Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Berjalan Kaki, Langkah Sehat Halau Diabetes dan Sakit Jantung

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wadiyo
Camat
avatar

Lokasi : Singkar II,Wareng Wonosari GK
Reputation : 7
Join date : 14.04.09

PostSubyek: Berjalan Kaki, Langkah Sehat Halau Diabetes dan Sakit Jantung   Sun Jul 25, 2010 9:19 pm

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Apakah Anda termasuk orang yang malas berolahraga? Jika iya, maka berjalan kaki merupakan alternatif pengganti olahraga yang manfaatnya tak kalah efektif. Sebuah studi mengungkap, berjalan kaki membuat metabolisme tubuh berjalan optimal.

Seperti diketahui, metabolisme tubuh yang tidak berjalan normal berkaitan erat dengan sejumlah faktor pemicu resiko penyakit jantung dan diabetes seperti kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, minimnya kadar kolesterol baik.

Peneliti dari Pennington Biomedical Research Center, Peter T. Katzmarzyk menyatakan, keberadaan sejumlah faktor pemicu menjadikan individu kian rentan ketimbang seseorang yang tidak memiliki faktor pemicu.

"Banyak individu yang memiliki kelebihan berat badan mengalami masalah dengan metabolisme tubuhnya, tetapi bagi individu dengan berat normal juga mengalami masalah yang sama," tegasnya seperti dikutip dari Healthday, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, di tahun 2005-2006, Katzmakzyk bersama koleganya mencatat rekaman keseharian 1446 orang dewasa berusia rata-rata 47.5 tahun. Partisipan dengan catatan akselerometer (alat yang mengukur seberapa jauh seseorang berjalan) terbagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama, individu yang berjalan kurang dari 5.000 langkah per hari, kedua, individu yang berjalan rata-rata antara 5.000 hingga 9.000 langkah perhari dan ketiga, individu yang berjalan rata-rata lebih dari 10.000 langkah perhari.

Usai mendata setiap partisipan, peneliti lalu melihat beberapa faktor pengiring seperti kelamin dan usia. Dari temuan peneliti diketahui, lebih dari 56 persen yang memiliki jumlah langkah sedikit bermasalah dengan metabolisme tubuhnya. Namun, 13 persen dari individu yang rajin berjalan kaki juga mengalami masalah yang sama. Secara keseluruhan, sepertiga partisipan memiliki masalah dengan metabolisme tubuhnya.

Sementara itu, pada kelompok kedua, peneliti mencatat Lebih dari 40 persen partisipan kelompok kedua memiliki kemungkinan terhindar dari gangguan metabolisme. Sedangkan pada kelompok ketiga, sebanyak 72 persen partisipan kemungkinan terhindar dari gangguan metabolisme tubuh.

Peneliti juga mencatat setiap 1.000 langkah tambahan berdampak pada penurunan 8-13 persen lemak di pinggang, penurunan kolesterol jahat dan meningkatnya kolesterol baik. "Terdapat semacam tren disana (hasil riset). Hasil riset bukanlah sekedar angka ajaib, Sesuatu lebih baik ketimbang tidak sama sekali, dab sesuatu yang lebih tentu jauh lebih baik," tukasnya.

Secara terpisah, Peneliti dari University of Tennessee, David R. Bassett Jr mengatakan studi baru memperlihatkan hasil yang signifikan karena lebih ketat dibandingkan penelitian sebelumnya ketika menggali hubungan antara berjalan kaki dan gangguan metabolisme tubuh.

"Berapapun catatan langkah seseorang itu sangat penting bagi kesehatan mereka. Peneliti mengukur catatan berjalan yang dilakukan, bukan pada seberapa cepat anda berjalan. Namun, berjalan santai baik untuk kesehatan Anda," pungkasnya.
Hikmah :

Hai orang orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang orang yang sabar.
Q.S. Al Baqarah: 153
Kembali Ke Atas Go down
http://azzamudin.wordpress.com
sacho_eka
Pengawas
avatar

Lokasi : tangerang- banten
Reputation : 36
Join date : 03.11.08

PostSubyek: Re: Berjalan Kaki, Langkah Sehat Halau Diabetes dan Sakit Jantung   Sat Feb 18, 2012 8:42 am

ayo olah raga!!
mlaku2 kiy olah raga murah meriah dan menyehatkan
Kembali Ke Atas Go down
http://kiossticker.com
 
Berjalan Kaki, Langkah Sehat Halau Diabetes dan Sakit Jantung
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-
Navigasi: