Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Ora Ilok.......

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Ora Ilok.......   Thu May 08, 2008 6:17 pm

Sering denger teguran ini dari Orang tua??? Mungkin jaman sekarang udah sepele, tetapi dibeberapa daerah GK kata2 ini bener2 masih manjur.....
Semisal, Jangan makan di pintu... ntar di tolak cewe'... hehehe ( ora ilok).
Makan harus dihabisi... Ora ilok, ntar malah ayame matii.. heheheh..

gimana pengalaman dan pengetahuan temen2 tentang kata2 Ora ilok ini..
monggo di share....

_________________
===========================================
Nothing special


Terakhir diubah oleh Mase_ tanggal Sun Oct 11, 2009 10:46 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
redbiem
Koordinator
avatar

Lokasi : dunia maya
Reputation : 2
Join date : 03.03.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Thu May 08, 2008 7:05 pm

Pertamax... Bagoos


Nak aku mbiyen ora oleh nglungguhi bantal ndak bokonge wudunen.. hihihihihihi...
Ora ilok maem brutu ndak gampang lali.. padahal brutu ki enak banget, padune mung arep di maem simbah... :lol: :lol: :lol:
Kembali Ke Atas Go down
daRinto
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 1
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Thu May 08, 2008 11:55 pm

Ora Ilok :
Berasah dari dua suku kata,Ora Elok =Tidak Pantas.
Menurut penerawangku simbah simbah bilang Ora ilok itu mempunya maksud yang tersembunyi/tersirat didalam kata Ora Ilok tersebut.
Sesuai perdapan kejawen bahwa ada toto kromo ewuh lan pekewuh .yang pada intinya
Ora Ilok itu suatu ringkasan pesan yang panjang dan mengandung arti yang luas.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu
avatar


PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 09, 2008 9:28 am

daRinto wrote:
Ora Ilok :
Berasah dari dua suku kata,Ora Elok =Tidak Pantas.
Menurut penerawangku simbah simbah bilang Ora ilok itu mempunya maksud yang tersembunyi/tersirat didalam kata Ora Ilok tersebut.
Sesuai perdapan kejawen bahwa ada toto kromo ewuh lan pekewuh .yang pada intinya
Ora Ilok itu suatu ringkasan pesan yang panjang dan mengandung arti yang luas.
ya bener mas, seperti ojo maem neng ngarep lawang, maksude mungkin begini
nek maemane rodo enak , mengko nek di delok tanggane, trus tanggane sak jane ora iso melu maem amargo ora duwe duit ( ora iso tuku opo ora iso masak podo amargo ra duwe duit )--> nah disini bisa menimbulkan kesenjangan sosial nek maeme neng ngarep lawang, mengko iso dikiro sombong, lan pamer, makane ora ilok nek maem neng ngarep lawang mungkin itu salah satunya
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Mon May 12, 2008 10:53 am

Kata2 orang tua yang tidak memperbolehkan dengan "ora ilok" (= bahasa jawa) untuk "pamali" (bahasa sunda), itu sudah membudaya untuk di daerah manapun di kolong langit ini....sory saya sebut kolong langit bukan seperti kolong peraduan .. Very Happy Very Happy

Mungkin aku bisa ambil contoh dengan sedikit demi sedikit kita uraian menurut logika, analisa dan menyimpulkan...

1. Kalau anak laki - laki sehabis sunatan/supitan itu tidak di perbolehkan nglangkahi alu ama nglangkahi telek lencung...kenapa??? itu yang selalu menjadi pertanyaan kita....
Menurut logikanya....orang yang kekurangan darah itu daya tahan tubuh seseorang tidak stabil/akan kehilangan keseimbangan.
Terus apa hubungannya? Orang yang sehabis sunat pasti akan kekurangan darah dan kondisi tubuhnyapun akan tidak stabil.....dan hubungannya dengan nglangkahi, orang sunat di daerah kita dulukan pake sarung dan sangkal....itupun kalau jalan harus pelan2 dan mayoritas kalau jalan tidak melihat ke bawah.....
Coba bayangkan jika kita sehabis sunat, berjalan dengan kondisi seperti yang saya maksud apa jadinya kita jika nglangkahi terus terpeleset/jatuh.... Very Happy Very Happy Very Happy
Jadikan intinya hanya menjaga kemungkinan biar tidak terpeleset......nahhhhh

Ngno Nggerrr.... ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

2. Anak perempuan yang mulai beranjak dewasa/puber ( tapi bukan pubercup ya Very Happy Very Happy Very Happy ). Itu tidak di perbolehkan makan di tengah pintu, sbenarnya untuk urusan makan di depan pintu ini kalau emang di dalem gerah/panas enak juga sih makan di tengah pintu.

Yang jadi masalahkan itu tidak di perbolehkan kalau anak perempuan takutnya jodohnya, logikanya memang bener...apabila makan di tengah2 pintukan jika ada tamu mau masukkan g jadi.. dan apabila tamunya mau datang kan perkewuh tooo.....

Coba kita sendiri, membayangkan jika seandainya ada seorang laki2/perempuan makan di tengah pintu; sedangkan kita mau bertamu kerumah itu....

so.......bagaimana dgan bentuk rumah RSSSSSSS, yang hanya 1 pintu...conthnya rumah2 kontrakan di Jabotabek.....

Tetep pada intinya itu g boleh....

Terus apa maknanya itu semua????

Ayo kita pikirin.......... ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

Masak gw nyang harus mikir.....gantian dong????
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Tamu
Tamu
avatar


PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Mon May 12, 2008 11:46 am

Wonosingo Ngali Kidul wrote:
Kata2 orang tua yang tidak memperbolehkan dengan "ora ilok" (= bahasa jawa) untuk "pamali" (bahasa sunda), itu sudah membudaya untuk di daerah manapun di kolong langit ini....sory saya sebut kolong langit bukan seperti kolong peraduan .. Very Happy Very Happy

Mungkin aku bisa ambil contoh dengan sedikit demi sedikit kita uraian menurut logika, analisa dan menyimpulkan...

1. Kalau anak laki - laki sehabis sunatan/supitan itu tidak di perbolehkan nglangkahi alu ama nglangkahi telek lencung...kenapa??? itu yang selalu menjadi pertanyaan kita....
Menurut logikanya....orang yang kekurangan darah itu daya tahan tubuh seseorang tidak stabil/akan kehilangan keseimbangan.
Terus apa hubungannya? Orang yang sehabis sunat pasti akan kekurangan darah dan kondisi tubuhnyapun akan tidak stabil.....dan hubungannya dengan nglangkahi, orang sunat di daerah kita dulukan pake sarung dan sangkal....itupun kalau jalan harus pelan2 dan mayoritas kalau jalan tidak melihat ke bawah.....
Coba bayangkan jika kita sehabis sunat, berjalan dengan kondisi seperti yang saya maksud apa jadinya kita jika nglangkahi terus terpeleset/jatuh.... Very Happy Very Happy Very Happy
Jadikan intinya hanya menjaga kemungkinan biar tidak terpeleset......nahhhhh

Ngno Nggerrr.... ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

2. Anak perempuan yang mulai beranjak dewasa/puber ( tapi bukan pubercup ya Very Happy Very Happy Very Happy ). Itu tidak di perbolehkan makan di tengah pintu, sbenarnya untuk urusan makan di depan pintu ini kalau emang di dalem gerah/panas enak juga sih makan di tengah pintu.

Yang jadi masalahkan itu tidak di perbolehkan kalau anak perempuan takutnya jodohnya, logikanya memang bener...apabila makan di tengah2 pintukan jika ada tamu mau masukkan g jadi.. dan apabila tamunya mau datang kan perkewuh tooo.....

Coba kita sendiri, membayangkan jika seandainya ada seorang laki2/perempuan makan di tengah pintu; sedangkan kita mau bertamu kerumah itu....

so.......bagaimana dgan bentuk rumah RSSSSSSS, yang hanya 1 pintu...conthnya rumah2 kontrakan di Jabotabek.....

Tetep pada intinya itu g boleh....

Terus apa maknanya itu semua????

Ayo kita pikirin.......... ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

Masak gw nyang harus mikir.....gantian dong????
bagus bagus ayo siapa yang mau urun rembug lagi? ajib ajib ajib
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Mon May 12, 2008 8:22 pm

mungkin tamune pakewuh klo harus nglakahi atau lewat deketnya ( nganggu orang menikmati makanan).... jadinya yagh mending balik tamunya...... gak jadi bertamu degh...

penting urun............... siul

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Tue May 13, 2008 10:19 am

ajib ok mas2se
ora ilok yen menurutku ukorone tiang2 sepuh jaman semono seng intine mestine apik kabeh larangangan seng di ukarani "ura ilok " mesti kabeh kui ono akibate seng seng ora becik yen di pikir secara logika, ngakakk lan ora ono rugine manut dawuhe tiang sepuh :bounce: :bounce: ben ojob kuawalat :P
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Tue May 13, 2008 11:13 am

yo sip pokoke....


;) ;) ;) ;) ;) ;) ;) ;)
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
the purple girl
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 8
Join date : 18.03.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 16, 2008 3:49 pm

🇳🇴 ora ilok...
kenapa ga boleh makan didepan pintu??
selain yg telah dijelaskan rekan2 sekalian.. makan ditengah pintu itu akan mengesankan kalau manusia itu tidak mematuhi norma kesopanan... selain itu klo makan ditengah pintu itu dimungkinkan akan menimbulkan kerugian, mungkin karena kurang hati-hati piringnya akan jatuh.. kalau udah jatuh kan piringnya pecah, selain itu GA JADI MAKAN DEH PADAHAL NASINYA DAH ABIS .... ngakak
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 16, 2008 6:11 pm

the purple girl wrote:
🇳🇴 ora ilok...
kenapa ga boleh makan didepan pintu??
selain yg telah dijelaskan rekan2 sekalian.. makan ditengah pintu itu akan mengesankan kalau manusia itu tidak mematuhi norma kesopanan... selain itu klo makan ditengah pintu itu dimungkinkan akan menimbulkan kerugian, mungkin karena kurang hati-hati piringnya akan jatuh.. kalau udah jatuh kan piringnya pecah, selain itu GA JADI MAKAN DEH PADAHAL NASINYA DAH ABIS .... ngakak
affraid affraid EEALAH WONG WEDOK YEN NGGUYU OJO NGAKAK2 NGONO LO"ORA ILOK" ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
the purple girl
Camat
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 8
Join date : 18.03.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 23, 2008 3:34 pm

dance aku tak meneng wae.. frustasi
Kembali Ke Atas Go down
dhoweh212
KorLap
avatar

Lokasi : Batam/S'Pore
Reputation : 0
Join date : 19.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 23, 2008 4:07 pm

nek mbiyen ndek jamane cilikanku ora oleh ndhudingi(nunjuk)kuburan/pesarean klo nglanggar dhudinge kudu digeget nganti pingget,nek kuwi opo maksude?
trus nek jeglukan kudu idu nek ora idu engko sirahe iso gatuk.
mbasan aku gedhe nek kelingan sok nganti cekikikan dhewe.
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 23, 2008 5:08 pm

dhoweh212 wrote:
nek mbiyen ndek jamane cilikanku ora oleh ndhudingi(nunjuk)kuburan/pesarean klo nglanggar dhudinge kudu digeget nganti pingget,nek kuwi opo maksude?
trus nek jeglukan kudu idu nek ora idu engko sirahe iso gatuk.
mbasan aku gedhe nek kelingan sok nganti cekikikan dhewe.
ngakak ngakak jan iki yo lucu tak pikir2 aku yo ra ngerti opo sebabe masalah kui :bounce:

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri May 23, 2008 7:39 pm

dhoweh212 wrote:
nek mbiyen ndek jamane cilikanku ora oleh ndhudingi(nunjuk)kuburan/pesarean klo nglanggar dhudinge kudu digeget nganti pingget,nek kuwi opo maksude?
trus nek jeglukan kudu idu nek ora idu engko sirahe iso gatuk.
mbasan aku gedhe nek kelingan sok nganti cekikikan dhewe.

Yo wong tuwo kuwi cen ono benere, iki aku nek tak runut secoro ilmiah lan secoro keyakinan:

1. ndhudingi(nunjuk)kuburan/pesarean klo nglanggar dhudinge kudu digeget nganti pingget,nek kuwi opo maksude?
Iki tegese pesarean kuwi lak tempate wong ninggal lan kuburan kuwi ojo di nggo dolanan, nah nek wong mati kuwi mesthine ngadep ning Hyang Tunggal, dadi sing nek nunjuk terus nggeget kuwi asline wong jaman semono kuwi salah kaprah...Iki lak asline kuwi nunjuk tegese eling marang sing Hyang Tunggal lan nyebut jenene ojo nganti lali....

2.trus nek jeglukan kudu idu nek ora idu engko sirahe iso gatuk.
mbasan aku gedhe nek kelingan sok nganti cekikikan dhewe.

Wah yo nek iki lak logikane kuwi, sopo reti ono untu sing copot dadi nek idu...niliki untune ijih opo ora??? ngakak ngakak ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Sat May 24, 2008 12:21 am

ajib ajib seepp pakde masuk aklal juga

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Sat May 24, 2008 10:21 pm

dhoweh212 wrote:
nek mbiyen ndek jamane cilikanku ora oleh ndhudingi(nunjuk)kuburan/pesarean klo nglanggar dhudinge kudu digeget nganti pingget,nek kuwi opo maksude?
trus nek jeglukan kudu idu nek ora idu engko sirahe iso gatuk.
mbasan aku gedhe nek kelingan sok nganti cekikikan dhewe.

ngakak aya aya wae.....
tapi yoh mbiyen sering krungu sih.... terutama sing nomer loro kuwi.....
nek saiki mending jeglukan karo wong ayu... kan mengko sirahe gandok... ngakakk

nek ra yoh jeglukan karo tembok, ngene iki >> frustasi frustasi


dance

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
Soesan
KorLap
avatar

Lokasi : Jakarta Selatan - Nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Jun 06, 2008 9:59 am

Tetembung Ora Ilok memang wis jadi ciri wancine wong jowo, klu orang betawi PAMALI
Pauger-uger mau sakjati ngemu piwarah sing becik. dadi ojo mung ditrimo mentah2 yen diomongi ora ilok terus malah di kait-kaitke karo hal2 sing mitos, khurafat, atau hal2 sing ndadek e Iman kita klu sbg muslim lemah. sebenarnya ora ilok iku hrs ditanggapi dengan logika karena larangan itu memang masuk akal dan tidak ada kaitannya dengan hal2 ghoib kalaupun di terjang juga gak apa2 tp ya norma2 yang terkandang jd terkikis.

Nek Ora Salah Naliko Cilik an ku Simbahku menehi hal2 sing ora ilok yaitu :

1. NEK MANGAN PIRINGI ORA ENTUK DI SONGGO
Logikane :
- Lha nek disOnggo, sakmangsa-mangsa ilang keseimbangane, rak bisa tumplek, mulakna kudu di cekel.

2. MANGAN OJO LUNGGUH NANG LAWANG
Logikane :
- Ya nyandhung nyrimpet wong sing arep ngliwati lawang, lha nek kesandhung rak tumplek, ra sida mangan.
- mangan neng ngarep lawang, ra sopan.
- mangan neng ngarep lawang, ngalangi wong sing meh liwat.
- yen wong wadon mangan neng ngarep lawang , nek pas didelok wong lanang liwat, wong lanange isoh mikir: Ih, wong wadon kok tumindake ra sopan, males ah didadeke bojo ... hehehehehehe

3. ORA KENO LUNGGO PAS BEDUG UTOWO SURUP ( jam 12 siang, jam 6 sore)
logikane :
- wayah-wayah mau wancine wong ngibadahh (seng muslim) l
- wayahe wong istirahat..dadi ra sah lungo2 sek ibadah sek utowo mangan2 disik

4. ORA ILOK NGIDONI SUMUR, MUNGKO NDAK SUWING
Logikane :
- sumur iku kan dienggo panguripan koyoto ngombe, masak, dll. Dadi nek di Idoni yo ngregeti sumur tho.

5. NEK MANGAN KUDU DIENTEKKE, MENGKO PITIKE MATI
logika :
- Dalam Islam ora entuk buang-buang makan ( MUBADZIR )
- Nek maem'e ora entek, turahane mengko dikek'e pithik pithike dadi cepet lemu terus disembelih, akhire mati. he he

6. ORA ILOK MENYERAHKAN SAPU DARI UJUNGNYA
logika :
- Ujung sapu kan kotor jd klu ngasih sapu dari ujungnya takutnya yg menerima kenek TELEK LENCUNGE.

OPO MANEH YO..... :scratch: NTAR NEK KELINGAN BERSAMBUNG DEH......
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Jun 06, 2008 5:09 pm

ngakakk ngakakk di eling2 disek pakde opo semedi disek ben oleh wangsit ngakakk

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
sug3st
Camat
avatar

Lokasi : Baleharjo - Djogdja ~pp~
Reputation : 15
Join date : 05.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Jun 06, 2008 5:10 pm

jarene simbah yo kang ?????

_________________
Sucikanlah aku dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

E D Y
Kembali Ke Atas Go down
http://www.edysusilo.blogspot.com/
djopie
KorLap
avatar

Lokasi : atas bukit ( goenoengkidoel handayani )
Reputation : 0
Join date : 27.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Sun Jun 08, 2008 3:42 pm

dance
Kembali Ke Atas Go down
iwans
Camat
avatar

Lokasi : semin
Reputation : 96
Join date : 29.02.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Sun Jun 08, 2008 6:41 pm

djopie wrote:
dance
ngakakk ngakakk mas jo jingkrak2 okeh wong tuo ora ilok ngakakk

_________________
awali kebajikan itu dari diri sendiri dan jangan suka mencari kesalahan orang lain,pemerintahan yang baik berdasarkan individu yang baik.
Kembali Ke Atas Go down
http://lwans.wordpress.com/
re~
Lurah
avatar

Reputation : 0
Join date : 21.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Sat Jun 28, 2008 8:24 pm

ajib

_________________
hingga akhirnya harus tertunduk pada takdir dan waktu
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Wed Jul 02, 2008 5:31 pm

Ben ae jingkrak2 to ......ben seneng ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 12:01 am

motong kuku nek pas bengi yo ra ilok jarene ;)
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 9:33 am

soale neng wengi kan gelap mas...jadi takut terluka kali....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
ramdani akbar
Lurah
avatar

Lokasi : solo
Reputation : 1
Join date : 21.10.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 12:32 pm

kalo makan jangan jongkok
Kembali Ke Atas Go down
siti rahayu
Camat
avatar

Lokasi : Blok F 48
Reputation : 13
Join date : 25.07.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 3:33 pm

kalo jongkok mungkin malah kesemutan....

_________________
Cheisya Ramadhani Maulana
Ganapatih Naradatva Maulana
Kembali Ke Atas Go down
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 5:05 pm

ramdani akbar wrote:
kalo makan jangan jongkok

karena jongkok posisi perut terjepit sehingga mengganggu proses penyerapan makanan oleh tubuh kita

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   Fri Oct 24, 2008 11:30 pm

selingkuh ora ilok,...ning akeh sing nglakoni,... ☀

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Ora Ilok.......   

Kembali Ke Atas Go down
 
Ora Ilok.......
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 4Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Norma - Norma Daerah-
Navigasi: