Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin
Tips cara menghindari tabung gas meledak 5 5 2
Share | 
 

 Tips cara menghindari tabung gas meledak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat


Lokasi: Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation: 7
Join date: 14.04.09

PostSubyek: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Sun Jul 25, 2010 7:52 pm

Akhir-akhir ini masyarakat semakin khawatir dan takut untuk menggunakan kompor gas, baik itu menggunakan tabung gas ukuran 3Kg (subsidi) ataupun 12Kg. Hal ini disebabkan karena semakin banyak peristiwa kebakaran yang diakibatkan oleh kompor gas yang meledak. Sebagai contoh yaitu peristiwa kebakaran yang menimpa pasangan suami istri, Bpk. Sofyan,55 dan Ny.Nursiyah,50 yang terbakar akibat gas 12Kg yang meledak di rumahnya di Jalan Danau Kerinci 3, Perumnas III,Tangerang,Sabtu pagi(10/7). Akibat ledakan keras itu Sofyan dan Istri mengalami luka-luka dan menyebabkan dapur rumahnya berantakan dan atap dapur jebol hingga sebagian bangunan runtuh menimpa korban. Pada Selasa 13 Juli 2010 pukul 04.30 WIB. Ledakan tabung gas berukuran 12 kilogram juga terjadi di tempat usaha katering Jalan Puri Mutiara 2 A, RT 9/11, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Ledakan tabung terjadi karena rumah itu terbakar terlebih dulu.

Melihat bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kompor gas,untuk itu kita harus selalu waspada dalam menggunakan kompor gas, terlebih dalam hal pemasangan regulator tabung gas. Karena sesungguhnya, bahaya dari gas meledak ini dapat kita hindari. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya gas meledak :

1. Selalu Cek Kondisi Fisik Tabung Gas dan Regulator. Sebelum melakukan kegiatan memasak, ada baiknya kita selalu memperhatikan kondisi fisik dari kedua alat tersebut, apakah layak atau tidak untuk digunakan
2. Perhatikan Kondisi Fisik Tabung Gas yang akan dibeli. Terkadang kita perlu untuk meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan kelayakan dari tabung yang akan kita beli dari toko / agen gas elpiji. Apabila ada karat atau kerusakan lain yang mencurigakan (lebih dari 30%) pada dinding tabung, Anda berhak untuk komplain dan mengganti dengan tabung yang lebih aman dan layak untuk digunakan
3. Segel yang menutupi valve tabung tak boleh sobek atau tampak bekas diutak-atik. Selain sambungan las antara bagian atas dan bawah serta sambungan dengan kaki dan pegangan atas, tak boleh ada bekas las lain di tabung
4. Pilih tabung berlogo Depnaker yang masa layak pakainya masih panjang
5. Tabung LPG harus disimpan dalam posisi berdiri dengan valve di atas untuk meminimalkan bahaya jika bocor
6. Jika mencium bau gas, segera matikan kompor gas dan alat listrik lain yang bisa menimbulkan percikan api. Tutup katup regulator, buka lebar-lebar pintu, jendela, dan semua ventilasi
7. Habiskan LPG Dalam Tabung sebelum menukarnya dengan tabung penuh. Faktanya, sekitar 20% dari tabung LPG yang kembali ke perusahaan isi ulang ternyata masih bersisa. Bisa jadi, tabung yang hanya berisi sedikit gas, tidak punya cukup tekanan untuk menyalurkan LPG ke kompor, sehingga pemiliknya menyangka tabungnya kosong. Mungkin regulatornya tidak berfungsi optimal, karena banyak endapan yang menyumbat saluran LPG

Demikian beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya dari gas meledak. Semoga bermanfaat. Amin.(dy/mediamuslim.org)
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas


Lokasi: tangerang- banten
Reputation: 36
Join date: 03.11.08

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Fri Mar 16, 2012 9:53 pm



suwun infone pak..
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
wiwid
HanSip


Lokasi: Dunia Maya
Reputation: 19
Join date: 09.08.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Mon Apr 23, 2012 7:13 am


wajib diberi reputasi +

sebenarnya tabung gas yg beredar jg banyak yg ndak layak pakai pak..
banyak produsen2 ilegal yg memproduksi tabung LPG palsu.. Sad
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
Mase_
Camat


Lokasi: di atas Gentheng
Reputation: 45
Join date: 28.02.08

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Mon Apr 23, 2012 12:51 pm

Lah artikel dan info bagus, kok mlebu nang Arsip ??

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
wadiyo
Camat


Lokasi: Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation: 7
Join date: 14.04.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Mon Apr 23, 2012 9:01 pm

Monggo disosialisasikan agar masyarakat merasa aman menggunakan tabung gas untuk memasak
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
Asmaraningtyas
Camat


Lokasi: Karangmojo
Reputation: 39
Join date: 08.01.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Mon Apr 23, 2012 10:01 pm

pada kenyataannya, tidak pernah ada tabung gas meledak. yang meledak pada umunya adalh dapurnya. hal ini disebabkan karena tabung LPG bocor dan memenuhi ruang dapur sehingga saat ada api terpiculah ledakan. kaya long pring petung kae lo... njeron pring petung dikebaki gas seka lenga terus di sumet nggeni terus njedot.

penanganan dan penanggulangan paling pas adalah membuat dapur terhubung langsung dengan udara bebas agar kalau ada kebocoran gas ora mulek neng pawon tapi lepas ke udara bebas jadi saat disumet ora njedot....mula pawone mbahmu putri tak wenehi jendela karo pintu butulan ben nek gas-e bocor langsung ilang digawa angin (gone with the wind). nek neng ndesa sing omahe amba tur ora diwenehi eternit ra sah semelang ana ledakan, nadyan tabunge bocor sak pelor uga....karena tidak akan ada gas mulek neng pawon...
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat


Lokasi: di atas Gentheng
Reputation: 45
Join date: 28.02.08

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 12:20 pm

Asmaraningtyas wrote:
pada kenyataannya, tidak pernah ada tabung gas meledak. yang meledak pada umunya adalh dapurnya. hal ini disebabkan karena tabung LPG bocor dan memenuhi ruang dapur sehingga saat ada api terpiculah ledakan. kaya long pring petung kae lo... njeron pring petung dikebaki gas seka lenga terus di sumet nggeni terus njedot.

penanganan dan penanggulangan paling pas adalah membuat dapur terhubung langsung dengan udara bebas agar kalau ada kebocoran gas ora mulek neng pawon tapi lepas ke udara bebas jadi saat disumet ora njedot....mula pawone mbahmu putri tak wenehi jendela karo pintu butulan ben nek gas-e bocor langsung ilang digawa angin (gone with the wind). nek neng ndesa sing omahe amba tur ora diwenehi eternit ra sah semelang ana ledakan, nadyan tabunge bocor sak pelor uga....karena tidak akan ada gas mulek neng pawon...

owhh, mekaten nggih?
Balek sek ngrombak pawon.....
Ning pawone sopo yah? omah we rung duwe.. mosok duwe pawon... ngakakk

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
stupid_cupid
KorLap


Lokasi: Baleharjo
Reputation: 0
Join date: 04.03.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 3:29 pm

Wah saiki Okeh seng adol tabung gas kentut... Alias apos2... Gor di isi sithik karo oknum seng jan blas ra tanggung jawab.... Gek dinggo godog banyu go ngopi rung nganti umup wes cedut genine....
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat


Lokasi: di atas Gentheng
Reputation: 45
Join date: 28.02.08

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 3:49 pm

stupid_cupid wrote:
Wah saiki Okeh seng adol tabung gas kentut... Alias apos2... Gor di isi sithik karo oknum seng jan blas ra tanggung jawab.... Gek dinggo godog banyu go ngopi rung nganti umup wes cedut genine....

Makane jek bener simbok... nganggo kayu bakar wae... gratis... lole

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
stupid_cupid
KorLap


Lokasi: Baleharjo
Reputation: 0
Join date: 04.03.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 4:00 pm

Mase_ wrote:
stupid_cupid wrote:
Wah saiki Okeh seng adol tabung gas kentut... Alias apos2... Gor di isi sithik karo oknum seng jan blas ra tanggung jawab.... Gek dinggo godog banyu go ngopi rung nganti umup wes cedut genine....

Makane jek bener simbok... nganggo kayu bakar wae... gratis... lole

Tapi nek kabeh wong ngaggo kayu... Neh wet2an ntek... Jarang e le gelem nandor maning.... Nek pas muring2 templekke neng bathok wae.... Rak gek umup... Hahahahaha
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas


Lokasi: karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation: 109
Join date: 17.09.10

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 5:44 pm

Mase_ wrote:
stupid_cupid wrote:
Wah saiki Okeh seng adol tabung gas kentut... Alias apos2... Gor di isi sithik karo oknum seng jan blas ra tanggung jawab.... Gek dinggo godog banyu go ngopi rung nganti umup wes cedut genine....

Makane jek bener simbok... nganggo kayu bakar wae... gratis... lole
nek seng enek jakarta piye lour!!! nganggo kayo yo mlh kebakaran Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
stupid_cupid
KorLap


Lokasi: Baleharjo
Reputation: 0
Join date: 04.03.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 6:36 pm

Malah ora... Soale kan nek kayu genine nek ra di urus yo mesti mati... Tur ra bakal njeblog... Paling gur kebul e koyo tobong... Hehe
Kembali Ke Atas Go down
Agus_Gogon
Pengawas


Lokasi: karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation: 109
Join date: 17.09.10

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue Apr 24, 2012 6:38 pm

kelkel,,ko lak wong sak erte nyusong kabeh Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
suryanto SL
Koordinator


Lokasi: Bekasi
Reputation: 3
Join date: 03.04.12

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Mon Apr 30, 2012 10:03 am

wiwid wrote:

wajib diberi reputasi +

sebenarnya tabung gas yg beredar jg banyak yg ndak layak pakai pak..
banyak produsen2 ilegal yg memproduksi tabung LPG palsu.. Sad
Untuk mengetahui palsu atau tidak gimana wid?? joz

_________________
cream sari kosmetik skin care R&P Kosmetik cream sari kosmetik Cream Sari Palsu natural crystal x pelangsing tubuh twin tulipware pembalut cuci ulang kelambu nyamuk arliva kosmetik obat pelangsing Cream Sari
Kembali Ke Atas Go down
http://twintulipware-indonesia.blogspot.com/
wiwid
HanSip


Lokasi: Dunia Maya
Reputation: 19
Join date: 09.08.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue May 01, 2012 1:03 pm

Yang palsu biasanya memiliki warna cat mengkilat. Selain itu, bentuk tulisan di tabung juga kasar dan kurang rapi pada label maupun nomor register. Sambungan las pada bagian tengah juga berbeda. Tabung palsu kasar dan tidak simetris, berbeda dengan asli yang rapi dan halus..

Tabung gas asli beratnya 5,4 kilo gram, sedangkan tabung palsu beratnya 4,8 kilo gram, Serta di dalam tabung palsu ada pemberat seberat 1,4 kilo gram..

Tidak memiliki logo SNI, tanda yang tidak sesuai ditentukan Pertamina..

Nomor kode tabung terdapat delapan angka, yakni 10.04.03.05. Biasanya, nomer itu ada di bagian pegangan dan sulit dilihat. Sedangkan tabung asli hanya empat angka, yakni 05-11. Tulisannya terang warna putih di bagian tempat pegangan..

Perbedaan lain yang mudah dilihat pada pegangan tabung. Jika tabung asli ada tiga kaki, sedangkan tabung palsu dua kaki dan ukurannya besar..

Selain tabung palsu, tabung lama atau kedaluwarsa masih ada di pasaran. Cirinya, di bagian pegangan terdapat empat kaki dan tabung dari bahan aluminium berwarnah putih. .
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
suryanto SL
Koordinator


Lokasi: Bekasi
Reputation: 3
Join date: 03.04.12

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue May 01, 2012 2:59 pm

Kalo ciri kaya gitu ya susah donk, lha woong kita beli gas tinggal telp, dateng kerumah dah... joz

_________________
cream sari kosmetik skin care R&P Kosmetik cream sari kosmetik Cream Sari Palsu natural crystal x pelangsing tubuh twin tulipware pembalut cuci ulang kelambu nyamuk arliva kosmetik obat pelangsing Cream Sari
Kembali Ke Atas Go down
http://twintulipware-indonesia.blogspot.com/
wiwid
HanSip


Lokasi: Dunia Maya
Reputation: 19
Join date: 09.08.09

PostSubyek: Re: Tips cara menghindari tabung gas meledak   Tue May 01, 2012 6:01 pm

suryanto SL wrote:
Kalo ciri kaya gitu ya susah donk, lha woong kita beli gas tinggal telp, dateng kerumah dah... joz

klo beli ditempat yg sudah terpercaya mah nggak usah ragu lg masalah keasliannya kang..
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com/forum
 

Tips cara menghindari tabung gas meledak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Teras Nongkrong-