Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Dipuji, Batasi Anak Nonton TV dan Komputer

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Dipuji, Batasi Anak Nonton TV dan Komputer   Thu Mar 04, 2010 3:33 pm

Membatasi anak menonton TV kenyataannya menghasilkan hubungan yang lebih kuat antara kaum muda, teman, dan orangtua mereka

Hidayatullah.com--Orangtua yang tak mengizinkan anak mereka terlalu lama duduk di depan televisi atau komputer, mendapat pujian oleh satu studi yang mengaitkan terlalu lamanya remaja berada di depan layar dengan gangguan yang berhubungan dengan orang lain.

Temuan studi itu, yang disiarkan di dalam Archives of Pediactric and Adoliescent Medicine, terbitan Maret, mesti kembali meyakinkan orangtua yang merasa bersalah setelah melucuti anak mereka dari hiburan yang dinikmati rekan sebaya mereka, kata pemimpin penulis studi tersebut Dr Rose Richards dari University of Otago.

“Temuan kami memberi jaminan baru bahwa tak apa-apa untuk membatasi anak menonton TV,” kata Rose, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters Health. “Pada kenyataannya, itu mungkin menghasilkan hubungan yang lebih kuat antara kaum muda, teman mereka dan orangtua mereka.”

Studi tersebut dilandasi atas Studi Perkembangan dan Kesehatan Multidisiplin Dunedin dan Studi Pola Hidup Pemuda yang dilaksanakan oleh universitas itu pada 1980-an lalu pada 2004.

Meskipun studi tersebut terpaut sekitar 16 tahun dan sifat hiburan yang berlandaskan layar telah berubah, kaitan dengan hubungan keluarga tampaknya sama.

“Pada 1980-an, tak tersedia pilihan yang berlimpah, jadi orang menonton televisi saja. Tapi sekarang ada banyak layar yang dapat dipandangi orang selama berjam-jam,” kata Rose kepada Reuters.

“Kami mendapati bahwa memandangi layar apa pun untuk waktu lama dapat merusak, dan menyarankan orangtua agar berpegang pada batas waktu yang disarankan, yaitu kurang dari dua jam tindakan memandang layar setiap hari,” katanya.

Studi Gaya Hidup Pemuda melibatkan 2.042 remaja Selandia Baru yang berusia 14 sampai 15 tahun. Semua remaja itu menyelesaikan pertanyaan rahasia mengenai kebiasaan mereka mengisi waktu luang, serta penilaian kasih sayang mereka pada orangtua dan rekan sebaya mereka.

Para peneliti tersebut juga menilai jawaban wawancara dari 976 anggota Studi Dunedin yang berusia 15 tahun antara 1987 dan 1988.

“Pada kedua studi itu, kami mendapati penggunaan tinggi televisi, atau bahkan penggunaan tinggi komputer, berkaitan dengan masalah hubungan,” kata Rose. Ia menambahkan hubungan kuat dengan orangtua dan teman penting bagi perkembangan kesehatan remaja memasuki masa dewasa.

“Dengan langkah cepat evolusi teknologi yang berlandaskan layar, penelitian diperlukan untuk memantau dampak yang ditimbulkannya pada kesejahteraan sosial, psikologis dan fisik kaum muda,” katanya. [an/www.hidayatullah.com]
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Dipuji, Batasi Anak Nonton TV dan Komputer   Tue Jun 19, 2012 3:38 pm

bener pak.. Sak iki acara tv akeh2e malah memberi pelajaran yg gak baik..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Dipuji, Batasi Anak Nonton TV dan Komputer
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: FORUM UMUM :: Arsip Forum-
Navigasi: