Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Mon Apr 05, 2010 10:57 pm

DEWASA ini, bila Anda memiliki seorang anak gadis, saudara perempuan yang beranjak dewasa, dan memasuki masa nikah, cobalah tanyakan kepada mereka, apakah opsi yang akan mereka pilih setelah mereka menikah nanti; menjadi seorang wanita (istri) yang bekerja meniti karier atau menjadi seorang ibu rumah tangga?

Kemungkinan besar opsi pertama akan menjadi opsi favorit mereka lantaran “profesi” ibu rumah tangga adalah sebuah status atau profesi yang kurang (atau bahkan tidak) menjanjikan secara materi dan kurang menantang di tengah tuntutan aktualisasi diri yang mereka butuhkan, apakah benar demikian?

Menjadi ibu rumah tangga? Ah, kalimat itu sering hanya sebagai kata-kata sinis bagi wanita-wanita sejawat jika menemui teman wanitanya yang tak meniti karier. Tapi jangan keliru, ibu rumah tangga tak seremeh yang Anda bayangkan. Ibu rumah tangga atau dikenal dengan istilah stay at home mom, homemaker pada hakikatnya justru adalah sebuah medan aktualisasi diri seorang wanita yang sungguh-sungguh membutuhkan ruh dedikasi yang cukup tinggi, betapa tidak? Seorang wanita dituntut untuk menunaikan sekian banyak tugas dan pekerjaan domestik dalam rentang waktu yang tidak mengenal batas, bahkan bisa dikatakan bahwa seorang ibu rumah tangga jauh lebih tangguh dan super ketimbang suaminya.

Di sebuah situs media, www.reuters.com, disebutkan bahwa setelah dilakukan survei kepada 18.000 ibu-ibu rumah tangga di Toronto, Kanada, mengenai daftar pekerjaan rumah tangga mereka sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, merawat anak, mengurus keluarga, dan sebagainya. Maka sebuah perusahaan standar penggajian mendeskripsikan nilai, harga, gaji atas “pekerjaan” para kaum ibu ini bila mereka digaji atas pekerjaan mereka.

Di Kanada, dari sekian banyak tugas dan pekerjaan domestik seorang ibu rumah tangga jika digaji maka pendapatan per bulannya mencapai $124.000, bila dikurskan rupiah dengan kurs Rp 9.000/$ = Rp 1. 116.000.000 per bulan (baca: satu milyar seratus enam belas juta rupiah). Subhanalloh!

Jika sekian gaji yang harus diperoleh oleh seorang ibu rumah tangga maka hanya seorang suami yang CEO yang bisa memberinya uang bulanan atau minimal suaminya adalah seorang pemilik multi usaha yang sukses. Nominal tersebut tentu tidak bisa disebut sedikit dilihat dari standard negara manapun, hatta, negara paling modern dan maju sekalipun.

Perhitungan pendapatan/gaji tersebut dikalkulasi berdasarkan jenis dan jumlah pekerjaan yang mereka lakukan, serta kuantitas waktu yang mereka habiskan sehari-hari, maka nominal Rp 1,116 M. adalah nominal yang layak bagi mereka.

“Adalah sebuah kesalahpahaman yang sangat jamak jika pilihan seorang wanita untuk menjadi seorang ibu rumah tangga dianggap lebih mudah dan lebih ringan daripada menjadi seorang wanita karier (yang bekerja ) karena seorang ibu rumah tangga digambarkan hanya duduk manis di rumah, menonton TV sambil makan camilan,” kata Lena Boltos, seorang surveyor yang melakukan survey dan kalkulasi tersebut.

Ibu adalah Sekolah

Bahkan pada hakikatnya, dalam kacamata Islam, seorang ibu rumah tangga bertanggung jawab penuh atas banyak hal, mulai dari permasalahan domestik rumah tangga, seperti memasak, bersih-bersih, mengatur anggaran pembelanjaan, lebih-lebih merawat, dan mendidik anak. Problematika anak-anak pada masa kini jauh lebih kompleks dari yang diperkirakan.

Para ibu benar-benar menjalankan sebuah “bisnis” rumah tangga, jika arti kata “business’ dikembalikan kepada makna aslinya, (busy: sibuk).

Seorang penyair Arab mengatakan, “Al Ummu Madrosatul Ula, Idzaa A’dadtaha A’dadta Sya’ban Khoirul ‘Irq” (Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa berakar kebaikan).

Kalimat ini sering menjadi ikon dalam dunia pendidikan Islam. Maka bukanlah sebuah hal yang berlebihan bila Islam sangat mendorong kaum perempuan agar senantiasa meningkatkan kualitas pengetahuannya demi terciptanya suasana yang kondusif bagi keluarga yang membagi peran mereka sesuai kodrat alamiah yang telah Allah Ta’ala gariskan.

Karenanya, adalah sangat keliru, jika para ibu masih merasa tak berharga dan menganggap dirinya tak memiliki nilai ketika menjadi ibu rumah tangga dan sibuk mengurus anak-anak mereka di rumah.

Wahai para ibu yang sibuk di rumah, Cheer up! Berbahagialah dan berbanggalah, ucapkan Alhamdulillah karena ternyata dan terbukti “karier” Anda sangat bernilai tinggi bila dibandingkan para wanita karier konvensional di mata dunia. Yakinlah, bahwa Anda jauh lebih bernilai dan ber”gaji” tinggi di mata Allah Ta’ala jika Anda niatkan khidmah Anda semata-mata ikhlas lillahi Ta’ala.

Sebagai penutup, ada pesan mulia, dari Anas Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: “Kaum wanita datang menghadap Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bertanya: “Ya Rasulullah, kaum pria telah pergi dengan keutamaan dan jihad di jalan Allah. Adakah perbuatan bagi kami yang dapat menyamai ’amal para mujahidin di jalan Allah?” Maka Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: ”Barangsiapa di antara kalian berdiam diri di rumahnya maka sesungguhnya ia telah menyamai ’amal para mujahidin di jalan Allah.” (HR Al-Bazzar). [Ahmad Rizal/www.hidayatullah.com]
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 1:45 pm

Hebat rasanya ketika mendengar ada seorang wanita lulusan sebuah universitas ternama telah bekerja di sebuah perusahaan bonafit dengan gaji jutaan rupiah per bulan. Belum lagi perusahaan sering menugaskan wanita tersebut terbang ke luar negri untuk menyelesaikan urusan perusahaan. Tergambar seolah kesuksesan telah dia raih. Benar seperti itukah?


Kebanyakan orang akan beranggapan demikian. Sesuatu dikatakan sukses lebih dinilai dari segi materi sehingga jika ada sesuatu yang tidak memberi nilai materi akan dianggap remeh. Cara pandang yang demikian membuat banyak dari wanita muslimah bergeser dari fitrohnya. Berpandangan bahwa sekarang sudah saatnya wanita tidak hanya tinggal di rumah menjadi ibu, tapi sekarang saatnya wanita ‘menunjukkan eksistensi diri’ di luar. Menggambarkan seolah-olah tinggal di rumah menjadi seorang ibu adalah hal yang rendah.

Kita bisa dapati ketika seorang ibu rumah tangga ditanya teman lama “Sekarang kerja dimana?” rasanya terasa berat untuk menjawab, berusaha mengalihkan pembicaraan atau menjawab dengan suara lirih sambil tertunduk “Saya adalah ibu rumah tangga”. Rasanya malu! Apalagi jika teman lama yang menanyakan itu “sukses” berkarir di sebuah perusahaan besar. Atau kita bisa dapati ketika ada seorang muslimah lulusan universitas ternama dengan prestasi bagus atau bahkan berpredikat cumlaude hendak berkhidmat di rumah menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anak, dia harus berhadapan dengan “nasehat” dari bapak tercintanya: “Putriku! Kamu kan sudah sarjana, cumlaude lagi! Sayang kalau cuma di rumah saja ngurus suami dan anak.” Padahal, putri tercintanya hendak berkhidmat dengan sesuatu yang mulia, yaitu sesuatu yang memang menjadi tanggung jawabnya. Disana ia ingin mencari surga.
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 2:24 pm

Banyak ibu-ibu yang malu mengakui berprofesi sebagai ibu rumah tangga,padahal profesi ibu rumah tangga sangat mulia karena bisa menghantarkan anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholihah.Akibatnya saat ini banyak anak yang liar karena orang tua khususnya ibu rumah tangga sibuk bekerja dan anak-anaknya menjadi kurang diperhatian,semoga ,menjadi instropeksi kita bersama.
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 2:30 pm

proteslah ke para pengusung feminisme.... yg koar koar ttg persamaan hak....
mereka itu orang orang bego yg dibuat bego sama orang bego yg lain.....
Kembali Ke Atas Go down
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 2:46 pm

leres mbah
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
mbah sunar
Camat
avatar

Lokasi : PURI MEKAR RAJEG TNG
Reputation : 62
Join date : 24.10.09

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 3:49 pm

wadiyo wrote:
Banyak ibu-ibu yang malu mengakui berprofesi sebagai ibu rumah tangga,padahal profesi ibu rumah tangga sangat mulia karena bisa menghantarkan anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholihah.Akibatnya saat ini banyak anak yang liar karena orang tua khususnya ibu rumah tangga sibuk bekerja dan anak-anaknya menjadi kurang diperhatian,semoga ,menjadi instropeksi kita bersama.
Kula Sarujuk Pak. Sekarang ini ibu-ibu dikarenakan kesibukkannya dalam bekerja, maka hanya rela mengambil cuti bersalin selama satu bulan. Dan sang buah hati dipercayakan kepada babysister, dan diberikan susu sapi. akibatnya kelakuan anak seperti binatang.
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 5:02 pm

Maaf ..mungkin bapak2 bisa menulis seperti itu..karena bapak2 bukanlah perempuan...

Kembali Ke Atas Go down
Asmaraningtyas
Camat
avatar

Lokasi : Karangmojo
Reputation : 39
Join date : 08.01.09

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Wed Jun 08, 2011 6:07 pm

siti rahayu wrote:
Maaf ..mungkin bapak2 bisa menulis seperti itu..karena bapak2 bukanlah perempuan...


ya iya to mbak wong jelas ngleser ngene kok wedok?
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Thu Jun 09, 2011 8:59 am

siti rahayu wrote:
Maaf ..mungkin bapak2 bisa menulis seperti itu..karena bapak2 bukanlah perempuan...


tetep ibu-ibu boleh bekerja..
artikel ini bukanlah pemojokan bagi ibu-ibu yang punya profesi sebagai pekerja..

cuma saya pribadi lebih setuju dengan apa yang di tulis oleh pak wadiyo ..

tapi tidak semua wanita nyaman dengan ini semua (jadi ibu RT thok).. kembali ke karakter masing-masing ibu rumah tangga.. sah-sah saja menjadi ibu RT yang sekaligus bekarja... dengan restu suami tentunya..
sukses buat mbak siti se keluarga...


Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Thu Jun 09, 2011 5:57 pm

sacho_eka wrote:
siti rahayu wrote:
Maaf ..mungkin bapak2 bisa menulis seperti itu..karena bapak2 bukanlah perempuan...


tetep ibu-ibu boleh bekerja..
artikel ini bukanlah pemojokan bagi ibu-ibu yang punya profesi sebagai pekerja..

cuma saya pribadi lebih setuju dengan apa yang di tulis oleh pak wadiyo ..

tapi tidak semua wanita nyaman dengan ini semua (jadi ibu RT thok).. kembali ke karakter masing-masing ibu rumah tangga.. sah-sah saja menjadi ibu RT yang sekaligus bekarja... dengan restu suami tentunya..
sukses buat mbak siti se keluarga...



saya menghargai pendapat mas eka..kembali ke pribadi masing2...

tp saya gak setuju dengan tulisan di bawah ini

.[/quote]Kula Sarujuk Pak. Sekarang ini ibu-ibu dikarenakan kesibukkannya dalam bekerja, maka hanya rela mengambil cuti bersalin selama satu bulan. Dan sang buah hati dipercayakan kepada babysister, dan diberikan susu sapi. akibatnya kelakuan anak seperti binatang.[/quote]

kata2 dibelakang sungguh membuat ibu2 yang membaca menangis...karena yang namanya mendidik anak..bukan hanya tugas ibu saja..hrs ada kerja sama antar ke 2 ortu...

terim kasih
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Thu Jun 09, 2011 6:29 pm

siti rahayu wrote:
sacho_eka wrote:
siti rahayu wrote:
Maaf ..mungkin bapak2 bisa menulis seperti itu..karena bapak2 bukanlah perempuan...


tetep ibu-ibu boleh bekerja..
artikel ini bukanlah pemojokan bagi ibu-ibu yang punya profesi sebagai pekerja..

cuma saya pribadi lebih setuju dengan apa yang di tulis oleh pak wadiyo ..

tapi tidak semua wanita nyaman dengan ini semua (jadi ibu RT thok).. kembali ke karakter masing-masing ibu rumah tangga.. sah-sah saja menjadi ibu RT yang sekaligus bekarja... dengan restu suami tentunya..
sukses buat mbak siti se keluarga...



saya menghargai pendapat mas eka..kembali ke pribadi masing2...

tp saya gak setuju dengan tulisan di bawah ini

.
Kula Sarujuk Pak. Sekarang ini ibu-ibu dikarenakan kesibukkannya dalam bekerja, maka hanya rela mengambil cuti bersalin selama satu bulan. Dan sang buah hati dipercayakan kepada babysister, dan diberikan susu sapi. akibatnya kelakuan anak seperti binatang.[/quote]

kata2 dibelakang sungguh membuat ibu2 yang membaca menangis...karena yang namanya mendidik anak..bukan hanya tugas ibu saja..hrs ada kerja sama antar ke 2 ortu...

terim kasih[/quote]

itukan hanya sebuah pendapat mbak...gpp...kok...sante aja...yang penting niat dari bekerja itu untuk apa....kan ... bekerja adalah ibadah.....
apalagi kalo senyum ........
salam sehat selalu dr gimbik
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Thu Jun 09, 2011 7:41 pm

walah tak kiro terus arep balang-balangan watu mbak siti vs gimbik..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Fri Jun 10, 2011 11:14 am


[/quote]

saya menghargai pendapat mas eka..kembali ke pribadi masing2...

tp saya gak setuju dengan tulisan di bawah ini

.[/quote]Kula Sarujuk Pak. Sekarang ini ibu-ibu dikarenakan kesibukkannya dalam bekerja, maka hanya rela mengambil cuti bersalin selama satu bulan. Dan sang buah hati dipercayakan kepada babysister, dan diberikan susu sapi. akibatnya kelakuan anak seperti binatang.[/quote]

kata2 dibelakang sungguh membuat ibu2 yang membaca menangis...karena yang namanya mendidik anak..bukan hanya tugas ibu saja..hrs ada kerja sama antar ke 2 ortu...

terim kasih[/quote]

itukan hanya sebuah pendapat mbak...gpp...kok...sante aja...yang penting niat dari bekerja itu untuk apa....kan ... bekerja adalah ibadah.....
apalagi kalo senyum ........
salam sehat selalu dr gimbik[/quote]

mengeluarkan pendapt boleh2 saja..tp gak harus dengan kata2 seperti di atas kan..???..saya rasa kurang etis...masih banyak kata2 yang lain yang bisa kita tulis..agar kita membaca nya pun enak..

ini hanya sekedar koreksi saja dari saya..

terima kasih
Kembali Ke Atas Go down
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   Fri Jun 10, 2011 1:37 pm

tur suwun mbak siti..
jian asli mabk siti cenbijaksana kok...

kang gimbik pye..??? huft
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia   

Kembali Ke Atas Go down
 
Ibu Rumah Tangga : Profesi Yang sangat Mulia
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Wedding-
Navigasi: