Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin

Share | 
 

 Gatal-gatal yg fatal

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
redbiem
Koordinator


Lokasi: dunia maya
Reputation: 2
Join date: 03.03.08

PostSubyek: Gatal-gatal yg fatal   Wed Mar 05, 2008 6:30 pm

Gatal di kulit kelamin.
Keluhan tersebut adalah salah satu keluhan yang sering dijumpai saat seseorang berobat ke dokter kulit dan kelamin.
Gatal pada kulit bisa disebabkan karena beberapa proses:
1. Infeksi = jamur, parasit, virus, bakteri, dll
2. Alergi = alergi karena kontak dengan bahan alergen (dermatitis kontak alergi) atau kontak dengan bahan-bahan erosif (dermatitis kontak irritan).
3. Gatal karena ada penyakit sistemik yang mendasari (Kencing manis/DM, Kecacingan, gagal ginjal dll).

Kesemuanya itu bersifat spesifik dalam hal gejala, bentuk/UKK (Ujud Kelainan Kulit), maupun terapinya.

Gatal di kemalauan memang sebagian besar disebabkan oleh jamur, biasanya pada laki-laki jamur dermatofita (tinea inguinalis/corporis). Jamur ini tumbuh dipermukaan kulit dan menyebabkan peradangan yang khas yaitu pola 'central healing' yaitu pola dimana bentuk luka/daerah yang sakit pada bagian tengahnya sembuh (terlihat kering dan berwarna keputihan) sedangkan bagian tepinya basah dan kemerahan serta gatal.
Bentuk ini khas dan dapat dibedakan dengan infeksi lainnya.
Salah satu ke khas-an lainnya adalah jamur tidak pernah tumbuh atau hidup di kulit skrotum (kantong pelir), karena suhu di kulit skrotum cenderung tinggi sehingga tidak ideal untuk jamur.

Penatalaksanaannya :
1. Tingkatkan higiene dan sanitasi personal --> ganti celana dalam 2x atau lebih, hindari celana dalam yang basah dan lembab. Usahakan daerah kelamin selalu kering. Jangan digosok terlalu kuat bila mengeringkan daerah selangkangan.
2. Jangan berganti baju/handuk atau barang-barang lainnya dengan orang lain, karena ada potensi menularkan dan ditulari.
3. Jangan digaruk! karena kalau digaruk malah akan menimbulkan perlukaan yang dapat menjadi port de 'entre (jalan masuk) bagi kuman/bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sekunder/infeksi tumpangan.
4. Obati : Gunakan obat sesuai yang diberikan/diresepkan oleh dokter anda. Secara etika adalah tidak dibenarkan saya menyebutkan merk atau jenis obat yang dimaksud karena saya tidak melihat ujud kelainan kulit nya secara langsung. Saran saya, periksakan ke dokter umum/spesialis kulit. My personal opinion, saya pikir ke dokter umum udah cukup, karena menurut saya dokter umum juga mampu menangani penyakit ini.
5. Tuntaskan pengobatan. Pengobatan jamur memerlukan ketelatenan dan komitmen. Pengobatan akan memakan waktu minimal 2 minggu sampai dengan beberapa bulan pada keadaan parah. Pengobatan yang setengah-setengah hanya akan memperburuk keadaan.
6. Mintalah obat generik saat anda periksa. Obat generik berlogo (OGB) adalah obat yang sudah memenuhi standar nasional dan diproduksi oleh pabrik yang berkompeten. Harga Murah Bukan Berarti Murahan! itu kata sejawat saya di sebuah milis.

salam, ngakakk ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
redbiem
Koordinator


Lokasi: dunia maya
Reputation: 2
Join date: 03.03.08

PostSubyek: Jangan Anggap Remeh Jamur Kulit   Wed Mar 05, 2008 6:35 pm

Banyak orang beranggapan bahwa penyakit panu atau kurap sekadar masalah kosmetik. Pernah menikmati tempe atau tapai? Di masyarakat Indonesia kedua makanan ini sangat akrab sebagai hidangan di atas meja. Makanan dari kedua jenis bahan itu cukup lunak dan nikmat ketika dimakan. Ini tentu berbeda bila kita menyantap bahan bakunya. Tidak lunak, bukan?

Kenikmatan rasa tempe, tapai, roti, oncom, dan masih banyak jenis makanan yang lainnya itu dihasilkan dari proses fermentasi jamur. Kehadiran jamur dimanfaatkan untuk hal lain, seperti untuk melengkapi sayuran dan lauk-pauk bagi keluarga, dan untuk menghasilkan obat antibiotik.

Di dunia diperkirakan terdapat 100 ribuan jenis jamur. Tergolong ke dalam kelompok fungi, jamur bisa saja terdiri atas satu sel yang besarnya beberapa mikrometer, atau dapat juga membentuk tubuh buah yang besarnya mencapai satu meter. Sel-selnya tersusun berderet satu per satu dan membentuk hifa atau benang-benang (filamen). Alat perkembangbiakannya berupa spora.

Karena tak punya hijau daun, jamur menjadi makhluk konsumen dan sangat bergantung pada medium yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan persenyawaan kimia lainnya. Semua itu didapatkannya dengan cara menyerap unsur yang dibutuhkan dari lingkungan hidupnya melalui sistem hifa.

Selain bisa melakukan fermentasi medium karbohidrat menjadi gula, jamur pun juga sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan jamur, sampah dan bangkai makhluk hidup lainnya bisa terurai. Namun, seringkali jamur juga dapat menguraikan bahan yang diperlukan manusia sehingga bisa mendatangkan kerugian. Pembusukan pada makanan dan pelapukan pada kayu cukup merepotkan manusia. Tak hanya itu, jamur bisa beracun dan menyebabkan penyakit tertentu.

Jamur pada manusia
Jamur memang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Sedemikian eratnya sehingga manusia tak terlepas dari jamur. Jenis fungi-fungian ini bisa hidup dan tumbuh di mana saja, baik di udara, tanah, air, pakaian, bahkan di tubuh manusia sendiri.

''Jelasnya, di mana pun jamur bisa hidup, terutama di lingkungan yang cocok baginya berkembang biak. Manusia itu termasuk salah satu tempat bagi jamur untuk tumbuh, di samping bakteri dan virus,'' jelas pakar kesehatan kulit dan kelamin, Dr Kusmarinah Bramono dari FKUI (RSUPN-Cipto Mangunkusumo) dalam pemaparan tentang jamur di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jamur bisa menyebabkan penyakit yang cukup parah bagi manusia. Penyakit tersebut antara lain mikosis yang menyerang langsung pada kulit, mikotoksitosis akibat mengonsumsi toksin dari jamur yang ada dalam produk makanan, dan misetismus yang disebabkan oleh konsumsi jamur beracun.

Pada manusia jamur hidup pada lapisan tanduk. Jamur itu kemudian melepaskan toksin yang bisa menimbulkan peradangan dan iritasi berwarna merah dan gatal. Infeksinya bisa berupa bercak-bercak warna putih, merah, atau hitam di kulit dengan bentuk simetris. Ada pula infeksi yang berbentuk lapisan-lapisan sisik pada kulit. Itu tergantung pada jenis jamur yang menyerang.

Menurut Jimmy Sutomo dari perusahaan Janssen-Cilag, sebagai negara tropis Indonesia menjadi lahan subur tumbuhnya jamur. Karena itu, penyakit-penyakit akibat jamur sering kali menjangkiti masyarakat.

''Kita lihat, banyak masyarakat tak menyadari bahwa dirinya terinfeksi oleh jamur. Bahkan, jamur bisa mengenai manusia dari kepala hingga ujung kaki, dari bayi hingga orang dewasa dan orang lanjut usia,'' ujar Jimmy. Janssen-Cilag merupakan perusahaan farmasi yang memimpin pasaran dengan obat antijamur yang mengandung miconazole nitrate dua persen.

Jimmy menjelaskan, banyak orang meremehkan penyakit karena jamur, seperti panu atau kurap. Padahal, penyakit ini bisa menular lewat persentuhan kulit, atau juga dari pakaian yang terkontaminasi spora jamur. Banyak anggapan, katanya, penyakit panu atau kurap sekadar masalah kosmetik.

Anggapan ini dibenarkan Kusmarinah. ''Kami sering menangani pasien karena jamur. Mereka baru datang ke dokter kalau sudah merasakan gangguan kosmetik yang parah akibat infeksi jamur. Sebelumnya, mereka tak begitu memperhatikan penyakit ini.''

Pengobatan
Seharusnya, lanjut ahli kulit dari FKUI itu, masyarakat perlu memperhatikan kebersihan diri dan menjaga kekebalan tubuhnya bila ingin terhindar dari infeksi jamur. Bahaya infeksi jamur tak sekadar menyebabkan panu atau kurap saja, tapi juga bisa menyebakan kematian bila infeksinya meluas dan bahkan masuk ke organ dalam tubuh.

Karena itu, bila mendapati dirinya terkena infeksi jamur maka seseorang itu perlu segera diobati. Pengobatan yang dilakukan biasanya dengan antijamur. Lamanya pengobatan tergantung pada tingkat infeksi yang terjadi. ''Pengobatan diusahakan dilakukan sampai penyakit hilang dan sembuh benar. Kami pun harus memilih jenis obat antijamur yang efektif membasmi jamur dengan efek samping yang minimal,'' sambung Kusmarinah.

Dia mengemukakan, ada jenis obat yang bersifat iritan. Maksudnya, cara kerja obat tersebut memapas jamur dengan mengikis permukaan yang terkena jamur tiap lapisan. Biasanya obat ini memerlukan waktu 1-4 minggu untuk jenis panu atau kurap. Tapi, kondisi inipun tergantung pada tingkat keparahannya. Jenis obat lainnya bersifat fungisida. Ini lebih mengarahkan sasaran pada jamur itu sendiri tanpa mengiritasi kulit.

Kusmarinah dan Jimmy mengakui, banyak produk farmasi khusus untuk obat jamur kulit yang dijual bebas di pasaran. Umumnya masyarakat pun melakukan self medication atau pengobatan sendiri dengan membeli obat antijamur yang bebas itu. ''Bisa-bisa saja penderita melakukannya. Hanya saja, asal tahu jelas jenis infeksi jamur yang dideritanya. Namun, saya sering menemukan, masyarakat salah menggunakannya. Mereka biasanya berlebihan dalam menggunakan obat. Akibatnya, ketika kami diagnosis sulit bagi kami untuk melihat gejalanya,'' demikian Kusmarinah merincinya.

Itu juga karena persoalan informasi yang tak sampai pada masyarakat pengguna produk. ''Untuk informasi produk seharusnya disampaikan oleh ahli farmasi. Di negara kita, fungsi ini tak berjalan,'' cetus Jimmy.

Maka, masyarakat diharapkan berhati-hati dalam menggunakan obat. Sebab, infeksi jamur tak bisa dianggap enteng dan tak selalu bisa diatasi dengan pengobatan sendiri. Apalagi, dari seluruh penyakit kulit yang ditemui, masalah infeksi jamur ternyata tergolong cukup tinggi. Dengan demikian, masyarakat diharapkan meminta saran pengobatan kepada dokter dan melakukan pencegahan terhadap infeksi jamur.


Kenali Jenis Infeksi Jamur Kulit
* Panu (pitiriasis versikolor): menyerang kulit, bercak putih, merah, atau hitam.
* Kurap (dermatofitosis) yang terdiri atas Tinea Apitis menyerang kulit kepala, Tinea Korporis pada permukaan kulit, Tinea Kruris pada lipatan kulit, Tinea Pedis pada sela jari kaki (athlete's foot), Tinea Manus pada kulit telapak tangan, Tinea Imbrikata berupa sisik pada kulit di daerah tertentu, dan Tinea Ungium (pada kuku). Umumnya berbentuk sisik kemerahan pada kulit atau sisik putih. Pada kuku, terjadi peradangan di sekitar kuku, dan bisa menyebabkan bentuk kuku tak rata permukaannya, berwarna kusam, atau membiru.

* Ketombe (Pitiriasis Sika).
* Infeksi Kandida (kandidosis) pada lipatan kulit, sela jari, sela paha, ketiak, bawah payudara, mulut (sariawan), genetalia (keputihan), dan ruam popok.

Faktor-faktor Pencetus Infeksi
- Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat.
- Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan.
- Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk.
- Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.
- Penyakit tertentu, misalnya HIV/AIDS, dan diabetes.
- Kehamilan dan menstruasi. Kedua kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sehingga rentan terhadap jamur.

Cara Memastikan Penyakit Jamur
- Pemeriksaan tampilan secara klinis.
- Pemeriksaan dengan bantuan sinar lampu Wood (UV), kerokan kulit, mukosa, kuku untuk pemeriksaan mikroskopik, dan pemeriksaan biakan untuk mengetahui jenis jamurnya.
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas


Lokasi: Nori One
Reputation: 6
Join date: 04.03.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Thu Mar 06, 2008 5:02 pm

redbiem wrote:
Gatal di kulit kelamin.
Keluhan tersebut adalah salah satu keluhan yang sering dijumpai saat seseorang berobat ke dokter kulit dan kelamin.
Gatal pada kulit bisa disebabkan karena beberapa proses:
1. Infeksi = jamur, parasit, virus, bakteri, dll
2. Alergi = alergi karena kontak dengan bahan alergen (dermatitis kontak alergi) atau kontak dengan bahan-bahan erosif (dermatitis kontak irritan).
3. Gatal karena ada penyakit sistemik yang mendasari (Kencing manis/DM, Kecacingan, gagal ginjal dll).

Kesemuanya itu bersifat spesifik dalam hal gejala, bentuk/UKK (Ujud Kelainan Kulit), maupun terapinya.

Gatal di kemalauan memang sebagian besar disebabkan oleh jamur, biasanya pada laki-laki jamur dermatofita (tinea inguinalis/corporis). Jamur ini tumbuh dipermukaan kulit dan menyebabkan peradangan yang khas yaitu pola 'central healing' yaitu pola dimana bentuk luka/daerah yang sakit pada bagian tengahnya sembuh (terlihat kering dan berwarna keputihan) sedangkan bagian tepinya basah dan kemerahan serta gatal.
Bentuk ini khas dan dapat dibedakan dengan infeksi lainnya.
Salah satu ke khas-an lainnya adalah jamur tidak pernah tumbuh atau hidup di kulit skrotum (kantong pelir), karena suhu di kulit skrotum cenderung tinggi sehingga tidak ideal untuk jamur.

Penatalaksanaannya :
1. Tingkatkan higiene dan sanitasi personal --> ganti celana dalam 2x atau lebih, hindari celana dalam yang basah dan lembab. Usahakan daerah kelamin selalu kering. Jangan digosok terlalu kuat bila mengeringkan daerah selangkangan.
2. Jangan berganti baju/handuk atau barang-barang lainnya dengan orang lain, karena ada potensi menularkan dan ditulari.
3. Jangan digaruk! karena kalau digaruk malah akan menimbulkan perlukaan yang dapat menjadi port de 'entre (jalan masuk) bagi kuman/bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sekunder/infeksi tumpangan.
4. Obati : Gunakan obat sesuai yang diberikan/diresepkan oleh dokter anda. Secara etika adalah tidak dibenarkan saya menyebutkan merk atau jenis obat yang dimaksud karena saya tidak melihat ujud kelainan kulit nya secara langsung. Saran saya, periksakan ke dokter umum/spesialis kulit. My personal opinion, saya pikir ke dokter umum udah cukup, karena menurut saya dokter umum juga mampu menangani penyakit ini.
5. Tuntaskan pengobatan. Pengobatan jamur memerlukan ketelatenan dan komitmen. Pengobatan akan memakan waktu minimal 2 minggu sampai dengan beberapa bulan pada keadaan parah. Pengobatan yang setengah-setengah hanya akan memperburuk keadaan.
6. Mintalah obat generik saat anda periksa. Obat generik berlogo (OGB) adalah obat yang sudah memenuhi standar nasional dan diproduksi oleh pabrik yang berkompeten. Harga Murah Bukan Berarti Murahan! itu kata sejawat saya di sebuah milis.

salam, ngakakk ngakakk ngakakk
wah2 lengkap tenan referensine
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
redbiem
Koordinator


Lokasi: dunia maya
Reputation: 2
Join date: 03.03.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Fri Mar 07, 2008 9:10 am

gimbik wrote:
redbiem wrote:
Gatal di kulit kelamin.
Keluhan tersebut adalah salah satu keluhan yang sering dijumpai saat seseorang berobat ke dokter kulit dan kelamin.
Gatal pada kulit bisa disebabkan karena beberapa proses:
1. Infeksi = jamur, parasit, virus, bakteri, dll
2. Alergi = alergi karena kontak dengan bahan alergen (dermatitis kontak alergi) atau kontak dengan bahan-bahan erosif (dermatitis kontak irritan).
3. Gatal karena ada penyakit sistemik yang mendasari (Kencing manis/DM, Kecacingan, gagal ginjal dll).

Kesemuanya itu bersifat spesifik dalam hal gejala, bentuk/UKK (Ujud Kelainan Kulit), maupun terapinya.

Gatal di kemalauan memang sebagian besar disebabkan oleh jamur, biasanya pada laki-laki jamur dermatofita (tinea inguinalis/corporis). Jamur ini tumbuh dipermukaan kulit dan menyebabkan peradangan yang khas yaitu pola 'central healing' yaitu pola dimana bentuk luka/daerah yang sakit pada bagian tengahnya sembuh (terlihat kering dan berwarna keputihan) sedangkan bagian tepinya basah dan kemerahan serta gatal.
Bentuk ini khas dan dapat dibedakan dengan infeksi lainnya.
Salah satu ke khas-an lainnya adalah jamur tidak pernah tumbuh atau hidup di kulit skrotum (kantong pelir), karena suhu di kulit skrotum cenderung tinggi sehingga tidak ideal untuk jamur.

Penatalaksanaannya :
1. Tingkatkan higiene dan sanitasi personal --> ganti celana dalam 2x atau lebih, hindari celana dalam yang basah dan lembab. Usahakan daerah kelamin selalu kering. Jangan digosok terlalu kuat bila mengeringkan daerah selangkangan.
2. Jangan berganti baju/handuk atau barang-barang lainnya dengan orang lain, karena ada potensi menularkan dan ditulari.
3. Jangan digaruk! karena kalau digaruk malah akan menimbulkan perlukaan yang dapat menjadi port de 'entre (jalan masuk) bagi kuman/bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sekunder/infeksi tumpangan.
4. Obati : Gunakan obat sesuai yang diberikan/diresepkan oleh dokter anda. Secara etika adalah tidak dibenarkan saya menyebutkan merk atau jenis obat yang dimaksud karena saya tidak melihat ujud kelainan kulit nya secara langsung. Saran saya, periksakan ke dokter umum/spesialis kulit. My personal opinion, saya pikir ke dokter umum udah cukup, karena menurut saya dokter umum juga mampu menangani penyakit ini.
5. Tuntaskan pengobatan. Pengobatan jamur memerlukan ketelatenan dan komitmen. Pengobatan akan memakan waktu minimal 2 minggu sampai dengan beberapa bulan pada keadaan parah. Pengobatan yang setengah-setengah hanya akan memperburuk keadaan.
6. Mintalah obat generik saat anda periksa. Obat generik berlogo (OGB) adalah obat yang sudah memenuhi standar nasional dan diproduksi oleh pabrik yang berkompeten. Harga Murah Bukan Berarti Murahan! itu kata sejawat saya di sebuah milis.

salam, ngakakk ngakakk ngakakk
wah2 lengkap tenan referensine




Just info boss.. Siapa tau berguna bagi temen2 kita dsini.. heheheheh..










ngakakk ngakakk ngakakk ngakakk ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
adjie
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 0
Join date: 29.02.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Wed Mar 19, 2008 6:56 pm

matur nuwun juragan
the best post nya
Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
__BlacKy__
Donatur


Lokasi: Djodja___
Reputation: 14
Join date: 04.03.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Fri Mar 28, 2008 8:02 am

ngakakk ngakakk podo ro jampes ra kui bos ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
adjie
Koordinator


Lokasi: Jakarta
Reputation: 0
Join date: 29.02.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Wed Apr 02, 2008 5:29 pm

__BlacKy__ wrote:
ngakakk ngakakk podo ro jampes ra kui bos ngakakk ngakakk

dudu jampes bossss
tapi sivilisssss
ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
http://kerajinanbatualam.blogspot.com/
kancil
KorLap


Lokasi: @kabarGunkid
Reputation: 1
Join date: 06.04.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Sun Apr 06, 2008 7:18 pm

Gud info...
Mudah2an ga smpe kena pnyakit2 gt deh.

Ayo sultan prikso sik, sering neng eska to we!

_________________
Kembali Ke Atas Go down
http://artonedigital.com
xender zone
KorLap


Lokasi: Yogyakarta
Reputation: 3
Join date: 04.03.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Sun May 04, 2008 12:46 am

baguzzz.....!! ajib info nya.! ajib
mugo-mugo sing due kerok ndang mari.! ngakakk Very Happy ngakak
Kembali Ke Atas Go down
djopie
KorLap


Lokasi: atas bukit ( goenoengkidoel handayani )
Reputation: 0
Join date: 27.05.08

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Mon Jul 07, 2008 12:38 pm

Spoiler:
 

nek jempesss di wenehi aciclovir wae.......... :cyclops:
Kembali Ke Atas Go down
anasilver
KorLap


Lokasi: Malang
Reputation: 0
Join date: 20.02.13

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Sat Mar 02, 2013 5:26 pm

Quote :
''Jelasnya, di mana pun jamur bisa hidup, terutama di lingkungan yang cocok baginya berkembang biak. Manusia itu termasuk salah satu tempat bagi jamur untuk tumbuh, di samping bakteri dan virus,'' jelas pakar kesehatan kulit dan kelamin, Dr Kusmarinah Bramono dari FKUI (RSUPN-Cipto Mangunkusumo) dalam pemaparan tentang jamur di Jakarta, beberapa waktu lalu.

TEPAT SEKALI JIKA TUMBUH DIDAERAH YANG ITUH... ngakakk

_________________
Jual Glutera. Glutera 10 orang terkaya Indonesia Cara Mencegah Masuk Angin Manfaat Glutera
Kembali Ke Atas Go down
http://www.glutera-indonesia.com
widjiume
Camat


Lokasi: BEKASI
Reputation: 9
Join date: 21.12.11

PostSubyek: Re: Gatal-gatal yg fatal   Thu Aug 15, 2013 5:46 pm

harus rajin menjaga kebersihan,,,

_________________
Tips kecantikan saricosmetics Cream Sari Kosmetik crystal x Obat Herbal Alami Cream sari kelambu nyamuk siklus pembalut wanita twin tulipware sarikosmetik pemutih sari
Kembali Ke Atas Go down
http://widjiume.web.id
 

Gatal-gatal yg fatal

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Medis-