Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul

Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09





PostSubyek: Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul   Sun Jan 03, 2010 6:13 pm

Lihat gambar ukuran penuh
Tanaman Jagung mulai tumbuh ,dan mengurangi beli makan ternak di Gunungkidul

Hujan yang mulai merata di Gunungkidul walaupun sempat tidak ada hujan beberapa hari,akhirnya turun juga.Sempat beberapa daerah melaksanakan Sholat Istisqo' untuk minta hujan pada Alloh SWT karena agak beberapa lama tidak turun hujan dan Alkhamdulillah hujan mulai turun kembali sehingga membuat tanaman yang hampir mati hidup kembali.Hal ini selain membuat petani lega juga tanaman-tanaman ada harapan untuk hidup dan berkembang,tidak terkecuali tanaman jagung yang menjadi andalan warga Gunungkidul.Tanaman jagung yang mulai tumbuh saat ini sudah bisa mengurangi pengeluaran petani dan peternak keluarga dari beban membeli makanan ternak sapi.

Sebelum tanaman jagung tumbuh maka setiap peternak sapi harus mengeluarkan minimal sepuluh ribu rupiah per ekor sapi untuk membeli hijaun ternak , tetapi saat ini pengeluaran tersebut sudah bisa terkurangi hampir separuhnya.Ditambah makanan ternak yang berujud rumput kolonjono juga muali bisa untuk makan ternak sehingga hal ini akan mengurangi beban peternak pula dalam membeli makanan ternak.

Makanan ternak yang mulai tersedia di pekarangan maupun ladang maka akan berpengaruh pada harga kambing maupun sapi yang mulai merangkak naik seiring dengan kebiasaan peternak yaitu menjual sapi atau kambing menjelang Hari Raya Idul Adha dan membelikan bibitnya setelah hujan turun dan tersedia makanan ternak milik sendiri.Pasar-pasar Hewan di Siyonoharjo Logandeng Playen dan pasar Munggi Semanu mulai diramaiakn oleh para pembeli ternak untuk dipelihara sendiri di musim penghujan ini.

Walaupun begitu masih ada sebagaian peternak sapi khususnya peternak sapi penggemukan yang pakan ternaknya masih membeli dikarenakan tidak cukup lahan untuk menanam pakan hijauannya, tetapi hal ini diantisipasi oleh peternak penggemuk dengan makanan tambahan yaitu bekatul serta ampas tahu yang di dapat dari pengrajin tahu maupun penggilingan gabah / beras.`

Semoga Alloh SWT menurunkan rezekinya khususnya rezeki hujan pada masyarakat Gunungkidul sehingga cadangan makanan ternak di Gunungkidul dapat tercukupi dari para petani sendiri serta harapan panen jagung,padi maupun palawija juga dimiliki masyarakat Gunungkidul.
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
karangkobar
eRTe
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 13.02.10

PostSubyek: Re: Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul   Tue Feb 23, 2010 6:42 pm

".................... Semoga Alloh SWT menurunkan rezekinya khususnya rezeki hujan pada masyarakat Gunungkidul sehingga cadangan makanan ternak di Gunungkidul dapat tercukupi dari para petani sendiri serta harapan panen jagung,padi maupun palawija juga dimiliki masyarakat Gunungkidul."

Amin. Amin. Amin.

Bbrp tahun yl (kemarau) saya pernah lihat truk seputar Jl K Urang sedang isi hijau-hijauan. Saat petugasnya ditanya bilangnya utk pakan sapi-ternak di GK.
Mestinya biaya akan lalu mahal Mas ya?

Salam,
Karangkobar.

PS
Saya pernah ke pantai Ngrenean. Uih jalannya "serem", naik turun dimana saat pas mau menuruni punggung bukit yang bisa dilihat lagi tinggal langit. Ya tinggal klakson-klakson saja sambil berdoa semoga didepan kenderaan kami ga ada "lawan". Sudah itu, edan, para nom-noman naik sepeda-motornya ngebut-ngebut, ga pakai helm dan kebanyakan curi jalan. Nah masalahnya adalah selama perjalanan yang dilihat ijo-royo-royo. Pemandangan kiri-kanan jalan jan indah banget. Namun ya lalu super hati-hati (klakson on berkali-kali) karena disamping yang curi jalan, bah, mercungul pikulan yang bawa pakan dari gerumbulan kehijauan.
Kembali Ke Atas Go down
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Re: Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul   Tue Feb 23, 2010 9:50 pm

Assalamu 'alaikum wr wb

Terima kasih atas kunjungannya Insya Alloh Gunungkidul di musim penghujan sudah ijo royo-royo walaupun di musim kemarau agak kering.Monggo dimanfaatkan wisata di Gunungkidul termasuk wisata Gua yang banyak sekali jumlahnya.

Wassalamu 'laikum wr wb
------------------------------------
http://azzamudin.wordpress.com
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul   

Kembali Ke Atas Go down
 
Beban membeli pakan ternak sapi mulai berkurang di Gunungkidul
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kekayaan Daerah-
Navigasi: