal jangan sampai melimpahkan berbagai tanggungjawab pada orang lain, terutama keluarga.

ajib
Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
Asmaraningtyas
Camat


Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 04, 2011 4:16 pm

mula ya neek rep nikah ya karo sing pengalaman kaya aku ngene iki...ben ora kakayan masalh
Kembali Ke Atas Go down
lisol
KorLap


Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Thu May 05, 2011 12:00 am

belum tentu mbah,, justru dg yg pengalaman bsa mendatangkan masalah. krn ada perbedaan prinsip. yg muda ngeyel, yg tua sok tau...so, hanya timbul perdebatan to mbah?...hehehehe
Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
wahyun
Koordinator


Join date : 20.03.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon May 09, 2011 3:36 pm

sing penting mah sampun gadhah ilmu kerumahtanggaan, sampun paham hak dan kewajiban suami istri..ampun ngantos namung kepengen2 tok tapi dereng gadhah ilmu, njuk nekat nikah..alhasil boten sakinah mawahdah warohmah Very Happy

bolehlah mencari yg rupayan, yg hartawan, yang konglomeratan, tapi pertama sebelum itu semua adalah carilah yang bagus agamanya Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
lisol
KorLap


Lokasi : rongkop
Reputation : 1
Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 11, 2011 12:28 am

beragama yg bagus itu yg seperti apa ya mbk koor?
mbok sya tolong diberi indikatornya...trs apakah memang menjamin jika agama bagus pernikahan mudanya jd berhasil?
terimakasih...
Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 11, 2011 6:38 am

duwe agama sing apik kuwi lis indikatore mung ana telu;
siji, ngerti maksude ilmu agamane mumpuni. loro, diyakini ana sak jroning ati. ngerti ning ra yakin kwi ra jangkep. telu, dilakoni, ilmu agama sing dingerteni lan diyaikini kudu dilakoni utawa diamalake ana ing madyaning bebrayan agung, ana ing panguripan sadina dina. nek wus jangkep telu iku tartamtu agamane wong kuwi wis apik....kaya agamane mbahmu iki......
Kembali Ke Atas Go down
lisol
KorLap


Lokasi : rongkop
Reputation : 1
Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 11, 2011 1:48 pm

oke mbah,, nuwun penjelasannya...
lalu apakah itu mampu menjamin keutuhan dan kebahagiaan kalo nikah muda??
Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 11, 2011 3:54 pm

pengaruhe ana tur positif ning sepira aku rung tau nganakake panaliti....nduk...
ning nek ana aku sih gelem ki nikahi cah enom.... Very Happy
nggo cadangan nek mbahmu wedok lagi ngambek.....
Kembali Ke Atas Go down
lisol
KorLap


Lokasi : rongkop
Reputation : 1
Join date : 30.03.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon May 16, 2011 12:23 pm

walah2...
tapi kenapa jadi ngobrol berdua lagi mbah?hehehe...
Kembali Ke Atas Go down
http://dewbelajarmenulis.blog.com
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Wed May 18, 2011 9:25 pm

yo embuh..... do slamet to nduk?
Kembali Ke Atas Go down
erwan efendi
Koordinator


Lokasi : Indramayu Asli Ngleri Playen GK Ngayogyokarto Hadiningrat
Reputation : 2
Join date : 14.05.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 1:23 pm

gak perlu tak takokne meneh, lha wong aku wis rabi jew... xixixixixi ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://blo99uru.blogspot.com/
gimbik
Pengawas


Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 2:51 pm

weh weh ono seng mojok ra konangan
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
Agus_Gogon
Pengawas


Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 3:32 pm

lisol wrote:
nikah muda??

boleh saja, asalkan siap dgn segala tanggungjawab dan resikonya.
krn seperti yg kita tahu, jiwa muda kadang masih labil, kasarnya masih hobi "ngelayap, maen".
padahal yg namanya menikah setahu sya adalah penyatuan dua manusia beserta segalanya (keluarga, tradisi, sifat, karakter, dll) dan itu tidak mudah.
butuh waktu utk bisa beradaptasi dg semuanya.
kematangan diri diperlukan sbg modal utama utk menikah. memang bukan umur yg menentukan.

menikah jg bukan sekedar mau memiliki keturunan, tapi lebih pada bagaimana bisa berproses bersama dlm sebuah komitmen yg dinamakan keluarga.
hal ini akhirnya mengantarkan dua orang tsb pada proses berjalan bersama dgn segala perbedaan yg ada.

jdi, nikah muda sah asal jangan sampai melimpahkan berbagai tanggungjawab pada orang lain, terutama keluarga. ingikut neng lisol

ajib
coming good
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
case_me
KorLap


Lokasi : Semanu-Wonosari-Jogja (PP)
Reputation : 0
Join date : 06.06.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 3:52 pm

nikah dini kereeeeeeeeen...kata haikal siregar dalam buku nya itu...

kedewasaan seseorang tidak di ukur dengan umur,
soal rejeki semua sudah ada jatahnya sendiri2,,

tapiiiiii...yang perlu di perhatikan adalah masalah reproduksi nya, diusia mana reproduksi sudah siap...karena itu juga bahaya untuk kesehatan....
selain itu pernikahan juga harus dipertimbangkan dengan mateng, apalagi pernikahan dini,

karena di gunungkidul katanya tingkat perceraian masih sangat tinggi, dan itu sebagian besar penyebabnya adalah ekonomi dan nikah usia muda, yg blm mateng secara emosional... loveFKOG
Kembali Ke Atas Go down
http://www.kiezme.wordpress.com
gimbik
Pengawas


Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 4:20 pm

xixixixix..........anggere ojo dadi wedi rabi lhoooo cmiiw
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
Entong
Warga


Lokasi : wonosari
Reputation : 0
Join date : 09.06.11

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 8:59 pm

Ayo sik durung kawin gek kawin mumpung usum adem,,,,
Kembali Ke Atas Go down
wahyun
Koordinator


Lokasi : jogja
Reputation : 2
Join date : 20.03.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jun 12, 2011 11:01 pm

Asmaraningtyas wrote:
sunahe papat..neng omah lagi siji nek ana sing muda tur gelem, aku ya siap asal cahe gelem loh ya dudu geleman.... Very Happy

kok sepemahamane kulo boten sunah hukume beristri 4...tapi "mubah" utawi pareng kemawon...asal...saget adil.

kualitas agama niku no 1. amargi tiyang ingkang....[ngge bahasa indonesia kemawon nggih hhe]....seseorang yang agamanya bagus, menikah dan mencintai pasangannya tidak semata-mata karena cantiknya ataupun pertimbangan relatif lainnya..tapi lebih dari itu yaitu menjadikan pernikahannya sebagai ibadah. insyaalloh barokah, sakinah, mawahdah, warohmah...bukan untuk pemenuhan kebutuhan biologis semata
loncat
Kembali Ke Atas Go down
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 13, 2011 1:02 am

iya benr dik wahyun..lha aku nikah ki ya arep tak nggo ngibadah kok...nek bojone papat artine aku wis nyambung paseduluran marang patang kelu arga 9silaturahmine mlaku. ibadah kuwi... nek bojo papat duwe anak loro loro artine anak wolu..nggolekke pangan wong wolu tambah papat dadi rolas... waduh (kuat ora ya?) iku super ibadah.... lha nek mung pingin kebutuhan biologis rak ya ra perlu rabi papat...jajan akeh sing adol..luwih murah... naging rak kuwi dosa mula dalan sing apik ya kanthi rabi... papat ya ra papa nek kuat....
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 13, 2011 8:51 am

wahyun wrote:
Asmaraningtyas wrote:
sunahe papat..neng omah lagi siji nek ana sing muda tur gelem, aku ya siap asal cahe gelem loh ya dudu geleman.... Very Happy

kok sepemahamane kulo boten sunah hukume beristri 4...tapi "mubah" utawi pareng kemawon...asal...saget adil.

kualitas agama niku no 1. amargi tiyang ingkang....[ngge bahasa indonesia kemawon nggih hhe]....seseorang yang agamanya bagus, menikah dan mencintai pasangannya tidak semata-mata karena cantiknya ataupun pertimbangan relatif lainnya..tapi lebih dari itu yaitu menjadikan pernikahannya sebagai ibadah. insyaalloh barokah, sakinah, mawahdah, warohmah...bukan untuk pemenuhan kebutuhan biologis semata
loncat

ajib

dari pribadi yang berkwalitas akan terbentuk rumah tangga yang berkwalitas... dari sekian banyak rrumah tangga berkualitas terbentuklah sosial masyarakat yang berkwalitas pula.. dan dari sosial masyarakat yang berkwualitas akan lahir lah sebuah tatana kenegaraan yang kuat juga..

tinggal mau pake parameter apa definisi kwalitas itu..??
ya tentunya bagi saya yang utama adalah kwalitas nilai aqwidahnya..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 13, 2011 8:56 am

nikah muda ra popo sing penting rukun dan syaratnya terpenuhi..

GITU AJA KOK REPOT..

wedangan sek
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Agus_Gogon
Pengawas


Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: kawin muda   Thu Jun 23, 2011 2:46 pm

Asmaraningtyas wrote:
iya benr dik wahyun..lha aku nikah ki ya arep tak nggo ngibadah kok...nek bojone papat artine aku wis nyambung paseduluran marang patang kelu arga 9silaturahmine mlaku. ibadah kuwi... nek bojo papat duwe anak loro loro artine anak wolu..nggolekke pangan wong wolu tambah papat dadi rolas... waduh (kuat ora ya?) iku super ibadah.... lha nek mung pingin kebutuhan biologis rak ya ra perlu rabi papat...jajan akeh sing adol..luwih murah... naging rak kuwi dosa mula dalan sing apik ya kanthi rabi... papat ya ra papa nek kuat....
,,,kulo mboten mbayangne,,gek nggolek e nafkah pripon mbah!!nopo kuat huft
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
mamas wahyu
Warga


Lokasi : SMg kali ne banjir
Reputation : 0
Join date : 27.06.11

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 27, 2011 9:11 am

sacho_eka wrote:
nikah muda ra popo sing penting rukun dan syaratnya terpenuhi..

GITU AJA KOK REPOT..

wedangan sek

shakehand Setuubuuhhh ..gan
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 27, 2011 1:09 pm

Asmaraningtyas wrote:
duwe agama sing apik kuwi lis indikatore mung ana telu;
siji, ngerti maksude ilmu agamane mumpuni. loro, diyakini ana sak jroning ati. ngerti ning ra yakin kwi ra jangkep. telu, dilakoni, ilmu agama sing dingerteni lan diyaikini kudu dilakoni utawa diamalake ana ing madyaning bebrayan agung, ana ing panguripan sadina dina. nek wus jangkep telu iku tartamtu agamane wong kuwi wis apik....kaya agamane mbahmu iki......

haiyah lhakok PD men tho yo??
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Agus_Gogon
Pengawas


Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Jun 27, 2011 4:52 pm

nek kui buru2 hora miker,nuruti hawa nafsu to tembak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
dedik cahyono
Camat


Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Thu Sep 22, 2011 6:16 pm

ngejek Menikahlah jika kamu sudah merasa "mampu" dan berpuasalah jika kamu blm merasa "mampu"..

_________________
sak beja-bejane wong lali, iseh bejo wong kang eling lan waspodo
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
Mochamad Nurahyani
Camat


Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Thu Sep 22, 2011 7:25 pm

"lebih cepat lebih baik" Jare e pak yusuf kalla


____________________________________________-
toko muslim ** Mixer Roti ** Subur Kandungan
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
rangga81
Warga


Lokasi : jateng
Reputation : 0
Join date : 30.10.11

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Oct 30, 2011 7:08 pm

nikah muda mboten nopo2 sing penting siap lahir batine.........


_________________
loveFKOG
Kembali Ke Atas Go down
Mochamad Nurahyani
Camat


Lokasi : http://toko-muslim.web.id
Reputation : 9
Join date : 01.10.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Oct 30, 2011 7:41 pm

insyaAlloh siap kang....

_________________
tersipumalu tersipumalu tersipumalu  joz 
Jual mesin Mixer Roti dan donat MurahJual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Jual mesin Mixer Roti dan donat MurahJual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Jual mesin Mixer Roti dan donat MurahJual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Jual mesin Mixer Roti dan donat MurahJual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Jual mesin Mixer Roti dan donat MurahJual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Jual mesin Mixer Roti dan donat Murah
Kembali Ke Atas Go down
http://toko-muslim.web.id
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Oct 30, 2011 11:10 pm

lha kabeh wong siap...sing arep dirabi kuwi gelem ora?
Kembali Ke Atas Go down
alventa
Pengawas


Lokasi : http://instaforex.com/
Reputation : 5
Join date : 24.06.11

PostSubyek: Re: kawin muda   Mon Oct 31, 2011 8:45 am

Nikah mudah tidak apa-apa asalkan sudah ok.....lole

_________________
Join with InstaForex | Indonesian Forex Forum |
Follow us on FaceBook | Keep Learning and Doing |
Kembali Ke Atas Go down
http://instaforex.com/
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Fri Jan 27, 2012 7:23 pm

Asmaraningtyas wrote:
lha kabeh wong siap...sing arep dirabi kuwi gelem ora?
ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

bondho rupo pas pasan jew... ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
wiwid
HanSip


Lokasi : Dunia Maya
Reputation : 19
Join date : 09.08.09

PostSubyek: Re: kawin muda   Fri Jan 27, 2012 9:01 pm

Aq urung siap..
Ora apik kawin muda kiy..
siul
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
sacho_eka
Pengawas


Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jan 29, 2012 7:16 pm

wiwid wrote:
Aq urung siap..
Ora apik kawin muda kiy..
siul

jare kata pepatah hidup itu pilihan kok kang...!
dan setiap pilihan ada konsekwensinya..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
pan65cint4
Koordinator


Lokasi : Playen
Reputation : 20
Join date : 06.09.10

PostSubyek: Re: kawin muda   Sun Jan 29, 2012 9:44 pm


Kenapa Harus Menikah?. Pernikahan merupakan perjanjian perkawinan yang dilaksanakan oleh dua orang (Pria dan Wanita) dengan tujuan meresmikan ikatan perkawinan secara hukum agama, hukum negara, dan hukum adat. Apabila seorang Pria maupun Wanita sedang menjalan asmara, alangkah lebih baik jika meneruskannya ke jenjang pernikahan. Kenapa harus nikah? Padahal tanpa nikah pun saya juga bisa memiliki pasangan. OOOOwww Itu Salah.
Perlu Anda ketahui, pada dasarnya manusia adalah mahluk “Zoon Politicon” artinya manusia selalu bersama manusia lainnya dalam pergaulan hidup dan kemudian bermasyarakat. Hidup bersama dalam masyarakat merupakan suatu gejala yang biasa bagi manusia dan hanya manusia yang memiliki kelainan saja yang ingin hidup mengasingkan diri dari orang lain. Salah satu bentuk hidup bersama yang terkecil adalah keluarga. Keluarga ini terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak yang terbentuk karena perkawinan.
Di dalam Agama Islam, perkawinan merupakan fitrah manusia agar seorang muslim dapat memikul amanat tanggung jawabnya yang paling besar di dalam dirinya terhadap orang yang paling berhak mendapat pendidikan dan pemeliharaan. Di samping itu perkwinan memiliki manfaat yang paling besar terhadap kepentingan-kepentingan sosial lainnya. Kepentingan sosial itu adalah memelihara kelangsungan jenis manusia, memelihara keturunan, menjaga keselamatan masyarakat dari segala macam penyakit yang dapat membahayakan kehidupan manusia serta menjaga ketentraman jiwa.

Selain memiliki faedah yang besar, perkawinan memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu membentuk suatu keluarga yang bahagia, kekal abadi berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini sesuai dengan rumusan yang terkandung dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1974 pasal 1 bahwa: “Perkawinan merupakan ikatan lahir dan batin antara seorang wanita dengan seorang pria sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”.
Untuk lebih detail mengetahui Alasan Kenapa Harus Menikah, di bawah ini duniabaca.com kutip dari Buku Catatan Seorang Blogger, Alasang Mengapa Harus Menikah.
Melengkapi agamanya
Barang siapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi. (HR. Thabrani dan Hakim).
Menjaga kehormatan diri
Wahai para pemuda! Barang siapa diantara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih mudah menundukkan pandangan dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barang siapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia puasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya. (HSR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasaiy, Darimi, Ibnu Jarud dan Baihaqi).
Senda guraunya suami-istri bukanlah perbuatan sia-sia
Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang. (Buku Adab Az Zifaf Al Albani hal 245; Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah no. 309).
Hidup berkeluarga merupakan ladang meraih pahala
Hubungan Intim / Bersetubuh dengan istri termasuk sedekah
Pernah ada beberapa shahabat Nabi SAW berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka bisa shalat sebagaimana kami shalat; mereka bisa berpuasa sebagaimana kami berpuasa; bahkan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Beliau bersabda, “Bukankah Allah telah memberikan kepada kalian sesuatu yang bisa kalian sedekahkan? Pada tiap-tiap ucapan tasbih terdapat sedekah; (pada tiap-tiap ucapan takbir terdapat sedekah; pada tiap-tiap ucapan tahlil terdapat sedekah; pada tiap-tiap ucapan tahmid terdapat sedekah); memerintahkan perbuatan baik adalah sedekah; mencegah perbuatan munkar adalah sedekah; dan kalian bersetubuh dengan istri pun sedekah.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, kok bisa salah seorang dari kami melampiaskan syahwatnya akan mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Bagaimana menurut kalian bila nafsu syahwatnya itu dia salurkan pada tempat yang haram, apakah dia akan mendapatkan dosa dengan sebab perbuatannya itu?” (Mereka menjawab, “Ya, tentu.” Beliau bersabda,) “Demikian pula bila dia salurkan syahwatnya itu pada tempat yang halal, dia pun akan mendapatkan pahala.” (Beliau kemudian menyebutkan beberapa hal lagi yang beliau padankan masing-masingnya dengan sebuah sedekah, lalu beliau bersabda, “Semua itu bisa digantikan cukup dengan shalat dua raka’at Dhuha.”) (Buku Adab Az Zifaf Al Albani hal 125).
Pahala memberi contoh yang baik
“Siapa saja yang pertama memberi contoh perilaku yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan pahala kebaikannya dan mendapatkan pahala orang-orang yang meniru perbuatannya itu tanpa dikurangi sedikit pun. Dan barang siapa yang pertama memberi contoh perilaku jelek dalam Islam, maka ia mendapatkan dosa kejahatan itu dan mendapatkan dosa orang yang meniru perbuatannya tanpa dikurangi sedikit pun.” (HR. Muslim, Buku Riyadush Shalihin Bab Orang yang pertama kali melakukan kebaikan atau kejahatan.)
Bagaimana menurut Anda bila ada seorang kepala keluarga yang memberi contoh perbuatan yang baik bagi keluarganya dan ditiru oleh istri dan anak-anaknya? Demikian juga sebaliknya bila seorang kepala keluarga memberi contoh yang jelek bagi keluarganya?
Seorang suami memberikan nafkah, makan, minum, dan pakaian kepada istrinya dan keluarganya akan terhitung sedekah yang paling utama. Dan akan diganti oleh Allah, ini janji Allah.
Dari berbagai alasan mengapa harus menikah di atas, kiranya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda “Kenapa Harus Menikah?”. Mudah-mudahan dari artikel ini dapat membuka hati kita khususnya yang sedang menjalin pacaran untuk segera melanjutkan ke pelaminan, jika memang sudah siap lahir dan batin. Dan bagi Anda yang belum mempunyai pacar atau calon suami/istri, Anda bisa mencarinya di Kontak Jodoh. Semoga bermanfaat.
Sumber

_________________
Hijauuuuu...!!!. ^_^
Kembali Ke Atas Go down
http://jogjaheritagecity.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: kawin muda   

Kembali Ke Atas Go down
 
kawin muda
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Coerhat-
Navigasi: