Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Jangan Takut, UNAS bukan monster

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Sat Mar 20, 2010 8:10 am











Detik-detik menjelang UNAS, banyak siswa yang makin tegang, cemas
dan gelisah. Wajar karena UNAS yang masih kontroversi keberadaannya ini
dijadikan satu-satunya penentu kelulusan siswa. Kerja keras siswa
selama 3 tahun sebelumnya bagi yang SMP dan SMU dan 6 tahun bagi anak
SD seolah-olah tak ada gunanya bila nilai UNAS di bawah standard.
Jadilah, detik-detik menjelang UNAS terasa menakutkan. Takut tidak
lulus, takut gagal, takut mengulang dan juga takut malu.

Masa
iya sebegitu parahnya kondisi psikis kamu yang mau UNAS? Kondisi
psikologis kamu itu tergantung dari persepsi yang dibangun oleh otak
dan informasi yang masuk ke kesadaran kamu. Kalo informasi yang kamu
terima salah, maka otak akan memproses sehingga muncul persepsi salah
juga. Persepsi inilah yang mempengaruhi kesadaran sehingga muncul sikap
nervous itu tadi. Padahal UNAS juga nggak gitu-gitu amat menakutkan
kok. UNAS hanya salah satu ujian saja, sama kayak ujian-ujian lain yang
sering kamu ikuti.

Tentang bayangan takut gagal, gak lulus,
malu, dll, singkirkan dulu semua itu. Yang penting fokus pada belajar
dan persiapan diri menghadapi UNAS. Selama kamu sudah rajin belajar,
banyak latihan soal dan hidup sehat, UNAS mah lewat. Hidup sehat ini
perlu lho karena stamina kamu bakal terkuras menjelang detik-detik
UNAS. Jangan sampai pas hari H kamu terkapar sakit karena kurang
menjaga kesehatan. Tuh kan, hidup sehat itu ternyata perlu. Perhatikan
pola makan, tidur, istirahat dan belajar serta aktivitas lainnya juga.

... Bila sudah maksimal ikhtiar kamu, tenangkan diri dan tawakkal.
Baik buruk hasilnya, serahkan saja pada Allah. Apa pun yang terjadi
pasti itu semua demi kebaikan diri dan masa depanmu...
Bila sudah maksimal ikhtiar kamu, tenangkan diri dan tawakkal. Baik
buruk hasilnya, serahkan saja pada Allah. Apa pun yang terjadi pasti
itu semua demi kebaikan diri dan masa depanmu. Tak ada orang yang mau
gagal. Tapi bila misalnya itu yang terjadi, sebetulnya itu bukan
kegagalan kok. Pasti ada hikmah indah di balik peristiwa itu.

Nah, senyampang UNAS masih beberapa hari ke depan bagi SMA dan hitungan minggu
bagi kamu yang duduk di bangku SD dan SMP, yuk kita benahi persiapan
kita yuk. Pertama, kamu kudu yakin bahwa kamu siap dan kamu pasti bisa.
Keyakinan ini penting untuk memompa semangat kamu berpikir positif
terhadap UNAS. Selebihnya, belajar dan latihan soal seperti biasa. Tak
usah pake sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam. Selain tak bagus buat
kesehatan karena bakal ngantuk di ruang kelas pas ujian, juga memberi
efek negatif pada otak kamu. Ingat, otak juga butuh istirahat. SKS ini
hanya membikin otak dan fisik kamu kerja rodi. Khawatirnya bukan malah
fit ketika UNAS tapi malah masuk rumah sakit karena kelelahan.

UNAS
boleh dekat, tapi sholat sunah dan tilawah Qur’an tak boleh ditinggal.
Sebaliknya, dukungan psikologis yang berasal dari-Nya bisa makin
membuat kamu mantap dan siap menghadapi UNAS. Adukan semua keluh
kesahmu pada-Nya. Kekhawatiranmu, kegelisahanmu, harapan-harapanmu
serta doa-doamu. Berprasangka-baiklah sama Allah, karena sungguh, Allah
itu sesuai dengan persangkaan hamba-Nya.

... Puasa sunnah dan shalat malam juga bagus untuk stamina kamu
dengan catatan kamu tak punya penyakit tertentu yang membahayakan bila
diajak puasa...
Puasa sunnah dan shalat malam juga bagus untuk stamina kamu dengan
catatan kamu tak punya penyakit tertentu yang membahayakan bila diajak
puasa. Satu hal yang tak kalah penting adalah ridha orang tua. Mintalah
maaf pada ibu bapak, kakek nenek, kakak bila ada atau siapa pun yang
kemungkinan kamu pernah menyakitinya. Ingat, doa orang tua dan
orang-orang yang kamu sayangi, insya Allah makbul. Termasuk juga orang
yang mungkin tanpa sengaja pernah kamu sakiti hatinya.

Intinya,
jangan sungkan sungkem dan salaman serta meminta maaf deh pada orang
lain. Meminta maaf sebetulnya bisa kapan pun dan di mana pun, tak harus
menunggu lebaran yang setahun sekali. Tapi pada kesempatan ini tak ada
salahnya kok kamu mendahului meminta maaf pada banyak pihak.

Bila
semua ini sudah kamu lakukan, dijamin tenang suasana hatimu, insya
Allah. Tinggal menunggu hari H dengan penuh percaya diri dan tawakkal.
UNAS yang menunggu di depan bukan lagi berbentuk monster menakutkan
tapi hanya seekor kucing lucu yang akan kamu elus dan sayang. So,
jangan takut UNAS lagi ya. Selamat menempuh UNAS ^_^
sumber :[riafariana/voa-islam.com]
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 3:33 pm

wis kewajiban nek sinau kudu melu unas..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 5:31 pm

jangan takut dinas pendidikan tidak akan tinggal diam pasti bocorin jawaban jiahahaha...
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 7:29 pm

neng kudu nganggo ipik 2 nek niku mbh loncat
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
Roni gabreaLL
Koordinator
avatar

Lokasi : BSG, Saptosari
Reputation : 2
Join date : 05.05.12

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 8:30 pm

bocoran yo mung seko oknum tidak memeiliki tanggung jawab terhadap apa yg di embannya,,.,iming" duit kui,.,.
jadi mudah saja,,.,.,(sheila on 7) Very Happy

_________________
"Tetap tersenyum walaupun wajahmu Mendung"
shakehand
Kembali Ke Atas Go down
http://inorzz.wordpress.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 11:02 pm

ga pakai duit...itu otomatis...bocoran jawabn soal Un tuh ga pernah ada pakai duit...otomatis saja...
Kembali Ke Atas Go down
Roni gabreaLL
Koordinator
avatar

Lokasi : BSG, Saptosari
Reputation : 2
Join date : 05.05.12

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 11:35 pm

yg bener gak pakai duit,.,.,tuhh ank" yg pada ngumpulin di buat bayar jawabanya itu apa?

_________________
"Tetap tersenyum walaupun wajahmu Mendung"
shakehand
Kembali Ke Atas Go down
http://inorzz.wordpress.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Tue Jun 19, 2012 11:48 pm

wehhh nek ana sing njaluk dhuwit kwi kurang ajar, mesthi udu guru kwi....tur dikawatirke jawaban KW3 alias palsu abal abal. jawaban benar bocoran resmi gratis.... lah wong UN ki ibarate tangan kanan ngasih ujian tangan kiri ngasih bocoran jawaban... ga ada crita pakai duit....itu dagelan kelas tinggi broooo....
Kembali Ke Atas Go down
Roni gabreaLL
Koordinator
avatar

Lokasi : BSG, Saptosari
Reputation : 2
Join date : 05.05.12

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Wed Jun 20, 2012 12:20 am

wehhh opo ngona mbah tapi mbien kakak2 kelasku ngono kui geg,.,.,emg shh dari pihak luar tp kie ,.,.,yo buktine jawabane yo bener ,.,.,geg gow duit kui mau,.. Very Happy

_________________
"Tetap tersenyum walaupun wajahmu Mendung"
shakehand
Kembali Ke Atas Go down
http://inorzz.wordpress.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Wed Jun 20, 2012 12:41 am

untung kwi isih bener..ra diapusi...

ati ati suk meneh.... takon gurune we reti kok bayar...

TrI darma UN

keberhasilan UN mengharuskan:

1. Siswa pintar, kalau semua siswa pintar dijamin lulus seratus persen.
2. kalau siswa tidak pintar Guru harus pintar, kalau gurunya pintar dijamain lulus seratus persen.
3. kalau gurunya tidak pintar, kepala sekolah harus pintar, kalau kepala sekolah pintar dijamin lulus seratus persen.

Pesan pemerintah untuk pengisisan nilau raport tiga tahun terakhir untuk penentuan kelulusan '
" pengisisan daftar nilai raport siswa tiga tahun terakhir/ lima semester terakhir untuk data penentuan kelulusan siswa harus dilakukan dengan BENAR dab BIJAKSANA".

uhug uhug...kata "JUJUR" tidak berlaku lagi.....bahkan di dunia pendidikan....
Kembali Ke Atas Go down
Roni gabreaLL
Koordinator
avatar

Lokasi : BSG, Saptosari
Reputation : 2
Join date : 05.05.12

PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   Wed Jun 20, 2012 12:50 am

weh gurune sakiki ws dow ngaya koq,.,.ra gelem ngomongi,.,.nk dek jaman SD mbien yo di warai aku,.,., Very Happy

hahah,.,.,nilai ujian sekolah dan raport cen di gawe-gawe wisan,..pokone politik juga ada di dalam sekolah

_________________
"Tetap tersenyum walaupun wajahmu Mendung"
shakehand
Kembali Ke Atas Go down
http://inorzz.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Jangan Takut, UNAS bukan monster   

Kembali Ke Atas Go down
 
Jangan Takut, UNAS bukan monster
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: FORUM UMUM :: Arsip Forum-
Navigasi: